Share:

Terakhir Diedit:

Tahukah Anda apa pengobatan kanker prostat yang dapat dilakukan secara medis, saat Anda mengidap kanker prostat? Masih adakah peluang atau harapan kesembuhan dari penyakit kanker? Mari kita ulas bersama-sama dalam artikel berikut!

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan pilihan informasi pengobatan kanker prostat baik secara medis ataupun secara herbal. Ayo temukan beberapa informasi menarik lainnya dalam artikel berikut!

Pengobatan Kanker Prostat

Meskipun kanker prostat dapat mengancam kehidupan seorang pria, namun Anda perlu mengetahui bahwa kanker prostat tidak selalu berujung pada kematian, asalkan Anda mengusahakan pengobatan dan perawatan yang maksimal. Informasi artikel ini membantu Anda dalam pertimbangan menentukan jenis pengobatan ataupun obat kanker prostat yang terbaik.

Pilihan pengobatan kanker prostat yang direkomendasikan dokter Anda, seringkali didasarkan pada seberapa luas perkembangan sel kanker. Bergantung pada situasinya, pilihan pengobatannya mungkin mencakup: pemeriksaan yang aktif, operasi, terapi radiasi; cryotherapy, terapi hormon, kemoterapi, pengobatan vaksin, serta pengobatan yang diarahkan ke tulang.

Pembedahan


Operasi atau pembedahan dapat dilakukan saat sel kanker belum menyebar menuju jaringan kelenjar prostat bagian luar. Tindakan pembedahan dilakukan dengan mengambil sebagian atau seluruh bagian prostat yang terkena kanker, pengambilan secara total disebut dengan prostatektomi radikal.

Pembedahan ini memiliki efek samping yang cukup kompleks, mulai dari reaksi alergi terhadap anestesi, pendarahan karena operasi, munculnya bekuan darah pada pembuluh darah di bagian kaki atau paru-paru, kerusakan jaringan disekitarnya atau bahkan infeksi pada area bekas luka operasi.

Radiasi


Terapi radiasi yang dilakukan tentu dalam dosis yang tepat. Radiasi dapat dilakukan dalam beberapa kondisi, misalnya; saat kanker belum menyebar keluar jaringan prostat, atau pada saat sel kanker sudah menyebar ke jaringan organ lainnya, maupun saat kanker kembali muncul setelah dilakukan pengobatan pertama.

Kondisi lain pengobatan kanker prostat dengan radiasi ialah saat sel kanker sudah sangat parah, maka tindakan ini dilakukan hanya untuk mengurangi penyebaran kanker dan memperlambat perkembangan sel kanker. Sifatnya hanya mengurangi gejala kanker yang dirasa bukan lagi menyembuhkan.

Terapi Hormon


Terapi ini dikenal dengan terapi  deprivasi androgen (ADT), terapi ini sebenarnya bukan untuk menyembuhkan kanker prostat. Karena terapi ini bertujuan memperlambat proses perkembangan sel kanker dengan cara menekan produksi hormon androgen. Penurunan hormon ini dipercaya mampu mengurangi ukuran sel kanker yang akan menyusut saat kadar hormon berkurang.

Kemoterapi


Metode pengobatan ini paling sering dilakukan dan khususnya dilakukan saat terapi hormon tidak lagi mampu atasi keganasan sel kanker yang menyerang. Maka kemoterapi atau terapi dengan penggunaan obat-obatan medis anti kanker perlu dilakukan.

Sekalipun metode ini bukanlah metode yang umum digunakan dalam mengatasi kanker prostat stadium awal. Namun, metode ini dapat menjadi pendamping pengobatan kanker seperti pembedahan. Kemoterapi juga membantu agar sel kanker yang telah diatasi tidak kembali muncul.

Vaksin


Mendengar kata vaksin kanker bukan berarti bahwa Anda telah menemukan obat yang mampu mencegah kanker. Vaksin untuk mencegah kanker belum tersedia, namun jenis vaksin yang dimaksud ialah Sipuleucel-T (Provenge). Vaksin ini tidak bekerja seperti vaksin pada umumnya yang mendorong sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyakit.

Vaksin ini bekerja dengan cara mendorong sistem kekebalan tubuh agar mampu menyerang sel kanker atau radikal bebas penyebab kanker prostat. Berbagai perawatan diatas biasanya dilakukan satu per satu, meskipun dalam beberapa kasus mereka dapat dikombinasikan sekaligus.

Pada kanker prostat stadium dini, dimana sel kanker masih bersifat lokal (tidak ada penyebaran), bisa jadi dilakukan tindakan pembedahan atau radiasi. Sedangkan, pada stadium lanjut, pilihan yang biasanya diberikan pada penderita kanker bisa berupa terapi hormon atau kemoterapi.

Sarang Semut


Tak sedikit juga yang memanfaatkan Sarang Semut Papua, sebagai herbal anti kanker yang memiliki kemampuan sebagai obat kanker prostat alami. Berdiskusilah dengan dokter Anda mengenai efek samping apa saja yang bisa jadi timbul setelah pengobatan dilakukan. Apa pengaruhnya pada kehidupan saya sehari-hari? Bagaimana efeknya terhadap kehidupan seksual saya?

Pengetahuan akan hal tersebut setidaknya dapat membantu Anda membuat pertimbangan mengenai metode pengobatan kanker prostat yang akan Anda jalani, dengan efek samping yang masih berterima bagi tubuh Anda.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.