Pengobatan Kanker Pankreas

584
pengobatan kanker pankreas
shutterstock_102680219

Diedit:

Mengidap kanker pankreas bukanlah hal mudah untuk dijalani, mengingat gejala-gejala yang ditimbulkan seringkali membebani kualitas hidup pasien dalam beraktivitas. Maka dari itu setelah pemeriksaan medis yang terperinci, dibutuhkan pengobatan kanker pankreas medis yang tepat guna meringankan gejala-gejala yang timbul, sekaligus membasmi keberadaan sel kanker.

Dapatkan beberapa informasi pengobatan medis yang bisa Anda peroleh, mulai dari operasi, kemoterapi, hingga radiasi. Mari kita perhatikan beberapa pengobatan kanker pankreas secara medis yang bisa menjadi pilihan Anda!

Pengobatan Kanker Pankreas

Ada beragam metode pengobatan kanker pankreas yang bisa menjadi pilihan Anda. Namun tidak semua tindakan medis ini dapat dipilih, mengingat setiap jenis tingkatan kanker membutuhkan tindakan medis yang berbeda. Dokter biasanya memaparkan pilihan pengobatan berikut beserta dengan efek samping yang bisa terjadi. Mari kita perhatikan bersama-sama apa saja pilihan pengobatan kanker pankreas yang tersedia!

Operasi / Pembedahan

Setiap operasi atau tindakan medis memiliki risiko terjadinya pendarahan maupun infeksi. Setelah operasi sebagian orang merasa mual dan muntah, terutama saat mengalami kesulitan dalam mengosongkan perut. Pemulihan akan hal ini dapat berlangsung lama. Anda mungkin perlu menghabiskan beberapa hari di rumah sakit yang dilanjutkan dengan perawatan dirumah selama beberapa minggu.

Penelitian ekstensif menunjukkan bahwa operasi atau pembedahan kanker pankreas sebenarnya memiliki komplikasi lebih sedikit jika dilakukan oleh ahli bedah yang sangat berpengalaman. Terutama di pusat-pusat kesehatan yang telah melakukan lebih banyak tindakan operasi.

Jangan ragu untuk mempertanyakan pengalaman dokter bedah dan rumah sakit yang Anda gunakan untuk operasi kanker pankreas. Jika Anda memiliki keraguan, cobalah untuk mendapatkan pendapat lainnya.

Kemoterapi

Pengobatan kanker pankreas lainnya ialah kemoterapi. Kemoterapi merupakan metode pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan obat untuk membantu membunuh sel kanker. Metode yang digunakan bisa melalui suntikan ke pembuluh darah atau ditelan. Anda bisa jadi menerima salah satu metode kemoterapi atau kombinasi keduanya.

Baca juga:  Obat Kanker Pankreas Alami Khas Indonesia

Kemoterapi juga dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi (chemoradiation). Kemoradiasi biasanya digunakan untuk mengobati kanker yang telah menyebar di luar pankreas. Namun hanya untuk organ terdekat dan tidak dapat mengarah ke organ yang lebih jauh dari prostat.

Di pusat medis khusus, kombinasi ini bisa digunakan sebelum operasi untuk membantu mengecilkan tumor. Metode ini terkadang digunakan setelah operasi untuk mengurangi risiko munculnya kanker pankreas untuk kedua kalinya.

Bbagi penderita kanker pankreas stadium lanjut, kemoterapi sering digunakan guna mengendalikan pertumbuhan kanker dan memperpanjang kelangsungan hidup.

Terapi Radiasi

Pengobatan kanker pankreas yang satu ini memanfaatkan sinar berenergi tinggi, seperti sinar X dan proton. Tujuan dari pengobatan ini ialah menghancurkan sel kanker. Perawatan radiasi bisa jadi Anda terima sebelum atau sesudah operasi kanker dan seringkali dikombinasikan dengan kemoterapi. Dokter mungkin merekomendasikan kombinasi perawatan radiasi dan kemoterapi, saat kanker tidak dapat diobati dengan pembedahan.

Terapi radiasi biasanya berasal dari mesin yang bergerak di sekitar Anda. Mesin ini mengarahkan sinar radiasi ke titik-titik tertentu pada tubuh (radiasi sinar eksternal). Di pusat medis khusus, terapi radiasi dapat diberikan selama operasi (radiasi intraoperatif).

Terapi radiasi untuk mengatasi kanker secara tradisional sering dilakukan menggunakan sinar-X. Beberapa pusat kesehatan menawarkan terapi radiasi sinar proton yang bisa menjadi pilihan pengobatan bagi pasien kanker pankreas stadium lanjut.

Uji Klinis

Uji klinis merupakan penelitian untuk menguji pengobatan baru, seperti terapi sistemik yang menjadi pendekatan baru bagi terapi bedah atau radiasi. Jika perawatan yang sedang dipelajari terbukti lebih aman dan lebih efektif daripada perawatan saat ini, maka perawatan standar ini bisa menjadi standar baru.

Uji klinis untuk kanker pankreas mampu memberi Anda kesempatan untuk mencoba terapi bertarget baru seperti perawatan imunoterapi atau vaksin.

Baca juga:  Stadium Kanker Pankreas

Percobaan klinis tidak dapat menjamin penyembuhan dan efek sampingnya serius atau tidak terduga. Di sisi lain, uji coba klinis kanker dipantau secara ketat untuk memastikan keamanannya. Bicaralah dengan dokter tentang uji klinis apa yang mungkin sesuai untuk Anda.

Perawatan Pendukung (Paliatif)

Perawatan paliatif merupakan perawatan medis khusus yang berfokus pada penyembuhan nyeri dan meringankan gejala penyakit serius lainnya. Spesialis perawatan paliatif dapat bekerja sama dengan Anda, keluarga dan dokter guna memberikan dukungan pelengkap bagi perawatan yang sedang berlangsung. Perawatan paliatif bisa digunakan saat menjalani perawatan agresif, seperti; pembedahan, kemoterapi dan terapi radiasi.

Bila perawatan paliatif digunakan bersamaan dengan perawatan lain yang sesuai. Penderita kanker mungkin merasa lebih baik dan hidup lebih lama, khususnya setelah pemeriksaan yang dilakukan. Hal ini juga dilakukan dengan menghindari penyebab kanker pankreas.

Perawatan paliatif disediakan oleh tim dokter, perawat dan profesional terlatih lainnya. Tim ini bertugas dalam meningkatkan kualitas hidup penderita kanker dan keluarga mereka. Perawatan paliatif tidak sama dengan perawatan hospice atau perawatan akhir hidup.

Sarang Semut

Herbal kanker pankreas ini merupakan salah satu pengobatan alternatif yang dapat membantu proses pemulihan diri dari serangan kanker dan telah terbukti berdasarkan pengalaman pengguna.

Demikianlah beberapa pilihan pengobatan medis yang bisa menjadi pertimbangan bagi penderita kanker pankreas maupun keluarga yang membantunya. Adapula pengobatan alternatif lainnya dengan menggunakan obat kanker pankreas yang rendah efek samping. Jadi, janganlah khawatir dalam menghadapi kanker pankreas.

Advertisement
Alinesia