Pemeriksaan Kanker Pankreas

269
Pemeriksaan Kanker Pankreas
shutterstock_394501441

Diedit:

Jika Anda merasakan ada perubahan atau rasa tidak nyaman pada tubuh Anda, jangan abaikan sinyal tersebut. Tubuh Anda mampu mendeteksi sesuatu yang tidak biasa. Namun untuk memastikan apakah gejala yang dirasakan merupakan kanker pankreas, perlu dilakukan pemeriksaan kanker pankreas.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan beberapa informasi pemeriksaan kanker pankreas mulai dari tes pencitraan, tes darah, hingga biopsi. Ayo cari tahu selengkapnya dalam artikel berikut!

Pemeriksaan Kanker Pankreas

Setelah merasakan ada yang tidak beres dengan tubuh Anda, cobalah untuk segera lakukan pemeriksaan medis. Pemeriksaan perlu dilakukan guna memastikan bahwa ciri-ciri kanker pankreas yang Anda rasakan memang benar menunjukkan keberadaan kanker pankreas.

Saat bertemu dengan dokter, apa yang perlu Anda tanyakan dan ketahui? Beberapa pertanyaan untuk ditanyakan ke dokter ialah sebagai berikut:

  • Apakah saya menderita kanker pankreas?
  • Berapa stadium kanker saya?
  • Apakah saya memerlukan pemeriksaan tambahan lainnya?
  • Dapatkah saya disembuhkan dari serangan kanker pankreas?
  • Apa pilihan pengobatan yang dapat saya pilih?
  • Bisakah pengobatan membantu saya untuk hidup lebih lama?
  • Berapakah tingkat potensi risiko setiap tindakan medis yang dilakukan?
  • Apa perawatan yang menurut dokter paling baik untuk saya?
  • Berapa banyak pasien kanker pankreas yang pernah didiagnosis dan melakukan pengobatan kanker pankreas?
  • Berapa banyak prosedur pembedahan untuk jenis kanker ini yang dilakukan setiap tahun di rumah sakit ini?
  • Apa yang bisa dilakukan untuk membantu saya merasa lebih nyaman dari gejala tersebut?
  • Uji klinis apa saja yang tersedia untuk kanker pankreas?
  • Apakah Anda punya brosur atau materi cetak lain yang bisa saya bawa? Situs web apa yang anda rekomendasikan?

Selain menentukan keberadaan sel kanker pemeriksaan medis juga dilakukan guna mengetahui tingkat stadium kanker pankreas. Sehingga pengobatan yang tepat dapat diambil sesuai keadaan dan kondisi pasien. Jika dokter Anda mencurigai keberadaan kanker pankreas, mungkin Anda akan menjalani salah satu atau beberapa tes berikut ini:

Baca juga:  7 Ciri-Ciri Kanker Pankreas yang Mudah Dikenali

Tes pencitraan

Pemeriksaan ini memperlihatkan gambar organ dalam tubuh. Tes ini membantu dokter untuk melihat organ dalam, termasuk pankreas. Teknik yang digunakan untuk mendiagnosa kanker pankreas meliputi pemeriksaan ultrasound, pemindaian komputer terkomputerisasi (CT), magnetic resonance imaging (MRI) dan pemindaian positron emission tomography (PET).

USG endoskopik (EUS)

Dengan menggunakan perangkat ultrasound untuk membuat gambar visual pankreas yang ada di dalam perut Anda. Perangkat ini dimasukkan kedalam tabung tipis yang fleksibel (endoskopi). Lalu, perangkat ini dimasukkan ke kerongkongan dan masuk ke perut untuk mendapatkan gambar visual.

Biopsi

Metode ini dilakukan dengan melepaskan sampel jaringan untuk pengujian (biopsi). Biopsi merupakan prosedur untuk menghilangkan sampel jaringan kecil yang kemudian diperiksa dengan menggunakan mikroskop. Dokter mungkin memperoleh sampel jaringan pankreas dengan cara memasukkan jarum melalui kulit hingga masuk ke pankreas (fine-needle aspiration). Sampel jaringan bisa juga diambil selama proses EUS dengan alat khusus yang menuntun ke pankreas.

Tes darah

Dokter bisa jadi perlu memeriksa darah Anda untuk menemukan keberadaan protein tertentu (sebagai penanda tumor) yang dihasilkan oleh sel kanker saat menyerang pankreas. Salah satu tes penanda tumor yang digunakan pada kanker pankreas disebut CA19-9.

Pemeriksaan kanker pankreas demikian seringkali melibatkan banyak tenaga medis lainnya. Misalnya; Seorang dokter ahli kanker (onkologi). Seorang dokter ahli radiasi untuk mengobati kanker (radiation oncologist). Seorang ahli bedah khusus yang melibatkan saluran pencernaan.

Seorang dokter yang mendiagnosis dan mengobati kondisi pencernaan (gastroenterologist). Para tenaga ahli ini akan sangat membantu proses pemeriksaan kanker pankreas dengan tepat. Sehingga pencegahan kanker pankreas dapat dilakukan sedini mungkin!

Advertisement
Alinesia