Karakteristik Sistem Pencernaan: Lambung dan Usus


By Fery Irawan

Sebuah pepatah Jepang mengatakan ‘semua tercermin di wajahnya’, hal ini sama dengan kondisi usus dan lambung yang mencerminkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana Anda dapat membedakan mana kondisi usus dan lambung yang sehat dengan tidak sehat?

Sistem Pencernaan Lambung dan Usus — Pengaruhnya Bagi Kesehatan Anda?

Karakteristik sistem pencernaan yang sehat diawali dengan isi lambung dan usus yang bersih. Kondisinya sama seperti anak-anak yang belum mengenal makanan berpolutan. Seperti apakah itu?

Kondisi Lambung

Misalnya, lambung yang sehat memiliki selaput lendir yang berwarna merah muda secara keseluruhan, tidak ada tonjolan yang abnormal, dan pembuluh darah di bawah mukus tidak terlihat.

Mukus adalah lender yang biasanya berwarna transparan yang akan berkilat saat dipantulkan oleh cahaya endoskop. Lalu, usus yang sehat juga memiliki warna merah muda dengan bentuk lipatan yang besar dan seragam, juga empuk. Namun, kondisi yang baik ini bisa berubah karena kebiasaan makan yang tidak baik dan dapat mengganggu fungsinya.

Lama kelamaan akan muncul bintik-bintik pada lambung, terjadi pembengkakan dan peradangan – sehingga lambung tampak berwarna merah di bagian tertentu. Belum lagi jika terjadi peradangan selaput lendir kronis yang semakin akut, tentu lapisan lambung akan semakin tipis dan pembuluh darah akan terlihat di bawah selaput lendir.

Kondisi ini dapat bertambah parah jika terjadi penyusutan yang dapat menimbulkan adanya benjolan disekitar dinding lambung. Orang yang mengalami kondisi ini lebih berpotensi mengalami kanker lambung.

Kondisi Usus

Bagaimana dengan usus? Bila usus Anda tidak sehat, ini dapat menyebabkan penebalan pada dinding usus dan tampak kaku, lalu timbul lipatan yang tidak seragam dan terlihat adanya penyempitan pada beberapa bagian usus. Sayangnya tidak semua orang menyadari betapa pentingnya merawat kondisi usus dan lambung.

Kebanyakan orang hanya fokus terhadap penampilan luar mereka, jika mereka telah merasakan sakit – barulah berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi penderitaan yang mereka alami. Apakah Anda salah satu orang yang merasa demikian?

Ada sebuah kalimat yang sudah sering kita dengar, ‘lebih baik mencegah daripada mengobati’, namun banyak orang lebih senang berobat dan mengeluarkan seluruh sumber daya mereka, ketimbang mencegah terjadinya pemborosan yang tidak perlu ini. Mengapa bisa dibilang tidak perlu?

Jika Anda berhasil mencegah timbulnya penyakit, tentu tak perlu mengeluarkan uang dan tenaga yang besar bukan? Lagi pula perawatan hidup dengan menjaga pola makan adalah suatu hal yang sebenarnya mudah dilakukan, ini bergantung seberapa kuat Anda menahan nafsu makan yang ada dalam diri sendiri. Ingat! Anda adalah manusia, bukan binatang yang kelaparan.

Menjaga sistem pencernaan tetap sehat adalah salah satu cara Anda dapat terhindar dari beragam penyakit yang masuk melalui saluran ini. Siapa yang tak ingin hidup sehat? Semua berawal dari Anda dan untuk Anda.

Karakteristik Sistem Pencernaan: Asia versus Eropa

Sumber

Hiromi Shinya, MD. The Miracle of Enzyme. March 2012. Page 61-66

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}