Stadium Kanker Lambung

588
Stadium Kanker Lambung
shutterstock_382092262

Diedit:

Tahukah Anda bagaimana stadium kanker lambung dapat ditentukan? Apa saja stadium kanker lambung yang perlu Anda ketahui? Bagaimana stadium kanker dapat memengaruhi keseluruhan fungsi tubuh Anda? Mari perhatikan kanker lambung stadium 1, kanker lambung stadium 2, kanker lambung stadium 3, atau kanker lambung stadium 4 berikut!

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker lambung yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Lambung

Stadium kanker lambung merupakan tingkatan yang menunjukan seberapa jauh penyebaran kanker. Stadium kanker lambung juga menjadi faktor penting dalam memilih pengobatan kanker lambung. Sistem yang paling sering digunakan dalam menentukan stadium kanker lambung di Amerika Serikat ialah sistem TNM Amerika. Sistem TNM stadium kanker diterapkan berdasarkan atas hal berikut:

T – menggambarkan tingkat keganasan serangan tumor (primer) yang berkembang di lambung dan potensinya dalam memasuki organ terdekat lainnya. N – menggambarkan potensi penyebaran kanker menuju kelenjar getah bening disekitarnya. M – menunjukkan potensi serangan kanker untuk menyebar ke organ tubuh lainnya.

Penyebaran kanker lambung lebih sering terjadi di hati, peritoneum (bagian ruang di sekitar organ pencernaan) dan kelenjar getah bening yang jauh. Penyebaran yang kurang umum terjadi ialah paru-paru dan otak.

Begitu klasifikasi T, N, dan M telah diketahui, maka informasi tersebut akan digabungkan dengan menggunakan angka 0 (nol) dan angka Romawi I sampai IV yang dikenal sebagai pengelompokan stadium kanker. Berikut penjelasan kanker lambung stadium 0, kanker lambung stadium 1, kanker lambung stadium 2, kanker lambung stadium 3, atau kanker lambung stadium 4 yang dapat Anda perhatikan!

Kanker Lambung Stadium 0

Ini merupakan kanker lambung pada tahap awal yang belum berkembang keluar bagian dalam sel yang melapisi lambung. Penyebaran kanker tidak mencapai kelenjar getah bening atau tempat lainnya. Tahap ini disebut dengan karsinoma in-situ.

Kanker Lambung Stadium 1

Jika Anda mengalami kanker lambung stadium 1, ada beberapa klasifikasi dengan ciri-ciri kanker lambung yang bisa jadi berbeda, misalnya;

Stadium 1A – Kanker berkembang di bagian bawah lapisan atas sel mukosa dalam menuju jaringan di bawahnya, seperti jaringan ikat, submukosa atau bagian otot tipis. Namun penyebaran kanker tidak mencapai kelenjar getah bening atau organ lainnya.

Stadium 1B – Pertama, kanker berkembang di bagian jaringan ikat dan telah berkembang di bagian tipis otot di lapisan bawahnya bahkan lebih dalam dari pada submukosa. Kanker bisa jadi telah menyebar menuju satu atau dua bagian kelenjar getah bening disekitar lambung, namun belum berada di jaringan atau organ jauh manapun.

Kedua, kanker berkembang di bagian otot utama pada lambung, disebut muscularis propria. Namun penyebarannya belum mencapai kelenjar getah bening disekitarnya atau jaringan organ jauh manapun.

Kanker Lambung Stadium 2

Jika Anda mengalami kanker lambung stadium 2, ada beberapa klasifikasi dengan ciri-ciri yang bisa jadi berbeda, misalnya;

Stadium 2A – Pertama, kanker berkembang di bagian bawah lapisan atas sel mukosa menuju bagian jaringan ikat, submukosa, atau bagian otot tipis. Penyebaran kanker telah menuju 3 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Namun, penyebaran kanker tidak mencapai organ yang jauh.

Kedua, kanker berkembang di bagian otot utama lambung yang disebut muscularis propria. Penyebaran kanker telah menuju 1 atau 2 bagian kelenjar getah bening disekitarnya, namun penyebarannya belum mencapai organ yang jauh.

Ketiga, kanker berkembang di bagian otot utama ke dalam subserosa, namun belum berkembang ke semua bagian menuju luar lambung. Penyebaran kanker tidak mencapai kelenjar getah bening disekitarnya atau ke jaringan maupun organ jauh lainnya.

Stadium 2B – Pertama, kanker berkembang di bagian bawah lapisan atas sel mukosa ke bagian jaringan ikat, submukosa, atau bagian otot tipis. Penyebaran kanker telah menuju 7 bagian kelenjar getah bening disekitarnya atau lebih. Penyebaran kanker tidak mencapai ke jaringan atau organ jauh.

Kedua, kanker berkembang di bagian otot utama yang disebut muscularis propria. Penyebaran kanker telah menuju 3 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya, namun penyebarannya belum mencapai ke jaringan atau organ jauh.

Ketiga, kanker berkembang ke bagian subserosa tapi tidak di semua bagian, hingga ke bagian luar lambung. Penyebaran kanker telah menuju 1 atau 2 bagian kelenjar getah bening disekitarnya, namun penyebarannya belum mencapai ke jaringan atau organ jauh.

Keempat, kanker berkembang sepenuhnya di semua bagian lambung menuju selaput lambung bagian luar (serosa). Namun belum berkembang di organ disekitarnya, seperti; limpa, usus, ginjal, maupun pankreas. Penyebaran kanker tidak mencapai ke kelenjar getah bening disekitarnya atau tempat yang jauh lainnya.

Kanker Lambung Stadium 3

Jika Anda mengalami kanker lambung stadium 3, ada beberapa klasifikasi dengan ciri-ciri yang bisa jadi berbeda, misalnya;

Stadium 3A – Pertama, kanker berkembang di bagian otot utama yang disebut muscularis propria. Penyebaran kanker telah menuju 7 bagian kelenjar getah bening disekitarnya atau lebih, namun penyebarannya belum mencapai ke jaringan atau organ jauh.

Kedua, kanker berkembang di bagian subserosa, tapi tidak di semua bagian menuju bagian luar lambung. Penyebaran kanker telah menuju 3 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya, namun penyebarannya belum mencapai ke jaringan atau organ jauh lainnya.

Ketiga, kanker berkembang sepenuhnya di semua bagian lambung menuju selubung lambung bagian luar (serosa), namun belum berkembang di organ disekitarnya. Penyebaran kanker telah menuju 1 atau 2 bagian kelenjar getah bening disekitarnya, namun penyebarannya belum mencapai organ yang jauh lainnya.

Stadium 3B – Pertama, kanker berkembang ke bagian subserosa, tapi tidak di semua bagian menuju bagian luar lambung. Penyebaran kanker telah menuju 7 bagian kelenjar getah bening disekitarnya atau lebih, namun penyebarannya belum mencapai organ yang jauh.

Kedua, kanker berkembang sepenuhnya di semua bagian lambung menuju serosa (penutup lambung bagian luar), namun belum berkembang di organ disekitarnya. Penyebaran kanker telah menuju 3 sampai 6 bagian kelenjar getah bening disekitarnya, namun penyebarannya belum mencapai organ yang jauh.

Ketiga, kanker berkembang di lambung dan menuju organ terdekat seperti pankreas, hati, usus, limpa bahkan  pembuluh darah utama. Kanker juga telah menyebar hingga 2 bagian kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran kanker tidak mencapai organ yang jauh.

Stadium 3C – Pertama, Kanker berkembang sepenuhnya di semua bagian lambung menuju serosa, tapi belum berkembang di organ disekitarnya. Penyebaran kanker telah menuju 7 bagian kelenjar getah bening disekitarnya atau lebih, namun penyebarannya belum mencapai organ yang jauh.

Kedua, kanker berkembang di lambung dan masuk ke organ atau struktur terdekat seperti pankreas, hati, usus, limpa bahkan pembuluh darah utama. Penyebaran kanker telah menuju 3 bagian kelenjar getah bening disekitarnya atau lebih. Penyebaran kanker tidak mencapai organ yang jauh.

Kanker Lambung Stadium 4

Kanker lambung stadium 4 merupakan kanker lambung tahap akhir dimana penyebaran kanker telah menuju organ yang jauh dari lambung seperti; hati, paru-paru, otak atau tulang.

Demikianlah kanker lambung stadium 1, kanker lambung stadium 2, kanker lambung stadium 3, atau kanker lambung stadium 4 yang perlu Anda ketahui. Jika Anda membutuhkan jawaban atas beragam pertanyaan tentang penyakit kanker, tanyakanlah pada dokter yang merawat Anda. Stadium kanker dapat memberikan Anda informasi mengenai seberapa besar ukuran kanker dan seberapa jauh penyebarannya. Ini membantu dokter dalam menentukan perawatan yang Anda butuhkan.

Baca juga:  Penyebab Kanker Lambung