Pencegahan Kanker Pankreas


By Fery Irawan

Serangan kanker pankreas seringkali membuat banyak orang merasa khawatir dan takut. Ada yang mungkin bertanya-tanya bagaimana pencegahan kanker pankreas dapat dilakukan? Mengingat bahwa kanker pankreas seringkali tumbuh dan menyebar secara senyap. Untuk alasan ini, kebanyakan kasus kanker pankreas sulit diobati. Maka apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker pankreas agar tidak menyerang Anda.

Dapatkan informasi pencegahan kanker pankreas dengan menghindari kebiasaan merokok, menjaga berat badan, dan membatasi konsumsi alkohol. Ayo temukan informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini!

Pencegahan Kanker Pankreas

Sebenarnya tidak ada cara yang pasti untuk mencegah terjadinya kanker pankreas. Beberapa faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat keluarga merupakan faktor yang tidak dapat dikendalikan. Tapi ada juga beberapa faktor yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko serangan kanker pankreas.

Pencegahan kanker pankreas dapat dilakukan jika Anda mengenali penyebab kanker pankreas. Apa sajakah itu? Mari kita perhatikan bersama-sama!

Hindari Merokok

Merokok merupakan salah satu dari penyebab segala macam kanker, termasuk kanker pankreas. Kandungan zat berbahaya dalam rokok yang bersifat karsinogen cenderung memicu terjadinya kanker. Namun banyak orang merasa sulit untuk menghentikan kebiasaan ini. Karena kandungan rokok memiliki zat adiktif yang bersifat candu.

Setelah berhenti merokok, risiko terkena kanker pankreas cenderung menurun. Hingga akhirnya tingkat risiko serangan kanker yang Anda  alami sama dengan orang yang tidak merokok. Ini terjadi setelah 10 sampai 15 tahun berhenti merokok. Artinya, pembersihan diri untuk bebas dari zat berbahaya yang terkandung dalam rokok membutuhkan waktu sekitar 15 tahun.

Bagi para perokok aktif yang masih merokok dan merasa sehat, waspadalah karena penumpukan zat berbahaya ini sewaktu-waktu dapat mengakibatkan bencana bagi Anda. Jika kanker sudah menyerang maka tak hanya Anda yang akan mengalami kerugian. Dampaknya juga berimbas pada anggota keluarga dan orang lain disekitar Anda.

Jaga Berat Badan

Memperoleh dan menjaga berat badan yang sehat juga dapat membantu menurunkan risiko serangan kanker pankreas. Sementara pengaruh langsung dari aktivitas fisik dan pola makan yang baik terhadap serangan kanker belum dapat dipastikan. Namun hal tersebut tampaknya mampu membantu dalam mempertahankan berat badan yang sehat.

The American Cancer Society memberikan rekomendasi dalam memilih makanan dan minuman, serta jumlah yang membantu Anda mencapai ataupun menjaga berat badan sehat. Makan-makanan yang sehat, khususnya sayuran sebanyak 2½ cangkir  dan buah setiap hari. Pilihlah roti whole grain, pasta, dan sereal – bukan biji-bijian olahan. Makanlah ikan, unggas, atau kacang – bukan daging olahan dan daging berwarna merah, seperti sapi.

Batasi Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebihan atau hingga mabuk seringkali dikaitkan dengan pemicu kanker pankreas oleh beberapa penelitian. Kaitan ini dengan serangan kanker memang masih belum pasti, namun penggunaan alkohol yang berat dapat menyebabkan kondisi seperti; pankreatitis kronis dan sirosis, yang diketahui dapat meningkatkan risiko serangan kanker pankreas.

Demikianlah beberapa tindakan pencegahan kanker pankreas yang bisa Anda coba lakukan. Sekalipun kita tidak dapat mencegah sepenuhnya serangan kanker. Setidaknya Anda dapat memperkecil potensi serangan kanker pankreas. Mulailah menjaga pola kehidupan Anda, sehingga kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Mencegah kanker pankreas lebih baik daripada Anda harus menjalani perawatan medis karena dampak penyakit tersebut.

Anda juga perlu menghindari zat-zat kimia apapun sebisa mungkin. Namun jika Anda bekerja di perusahaan yang perlu melibatkan Anda untuk kontak dengan bahan-bahan kimia, cobalah untuk menggunakan peralatan keamanan. Sekalipun tampaknya bahan kimia tersebut tidak bersifat merusak tubuh saat terjadi kontak langsung. Bahan-bahan kimia cenderung memicu pertumbuhan sel kanker.

Jika Anda ragu akan kesehatan Anda saat ini, cobalah untuk melakukan pemeriksaan kanker pankreas sejak dini. Hal ini dilakukan khususnya ketika tanda-tanda kanker pankreas telah timbul. Demikianlah informasi seputar pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}