7 Ciri-Ciri Kanker Mata yang Mudah Dikenali Sebelum Terlambat


By Fery Irawan

Apa sebenarnya ciri-ciri kanker mata atau gejala-gejala kanker mata? Bagaimana kita mengetahui tanda-tanda kanker mata? Dalam artikel ini Anda akan melihat 7 ciri-ciri kanker mata yang mudah dikenali. Apa sajakah itu?

Tahukah Anda ketika terjadinya kanker mata, penyakit ini bisa jadi tak terasa — namun, seperti itulah cara kanker menginfeksi Anda. Kemudian, lama-kelamaan penyakit itu akan merenggut fungsi penglihatan Anda. Bila hal itu terjadi, Anda tentu akan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

7 Ciri-Ciri Kanker Mata yang Mudah Dikenali

Parahnya, apabila kanker mata sudah mengalami penyebaran hingga menuju bagian tubuh lainnya—bahkan kematian. Jika demikian, apakah ini berarti Anda tidak dapat mencegah akibat dari penyakit itu?

Apabila Anda melihat adanya tanda-tanda kanker mata seperti yang disebutkan dalam artikel ini, sebaiknya jangan dulu panik karena bisa saja itu gejala penyakit lain. Untuk memastikannya periksakanlah ke pusat layanan kesehatan terpercaya untuk memastikan apa penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

Jika Anda paham ciri-ciri kanker mata, tentu pencegahan kanker mata dapat Anda lakukan. Mari kita lihat gejala-gejala kanker mata berikut ini.

Banyak orang yang mengidap kanker mata tidak merasakan gejala-gejala kecuali kankernya bertumbuh di bagian-bagian tertentu dari mata atau sudah berkembang menjadi stadium lanjut. Ciri-ciri kanker mata yang umum dialami dan mudah untuk dikenali adalah sebagai berikut:

Hilangnya Kemampuan Visual

Jika bola mata Anda terkena sel kanker tentu akan memengaruhi kemampuan visual atau penglihatan Anda. Pandangan mata menjadi kabur atau tiba-tiba kehilangan penglihatan sama sekali.

Muncul Bintik atau Bercak

Saat Anda melihat bisa jadi tampak ada bintik-bintik atau bercak-bercak melayang yang terlihat kemanapun Anda memandang atau seperti ada kilatan cahaya. Mata juga menjadi sensitif terhadap cahaya.

Perubahan Posisi Mata

Salah satu ciri-ciri kanker mata yang bisa Anda perhatikan ialah perubahan posisi bola mata dalam kantung mata.

Pembengkakan Mata

Mata seperti melotot atau mengalami pembengkakan, bahkan tampak bergerak di dalam matanya. Pembengkakan ini disertai dengan rasa sakit pada mata dan menciptakan peradangan sehingga tampak kemerahan.

Perubahan Pupil dan Iris

Pupil mata yang merupakan bagian berwarna hitam yang ada ditengah-tengah mata, juga tampak mengalami perubahan ukuran dan bentuk. Pada iris mata tampak adanya bintik gelap berwarna hitam atau putih.

Keluar Lendir Mata

Keluarnya lendir merupakan reaksi khusus saat mana kala mata mengalami peradangan karena serangan kanker, ini merupakan salah satu ciri-ciri kanker mata. Secara umum, mata akan berupaya membersihkan dan menjaga kelembaban alaminya dengan mengeluarkan air mata saat ada benda yang mengganjal di mata.

Sama halnya dengan kanker mata, tubuh menganggapnya sebagai benda asing yang ada dimata Anda, sehingga berupaya menyingkirkannya dengan mengeluarkan lebih banyak air mata, namun kanker tidak akan hilang tanpa adanya penanganan medis yang tepat.

Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang timbul dikarenakan oleh kanker mata berbeda dengan sakit kepala umumnya, mengingat rasa sakit yang dirasakan cenderung berkaitan dengan syaraf mata yang terasa seperti melesak kedalam.

Jika Anda benar-benar mencurigai adanya kanker yang berkembang di mata, maka Anda sangat disarankan untuk segera lakukan tindakan pemeriksaan kanker mata. Salah satu tindakan yang banyak ditempuh orang-orang adalah memanfaatkan herbal untuk menenekan gejala-gejala kanker mata agar tidak semakin parah.

Upaya Menekan Ciri-Ciri Kanker Mata dengan Herbal

Di samping mewaspadai ciri-ciri kanker mata yang mudah dikenali, langkah sederhana lain untuk membantu mencegah tumbuhnya “bibit kanker” di dalam tubuh ialah dengan mengonsumsi herbal anti-kanker. Anda yang tinggal di Indonesia beruntung karena ada herbal asli Indonesia yang populer sebagai anti-kanker ampuh, yaitu Sarang Semut Papua.

Sarang Semut Papua (Myrmecodia pendans) kaya akan kandungan-kandungan senyawa seperti flavonoid dan tanin. Senyawa flavonoid dikenal sebagia antioksidan yang kuat. Antioksidan berfunsi untuk mencegah, membersihkan, atau menghilangkan efek radikal bebas. Antioksidan memberikan elektronnya untuk menetralkan radikal bebas sehingga menyingkirkan kondisi radikal yang tak berpasangan.

Senyawa tanin juga bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Tanin juga dapat bertindak sebagia antioksidan sekunder, yaitu untuk menangkap radikal bebas sehingga mencegah terjadinya reaksi berantai dari stres oksidatif.

Fungsi dari kedua senyawa tersebut akan sangat bermanfaat untuk mencegah bibit kanker. Sebagaimana sudah diketahui, penyakit kanker dapat berkembang dari kerusakan DNA yang disebabkan oleh kondisi stres oksidatif berkepanjangan akibat efek radikal bebas. Antioksidan sangat penting untuk menetralisir efek buruk dari radikal bebas tersebut.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang Sarang Semut Papua, bacalah artikel berikut: “Sarang Semut Papua Hancurkan Kanker, Tumor, dan Benjolan Abnormal!

Selain Sarang Semut Papua, ada herbal lain yang bisa membantu menghambat pertumbuhan kanker, khususnya bila penggunaannya dikombinasikan bersama Sarang Semut. Herbal yang dimaksud ialah Noni juice yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia).

Noni juice punya kandungan-kandungan antioksidan kuat, seperti beta karoten, iridoid, vitamin C dan E, yang berguna untuk melawan radikal-radikal bebas berbahaya di dalam tubuh. Ini tentunya akan turut menghalangi sel-sel abnormal berkembang dan membentuk kanker.

Tetapi jika dibandingkan, kemampuan herbal ini tidak sekuat Sarang Semut dalam membantu mengatasi pertumbuhan kanker. Itu sebabnya Noni juice lebih disarankan digunakan untuk mendukung perawatan saja guna menjaga serta memulihkan kondisi tubuh selama perawatan.

Cepat Tanggap dengan Ciri-Ciri Kanker Mata!

Sebelum gejala-gejala kanker berkembang menjadi semakin parah, sebaiknya Anda tidak menunda penanganan medis ke dokter, mengingat besarnya harapan hidup seseorang dapat bergantung pada seberapa cepat tindakan penanganan dilakukan.

Lakukanlah pemeriksaan medis di rumah sakit yang terpercaya. Dan bila perlu carilah pendapat dokter kedua untuk semakin memastikan apa sebenarnya penyebab timbulnya gejala-gejala yang Anda alami.

Bila Anda sudah memeriksakan ciri-ciri yang dialami dan baru saja didiagnosis mengidap penyakit kanker mata, yakinkan diri bahwa Anda bisa mengalahkan kanker. Tetaplah semangat dalam perjuangan Anda dan pertimbangkan berbagai pilihan pengobatan kanker mata yang ada. Carilah pengobatan yang paling sesuai dengan tanda-tanda kanker mata yang Anda hadapi.

Sumber

Referensi Ciri-Ciri Kanker Mata:

Cancer Research UK. Eye cancer – Symptoms. URL: https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/eye-cancer/symptoms

Wulan, Kholifah, dkk. (2017). Sarang Semut (Myrmecodia pendans) sebagai Antikanker. Medula. 7(5): 140-143

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}