7 Ciri-Ciri Kanker Mata yang Mudah Dikenali

820
Ciri-Ciri Kanker Mata
(Credit: YAY Media AS / Alamy Stock Photo)

Diedit:

Apa sebenarnya ciri-ciri kanker mata atau gejala-gejala kanker mata? Bagaimana kita mengetahui tanda-tanda kanker mata? Dalam artikel ini Anda akan melihat 7 ciri-ciri kanker mata yang perlu diperhatikan. Apa sajakah itu?

Tahukah Anda ketika terjadinya kanker mata, penyakit ini bisa jadi tak terasa — namun, seperti itulah cara kanker menginfeksi Anda. Kemudian, lama-kelamaan penyakit itu akan merenggut fungsi penglihatan Anda. Bila hal itu terjadi, Anda tentu akan kesulitan dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

7 Ciri-Ciri Kanker Mata!

Parahnya, apabila kanker mata sudah mengalami penyebaran hingga menuju bagian tubuh lainnya—bahkan kematian. Jika demikian, apakah ini berarti Anda tidak dapat mencegah akibat dari penyakit itu?

Apabila Anda melihat adanya tanda-tanda kanker mata seperti yang disebutkan dalam artikel ini, sebaiknya jangan dulu panik karena bisa saja itu gejala penyakit lain. Untuk memastikannya periksakanlah ke pusat layanan kesehatan terpercaya untuk memastikan apa penyebab dari keluhan yang Anda rasakan.

Jika Anda paham ciri-ciri kanker mata, tentu pencegahan kanker mata dapat Anda lakukan. Mari kita lihat gejala-gejala kanker mata berikut ini.

Banyak orang yang mengidap kanker mata tidak merasakan gejala-gejala kecuali kankernya bertumbuh di bagian-bagian tertentu dari mata atau sudah berkembang menjadi stadium lanjut. Tanda dan gejala kanker mata yang umum dialami adalah sebagai berikut:

Hilangnya Kemampuan Visual

Jika bola mata Anda terkena sel kanker tentu akan memengaruhi kemampuan visual atau penglihatan Anda. Pandangan mata menjadi kabur atau tiba-tiba kehilangan penglihatan sama sekali.

Muncul Bintik atau Bercak

Saat Anda melihat bisa jadi tampak ada bintik-bintik atau bercak-bercak melayang yang terlihat kemanapun Anda memandang atau seperti ada kilatan cahaya. Mata juga menjadi sensitif terhadap cahaya.

Baca juga:  Kanker Mata

Perubahan Posisi Mata

Salah satu ciri-ciri kanker mata yang bisa Anda perhatikan ialah perubahan posisi bola mata dalam kantung mata.

Pembengkakan Mata

Mata seperti melotot atau mengalami pembengkakan, bahkan tampak bergerak di dalam matanya. Pembengkakan ini disertai dengan rasa sakit pada mata dan menciptakan peradangan sehingga tampak kemerahan.

Perubahan Pupil dan Iris

Pupil mata yang merupakan bagian berwarna hitam yang ada ditengah-tengah mata, juga tampak mengalami perubahan ukuran dan bentuk. Pada iris mata tampak adanya bintik gelap berwarna hitam atau putih.

Keluar Lendir Mata

Keluarnya lendir merupakan reaksi khusus saat mana kala mata mengalami peradangan karena serangan kanker, ini merupakan salah satu ciri-ciri kanker mata. Secara umum, mata akan berupaya membersihkan dan menjaga kelembaban alaminya dengan mengeluarkan air mata saat ada benda yang mengganjal di mata.

Sama halnya dengan kanker mata, tubuh menganggapnya sebagai benda asing yang ada dimata Anda, sehingga berupaya menyingkirkannya dengan mengeluarkan lebih banyak air mata, namun kanker tidak akan hilang tanpa adanya penanganan medis yang tepat.

Sakit Kepala

Rasa sakit kepala yang timbul dikarenakan oleh kanker mata berbeda dengan sakit kepala umumnya, mengingat rasa sakit yang dirasakan cenderung berkaitan dengan syaraf mata yang terasa seperti melesak kedalam.

Jika Anda benar-benar mencurigai adanya kanker yang berkembang di mata, maka Anda sangat disarankan untuk segera lakukan tindakan pemeriksaan kanker mata. Salah satu tindakan yang banyak ditempuh orang-orang adalah memanfaatkan herbal untuk menenekan gejala-gejala kanker mata agar tidak semakin parah.

Bila Anda baru saja didiagnosis mengidap penyakit kanker mata, yakinkan diri bahwa Anda bisa mengalahkan kanker. Tetaplah semangat dalam perjuangan Anda dan pertimbangkan berbagai pilihan pengobatan kanker mata yang ada. Carilah pengobatan yang paling sesuai dengan tanda-tanda kanker mata yang Anda hadapi.

Baca juga:  Pengobatan Kanker Mata
Advertisement
Alinesia