Resiko Batu Empedu, Siapa Saja yang Rentan Terhadapnya?

515
Shutterstock

Diedit:

Ternyata, ada banyak faktor yang berperan dalam pembentukan batu empedu. Mau tahu siapa saja kelompok orang yang beresiko mengidap penyakit ini? Dan, keadaan apa saja yang dapat memicu seseorang terjangkit penyakit batu empedu? Simak uraian berikut!

Berat Tubuh Berlebih

Wanita dan pria dengan berat badan berlebih mempunyai resiko yang lebih besar untuk terkena penyakit batu empedu. Kecenderungan terhadap obesitas dapat menyebabkan naiknya kolesterol jahat dalam tubuh—salah satu bahan pembentuk batu empedu.

Sebaliknya, pembentukan batu empedu juga dapat terjadi pada orang yang melakukan penurunan berat badan secara drastis. Diet ekstrem yang dilakukan dengan mengurangi asupan kalori secara drastis, dapat turut bersumbangsih terhadap naiknya kadar kolesterol dan dalam pembentukan batu empedu.

Wanita Lebih Rentan daripada Pria

Dibandingkan dengan pria, wanita memiliki resiko lebih tinggi terkena batu empedu. Hal itu disebabkan oleh kecenderungan wanita yang lebih tinggi terhadap obesitas dan akibat kurangnya aktivitas fisik yang dilakukan dibandingkan dengan pria.

Begitupun wanita yang telah mengalami lebih dari 2 kali kehamilan dan yang menggunakan terapi penggantian hormon serta mengonsumsi pil KB.

Meski begitu, pria pun tidak kebal terhadap munculnya penyakit tersebut. Sebuah penelitian telah mengungkapkan fakta bahwa rasio perbandingan resiko terjangkitnya penyakit tersebut pada wanita dan pria adalah 80 persen wanita dan 20 persen pada pria. Jadi, masih ada resiko kemunculan penyakit ini pada pria meski lebih kecil peluang kejadiannya dibandingkan dengan wanita.

Rentang Usia yang Beresiko

Umumnya, batu empedu muncul pada rentang usia 20-50 tahun, dengan resiko 6 kali lebih sering terjadi pada wanita sampai usia 50 tahun. Meski begitu, pria dan wanita dengan usia di atas 60 tahun pun tak luput terhadap resiko penyakit ini.

Baca juga:  Noni Juice, Cara Alami Atasi Batu Empedu

Yang cukup mengkhawatirkan adalah kecenderungan penyakit ini yang juga menimpa anak-anak, dengan jumlah kasus yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Faktor Ras dan Etnik

Penduduk  asli Amerika yakni orang Indian Amerika dan orang Hispanik dianggap sebagai ras yang lebih rentan terhadap penyakit batu empedu. Selain itu, orang dengan riwayat keluarga penderita batu empedu juga memiliki resiko pada peningkatan resiko ini.

Adanya Penyakit dan Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Orang yang mempunyai penyakit diabetes dan gangguan pada fungsi hati lebih rentan terkena penyakit batu empedu dibandingkan dengan orang yang menderita penyakit lainnya.

Demikian pula dengan mereka yang mengonsumsi obat penurun kolesterol dan obat-obatan yang mengandung estrogen, seperti obat terapi hormon.

Menu Makanan yang Tidak Sehat

Resiko batu empedu juga mengintai mereka yang mengonsumsi makanan berlemak jenuh dan berkolesterol tinggi. Beberapa dari mereka bisa jadi mengonsumsi obat-obatan guna menurunkan kolesterol.

Namun, sayangnya hal itu tidak bisa mengurangi resiko penyakit ini dan sama sekali tidak memberikan perlindungan terhadap batu empedu.

Karena itu, tentu lebih bijak jika Anda yang termasuk dalam golongan beresiko tinggi  mengidap batu empedu, melakukan beberapa perubahan dalam hidup Anda antara lain dengan melakukan diet sehat, kendalikan berat badan, dan lakukan aktivitas fisik yang cukup.

Advertisement
Alinesia