Resep-Resep Infused Water yang Bikin Hari Makin Segar!


By Cindy Wijaya

Dalam dunia yang semakin dikuasai oleh teknologi ini, gaya hidup jadi ikut terpengaruh. Ada banyak terobosan-terobosan terbaru yang ditemukan orang-orang dalam bidang kesehatan. Salah satu tren kesehatan yang sedang heboh-hebohnya diikuti banyak orang, termasuk di Indonesia. Artikel ini akan membahas resep-resep infused water yang bisa semakin menyegarkan hari-hari Anda.

Minum air adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Air membantu meregulasi temperatur tubuh, melindungi organ-organ vital, dan sanggup memperbaiki penampilan luar Anda. Tetapi bagi banyak orang, minum air putih biasa setiap saat bisa jadi aktivitas yang membosankan. Dan bagi mereka, tersedia alternatif yang dijamin tidak bikin bosan sekaligus menyediakan manfaat kesehatan bagi tubuh. Itu adalah infused water.

Infused water adalah salah satu pilihan terbaik jika Anda mencar air minum yang memiliki rasa menyegarkan tanpa tambahan gula maupun kalori yang menumpuk. Bukan hanya itu, sari buah-buahan, sayuran, rempah, atau herba lainnya yang meresap dalam air juga dapat meringankan berbagai keluhan kesehatan sehari-hari Anda.

Pilihan Resep Infused Water

Lemon dan Mentimun

Banyak wanita yang sering mengalami kembung yang tidak mengenakkan. Entah itu disebabkan oleh kebanyakan makan makanan bergaram atau akibat fluktuasi hormon seperti saat menstruasi. Buah-buahan atau makanan lain yang mengandung banyak air seperti jeruk lemon dan jeruk-jeruk lainnya sanggup meredakan kekembungan. Jadi lain waktu kembung itu datang, cobalah infused water yang terbuat dari potongan-potongan buah jeruk (citrus).

Anda bisa mencoba resep infused water citrus dengan campuran bahan berikut: 2 buah lemon yang sudah diiris-iris, setengah potong mentimun, 10-12 lembar daun mint, dan 3 liter air. Campur semua bahan tersebut dan diamkan semalaman.


Anggur dan Jeruk

Air berenergi ini sangat bagus bagi mereka yang hendak berolahraga tracking atau yang sedang latihan di gym. Dalam resep ini, kulit jeruk dibiarkan dan tidak dibuang untuk menambah cita rasa khas. Resep ini dibuat untuk 2 botol air infused water, yang salah satunya bisa disimpan untuk kemudian hari.

Siapkan setengah buah jeruk dan sekitar 12 sampai 20 buah anggur ungu organik (tergantung pada ukurannya). Kemudian potong-potong kedua jenis buah ini agar lebih mudah meresap. Hilangkan bagian ujung runcing dari jeruk dan bagi-bagi menjadi sekitar 10 potong. Lalu potong atau belah dua anggur-anggur secara vertikal.

Taruhlah potongan-potongan buah anggur dan jeruk ke dalam 2 botol air, lalu biarkan sari buah meresap ke dalam air selama 30 menit sampai 1 jam dalam suhu ruangan. Anda juga bisa menyimpannya di dalam kulkas semalaman, tetapi ingatlah untuk membuang potongan buahnya di siang hari untuk mendapatkan rasa terbaik.

Anggur-Stroberi-Jeruk Nipis

Minuman yang amat fruity dan banyak rasa ini cocok bagi orang-orang yang baru mulai mencicipi infused water. Waktu infus (merendam) yang lama—hingga 24 jam—akan menambah kuat rasa yang didapatkan dan memberikan warna merah muda pada airnya. Resep infused water campuran 3 buah ini yakni: 20 buah anggur berukuran kecil yang dibelah dua, 1 buah jeruk nipis organik yang dikupas dan dipotong-potong, serta 2 buah stroberi organik yang sudah dibelah dua.

Tempatkan buah-buahan ini ke dalam wadah infused water yang besar dan biarkan ter-”infus” selama 8 jam pada suhu ruangan atau selama 24 jam di dalam kulkas. Setelah didiamkan selama 24 jam di dalam kulkas, buang potongan-potongan buahnya dan Anda bisa menikmati air infused water selama 3 hari berikutnya.

Teh Hijau Citrus

Resep infused water ini untuk ditaruh di dalam teko besar sehingga bisa untuk dinikmati selama sepanjang hari sambil menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Bahan-bahan yang diperlukan ialah 1 buah jeruk bali, 1 buah lemon, dan 2 kantong teh hijau. Campurkan semua bahan tadi ke dalam air 1 teko besar dan biarkan selama 2-3 jam pada suhu ruangan, lalu buang kedua kantong teh.

Begini cara menyiapkannya. Potong bagian ujung atas dan bawah dari jeruk bali tanpa mengupas kulitnya. Kemudian potong-potonglah sedemikian rupa agar muat masuk ke dalam teko. Sekarang, potong semua kulit lemon dan sambil memotong jagalah isi buah lemon seutuh mungkin. Kenapa kulit lemon harus dikupas? Karena rasanya sangat kecut sampai sanggup merusak seluruh cita rasa infused water. Setelahnya, potong-potonglah isi buah lemon. Taruhlah semua bahan diatas, termasuk 2 kantung teh hijau yang talinya sudah dipotong, ke dalam air teko.

Mangga dan Daun Mint

Memang, buah mangga matang tampaknya tidak cocok untuk dijadikan infused water karena teksturnya yang lunak. Tapi tenang saja karena resep infused water ini menggunakan mangga setengah matang yang teksturnya masih keras. Air pemuas dahaga ini adalah pilihan minuman yang sehat, cepat, dan segar untuk melewati hari-hari yang terik.

Siapkan 2 tangkai mint (atau sekitar 6 lembar daun mint) serta ½ buah mangga setengah matang yang sudah dikupas kulitnya dan dibelah menjadi 6 bagian. Campurkan daun-daun mint dengan potongan buah mangga dalam air dan biarkan air “terinfus” selama 3 sampai 4 jam pada suhu kamar. Anda juga bisa membiarkan air terinfus selama 12 jam jika disimpan dalam kulkas.

Pada saatnya infused water bisa diminum, tuangkanlah ke dalam botol, sediakan sedotan, dan nikmatilah hasil karya Anda! Bukan cuman itu, buah mangga setengah matang yang sudah direndam tadi sekarang jadi lebih lembut dan lebih nikmat dimakan.

Silakan mencoba resep-resep infused water di artikel ini dan rasakan sendiri kesegarannya. Satu hal yang perlu diingat sebelum mencampurkan infused water, yaitu jangan lupa cuci bersih semua bahan-bahannya agar tidak ada kotoran atau bahan kimia yang tercampur.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}