Tahukah Anda apa penyebab kanker prostat selain karena mutasi sel dalam tubuh Anda? Apa saja pemicu kanker prostat? Jika Anda belum mengetahuinya, cobalah untuk menyimak artikel berikut guna menghindari kemungkinan terjadinya serangan kanker prostat!

Dalam artikel ini Anda akan menemukan kaitan antara beberapa makanan dan suplemen yang dapat menjadi penyebab kanker prostat. Penyebab tersebut dapat kita hindari guna mencegah serangan kanker prostat dikemudian hari.

Penyebab Kanker Prostat

Walaupun penyebab kanker prostat masih tidak, dokter seringkali mengatakan bahwa kanker prostat berawal saat sel dalam prostat berubah menjadi tidak normal. Perubahan ini terjadi karena adanya mutasi DNA pada sel normal yang kemudian menjadi sel-sel abnormal.

Sel tidak normal ini menyebabkan pertumbuhan dan pembelahan sel yang terlalu cepat. Sel-sel yang abnormal ini bahkan terus hidup manakala sel-sel sehat seharusnya mati sebelum beregenerasi dan mendesak sel-sel sehat, lalu mencuri tempat mereka. Kemudian berakumulasi membentuk tumor yang dapat menyebar. Tumor merupakan salah satu ciri-ciri kanker prostat tahap awal yang perlu diwaspadai.

Makanan Penyebab Kanker Prostat

Sekalipun penyebab kanker prostat belum dapat dipastikan, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan keberadaan kanker prostat. Rupanya makanan menjadi salah satu faktor risiko, mari kita ulas dan cobalah Anda perhatikan adakah diantara makanan berikut yang Anda gemari.

Berawal dari lemak yang kelihatannya lezat bagi beberapa orang, lemak dalam kadar yang normal memang dibutuhkan tubuh, tapi jika ini berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Ya, ini karena lemak adalah sumber radikal bebas yang mengandung zat karsinogen, pemicu terjadinya kanker prostat.

Hubungan antara konsumsi lemak dan risiko kanker prostat dibuktikan oleh para peneliti epidemiologic, salah satunya adalah Giovannucci beserta rekan-rekan yang telah berhasil memperlihatkan bagaimana diet tinggi lemak meningkatkan risiko perkembangan kanker prostat tahap lanjut.

Baca juga  6 Ciri-Ciri Kanker Prostat Yang Mudah Dikenali

Namun, adapula beberapa penelitian yang tampaknya tidak dapat menunjukkan buktinya. Namun, penelitian di era modern memperlihatkan bagaimana konsumsi daging merah yang mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan risiko tersebut, ini dilakukan oleh Dr. Hiromi Shinya asal Jepang.

Suplemen Penyebab Kanker Prostat

Satu lagi yang seringkali disalah-artikan oleh masyarakat adalah konsumsi multi-vitamin atau pun suplemen secara berlebihan. Memang benar, kelebihan vitamin akan dibuang melalui urin. Namun, bila Anda mengonsumsinya rutin dengan dosis yang tinggi.

Tentu akan memberatkan fungsi organ yang menguraikannya, seperti ginjal. Bahkan ada kemungkinan terjadi pengendapan yang turut menjadi pemicu kanker prostat. Selain itu, nutrisi yang diberikan oleh multi-vitamin seringkali dicuri oleh sel kanker. Ya, sewaktu Anda memberikan makanan bagi tubuh, sel kanker ikut menikmatinya.

Tak hanya menyuburkan sel kanker, konsumsi multi-vitamin dosis tinggi dapat merusak prostat. Bahkan para peneliti dari National Cancer Institute di Amerika Serikat memberikan peringatan serupa. Masalahnya, konsumsi multi-vitamin sudah menjadi gaya hidup, sekalipun mereka tidak membutuhkannya. Apakah Anda mengonsumsi multi-vitamin?

Hal ini dibuktikan dari riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti pada 100.000 pria yang terbiasa mengonsumsi multi-vitamin setiap hari dan 5.000 pria diantaranya mengonsumsi dalam dosis tinggi (lebih dari 7 kali 1 minggu). Hasilnya 5 tahun kemudian didapati 10.241 pria mengidap kanker prostat.

Lalu, 1.476 mengalami kanker stadium tinggi dan 179 orang telah meninggal. Hal ini tentu mengejutkan bukan? Dari kebiasaan yang seharusnya menyehatkan malah menjadi petaka. Jika Anda memiliki garis keturunan pengidap kanker sebaiknya waspada sewaktu mengonsumsi multi-vitamin. Adapun obat kanker prostat alami yang sifatnya membantu proses pemulihan tubuh.

Terkadang pemicu kanker prostat tampak sangat sepele tanpa Anda sadari bahwa pengaruhnya besar sekali. Dengan memahami apa saja penyebab kanker prostat atau pemicu kanker prostat, maka Anda akan lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan tubuh. Hal ini membantu Anda melakukan pencegahan kanker prostat dan perkembangan sel kanker yang menyerang.

Baca juga  Pemeriksaan Kanker Prostat
😡
☹️
😐
☺️
😍
5/5😍1