Penyebab Kanker Mata

102
Penyebab Kanker Mata

Diedit:

Tahukah Anda apa yang menjadi penyebab kanker mata? Apa sebenarnya pemicu kanker mata yang perlu diwaspadai? Mari kita cari tahu lebih dalam seputar sebab kanker mata tersebut!

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan kaitan pola hidup, faktor keturunan, dan penyakit lainnya yang turut menjadi penyebab kanker mata Beberapa mungkin bisa dihindari, namun adapula yang tak bisa Anda hindari!

Penyebab Kanker Mata

Jika Anda penasaran dengan penyebab kanker mata, halnya sama dengan para ahli medis dan dokter yang sampai kini belum dapat menemukan penyebab jelas terjadinya mutasi DNA pada tubuh Anda. Dampaknya tak seperti pada film fiksi-ilmiah, kebanyakan orang yang mengalami mutasi DNA akan mengalami keadaan tidak normal – tentunya tanpa kekuatan super.

Salah satu akibatnya ialah kanker mata, kebanyakan ahli hanya mengetahui beberapa faktor yang dicurigai sebagai pemicu terjadinya kanker mata, berdasarkan ciri-ciri kanker mata yang terjadi. Maka hasil penelitian ini janganlah Anda anggap remeh.

Mutasi DNA

Mari kita perhatikan bagaimana proses mutasi DNA pada mata Anda! Kebanyakan sel kanker memiliki moto hidup yang tak dapat diubah lagi, yaitu; ‘berkembang tanpa hentimusnahkan yang lemah’ alias ‘serakah’. Sel sehat yang berubah menjadi sel kanker akan terus membelah diri dan mendominasi bagian tubuh Anda – dalam kasus ini ialah mata.

Sel ini akan mendesak sel sehat sehingga terjadi kerusakan, lalu timbullah pembengkakan atau tonjolan yang terus bertumbuh. Sel kanker mengambil nutrisi dari darah, maka ia akan mencoba untuk mencapai pembuluh darah.

Pertumbuhannya harus dihentikan, jika tidak – sel kanker akan menyerang organ lainnya yang dibawa oleh darah. Sel kanker itu sendiri sudah mengganggu keseluruhan fungsi organ yang diserangnya, apalagi jika mereka menyebar?

Baca juga:  Pengobatan Kanker Mata

Pigmen

Tentu itu bukan pertanda baik bagi Anda. Pada kanker mata, pertumbuhan sel kanker muncul di sel-sel uvea, lapisan pembuluh darah mata yang lokasinya ada diantara retina, lapisan dalam dinding bagian belakang mata, serta bagian mata yang berwarna putih (sklera). Kanker mata juga berhubungan dengan sel-sel yang menghasilkan pigmen warna.

Sama seperti kanker kulit – melanoma, kanker mata melanoma juga dapat terjadi di bagian iris, koroid, siliaris, serta konjungtiva. Bagian-bagian ini memang terdengar asing, namun dokter dapat memastikan penyakit bagian mana yang terkena melanoma – Anda hanya perlu mengikuti arahannya.

Agar kita dapat mengetahui penyebab kanker mata, ada baiknya jika Anda memerhatikan faktor pemicu kanker mata atau penyebab kanker mata berikut ini! Perhatikan apakah bola mata Anda berwarna biru atau hijau? Bisa dibilang hampir tidak ada orang Indonesia yang memiliki warna mata demikian.

Kemungkinan besar terjadinya kanker mata seringkali muncul pada orang yang berkulit putih, memiliki usia yang sudah lanjut, mengidap sindrom nevus displatik, mengalami pigmentasi kulit yang tidak normal atau melanocytosis ocular.

Sinar UV

Sering terkena paparan sinar matahari yang berlebihan atau menjalani program pencokelatan kulit atau tanning. Ya, sekalipun Anda bukan keturunan bangsa Eropa, Anda masih memiliki potensi terkena kanker mata. Sinar ultraviolet yang memancar terus-menerus pada bola mata Anda cenderung bersifat merusak struktur jaringan sel mata. Kerusakan ini dapat menjadi pemicu terjadinya kanker mata.

Faktor penyebab kanker mata yang disebutkan perlu Anda waspadai, mengingat kanker mata adalah penyakit langka. Bukan berarti tidak ada obat kanker mata alami, hanya saja tak seorangpun ingin mengidap penyakit yang menyakitkan bukan?

Baca juga:  Stadium Kanker Mata

Hal ini juga dapat mengakibatkan kematian. Setelah memahami penyebab kanker mata, cobalah untuk menghindari segala pemicu kanker mata. Tentu kehidupan Anda akan menjadi lebih baik dengan tetap menjaga kondisi kesehatan Anda tetap dalam keadaan prima.