Stadium Kanker Pankreas

535
stadium kanker pankreas
shutterstock_207212743-II

Diedit:

Tahukah Anda bahwa stadium kanker pankreas merupakan tingkat penyakit kanker yang diketahui pada saat pemeriksaan? Stadium kanker pankreas diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan, tes pencitraan, endoskopi dan biopsi.

Sehingga dokter dapat membedakannya kedalam kanker pankreas stadium 1, kanker pankreas stadium 2, kanker pankreas stadium 3 dan kanker pankreas stadium 4.

Stadium Kanker Pankreas

Sistem stadium kanker merupakan standar dokter untuk memperkirakan seberapa besar kanker dan seberapa jauh penyebarannya. Sistem yang paling sering digunakan untuk mengelompokkan kanker pankreas ialah sistem TNM Amerika untuk kanker yang didasarkan pada 3 informasi penting:

T – menggambarkan ukuran tumor primer dan keberadaan pertumbuhan kanker di luar pankreas atau organ terdekat.

N – menggambarkan penyebaran kanker menuju kelenjar getah bening di area sekitarnya. Kelenjar getah bening ini merupakan kumpulan sel kekebalan tubuh yang berukuran sebesar kacang dan sering menjadi target serangan penyebaran kanker pertama kali.

M – menunjukkan apakah kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya. Penyebaran kanker pankreas paling umum menyerang hati, paru-paru, dan lapisan yang menutupi organ perut.

Setelah itu diikuti dengan angka atau huruf untuk memberikan rincian lebih lanjut mengenai masing-masing faktor tersebut. Angka yang lebih tinggi mengartikan tingkat keganasan sel kanker. Begitu kategori T, N, dan M telah ditentukan, informasi ini digabungkan untuk menetapkan keseluruhan stadium 0, I, II, III, atau IV.

Kanker Pankreas Stadium 0

Pada kanker pankreas stadium 0, tumor berada pada lapisan atas saluran sel pankreas dan belum menyerang jaringan yang lebih dalam. Bahkan belum menyebar ke bagian luar pankreas. Tumor ini kadang-kadang disebut sebagai karsinoma pankreas in-situ.

Kanker Pankreas Stadium 1

Pada kanker pankreas stadium 1 ada begitu banyak kondisi yang bisa terjadi, misalnya;

  • 1A – Tumor ini berada pada pankreas dan berukuran 2 cm atau lebih kecil. Kanker juga belum menyebar menuju kelenjar getah bening terdekat atau organ yang jauh.
  • 1B – Tumor ini berada pada pankreas dan berukuran lebih besar dari 2 cm. Kanker juga belum menyebar menuju kelenjar getah bening terdekat atau organ yang jauh.

Kanker Pankreas Stadium 2

Pada kanker pankreas stadium 2 ada begitu banyak kondisi yang bisa terjadi, misalnya;

  • 2A – Tumor berada di luar pankreas tapi belum menjalar ke pembuluh darah utama atau saraf. Kanker juga belum menyebar ke kelenjar getah bening terdekat atau organ yang jauh.
  • 2B – Tumor berada pada pankreas ataupun di luar pankreas tapi belum menjalar ke pembuluh darah utama atau saraf. Kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya, tapi tidak ke organ yang jauh.

Kanker Pankreas Stadium 3

Pada kanker pankreas stadium 3 ada begitu banyak kondisi yang bisa terjadi, misalnya; Tumor tumbuh di luar pankreas dan masuk ke dalam pembuluh darah atau saraf utama terdekat. Kanker bisa jadi menyebar ataupun tidak menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya. Namun, kanker belum menyebar ke organ yang jauh.

Kanker Pankreas Stadium 4

Pada kanker pankreas stadium 4 kanker telah menyebar ke organ yang jauh.

Selain stadium kanker pankreas dokter juga dapat memberikan informasi seputar tingkat kelangsungan hidup. Dokter mungkin memberi tahu Anda, bahwa sebagian orang dengan tipe dan stadium kanker yang sama dengan tingkat kelangsungan hidup selama beberapa tahun (biasanya 5 tahun) setelah didiagnosis.

Baca juga:  Pengobatan Kanker Pankreas

Dokter tidak memiliki kesanggupan dalam memberitahu berapa lama Anda akan hidup, tapi mereka mungkin bisa memberi pemahaman yang lebih baik tentang seberapa besar kemungkinan pengobatan kanker pankreas akan berhasil. Beberapa orang pasti ingin mengetahui tingkat kelangsungan hidup mereka. Sedangkan, beberapa orang tidak ingin mengetahuinya. Jika Anda tidak ingin mengetahuinya, Anda tidak perlu melakukannya.

Statistik tentang jenis dan stadium kanker sering diberikan sebagai pandangan terhadap tingkat ketahanan hidup selama 5 tahun. Namun, banyak orang hidup lebih lama, bahkan lebih lama dari sekadar 5 tahun. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun merupakan persentase orang yang bertahan hidup minimal 5 tahun setelah didiagnosis menderita kanker, sesuai dengan ciri-ciri kanker pankreas yang dideritanya.

Misalnya, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun sebesar 70% berarti bahwa sekitar 70 dari 100 orang yang memiliki kanker tersebut masih hidup 5 tahun setelah didiagnosis. Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa banyak dari orang-orang ini hidup lebih lama dari 5 tahun setelah diagnosis. Tapi ingat, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun bersifat relatif atau perkiraan.

Advertisement
Alinesia