Kanker Pankreas

507
Kanker Pankreas
Kanker Pankreas

Diedit:

Tahukah Anda, Apa itu kanker pankreas? Adakah obat kanker yang secara efektif dapat menumpas sel kanker? Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda ketahui? Apa sebenarnya penyebab kanker? Adakah tindakan pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana pemeriksaan kanker dilakukan? Bagaimana stadium kanker dapat ditentukan? Pengobatan kanker apa saja yang tersedia? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel berikut ini!

Kanker Pankreas

Kanker berawal dari jaringan pankreas Anda? Pankreas merupakan organ yang berada di area sekitar perut Anda. Letaknya horizontal tepat di belakang bagian bawah perut Anda. Pankreas memiliki fungsi untuk melepaskan enzim yang membantu proses pencernaan dan hormon guna membantu pengaturan gula darah yang Anda miliki.

Pankreas memiliki panjang sekitar 6 inci (15 cm) dan tampak seperti buah pir yang tergeletak miring. Pankreas mengeluarkan hormon, salah satunya ialah insulin. Hormon ini digunakan untuk membantu tubuh dalam memproses gula pada makanan yang Anda konsumsi. Dan ini dapat menghasilkan cairan pencernaan untuk membantu tubuh dalam mencerna makanan.

Menurut Mayo Clinic, kanker memiliki kecenderungan untuk menyebar dengan cepat menuju organ terdekat. Penyakit ini jarang terdeteksi saat berada pada stadium awal. Tetapi untuk penderita kista pankreas atau memiliki riwayat keluarga yang terkena kanker, hal ini dapat dideteksi lebih awal dengan melakukan beberapa pemeriksaan skrining.

Obat Kanker Pankreas

Tahukah Anda apa pengobatan alternatif yang sering dicari untuk mengobati kanker? Obat kanker pankreas ini merupakan herbal alami. Sebagai obat anti kanker, herbal ini mengandung senyawa anti-toksin guna menurunkan intensitas toksin maupun oksidan yang ada di dalam darah maupun tubuh.

Herbal ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada di pankreas. Selain itu, herbal ini juga dilengkapi dengan senyawa khusus yang bekerja aktif dalam mematikan dan mencegah kemunculan sel kanker yang berulang. Sebagai herbal kanker, tentu saja harus mampu memiliki khasiat dalam mengembalikan fungsi sel, sehingga mampu memulihkan fungsi pankreas.

Baca juga:  Obat Kanker Pankreas Alami Khas Indonesia

Salah satu produk lokal Indonesia yang memiliki fungsi sebagai obat kanker terbaik ialah Sarang Semut Papua. Sejenis umbi dari tanaman epifit unik yang berongga atau berlabirin pada bagian dalamnya. Di dalam herbal ini terkandung senyawa antioksidan polifenol, antosianin, tannin, tokoferol dan flavonoid.

Deretan senyawa tersebut membantu tubuh dalam membersihkan diri dari tumpukan toksin maupun residu yang berbahaya. Tak hanya itu, manfaat terbaik Sarang Semut ialah sifat anti proliferasi dan anti karsinogen yang ampuh atasi kanker. Herbal ini sanggup melawan pertumbuhan sel tidak normal dalam tubuh dan mencegahnya agar tidak muncul kembali.

Dengan beberapa manfaat dan kandungan tersebut, maka tak heran jika herbal Sarang Semut merupakan pilihan tepat sebagai obat kanker alami. Lalu, bagaimana sebenarnya ciri-ciri kanker dapat diketahui?

Ciri-Ciri Kanker Pankreas

Salah satu ciri-ciri kanker pankreas ialah diabetes, yang disertai dengan tanda-tanda kanker berupa penurunan berat badan, sakit kuning (liver) atau nyeri yang menyebar di perut bagian atas menuju area punggung. Pasien juga dapat mengalami depresi sebagai salah satu dari gejala-gejala kanker.

Segera temui dokter, jika Anda mengalami penurunan berat badan yang signifikan, terutama tanpa sebab yang jelas. Atau, jika Anda mengalami kelelahan, sakit perut yang disertai dengan tanda maupun gejala lain yang mengganggu kegiatan Anda.

Banyak kondisi yang bisa menyebabkan gejala tersebut. Maka dokter Anda yang bisa memastikan kondisi ini, apakah termasuk kategori kanker atau bukan. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab kanker tersebut?

Penyebab Kanker Pankreas

Dalam banyak kasus masih tidak jelas apa penyebab kanker pankreas. Dokter telah mengidentifikasi beberapa faktor, yang turut meningkatkan potensi kanker, yaitu;

  • Peradangan Pankreas Kronis (Pankreatitis)
  • Diabetes
  • Riwayat Kesehatan Keluarga dengan kondisi Sindrom Genetik, (seperti mutasi gen BRCA2, sindrom Lynch maupun sindrom Melanoma Mole-ganas Atipikal)
  • Riwayat Keluarga yang mengidap kanker
  • Kebiasaan Merokok
  • Kegemukan
  • Pertambahan Usia – khususnya yang berusia 65 tahun
Baca juga:  Pemeriksaan Kanker Pankreas

Beberapa faktor diatas merupakan penyebab yang seringkali memicu serangan kanker. Adakah cara yang bisa dilakukan untuk melakukan tindakan pencegahan kanker?

Pencegahan Kanker Pankreas

Jika Anda sudah terserang kanker maka tindakan pencegahan sudah tidak dapat dilakukan lagi. Namun jika Anda masih dalam keadaan sehat, maka pencegahan kanker pankreas yang dapat dilakukan mencakup menghindari penyebab serangan kanker yang datang dari luar tubuh.

Misalnya; menghentikan penggunaan tembakau atau kebiasaan merokok, menjaga berat badan tetap seimbang dan membatasi konsumsi alkohol.

Jika tindakan pencegahan sudah Anda coba untuk lakukan, maka pemeriksaan kanker perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker di dalam pankreas Anda. Bagaimana ini dapat dilakukan?

Pemeriksaan Kanker Pankreas

Jika dokter Anda mencurigai keberadaan kanker, mungkin Anda akan menjalani salah satu atau beberapa pemeriksaan kanker pankreas berikut ini:

  • Biopsi
  • Tes Darah
  • Tes Pencitraan
  • USG Endoskopik (EUS)

Jika dokter telah memastikan keberadaan kanker. Maka dokter akan menentukan tingkat (stadium) kankernya guna membantu menentukan perawatan apa yang tersedia untuk Anda. Bagaimana stadium kanker diketahui?

Stadium Kanker Pankreas

Stadium kanker pankreas ditentukan dengan sebuah sistem TNM, guna menentukan stadium 1 hingga stadium 4. Setelah dokter mengetahui stadium kanker, barulah tindakan pengobatan kanker dapat ditentukan. Bagaimana tindakan pengobatan dapat dilakukan?

Pengobatan Kanker Pankreas

Pengobatan untuk kanker bergantung pada stadium dan lokasi kanker. Selain itu, pengobatan juga ditentukan oleh kondisi keseluruhan kesehatan dan pilihan pribadi Anda. Pada umumnya, tujuan pertama pengobatan kanker ialah menghilangkan kanker, jika memungkinkan.

Namun itu bukanlah pilihan utamanya, fokus utamanya ialah meningkatkan kualitas hidup dan mencegah pertumbuhan kanker. Sehingga tidak menyebabkan komplikasi lainnya.

Pengobatan kanker bisa mencakup operasi, radiasi, kemoterapi atau kombinasi keduanya. Ketika kanker lebih ganas dan perawatan ini tidak memungkinkan Anda untuk sembuh, maka dokter Anda akan menawarkan perawatan yang bersifat meredakan gejala (perawatan paliatif) agar Anda merasa nyaman.

Demikianlah informasi seputar kanker yang dapat Anda ketahui, mulai dari obat kanker pankreas, ciri-ciri kanker pankreas, penyebab kanker pankreas, pencegahan kanker pankreas, pemeriksaan kanker pankreas, stadium kanker pankreas, hingga pengobatan kanker pankreas. Nantikan informasi seputar kanker lainnya hanya di deherba!

Advertisement
Alinesia