Tahukah Anda, Apa itu kanker lambung? Adakah obat kanker yang secara efektif dapat menumpas sel kanker? Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda ketahui? Apa sebenarnya penyebab kanker? Adakah tindakan pencegahan kanker yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana pemeriksaan kanker dilakukan? Bagaimana stadium kanker dapat ditentukan? Pengobatan kanker apa saja yang tersedia? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam artikel berikut ini!

Kanker Lambung

Meski demikian, beberapa fakta membuktikan bahwa penyakit kanker lambung juga memiliki kontribusi tinggi dalam kasus kematian karena kanker baik secara internasional maupun di skala lokal. Beberapa pakar memang mengklaim kebanyakan kasus yang tidak teratasi secara medis muncul dari keterlambatan diagnosa.

Bicara soal lapisan dinding lambung dimana sel kanker tumbuh, rupanya terdapat penggolongan kanker berdasarkankan jenis sel pada dinding lambung. Tiap-tiap jenis sel dalam dinding lambung memiliki fungsi masing-masing dan keberadaan sel kanker di dalamnya akan merusak fungsi dari tiap sel dinding tersebut. Adapun penggolongan kanker tersebut adalah:

  • Adenokarsinoma

    Kanker yang tumbuh pada sel pembentuk lapisan mukosa pada dinding lambung. Lapisan mukosa ini berfungsi sebagai alat cerna sekaligus penghasil asam lambung. Keberadaan kanker pada lapisan mukosa akan merusak kemampuan lambung sebagai alat cerna.

  • Limfoma

    Kanker yang tumbuh pada sistem limfatik dari lambung. Setiap organ terhubung dalam sebuah sistem limfatik dan tiap organ memiliki jaringan limfatiknya sendiri. Keberadaan limfatik sebagai sistem daya tahan terhadap serangan bakteri dan virus yang menyerang organ. Ketika sistem limfatik dalam lambung terserang kanker, maka lambung akan mengalami masalah serius terhadap kasus infeksi dan bisa menyebabkan kasus inflamasi serius. Selain itu kanker pada sistem limfatik lambung bisa menyebabkan persebaran kanker yang cepat ke organ lain karena sistem limfatik lambung juga terkait dengan sistem limfatik organ lain.

  • Sarcoma

    Kanker satu ini terbentuk pada jaringan ikat atau pada otot pembentuk lambung. Berada pada sisi terluar dari lambung meski pada titik awal belum sepenuhnya mengganggu fungsi cerna, namun bisa dengan cepat menular ke organ lain di sekitar usus. Bila diabaikan, pertumbuhan kanker pada dinding luar ini bisa tembus ke sisi dalam lambung dan merusak fungsi dari lambung.

Menurut dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD., K-GEH, MMB, seorang pakar kanker dari RS Cipto Mangunkusumo, keterbatasan pemahaman masyarakat mengenai penyakit kanker ini menjadi penyebab banyak pasien tak menyadari mereka sudah mengalami kanker sampai kondisi sudah berada dalam stadium akhir. Lalu, adakah obat kanker yang dapat membantu?

Obat Kanker Lambung

Beberapa obat kanker lambung alami sudah terbukti secara klinis dan empiris memiliki kemampuan untuk mengatasi kanker dan tumor. Anda bisa pula menjalankan pengobatan kanker lambung dengan metode alternatif ini selama Anda tepat menentukan pilihan herbal yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Sarang Semut

Memang diperlukan penelitian lebih banyak lagi untuk mengidentifikasi berbagai kandungan Sarang Semut dan khasiatnya untuk pengobatan kanker. Namun bahkan dari penelitian yang sudah dilakukan pun, Sarang Semut sudah dibuktikan dapat secara efektif membantu pengobatan kanker. Berikut adalah penjelasannya.

Dr Mangestuti Agil Apt MS (Dosen Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya) mengatakan, “Antioksidan itu melindungi sel-sel tubuh agar dapat menjalankan pekerjaan dengan baik. Kalau sel bekerja dengan baik, penyakit yang mengganggu fungsi sel seperti kanker pun dapat dicegah”.

Tokoferol yang terdapat dalam Sarang Semut mempunyai fungsi sebagai antioksidan yang efektif. Menurut Prof Dr Elin Yulinah Sukandar, Guru Besar Farmasi ITB, kandungan tokoferol dalam Sarang Semut itu cukup tinggi. Tokoferol berfungsi sebagai antioksidan dan anti-kanker yang menangkal serangan radikal bebas dengan cara antidegeneratif.

Penelitian menunjukkan bahwa Sarang Semut mengandung Alfa-tokoferol yang berguna sebagai anti-kanker serta menangkal serangan radikal bebas. Dari hasil pengujian, ekstrak kasar Sarang Semut memiliki kandungan Alfa-tokoferol yang mampu meredam radikal bebas hingga mendekati 100%.

Maka tidak heran herbal ini dikenal memiliki reaksi yang kuat dalam membantu menumpas kanker, tumor, dan berbagai bentuk benjolan yang bisa menjadi tumor atau kanker.

Kanker lambung memang sampai saat ini masih menjadi salah satu ancaman terberat kanker dalam area pencernaan setelah kanker kolon. Namun ketika Anda berhasil mendeteksi kondisi lebih awal dengan penanganan dan pengobatan yang tepat, sebenanrya penyakit ini masih mungkin diatasi. Apa saja ciri-ciri kanker yang perlu Anda waspadai?

Baca juga  Stadium Kanker Lambung

Ciri-Ciri Kanker Lambung

Gejala kanker memang kerap kali samar dan membuat pasien tak menyadari keberadaan benjolan kanker pada lambung mereka sampai kondisi kanker sudah mencapai stadium akhir.

Sebagaimana disampaikan dr Ari dari RSCM di atas, kanker lambung memang kurang populer dan menyebabkan banyak pasien tak menyadari keberadaan kanker karena kurangnya pengetahuan. Berikut ini beberapa ciri-ciri kanker lambung pada umumnya:

  • Perut yang mudah kembung terutama di area ulu hati kiri kadang juga mudah sekali bersendawa.
  • Perut kiri atas kerap terasa perih seperti tengah mengalami tukak
  • Mudah merasa begah dan sesak seperti kekenyangan
  • Mudah mual
  • Kerap kali mengalami diare atau malah mudah mengalami konstipasi.

Masih menurut dr. Ari, kanker lambung sebenarnya sama saja dengan kebanyakan kasus kanker lain. Penyakit ini muncul dari penyimpangan mekanisme regenerasi sel yang terjadi. Secara periodik sel-sel pada lapisan dinding lambung akan menipis dan digantikan oleh sel-sel baru. Proses pembentukan sel baru akan sesuai dengan kebutuhan organ bersangkutan.

Namun pada kasus kanker, sel-sel baru muncul tanpa komando, sementara sel lama tidak mengalami keausan sebagaimana mestinya. Akhirnya terbentuk penumpukan sel pada dinding lambung yang menyebabkan terbentuknya tumor.

Dari tumor yang sekedar penumpukan sel-sel yang tumbuh secara tidak normal, bisa beranjak menjadi sel kanker. Sel kanker tak hanya sekedar tumbuh, tetapi merusak jaringan di sekitarnya, membentuk inflamasi yang menyakitkan dan menularkan sifat ganas pada sel-sel sehat di sekitarnya.

Hingga akhirnya fungsi lambung sebagai salah satu pusat proses cerna makanan akan menurun sampai sepenuhnya dinyatakan disfungsi. Jika ini terjadi, apa penyebab kanker tersebut?

Penyebab Kanker Lambung

Setidaknya terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kanker. Diperlukan perpaduan lebih dari 2 faktor untuk memungkinkan seseorang sangat beresiko terhadap kanker. Apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab kanker lambung? Berikut ini daftar penyebab kanker tersebut.

  • Mereka dengan Kasus Polip Lambung
  • Masalah Toksin
  • Infeksi Bakteri Helicobacter pylori
  • Usia Manula
  • Genetik Kanker Lambung
  • Mengidap Gastritis Menahun
  • Efek Metastatis
  • Menderita Anemia Pernisiosa
Baca juga  Penyebab Kanker Lambung

Penyebab kanker memang masih dalam proses riset. Secara medis belum dapat dipastikan apa saja penyebab kanker. Namun, beberapa pakar kanker dunia meyakini bahwa setidaknya diperlukan lebih dari satu faktor kuat untuk menyebabkan seseorang mengidap kanker. Mereka memastikan bahwa masalah genetik tak bisa sepenuhnya memicu kanker. Maka, cobalah memerhatikan pencegahan kanker berikut!

Pencegahan Kanker Lambung

Jika Anda sudah terserang kanker maka tindakan pencegahan sudah tidak dapat dilakukan lagi. Namun jika Anda masih dalam keadaan sehat, maka pencegahan kanker lambung yang dapat dilakukan mencakup menghindari penyebab serangan kanker yang datang dari luar tubuh.

Jika tindakan pencegahan sudah Anda coba untuk lakukan, maka pemeriksaan kanker perlu dilakukan untuk memastikan keberadaan kanker di dalam lambung Anda. Bagaimana ini dapat dilakukan?

Pemeriksaan Kanker Lambung

Pemeriksaan kanker lambung mencakup pemeriksaan fisik, pemeriksaan darah, pemeriksaan pencitraan dan biopsi. Hal tersebut perlu dilakukan guna memastikan penyebaran kanker pada bagian tubuh lainnya. Sehingga stadium kanker dapat diketahui.

Stadium Kanker Lambung

Stadium kanker lambung ditentukan dengan sebuah sistem TNM, guna menentukan stadium 1 hingga stadium 4. Setelah dokter mengetahui stadium kanker, barulah tindakan pengobatan kanker dapat ditentukan. Bagaimana tindakan pengobatan dapat dilakukan?

Pengobatan Kanker Lambung

Pengobatan kanker lambung secara medis terdiri dari beragam jenis prosedur yang disesuaikan dengan kondisi personal tiap pasien, termasuk dengan mempertimbangkan faktor usia, kondisi stadium kanker dan sumber kanker yang muncul. Pada umumnya kanker sekunder atau kanker yang bersumber dari sel kanker yang tumbuh pada organ lain lebih sulit untuk diobati dan cenderung hanya dikurangi efek sampingnya saja karena sifatnya yang sudah menyebar.

Sebelum menentukan metode pengobatan kanker, biasanya pasien akan menjalani sederet test untuk memastikan keberadaan kanker pada lambung. Kanker lambung termasuk jenis yang kerap terdeteksi terlambat karena gejalanya yang samar.

Baca juga  Pengobatan Kanker Lambung

Posisinya yang didalam membuat kadang diperlukan test mendalam sampai prosedur endoskopi yakni memasukan selang kecil berkamera melalui kerongkongan atau dengan laparoskopi yakni memasukan selang kecil berkamera melalui irisan lubang kecil di perut kiri. Metode ini diperlukan karena kerap kali massa kanker tidak terdeteksi jelas melalui CT-scan, USG atau rontgen. Dan pasca pasien terdeteksi mengidap kanker, berikut tahapan tindakan pengobatan yang diterapkan:

  • Radioterapi
  • Radio Surgery
  • Penyinaran
  • Pengangkatan
  • Kemoterapi

Selain dengan metode medis, Anda bisa pula mencoba ide untuk menjalankan pengobatan kanker dengan obat kanker alami. Metode ini bisa Anda pilih jika Anda masih ragu menghadapi resiko pengobatan medis yang memang memiliki banyak efek samping.

Ayo segera lakukan penanganan dan pengobatan kanker dengan tepat, sudahkah Anda mencoba konsumsi obat kanker alami, seperti sarang semut?

Demikianlah informasi seputar kanker yang dapat Anda ketahui, mulai dari obat kanker lambung, ciri-ciri kanker lambung, penyebab kanker lambung, pencegahan kanker lambung, pemeriksaan kanker lambung, stadium kanker lambung, hingga pengobatan kanker lambung. Nantikan informasi seputar kanker lainnya hanya di deherba!