Share:

Ada sangat banyak tanaman herbal yang biasa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan tradisional di Indonesia. Salah satunya adalah tanaman sidaguri. Tanaman golongan perdu ini rupanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Sebut saja untuk membantu mengobati asam urat, mengurangi gejala malaria, bahkan juga membantu pemulihan dari kanker hati.

Anda mungkin termasuk yang belum pernah mendengar tanaman herbal satu ini, apalagi untuk tahu apa saja manfaat dari tanaman sidaguri ini. Tenang saja, di artikel ini kita bisa lebih mengenalnya sekaligus tahu apa saja kegunaannya untuk kesehatan kita.

Seperti Apa Tanaman Sidaguri?

Secara ilmiah, sidaguri bernama Sida cordifolia L. Ini adalah sejenis tanaman perdu yang berbentuk tegak. Tinggi dari tanaman ini maksimal sekitar 2 meter.

Ada yang khas dari tanaman ini sehingga cukup mudah dikenali, yakni bentuk daunnya yang kecil lonjong dan bergerigi lembut. Serta batangnya yang ditumbuhi semacam bulu tipis keputihan.

Terdapat bunga yang menghiasi puncak rumpun dedaunannya. Warna bunganya putih dengan pangkal bunga kekuningan cerah. Uniknya bunga sidaguri akan layu dan menguncup pada sore hari.

Pohon sidaguri juga memiliki buah yang tak kalah unik. Buahnya berbungkus kulit hijau yang sedikit kasar dan keras. Di dalamnya terdapat semacam ruang dengan sekat sekitar 8 buah. Ukurannya kecil dan memiliki rona yang terkesan kotor.

Tanaman ini cenderung tumbuh liar di area yang terkena matahari tetapi tetap teduh. Biasanya tumbuh pada area hutan yang tidak lebat dan perkebunan. Tanaman ini dikenal pula dengan rasa buahnya yang sedikit manis dan pedas.

Apa Saja Kandungan Bermanfaat dalam Sidaguri?

Tanaman sidaguri dikenal kaya akan sejumlah kandungan nutrisi. Dan kandungan tersebut cukup berbeda pada setiap bagian tanamannya, yaitu pada daun, batang, dan akarnya. Ada pun jenis-jenis nutrisi yang tersimpan dalam tanaman sidaguri tersebut antara lain:

  • Kandungan Nutrisi pada Daun

    Daun dari tanaman sidaguri diketahui kaya akan antioksidan. Antioksidan membantu tubuh untuk terhindar dari infeksi penyakit serta dan dampak oksidasi sel. Beberapa jenis antioksidan yang tersimpan dalam daun sidaguri antara lain saponin, fenil, saponin, penol, tannin, dan asam mefenamat.

  • Kandungan Nutrisi pada Batang & Akar

    Kandungankalsium oksalat dan tannin dalam daun sidaguri menjadi salah satu yang banyak menarik perhatian. Sedangkan pada akar tanamannya terdapat komponen mikro nutrisi seperti alkohol, alkaloid, steroid, alkaloid, dan ephedrine.

Apa Saja Manfaat Sidaguri bagi Kesehatan?

Dengan sederet kandungan nutrisi dan fitokimia yang terdapat didalamnya, sejumlah riset kemudian membuktikan pemanfaatan sidaguri sebagai terapi pengobatan herbal. Dan sejumlah manfaat sidaguri tersebut antara lain:

  • Sebagai Terapi Asam Urat

    Menurut laporan Journal of Biological Science  tahun 2009 berdasarkan riset yang dikembangkan di Institut Pertanian Bogor diungkap bahwa tanaman sidaguri memiliki flavonoid yang dapat bekerja mengatasi asam urat.

    Pada umumnya, tanaman sidaguri ini dikeringkan, baik daun maupun akar dan batangnya, untuk dimanfaatkan mengobati asam urat. Sidaguri kering kemudian direbus dalam air mendidih. Lalu disajikan seperti minuman teh hangat dengan ditambahkan pemanis alami semacam madu.

    Dugaan sementara, sidaguri memiliki kemampun membantu meningkatkan kerja ginjal dalam memaksimalkan proses pembuangan kelebihan purin dalam darah.  Sidaguri juga mengandung manfaat anti radang, sehingga juga dipercaya baik untuk mengatasi reumatik.

  • Sebagai Anti Bakteri dan Anti Fungal

    Secara tradisional, tanaman sidaguri sudah lama dikenal sebagai terapi sejumlah keluhan penyakit. Biasanya diberikan untuk mengobati cacingan, radang gigi, sariawan, infeksi kulit, hingga diare dan batuk.

    Namun pemanfaatannya lebih dari sekadar tradisi pengobatan Nusantara. Dalam sejumlah riset terbukti daun sidaguri memiliki kemampuan anti bakterial dan anti fungal yang cukup kuat untuk skala infeksi ringan sampai menengah.

    Sidaguri memiliki kemampuan anti bakteri cukup kuat. Kemampuan anti bakteri di dalam sidaguri bermanfaat hingga untuk melawan jenis bakteri agresif semacam Staphylococcus aureus dan Salmonella typhimurium.

    Laporan tahun 2015 dalam Research Report UMM menjelaskan adanya kemampuan anti fungal yang cukup kuat dari sidaguri untuk mengatasi virus herpes, virus penyebab peradangan mulut, dan virus infeksi kulit.

  • Sebagai Pereda Nyeri dan Anti Radang

    Manfaat sidaguri yang lainnya yaitu sebagai anti radang dan obat alami pereda nyeri. Cara mendapatkan manfaat sidaguri untuk masalah peradangan adalah dengan mengonsumsi air rebusannya secara berkala.

    Kemampuan anti radang dan pereda nyeri alami dalam tanaman sidaguri dibuktikan dalam sejumlah riset di berbagai institusi di Indonesia. Seperti pada salah satu laporan riset Universitas Hasanudin tahun 2016 sebagaimana dijelaskan di International Journal of Toxicological and Pharmacological Research.

    Dengan kemampuan anti bakteri dan anti radang didalamnya, sidaguri diyakini efektif membantu penyembuhan sejumlah masalah kesehatan termasuk radang amandel, sakit gigi, sariawan, infeksi kulit, TBC, radang usus, disentri, infeksi saluran kencing, serta infeksi pernafasan termasuk flu dan batuk, juga masalah diare.

  • Sebagai Anti Malaria

    Riset mengenai pemanfaatan daun dan batang sidaguri sebagai terapi pengobatan penyakit malaria memang belum banyak dilakukan. Tetapi dalam Repository dari Universitas Sumatera Utara, diungkap adanya kemampuan anti malaria pada salah satu manfaat sidaguri.

    Kemampuan antipiretik dan antibiotik alami dalam daun sidaguri dianggap menjadi kekuatan paling efektif darinya dalam meredakan gejala malaria.

  • Sebagai Anti Kanker

    Dalam riset yang dilaporkan pada International Journal of Pharmaceutical Sciences Review and Research tahun 2013, dijelaskan bagaimana tanaman sidaguri juga memiliki kemampuan anti kanker.

    Kemampuan hepaprotektifnya juga bekerja melindungi hati dari kerusakan. Termasuk pula membantu mencegah masalah kanker hati serta membantu pemulihan dari kanker hati stadium awal.

    Dalam International Journal of Phytopharmacology tahun 2013 juga diungkap salah satu manfaat sidaguri sebagai terapi anti kanker. Sejumlah jenis kanker seperti nasopharyngeal carcinoma, lymphoid leukemia, and sarcoma mengalami penurunan intensitas pertumbuhan setelah pasien terapi menggunakan sidaguri.

  • Sebagai Afrodisiak

    Masih berdasarkan temuan di International Journal of Phytopharmacology tahun 2013, dijelaskan bahwa dalam sidaguri terdapat kemampuan afrodisiak.  Ini memiliki manfaat memperbaiki kualitas seksual penggunanya.

    Hal senada disampaikan dalam laporan webmd.com yang mengungkap kemampuan sidaguri dalam meningkatkan stamina, memperbaiki fungsi produksi energi, membantu memperbaiki mood secara kimiawi dan sebagai afrodisiak.

  • Sebagai Anti Diabetes dan Anti Kolesterol

    Kembali merujuk pada ulasan International Journal of Phytopharmacology tahun 2013, diungkap akan adanya kemampuan anti diabetes dan anti kolesterol pada tanaman sidaguri.

    Kandungan flavonoid dan etanol dalam sidaguri menjadi salah satu faktor utama yang menjadikannya efektif mengatasi kelebihan gula dan kolesterol dalam darah. Kemampuan sidaguri sebagai anti diabetes dan anti kolesterol juga berguna dalam membantu merawat kesehatan jantung.

  • Sebagai Pelega Pernapasan

    Menurut sumber webmd.com dijelaskan bahwa dalam sidaguri terdapat kandungan ephedrine yang baik untuk fungsi pernafasan. Ini yang membuatnya dipercaya dalam membantu mengatasi sejumlah keluhan pernapasan termasuk batuk, asma, TBC, hingga batuk rejan.

    Menurut sumber Journal of Applied Pharmaceutical Science  tahun 2011 dalam sidaguri juga terdapat komponen yang bekerja dengan aktivitas adaptogenik yang akan berfungsi dalam menurunkan intensitas alergi termasuk alergi pernapasan.

  • Sebagai Anti Depresan

    Tanaman sidaguri mulai dilirik oleh banyak pakar depresi sebagai terapi alternatif dalam membantu mengatasi depresi dan stres. Manfaat sidaguri dalam membantu mengendalikan naik-turunnya kadar hormon dalam tubuh diyakini menjadi penyebab herbal ini bermanfaat untuk pasien depresi.

    Sidaguri juga bagus untuk memperbaiki kualitas tidur dan membantu menurunkan tingkat stres dan ketegangan otot. Hal ini dijelaskan secara detail dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science  tahun 2011.

  • Menurunkan Berat Badan

    Ada kemampuan sidaguri yang bekerja menurunkan selera makan. Ini akan membantu mengurangi dorongan seseorang untuk makan lebih banyak. Sidaguri juga bekerja optimal dalam memaksimalkan pembakaran dan mengendalikan kadar gula dalam darah.

  • Merawat Kesehatan Ginjal

    Mengonsumsi sidaguri secara rutin rupanya terbukti akan membantu menurunkan kadar gentamisin and cisplatin. Kedua senyawa ini bekerja sebagai nephrotoxicity yang dapat memengaruhi fungsi ginjal.

    Sidaguri akan membantu membantu menurunkan kadar serum urea, kreatin, dan BUN pada urin.  Diduga karena adanya kandungan flavonoid and fenol dalam sidaguri untuk membantu menetralisir komponen oksidan serta toksin pada tubuh.

Itulah sejumlah fakta yang membuktikan adanya manfaat herbal dari tanaman sidaguri untuk kesehatan kita. Namun penting untuk diingat bahwa yang paling baik ialah mengonsumsinya dalam batas sewajarnya saja. Dan konsultasikan dulu kepada dokter bila ingin mengonsumsinya bersamaan dengan obat medis.

Demikian artikel ini yang mengulas tentang tanaman sidaguri. Semoga kita semua jadi lebih luas wawasannya seputar tanaman-tanaman herbal yang tumbuh di Indonesia serta bagaimana pemanfaatannya. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik mengenai ragam jenis herbal, pengobatan alami, tips kesehatan, serta info kesehatan lain hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.