Penyebab Kanker Lambung

508
Penyebab Kanker Lambung

Diedit:

Tahukah Anda bahwa kanker lambung merupakan penyakit yang seringkali terabaikan oleh pasiennya? Mari kita selidiki bersama-sama penyebab kanker lambung atau pemicu kanker lambung yang perlu Anda waspadai! Apa saja sebab kanker lambung tersebut?

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan kaitan pola hidup, faktor keturunan, dan penyakit lainnya yang turut menjadi penyebab kanker lambung. Beberapa mungkin bisa dihindari, namun adapula yang tak bisa Anda hindari!

Penyebab Kanker Lambung

Ada banyak penyebab kanker lambung dan berbagai faktor pemicu kanker lambung. Maka dari itu dibutuhkan perhatian ekstra untuk dapat memahami sepenuhnya tentang ciri-ciri kanker lambung. Namun biasanya kanker lambung berawal dari peradangan lambung.

Mulanya hanya sakit maag biasa, lama kelamaan menjadi akut dan muncul polip, cikal-bakal terjadinya kanker lambung. Maka, apakah Anda memiliki gangguan fungsi lambung atau peradangan lambung? Jika Anda sedang mengalaminya, sebaiknya Anda berhati-hati agar ini tidak berkembang.

Kebiasaan Buruk

Beberapa risiko yang turut meningkatkan terjadinya kanker lambung adalah kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol hingga taraf kecanduan, pola makan tidak sehat dan tidak teratur.

Kurang berolahraga juga disinyalir sebagai pemicu kanker, walaupun penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna memahami keterkaitannya dengan kanker lambung.

Bisa jadi ini dikarenakan sistem metabolisme tubuh – dengan melakukan olahraga tentu akan membantu Anda mengurangi penumpukan zat beracun dalam lambung, hal ini didapat dari minum air yang banyak ketika berolahraga.

Makanan

Beberapa jenis makanan yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi juga dapat mengiritasi lambung sehingga menjadi pemicu kanker lambung. Memang tidak langsung terjadi, kanker biasanya terjadi karena proses yang lama dari kebiasaan buruk tersebut.

Tak hanya makanan yang asam, beberapa makanan yang terlalu pedas, asin, pahit dan manis juga memiliki risiko serupa. Intinya, konsumsi makanan yang rendah bumbu. Selain bumbu makanan, bahan makanan juga perlu diperhatikan.

Baca juga:  Pencegahan Kanker Lambung

Apabila Anda gemar memakan ‘daging merah’ seperti; sapi, kambing dan hewan sejenisnya – sebaiknya hentikan segera, kadar protein dalam daging dan kontaminasi dapat merubah DNA (cetak biru tubuh) pemicu kanker.

Sama halnya dengan konsumsi produk susu, seperti; yoghurt, mentega dan keju. Apapun makanan yang memberatkan sistem pencernaan Anda termasuk lambung, dapat memicu iritasi yang berdampak pada kemunculan kanker lambung.

Pengolahan Makanan

Cara Anda mengolah makanan juga dapat menjadi penyebab kanker lambung, misalnya pengolahan makanan dengan membakarnya diatas bara api atau arang dapat memicu racun atau gas sisa pembakaran menyerap pada makanan. Dengan kata lain, makanan Anda telah terkontaminasi zat asing. Pada saat masuk menuju lambung dan akan menempel.

Bakteri

Selain faktor tersebut, penyebab kanker lambung juga dapat terjadi karena bakteri helicobacter pylori (H. pylori). Bakteri ini diperoleh dari makanan yang kurang matang atau tidak bersih. Seberapa kuat bakteri ini menyerang bergantung pada tingkat virulensi?

Sebuah kamus kesehatan online menjelaskan arti kata virulensi, sebagai kemampuan patogen (mikroorganisme) sebagai penyebab penyakit. Daya tahan tubuh Anda juga ikut terlibat, sewaktu tubuh melemah, patogen akan lebih mudah menyerang Anda.

Maka itu, dibutuhkan beberapa bantuan dari luar sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh yang dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar, serta istirahat yang cukup untuk menekan pemicu kanker lambung tersebut.

Dengan mewaspadai penyebab kanker lambung, maka Anda dapat menghindari pemicu kanker lambung, sehingga lebih mudah bagi Anda untuk menjaga kesehatan tubuh tetap optimal. Jika Anda mengalami kanker lambung dan baru mengetahui penyebab terjadinya kanker lambung, janganlah merasa kecewa atau putus asa.

Pengobatan kanker lambung masih dapat dilakukan saat pemeriksaan medis sudah dilakukan oleh tenaga medis yang tepercaya. Bahkan kombinasi pengobatan medis dengan obat kanker lambung alami juga dapat diterapkan bersamaan. Jadi, mari hadapi kanker dengan rasa percaya diri dan keyakinan untuk sembuh!

Baca juga:  Stadium Kanker Lambung
Advertisement
Alinesia