Share:

Terakhir Diedit:

Tahukah Anda, Apa itu kanker mata? Adakah obat kanker yang secara efektif dapat menumpas sel kanker? Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda ketahui? Apa sebenarnya penyebab kanker? Adakah tindakan pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana pemeriksaan kanker dilakukan? Bagaimana stadium kanker dapat ditentukan? Pengobatan kanker apa saja yang tersedia? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel berikut ini!

Kanker Mata

Kanker mata bukanlah jenis kanker yang populer di masyarakat? Kasusnya relatif tidak terlalu banyak terdeteksi dibandingkan banyak jenis kanker lain, bahkan beberapa orang sempat mengira mata bukan bagian tubuh yang mungkin mengalami kanker. Padahal setiap bagian dari tubuh memiliki kemungkinan untuk mengalami kanker, tentu saja dengan tingkat risikonya masing-masing.

Sebenarnya keberadaan kanker ini sangat mudah dikenali, karena keberadaan massa kanker dengan mudah Anda lihat dan raba langsung, mengingat posisi mata yang berada di bagian permukaan tubuh. Berbeda dengan kebanyakan kanker yang termasuk dalam penyakit dalam sehingga diperlukan rangkaian test termasuk pemeriksaan dalam dengan endoskopi atau laparoskopi.

Tetapi fakta bahwa mata berada di permukaan tubuh tak lantas kasus ini cepat dideteksi. Banyak kasus kanker terdeteksi cukup terlambat karena pasien kerap memandang remeh gejala dan tanda kanker yang muncul. Lalu, apa saja jenis kanker yang ada?

Jenis kanker biasanya dikategorikan berdasarkan lokasi serangan dimana sel kanker tumbuh. Penggolongan tersebut terdiri dari:

  • Kanker Melanoma
  • Kanker Limfoma
  • Kanker Sel Squamous dari Konjungtiva
  • Kanker pada Ligamen Mata
  • Kanker pada Anak

Padahal kanker mata tak berbeda dari jenis kanker lain, memiliki risiko yang sama beratnya dan bisa menyebar serta bermetastatis ke organ lain di sekitar mata. Dengan lokasi yang berdekatan dengan beberapa organ vital macam otak dan telinga maka bukan mustahil kanker bisa menyebabkan kondisi serius bila diabaikan atau terdeteksi terlambat.

Tentu saja, mengetahui jenis kanker tidaklah cukup bagi Anda untuk menghadapi serangan kanker, maka coba perhatikan apa obat kanker yang tersedia berikut ini?

Obat Kanker Mata

Beberapa produk herbal berikut bisa menjadi pilihan obat kanker mata Anda, selain karena khasiatnya yang ampuh sebagai anti kanker, juga karena sifatnya yang tak hanya aman dipadukan bersama terapi medis, tetapi juga baik untuk meningkatkan manfaat terapi dan menekan efek samping dari terapi sekaligus. Dan herbal-herbal terekomendasi tersebut antara lain:

Sarang Semut

Karena ditinggali oleh koloni semut, banyak sekali rongga pada tanaman berumbi ini. Untuk membangun rongga tersebut, semut mencampurnya dengan senyawa aktif yang dimilikinya.

Reaksi kimia yang terbentuk antara para semut dengan tanaman herbal ini diduga menghasilkan senyawa aktif yang mampu atasi kanker. Beberapa senyawa aktif yang sudah diketahui terdapat dalam Sarang Semut ialah; flavonoid, polifenol (asam fenolat), dan tokoferol. Lalu, apakah kandungan ini memang efektif dalam mengatasi kanker?

Mari kita perhatikan cara kerja senyawa ini dalam tubuh Anda! Sebagai contoh, flavonoidsenyawa ini bekerja sebagai anti-proliferasi yang mampu mendeteksi keberadaan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya.

Zat ini juga bertindak sebagai penginduksi apoptosis dengan memaksa sel kanker untuk bunuh diri. Bagaimana bisa sel kanker bunuh diri? Bio-kimia ini memprogram ulang struktur sel kanker yang ada.

Zat aktif berikutnya ialah polifenol atau asam fenolat yang bertugas melindungi DNA dalam tubuh Anda.

Maka keberadaan polifenol akan membantu sel dalam tubuh Anda tetap terjaga dan tidak terpengaruh oleh sel kanker yang datang karena radikal bebas.

Bagaimana dengan tokoferol? Zat aktif ini mampu meredam radikal bebas hingga 96%, kandungan asam fenolat ini dapat mencapai 313 ppm (satuan konsentrasi kimia).

Kanker mata bukan jenis kanker yang sering terjadi, bahkan tidak termasuk dalam 10 besar kasus kanker yang umum terdeteksi. Hanya saja kanker ini bisa menjadi sangat ganas mengingat lokasinya yang berada di dekat beberapa organ vital.

Baca juga  Obat Kanker Mata Tradisional Terbaik Khas Indonesia

Ciri-Ciri Kanker Mata

Untuk itu penting pula bagi kita mengenali apa saja ciri-ciri kanker mata dan memahami kondisi spesifik yang membedakannya dari gejala sakit mata biasa. Berikut ini beberapa gejala kanker tersebut:

  • Mata tampak tidak simetris atau secara ilmiah dinamakan esotropia
  • Pada cahaya yang cukup tampak muncul bintik-bintik putih pada pupil. Kadang Anda perlu memperhatikan cukup seksama karena bintik putih terlihat samar
  • Bola mata yang berbeda warna antara satu mata dengan mata yang lain
  • Muncul warna putih pada mata ketika pasien berfoto dengan menggunakan flash
  • Terlihat massa kecil yang muncul, bisa terlihat pada pada kelopak baik di luar atau dalam, kadang juga tampak pada mata seperti pada konjungtiva atau pupil
  • Kadang terasa mengganjal pada mata
  • Kerap merasa sakit kepala, seperti mata ditarik, hingga rasa pegal di mata
  • Penglihatan buram
  • Kerap muncul rasa seperti iritasi, mata merah dan basah
  • Muncul kesulitan untuk meliri atau berkedip
  • Kerap mengeluarkan air mata tanpa bisa dikendalikan. Kadang air mata seperti berlendir atau mengental

Gejala kanker mata sebagaimana sudah pernah dibahas sebelumnya cenderung mudah untuk dikenali karena terlihat dan mudah untuk terasa. Namun demikian, banyak pasien kerap mengira gejala yang muncul justru hanya gejala iritasi mata ringan. Sehingga banyak kasus kanker yang terdeteksi terlambat dan menyebabkan penyebaran kanker sudah terlanjur meluas. Kemudian, apa penyebab kanker tersebut?

Penyebab Kanker Mata

Berdasarkan news-medical.net memperlihatkan beberapa faktor dipercaya sebagai penyebab kanker mata atau setidaknya sebagai pemicu kanker. Faktor-faktor ini mampu meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker mata:

  • Ras kaukasoid
  • Masalah usia
  • Mata berwarna
  • Paparan sinar UV
  • Kondisi genetik
  • Memiliki pekerjaan dengan risiko tinggi
Baca juga  Penyebab Kanker Mata

Penyebab kanker mata masih belum sepenuhnya dapat dipastikan. Beberapa kasus kanker kerap diidentifikasi sebagai perkembangan dari munculnya polip pada mata dan kasus peradangan akut dan kronis pada mata. Sementara itu, kasus polip mata sendiri masih dalam pengujian, karena sebab kemunculannya masih belum jelas. Lalu, apa pencegahan kanker yang bisa dilakukan oleh pasien kanker?

Pencegahan Kanker Mata

Jika Anda sudah terserang kanker maka tindakan pencegahan sudah tidak dapat dilakukan lagi. Namun jika Anda masih dalam keadaan sehat, maka pencegahan kanker mata yang dapat dilakukan mencakup menghindari penyebab serangan kanker yang datang dari luar tubuh.

Jika tindakan pencegahan sudah Anda coba untuk lakukan, maka pemeriksaan kanker perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker di dalam mata Anda. Bagaimana ini dapat dilakukan?

Pemeriksaan Kanker Mata

Pemeriksaan kanker mata mencakup pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, pemeriksaan pencitraan dan biopsi. Hal tersebut perlu dilakukan guna memastikan penyebaran kanker pada bagian tubuh lainnya. Sehingga stadium kanker dapat diketahui.

Test dilakukan dengan melakukan uji fisik terhadap mata, kemudian dilakukan prosedur rekam gambar. Beberapa prosedur tes rekam gambar biasanya menggunakan metode CT-scan fundus, USG mata atau dengan uji pencitraan. Setelah itu dilakukan pula beberapa uji laboratorium.

Pada umumnya dalam organ yang terbentuk kanker di dalamnya, Anda bisa menemukan senyawa-senyawa khusus. Senyawa-senyawa ini dilepas oleh sel kanker dan keberadaanya dalan suatu organ bisa menjadi indikasi awal adanya kanker.

Uji tes lain untuk memastikan kondisi kanker adalah dengan biopsi. Ini biasanya sebagai uji akhir untuk memastikan sejauh mana perkembangan kanker dalam mata sekaligus mengenali stadium yang sudah dicapai sel kanker.

Stadium Kanker Mata

Stadium kanker mata ditentukan dengan sebuah sistem TNM, guna menentukan stadium 1 hingga stadium 4. Setelah dokter mengetahui stadium kanker, barulah tindakan pengobatan kanker dapat ditentukan. Bagaimana tindakan pengobatan dapat dilakukan?

Pengobatan Kanker Mata

Pengobatan kanker mata pada umumnya didahului dengan beberapa prosedur pemeriksaan. Metode pengobatan nantinya akan disesuaikan dengan kondisi kanker yang ditemukan berdasarkan fakta hasil test.

Setelah keberadaan kanker diketahui lengkap dengan stadium kanker, Anda bisa menentukan prosedur pengobatan kanker mata yang sesuai untuk pasien jalankan. Ada beberapa prosedur yang bisa ditemuh pasien dalam mengatasi kanker secara medis dan prosedur tersebut antara lain:

  • Pembedahan
  • Radioterapi

Hampir setiap prosedur pengobatan kanker mata di atas memiliki beberapa efek samping. Seperti efek inflamasi dan infeksi pada mata, reaksi alergi pada kasus implantasi mata atau beberapa reaksi terhadap terapi seperti pusing, mual, nyeri otot dan sendi hingga penurunan imunitas.

Untuk itu, terkadang beberapa pasien kanker mencoba mencari prosedur lain diluar metode medis dengan harapan dapat menghindari risiko dan efek samping. Namun rupanya tak semudah itu pula menemukan obat herbal kanker mata yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apalagi bila Anda berminat memadukan metode tradisional ini dengan metode medis. Anda perlu pastikan produks bersangkutan memang aman untuk Anda konsumsi bersama terapi medis.

Itu sebabnya penting bagi pasien untuk lebih awal mendeteksi kondisi kanker supaya dapat memaksimalkan manfaat pengobatan. Sudahkah mencoba Sarang Semut sebagai obat kanker alami pilihan Anda?

Demikianlah informasi seputar kanker yang dapat Anda ketahui, mulai dari obat kanker mata, ciri-ciri kanker mata, penyebab kanker mata, pencegahan kanker mata, pemeriksaan kanker mata, stadium kanker mata, hingga pengobatan kanker mata. Nantikan informasi seputar kanker lainnya hanya di deherba!

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.