Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Dapatkah Kanker Mata Dicegah? Adakah pencegahan kanker mata yang bisa Anda lakukan? Mengapa ini penting untuk diperhatikan? Sebenarnya para ahli masih belum mengetahui secara pasti sehubungan dengan penyebab sebagian besar kasus kanker mata. Lalu, apa kaitan penyebab dengan pencegahan kanker? Dengan mengetahui penyebabnya maka pencegahan dapat dilakukan.

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi seputar pencegahan kanker mata, mulai dari mewaspadai pancaran sinar matahari, serta mewaspadai keberadaan virus. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut!

Pencegahan Kanker Mata

Sebenarnya para ahli masih mempelajari kaitan antara perubahan genetik dengan timbulnya kanker. Genetik atau DNA merupakan senyawa kimia yang membentuk susunan tubuh. DNA merupakan unsur penting yang memberikan perintah sehubungan dengan fungsi sel. DNA merupakan cetak biru yang berisi kode khusus yang mampu mengendalikan sel dalam tubuh Anda.

Gen membantu proses regenerasi sel, dimana sel mampu untuk menciptakan sel baru saat sel mati tak dapat dihindari. Namun kemampuan ini juga dimanfaatkan oleh sel kanker. Sehingga pertumbuhan sel menjadi sangat cepat dari biasanya dan menimbulkan penumpukan jaringan sel. Kemampuan sel kanker ialah terus berkembang dan tak dapat mati dengan sendirinya.

Pada tahap awal kanker bisa jadi tidak terasa, hingga sel ini terus menggandakan dirinya berawal dari 2, 4, 8, 16, 32 hingga selanjutnya. Pada saat penumpukan terjadi, maka akan menimbulkan peradangan. Serangan ini kemudian menghasilkan rasa sakit dan barulah disadari oleh pasien kanker. Pada tahap ini sel kanker menyerap nutrisi yang ada di jaringan mata.

Kanker pada mata akan menyebabkan pasien mengalami gangguan penglihatan, keluarnya cairan pada mata, bahkan seperti ada benda yang mengganjal. Benjolan pada mata akan sangat mengganggu dan menyakitkan. Anda bisa jadi mencoba untuk menggosok pelupuk mata untuk mengurangi rasa tidak nyaman.  Namun, ini hanya memperparah kondisi mata Anda. Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan kanker mata.

Sayangnya belum ada cara pasti yang dapat mencegah serangan kanker mata, namun yang bisa Anda lakukan ialah mengurangi risiko atau kemungkinan serangan kanker mata. Ada beberapa cara berdasarkan atas jenis kanker mata yang Anda alami, misalnya;

Pencegahan Pada Kanker Mata Melanoma

Apakah Anda tahu kaitan antara sinar matahari dengan melanoma pada kulit. Risiko serangan kanker melanoma juga dapat terjadi di mata yang dikarenakan oleh pancaran sinar matahari yang berlebihan. Matahari terik seringkali menjadi penyebab kanker mata. Maka dokter sering menganjurkan Anda untuk menggunakan pelindung tubuh seperti; topi atau kacamata hitam.

Menurut The American Cancer Society pemakaian kacamata hitam dapat melindungi mata dari kuatnya sinar UV yang menyengat. Lapisan pelindung pada kacamata hitam dapat menyerap sinar UVA maupun UVB mulai dari 99% hingga 100%, sehingga mampu melindungi mata dengan sangat baik. Kaitan hal ini secara medis memang masih perlu diteliti, setidaknya mata Anda dapat terlindungi.

Pencegahan Pada Kanker Mata Limfoma

Kanker mata limfoma memang sulit untuk diteksi mengingat faktor risikonya masih tidak begitu jelas. Namun tampaknya infeksi virus HIV-AIDS turut berpartisi dalam menyebabkan hal ini. Penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memastikan kebenarannya. Jika memang demikian maka tindakan yang tepat ialah menghindari hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda, karena penularan penyakit ini bisa jadi karena hal demikian.

Demikianlah pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan guna mengurangi risiko serangan kanker mata. Sekalipun potensi terkena kanker mata masih ada, setidaknya dengan melakukan tindakan pencegahan demikian, kemungkinannya tidak sebesar mereka yang tidak melakukan pencegahan kanker mata.