Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Tahukah Anda apa itu stadium kanker mata? Bagaimana stadium kanker mata dapat dilakukan? Stadium kanker mata ialah metode yang digunakan untuk memahami seberapa parah penyebaran kanker. Mari kita perhatikan kanker mata stadium 1, kanker mata stadium 2, kanker mata stadium 3, atau kanker mata stadium 4 berikut!

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker mata yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Mata

Mirip dengan jenis stadium kanker lainnya, stadium kanker mata dilakukan melalui penerapan sistem TNM. Sistem ini akan menunjukkan ukuran tumor (T), apakah penyebarannya telah menuju kelenjar getah bening di sekitar lokasi kanker (N) atau apakah telah melakukan penyebaran dan bermetastasis ke organ yang jauh (M). Dengan mengetahui hal ini, stadium kanker bisa ditetapkan sesuai dengan ciri-ciri kanker mata yang ada.

Stadium kanker mata dapat ditentukan melalui sistem bertingkat untuk mengetahui bagaimana tingkat keganasan kanker yang menyerang tubuh Anda. Hal ini diketahui dengan sistem penandaan huruf dan angka mulai dari stadium I menuju stadium IV. Semakin tinggi stadium kanker yang Anda alami, ini menunjukkan bahwa serangan kanker telah bertambah parah.

Stadium kanker seringkali disertai oleh huruf yang memperlihatkan kemungkinan adanya serangan kanker di stadium yang sama. Misalnya, pada tahap awal penandaan tersebut menunjukkan berbagai ukuran dan serangan dilokasi yang berbeda, sehingga penandaan huruf a, b dan c diperlukan.

Kanker Mata Stadium 1

Pada kanker mata stadium 1 kondisi tumor masih berada dalam kedalaman kurang dari 3 milimeter (mm) hingga kurang dari 6 milimeter (mm) dengan lebar tidak lebih dari 9 milimeter (mm) atau 12 milimeter (mm). Pertumbuhan tumor belum mencapai badan siliaris atau bagian luar mata. Penyebaran kanker belum mencapai kelenjar getah bening disekitarnya maupun organ jauh lainnya.

Kanker Mata Stadium 2

Pada kanker mata stadium 2 kondisi tumor masih berada dalam kedalaman kurang dari 3 milimeter (mm) hingga kurang dari 15 milimeter (mm) dengan lebar tidak lebih dari 15 milimeter (mm) atau 18 milimeter (mm). Pertumbuhan tumor telah mencapai badan siliaris.

Pada kondisi lain pertumbuhan tumor tidak terjadi di badan siliaris dan bisa jadi berada di bagian luar bola mata dengan ukuran sekitar 5 milimeter (mm). Adapula yang pertumbuhan tumornya tak hanya berada di dalam badan siliaris, melainkan juga berada diluar bola mata dengan ukuran sekitar 5 milimeter (mm). Penyebaran kanker belum mencapai kelenjar getah bening disekitarnya maupun organ jauh lainnya.

Kanker Mata Stadium 3

Pada kanker mata stadium 3 kondisi tumor bisa berukuran apapun. Pertumbuhan kanker bisa jadi telah mengenai badan siliaris, bisa juga tidak mengenainya. Pertumbuhan kanker telah keluar bola mata sebesar 5 milimeter (mm). Penyebaran kanker belum mencapai kelenjar getah bening disekitarnya maupun organ jauh lainnya.

Kanker Mata Stadium 4

Pada kanker mata stadium 4, kanker memiliki ukuran yang beragam dengan pertumbuhan yang telah menjangkau beberapa organ terdekat. Penyebaran juga bisa terjadi pada kelenjar getah bening terjauh dan organ tubuh yang jauh lainnya.

Demikianlah informasi seputar kanker mata stadium 1, kanker mata stadium 2, kanker mata stadium 3, atau kanker mata stadium 4 yang perlu Anda ketahui, ingatlah bahwa stadium kanker merupakan cara bagi Anda untuk menemukan pengobatan yang tepat.

Maka jangan merasa khawatir akan hal ini. Lalu bagaimana dengan tingkat kelangsungan hidup bagi pasien pengidap kanker? Pengobatan kanker mata membutuhkan periode waktu hingga 5 tahun, maka dokter seringkali memperkirakan kemungkinan hidup berdasarkan hal tersebut.

Acuan 5 tahun masa keberlangsungan hidup hanyalah suatu perkiraan, beberapa pasien dapat hidup lebih dari 5 tahun atau kurang. Bahkan ada yang mengalami kesembuhan. Ada banyak faktor yang menentukan keberlangsungan hidup Anda, jadi janganlah menyerah!