Penyebab Kanker Pankreas

427
Penyebab Kanker Pankreas
shutterstock_2568329441

Diedit:

Anda tentu mengenal Steve Jobs co-founder Apple Inc, ternyata ia juga mengidap kanker pankreas. Anda mungkin heran jika seseorang yang Anda kenal tiba-tiba mengidap kanker pankreas. Apalagi jika Anda mengenal baik pola hidupnya yang baik-baik saja. Apa sebenarnya penyebab kanker pankreas? Bagaimana kita dapat mewaspadai sebab kanker pankreas? Mari kita perhatikan bersama-sama pemicu kanker pankreas dalam artikel ini!

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan kaitan pola hidup, faktor keturunan, dan penyakit lainnya yang turut menjadi penyebab kanker pankreas. Beberapa mungkin bisa dihindari, namun adapula yang tak bisa Anda hindari!

Penyebab Kanker Pankreas

Penyebab utama kanker pankreas masih tidak ditemukan secara jelas. Para ahli medis hanya mengetahui bahwa beberapa faktor turut menjadi pemicu kanker pankreas dan turut memperbesar kemungkinan penyebarannya. Salah satu hal yang pasti ialah asal muasal sel kanker yang terjadi karena perubahan genetika sel sehat yang mengalami kerusakan sel. Kerusakan sel demikian menyebabkan proses regenerasi yang tidak terkontrol dan menjadi tidak normal.

Pola Hidup

Siapa yang sangka jika usia lanjut turut meningkatkan potensi serangan kanker pankreas. Menurut survei yang dilakukan oleh para ahli medis, kebanyakan pengidap kanker berusia sekitar 65 tahun. Namun risiko ini lebih besar terjadi pada mereka yang memiliki pola hidup tidak sehat, misalnya; memiliki kebiasaan merokok dan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.

Zat-zat yang terkandung dalam rokok banyak mengandung toksin atau racun yang bersifat karsinogen. Dengan kata lain rokok mampu menyebabkan terjadinya kanker.

Sedangkan minuman beralkohol menurut Silvia Balbo, yang memimpin sebuah penelitian terkait kanker, menjelaskan bahwa tubuh manusia sebenarnya berupaya untuk menguraikan alkohol yang ada pada wine, bir dan minuman keras lainnya. Salah satu zat-zat terbentuk sebagai hasil metabolisme itu ialah asetaldehida, zat yang memiliki rantai kimia menyerupai formaldehida salah satu penyebab kanker pankreas.

Kegemukan juga dapat menjadi pemicu kanker pankreas, karena penumpukan lemak berlebih seringkali berkaitan dengan peningkatan potensi serangan kanker. Lemak berlebih dapat menjadi sumber makanan bagi sel kanker.

Baca juga:  Pemeriksaan Kanker Pankreas

Penyakit Lainnya

Keberadaan penyakit lainnya ternyata juga dapat menjadi penyebab kanker pankreas. Misalnya diabetes, peradangan pankreas kronis yang dikenal dengan pankreatitis, sindrom genetika, sindrom lynch dan melanoma moleganas atipikal. Mari kita perhatikan kaitan penyakit tersebut dengan serangan kanker.

Diabetes yang dapat memicu kanker ialah diabetes tipe-2, manakala pankreas dipicu untuk memproduksi lebih banyak insulin. Peningkatan kadar insulin dapat menjadi salah satu ciri-ciri kanker pankreas yang perlu diwaspadai.

Sedangkan pada kasus pankreatitis atau peradangan pankreas. Penyakit ini terjadi karena aktifnya enzim-enzim pencernaan di dalam pankreas yang seharusnya terjadi di usus halus. Enzim-enzim ini mengeluarkan reaksi kimia yang dapat melukai pankreas. Luka yang terjadi terus-menerus menimbulkan peradangan. Jika peradangan tidak diatasi, kemudian bertambah akut dan terpapar zat karsinogen maka akan membentuk kanker pankreas.

Faktor Keturunan

Jika anggota keluarga Anda memiliki riwayat penyakit kanker, maka Anda bisa mengalami hal yang sama. Sel kanker bisa jadi belum aktif hingga pemicu yang cukup signifikan merangsangnya untuk aktif dan mulai melakukan penyerangan terhadap tubuh Anda.

Namun, sekalipun mereka memiliki riwayat penyakit kanker masih ada harapan untuk terlepas dari serangan kanker. Yakni dengan menjaga kesehatan, pola kehidupan dan aktifitas harian. Adapula obat kanker pankreas alami yang membantu proses pemulihan tubuh terhadap serangan kanker.

Kebanyakan kanker dipicu oleh kebiasaan hidup yang tidak teratur. Maka dari itu ada baiknya untuk melakukan tindakan pencegahan kanker pankreas sejak dini. Hal ini memungkinkan Anda untuk menghindar dari serangan ganas kanker. Demikianlah penyebab kanker pankreas yang perlu Anda waspadai saat ini! Ayo sadar akan kesehatan Anda dari sekarang!

Advertisement
Alinesia