Share:

Terakhir Diedit:

Tahukah Anda bahwa stadium kanker prostat merupakan tingkat penyakit kanker yang diketahui pada saat pemeriksaan? Stadium kanker prostat diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan, endoskopi, tes pencitraan dan biopsi. Dari pemeriksaan ini dokter dapat menentukan kanker prostat stadium 1, kanker prostat stadium 2, kanker prostat stadium 3 dan kanker prostat stadium 4.

Dalam artikel ini Anda akan melihat bagaimana stadium kanker prostat ditetapkan dan beberapa kondisi stadium kanker prostat yang cukup beragam dengan berbagai variasinya.

Stadium Kanker Prostat

Tingkat stadium kanker prostat merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan jenis pengobatan kanker prostat dan memprediksi potensi kesanggupan hidup pasien. Hal ini didasarkan atas hasil biosi prostat (termasuk penilaian gleason), tingkat PSA darah saat pemeriksaan dilakukan dan hasil pemeriksaan lanjutan lainnya.

Sistem penilaian gleason merupakan sistem penilaian kanker prostat yang paling umum digunakan. Ahli patologi melihat bagaimana sel kanker tersusun dalam prostat dan memberikan skor 1 hingga 10.

Stadium kanker merupakan metode standar bagi para tenaga medis untuk menentukan seberapa parah tingkat penyebaran kanker. Penentuan stadium kanker yang seringkali digunakan ialah sistem TNM Amerika. Sistem TNM kanker prostat didasarkan atas 5 informasi penting berikut:

  • Jangkauan tumor (primer) (Dikategorikan sebagai T)
  • Serangannya menuju kelenjar getah bening yang ada di dekatnya (Dikategorikan sebagai N)
  • Penyebarannya (metastasis) ke bagian tubuh lain (Dikategorikan sebagai M)
  • Tingkat PSA pada saat pemeiksaan
  • Nilai Tingkat Gleason, berdasarkan biopsi prostat (atau pembedahan)

Terdapat 2 jenis penilaian stadium kanker prostat yaitu:

  • Penilaian stadium klinis merupakan perkiraan terbaik dokter mengenai tingkat penyakit, berdasarkan hasil pemeriksaan fisik (termasuk DRE), tes laboratorium, biopsi prostat, maupun tes pencitraan yang Anda jalani.
  • Jika Anda sudah melakukan operasi, dokter Anda juga bisa menentukan stadium patologis, berdasarkan hasil di atas serta hasil pembedahan. Ini berarti jika Anda menjalani operasi, stadium kanker mungkin berubah setelahnya (jika ditemukan kanker di tempat yang tidak dicurigai). Penilaian stadium patologis cenderung lebih akurat daripada penilaian stadium klinis.
Baca juga  Pengobatan Kanker Prostat

Mari kita perhatikan apa saja yang tercakup di dalam kanker prostat stadium 1, kanker prostat stadium 2, kanker prostat stadium 3 dan kanker prostat stadium 4.

Kanker Prostat Stadium 1

Pada kanker prostat stadium 1 dokter tidak dapat merasakan tumor atau melihatnya pada saat pemeriksaan pencitraan seperti ultrasound transrectal (ini dapat ditemukan saat reseksi transurethral atau didiagnosis dengan biopsi jarum yang dilakukan untuk kadar PSA tinggi).

Kanker masih berada di dalam prostat dan belum menyebar menuju kelenjar getah bening di dekatnya atau organ lain di dalam tubuh. Skor Gleason pada stadium ini berkisar antara 6 atau kurang dengan tingkat PSA kurang dari 10.

Kondisi berikut juga tergolong dalam kanker prostat stadium 1. Tumor dapat dirasakan dengan pemeriksaan rektal digital atau terlihat dengan pencitraan seperti ultrasound transrectal dan hanya ada satu setengah atau kurang dari satu sisi (kiri atau kanan) prostat.

Kanker masih berada di dalam prostat dan belum menyebar menuju kelenjar getah bening di dekatnya atau organ lain di dalam tubuh. Skor Gleason mencapai 6 atau kurang dengan tingkat PSA kurang dari 10.

Kanker Prostat Stadium 2

Sedangkan pada kanker prostat stadium 2, Anda bisa jadi mengalami beberapa kondisi berikut!

  • 2A – Kondisi manakala tumor tidak dapat dirasakan atau dilihat melalui tes pencitraan seperti ultrasound transrectal. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada tingkat ini skor Gleason mencapai 7 dengan tingkat PSA kurang dari 20.
  • 2A – Kondisi manakala tumor tidak dapat dirasakan atau dilihat melalui tes pencitraan seperti ultrasound transrectal. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada tingkat ini skor Gleason mencapai 6 atau kurang dengan tingkat PSA paling sedikit 10 namun kurang dari 20.
  • 2A – Kondisi manakala tumor dapat dirasakan dengan pemeriksaan rektal digital atau terlihat dalam proses pencitraan seperti ultrasound transrectal dan hanya berada di satu sisi prostat. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada tingkat ini skor Gleason mencapai 7 atau kurang dengan tingkat PSA kurang dari 20.
  • 2B – Kondisi saat tumor dapat dirasakan dengan pemeriksaan rektal digital atau terlihat dengan pencitraan seperti ultrasound transrectal dan berada di kedua sisi prostat. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada tingkat ini tumor bisa memiliki skor Gleason dan tingkat PSA beragam.
  • 2B – Kondisi saat kanker belum menyebar ke bagian luar prostat. Keberadaannya bisa jadi dirasa atau tidak dirasakan saat pemeriksaan rektal digital maupun tes pencitraan seperti ultrasound transrectal. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada tingkat ini skor Gleason beragam dengan tingkat PSA paling sedikit 20.
  • 2B – Kondisi saat kanker belum menyebar ke bagian luar prostat. Keberadaanya Mungkin (atau mungkin tidak) dirasakan dengan pemeriksaan rektal digital atau terlihat pada tes pencitraan seperti ultrasound transrectal. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada tingkat ini skor Gleason mencapai 8 atau lebih tinggi dengan tingkat PSA beragam. Demikianlah beberapa kategori kanker prostat stadium 2.

Kanker Prostat Stadium 3

Pada kanker prostat stadium 3 kanker telah tumbuh di luar prostat dan mungkin telah menyebar ke vesikula seminalis, namun belum menyebar menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya. Pada kanker prostat stadium 3 skor Gleason dan PSA bisa beragam.

Kanker Prostat Stadium 4

Pada kanker prostat stadium 4 kanker telah tumbuh menjadi jaringan utuh selain prostat (selain vesikula seminalis), seperti sfingter uretra (otot yang membantu mengendalikan buang air kecil), rektum, kandung kemih dan / atau dinding panggul. Kanker belum menyebar menuju kelenjar getah bening di dekatnya atau di organ jauh lainnya. Pada kanker prostat stadium 4 skor Gleason dan PSA bisa beragam.

Pemeriksaan kanker prostat juga dapat dilakukan dengan sistem D’Amico. Sistem ini berdasarkan pada tingkat PSA, skor gleason maupun tingkat kanker. Perbedaanya kategori stadium kanker dijabarkan kedalam 3 kelompok; rendah, intermediet dan tinggi. Penentuan stadium kanker bisa jadi rumit, maka berkonsultasilah dengan tim medis Anda. Beberapa orang melakukan tindakan pemeriksaan demikian saat ciri-ciri kanker prostat dirasakan.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.