6 Ciri-Ciri Kanker Prostat yang Mudah Dikenali Sebelum Terlambat


By Fery Irawan

Tahukah Anda bahwa kanker prostat merupakan salah satu kanker yang ditakuti kaum pria? Apa sebenarnya ciri-ciri kanker prostat yang mudah dikenali? Adakah tanda-tanda kanker prostat yang perlu kita perhatikan?

Dalam artikel ini Anda akan melihat 6 ciri-ciri kanker prostat yang mudah dikenali dan tanda-tanda lain yang perlu diperhatikan supaya bisa mendeteksinya sejak dini. Apa sajakah itu?

Ciri-ciri kanker prostat stadium awal tampaknya tidak kelihatan, namun seraya kanker menyebar, gejalanya mungkin serupa dengan penyakit Benign Prostate Hyperplasia yang lebih dikenal dengan penyakit pembesaran prostat jinak dan sering dialami oleh lansia. Hal ini menyulitkan para penderitanya dalam membedakan keberadaan kanker prostat dengan penyakit lainnya.

Maka dari itu seringkali pemeriksaan kanker prostat yang lebih akurat perlu dilakukan sejak dini, sehingga pertolongan yang tepat dapat diberikan secepat mungkin, sebelum terjadi komplikasi ataupun penyebaran sel kanker di dalam tubuh.

6 Ciri-Ciri Kanker Prostat yang Mudah Dikenali

Karena kelenjar prostat dekat kaitannya dengan kandung kemih dan uretra, maka kanker prostat seringkali ditandai dengan berbagai gejala yang berkaitan dengan buang air kecil. Beberapa tanda-tanda kanker prostat tersebut antara lain:

  • Rasa sakit atau terasa seperti terbakar saat buang air kecil
  • Kesulitan untuk memulai buang air kecil dan menghentikan buang air kecil
  • Lebih sering ingin buang air kecil di malam hari
  • Hilangnya kontrol kandung kemih
  • Penurunan aliran atau kecepatan aliran urin saat dikeluarkan
  • Urin berdarah (hematuria)

Jika Anda merasakan beberapa tanda utama di atas, jangan abaikan. Meskipun keluhan seperti di atas bukan hanya dialami pengidap kanker, namun tetap saja masalah kesehatan tersebut perlu ditangani oleh dokter.

Ciri-Ciri Kanker Prostat Lainnya yang Perlu Diperhatikan

Kanker prostat dapat menyebar (metastasis) ke jaringan di sekitarnya atau ke tulang. Jika kanker sudah menyebar ke tulang belakang, mungkin kanker akan menekan saraf tulang belakang. Kanker yang sudah menyebar dapat menyebabkan gejala-gejala kanker prostat lainnya, antara lain:

  • Darah dalam cairan mani
  • Kesulitan untuk mencapai ereksi (disfungsi ereksi)
  • Ejakulasi yang menyakitkan
  • Bengkak di kaki atau area panggul (pangkal paha)
  • Mati rasa atau nyeri pada pinggul dan kaki
  • Nyeri di tulang yang tidak kunjung hilang dan nyeri yang mengakibatkan retak tulang
Baca Juga:  Pemeriksaan Kanker Prostat

Ingatlah bahwa gejala-gejala kanker prostat yang dirasakan seseorang tidak selalu menunjukkan adanya kanker. Gejala-gejala ini bisa juga disebabkan oleh penyakit lain, misalnya Benign Prostatic Hyperplasia (BPH) atau prostatitis. Namun tetap saja penyakit-penyakit tersebut harus ditangani oleh pihak medis.

Menekan “Bibit Kanker” dengan Bantuan Herbal

Di samping mewaspadai ciri-ciri kanker prostat yang mudah dikenali, langkah sederhana lain untuk membantu mencegah tumbuhnya “bibit kanker” di dalam tubuh ialah dengan mengonsumsi herbal anti-kanker. Anda yang tinggal di Indonesia beruntung karena ada herbal asli Indonesia yang populer sebagai anti-kanker ampuh, yaitu Sarang Semut Papua.

Sarang Semut Papua (Myrmecodia pendans) kaya akan kandungan-kandungan senyawa seperti flavonoid dan tanin. Senyawa flavonoid dikenal sebagia antioksidan yang kuat. Antioksidan berfunsi untuk mencegah, membersihkan, atau menghilangkan efek radikal bebas. Antioksidan memberikan elektronnya untuk menetralkan radikal bebas sehingga menyingkirkan kondisi radikal yang tak berpasangan.

Senyawa tanin juga bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Tanin juga dapat bertindak sebagia antioksidan sekunder, yaitu untuk menangkap radikal bebas sehingga mencegah terjadinya reaksi berantai dari stres oksidatif.

Fungsi dari kedua senyawa tersebut akan sangat bermanfaat untuk mencegah bibit kanker. Sebagaimana sudah diketahui, penyakit kanker dapat berkembang dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh kondisi stres oksidatif berkepanjangan akibat efek radikal bebas. Antioksidan sangat penting untuk menetralisir efek buruk dari radikal bebas tersebut.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Sarang Semut Papua, bacalah artikel berikut: “Sarang Semut Papua Hancurkan Kanker, Tumor, dan Benjolan Abnormal!

Selain Sarang Semut Papua, ada herbal lain yang bisa membantu menghambat pertumbuhan kanker, khususnya bila penggunaannya dikombinasikan bersama Sarang Semut. Herbal yang dimaksud ialah Noni juice yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia).

Noni juice punya kandungan-kandungan antioksidan kuat, seperti beta karoten, iridoid, vitamin C dan E, yang berguna untuk melawan radikal-radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Ini tentunya akan turut menghalangi sel-sel abnormal berkembang dan membentuk kanker.

Baca Juga:  Penyebab Kanker Prostat

Tetapi jika dibandingkan, kemampuan herbal ini tidak sekuat Sarang Semut dalam membantu mengatasi pertumbuhan kanker. Itu sebabnya Noni juice lebih disarankan digunakan untuk mendukung perawatan saja guna menjaga serta memulihkan kondisi tubuh selama perawatan.

Cepat Tanggap dengan Ciri-Ciri Kanker Prostat!

Apabila Anda sedang khawatir karena merasa sudah mengalami gejala-gejala kanker prostat, atau mungkin Anda sudah divonis terkena kanker, wajar jika Anda merasa bingung dan takut menghadapinya. Namun ingatlah bahwa diagnosa kanker bukanlah akhir, justru ini adalah awal perjuangan Anda mengalahkan kanker! Dan bisa menjadi salah satu tindakan pencegahan kanker prostat.

Jika Anda merasakan ciri-ciri kanker prostat seperti yang dijelaskan artikel ini, terutama bila dialami dalam waktu bersamaan atau dalam waktu cukup lama, sebaiknya kunjungi dokter yang terperaya untuk memastikan penyebabnya serta agar bisa ditangani secepat mungkin

Langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah berusaha tetap tenang dan pantang menyerah. Baru setelah itu Anda bisa dengan kepala dingin mencari pengobatan kanker prostat yang paling sesuai dengan kondisi yang dihadapi.

Bagi Anda yang belum didiagnosa dan masih baru merasakan ciri-ciri kanker prostat, jauh lebih besar kemungkinannya untuk terbebas dari kanker bila ditangani sedini mungkin, misalnya dengan menggunakan obat kanker prostat.

Mengetahui ciri-ciri kanker prostat yang bisa dengan mudah dikenali akan membantu Anda mengenali tanda-tanda yang harus segera ditangani, sehingga pemeriksaan kanker prostat yang tepat dapat dilakukan!

Sumber

Sumber Referensi:

Cancer.Net. Prostate Cancer: Symptoms and Signs. URL: https://www.cancer.net/cancer-types/prostate-cancer/symptoms-and-signs

Wulan, Kholifah, dkk. (2017). Sarang Semut (Myrmecodia pendans) sebagai Antikanker. Medula. 7(5): 140-143

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}