Share:

Rasanya hampir setiap orang pernah mengalami jerawat. Faktanya, benjolan kecil yang terkadang perih ini masuk dalam daftar teratas masalah kulit yang paling sering dialami. Meski tidak mengancam nyawa, namun masalah ini perlu segera diatasi. Jerawat dapat mengganggu penampilan, bahkan masalah kulit ini dapat menjadi penyebab tekanan emosional penderitanya.

Jika Anda sedang mencari solusi terbaik untuk jerawat, ulasan berikut ini akan sangat cocok untuk Anda. Selain membantu Anda mendapatkan informasi penting seputar masalah kulit ini, ulasan ini juga akan menggali bebera potensi yang dimiliki oleh herbal untuk mengatasinya. Hebatnya, herbal-herbal tersebut tidak sulit untuk ditemui. Anda bisa mencoba resepnya langsung setelah membaca ulasan ini.

Daun Sirih

Siapa yang tidak kenal sirih? Tanaman asli nusantara ini mendapat popularitasnya di kalangan masyarakat karena telah menjadi bagian dari beberapa budaya di Indonesia. Tapi, sirih tidak hanyak terkenal karena dekat dengan budaya, sirih juga menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Daun Sirih Untuk Jerawat

Daun Sirih (Credit: Flickr/Pauk)

Bagian tanaman sirih yang paling sering dimanfaatkan untuk kesehatan adalah daunnya. Daunnya yang berbentuk jantung ini mengandung air sekitar 85-90%. Daun sirih juga mengandung antioksidan chavicol, zat antibakteri, dan antiradang. Ketiga kandungan inilah yang membuat daun sirih bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan rasa gatal yang diakibatkannya.

Resep Daun Sirih untuk Jerawat

  • Bahan:

    Daun sirih segar sebanyak 7-10 lembar.

  • Cara Meramu Resep:

    Pertama-tama, tumbuk daun sirih yang masih segar sampai halus. Kemudian, campur hasil tumbukan yang sudah halus dengan 2 gelas air panas dan masukkan ke dalam suatu wadah. Tutup wadah tersebut, lalu tunggu sampai dingin. Langkah terakhir ialah dan kumpulkan air hasil penyaringannya.

  • Aturan Pakai:

    Gunakan air ramuan ini untuk membasuh muka yang berjerawat. Lakukan langkah ini 2 sampai 3 kali sehari.

Jeruk Nipis

Buah berbentuk bulat dengan warna hijau sampai kuning ini sering kita temui di dapur. Air perasan jeruk nipis yang menyegarkan dapat digunakan sebagai penyedap masakan ataupun minuman. Namun, selain sebagai bahan pangan, buah yang satu ini juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk jerawat. Bagaimana mekanismenya?

Jeruk Nipis Untuk Jerawat

Jeruk Nipis (Credit: Shutterstock)

Daging buah jeruk nipis kaya akan vitamin c dan asam sitrat. Kedua kandungan inilah yang membuatnya efektif menumpas jerawat. Vitamin c sendiri mampu meminimalkan hyperpigmention yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, serta dapat membantu mengatasi kerutan pada wajah.

Resep Jeruk Nipis untuk Jerawat

  • Bahan:

    Jeruk nipis yang sudah masak, secukupnya

  • Cara meramu resep:

    Pastikan jeruk nipis sudah masak. Potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Potongan-potongan jeruk nipis inilah yang nantinya dapat digunakan sebagai obat luar. Mudah bukan?

  • Aturan pakai:

    Gosokkan potongan-potongan jeruk nipis tadi ke bagian muka yang berjerawat. Lakukan langkah ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Tomat

Satu lagi buah yang sering sekali kita temui. Dengan warna merah merah dengan rasa khasnya yang asam manis, buah tomat menyimpan manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat.

Tomat Untuk Jerawat

Buah Tomat (Credit: Shutterstock)

Bagaimana tomat bisa bermanfaat untuk menghilangkan jerawat? Kandungan senyawa dalam tomat, yakni likopen, merupakan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Efektivitas hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, namun tomat tetap dipercaya mampu memberikan perlindungan pada kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari yang berlebih.

Resep Tomat untuk Jerawat

  • Bahan:

    Buah tomat, secukupnya, dan alkohol 75% sebanyak 25 ml.

  • Cara meramu resep:

    Cuci buah tomat sampai bersih, lalu tambahkan air sampai 100 ml. Campurkan keduanya lalu blender hingga menjadi jus. Setelah jus jadi, campur dengan alkohol 70% dan aduk hingga semuanya merata.

  • Aturan pakai:

    Gunakan ramuan tadi untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan langkah ini sebanyak 2-3 kali sehari.

Resep Alternatif Jerawat Dengan Noni Juice

Selain ketiga resep di atas, ada satu lagi cara alami untuk memberantas masalah kulit yang mengganggu ini. Terapi obat herbal jerawat ini memiliki antitoksin aktif yang baik untuk mengangkat racun dan toksin yang ada pada tubuh.

Kemampuan lainnya dari herbal ini adalah dapat membantu melancarkan aliran darah dan melancarkan proses pembuangan toksin. Tidak kalah menarik, kemampuan anti sembelit dari herbal ini akan memaksimalkan proses pembuangan residu dan racun.

Herbal apa yang dimaksud? Di Indonesia, herbal ini dikenal dengan nama mengkudu, atau beberapa orang menyebutnya dengan buah Noni. Kemampuan buah ini untuk menuntaskan jerawat telah didukung oleh sejumlah penelitian.

Hasil penelitian yang dilakukan pakar dunia membuktikan bahwa Noni mengandung senyawa-senyawa yang unik yang dapat membantu melawan beragam keluhan kesehatan, serta berimbas baik terhadap proses penyembuhan masalah kulit ini.

Noni Untuk Jerawat

Buah Mengkudu/Noni (Credit: Shutterstock)

Kandungan antioksidan dalam Noni Juice, seperti alkanoid, xeronine, dan flavonoid secara aktif melakukan pembersihan terhadap residu, toksin, dan racun. Juga, terdapat kandungan soranjidol yang mempunyai sifat diuretik, dan kandungan asam kaplat yang efektif dalam meningkatkan imunitas sekaligus bertindak sebagai anti-bakteri.

Ya, Noni Juice terbilang cukup efektif untuk membantu menumpas jerawat. Minimnya efek samping yang dihasilkan Noni Juice juga membuat herbal ini menempati daftar teratas sebagai solusi anternatif jerawat terbaik.

Herbal Noni Juice dapat dikonsumsi sebanyak 50 ml, dua kali sehari. Jika Anda kesulitan membuat sari buah mengkudu sendiri, Anda dapat membeli produk yang sudah jadi. Pastikan produk yang Anda beli 100% sari buah mengkudu, tanpa campuran bahan lain.

Apa Sebenarnya Penyebab Jerawat?

Pada kulit terdapat lubang-lubang kecil yang disebut pori-pori. Jerawat terjadi saat pori-pori kulit tersumbat oleh bakteri, minyak, sel kulit mati, dan kotoran. Masalah kulit ini paling sering muncal saat seseorang memasuki masa remaja. Meski begitu, setiap orang dari segala usia tetap berisiko.

Selain faktor dari luar, faktor dalam tubuh juga bisa menyebabkan munculnya masalah kulit ini. Biasanya, jika penyebabnya berasal dari dalam tubuh, jerawat akan lebih sulit untuk diatasi dengan perawatan kulit biasa. Berikut adalah beberapa penyebab yang berasal dari dalam tubuh:

  • Ketidakseimbangan hormonal
  • Masalah pencernaan
  • Masalah ginjal dan hati
  • Masalah jantung dan paru-paru

Bergantung dari tingkat keparahannya, masalah kulit ini bisa menyebabkan luka pada kulit. Semakin awal Anda menangani jerawat yang muncul, semakin rendah risiko Anda untuk terkena masalah kulit lainnya.

Jerawat dapat muncul hampir di seluruh bagian tubuh Anda. Namun, tempat favoritnya untuk muncul adalah wajah, dada, punggung, leher, dan bahu. Masalah kulit ini memiliki 2 jenis, yaitu hitam dan putih.

Kedua jenis tersebut dikenal dengan sebutan komedo. Komeda hitam memiliki permukaan kulit yang terbuka, dimana warna hitam yang muncul diakibatkan oleh oksigen yang ada di udara. Sedangkan, komedo putih berada di bawah permukaan kulit, sehingga warnanya putih.

Demikianlah akhir dari ulasan mengenai cara alami untuk mengatasi masalah kulit yang mengganggu ini. Cara-cara di atas dapat Anda coba di rumah apabila jerawat yang Anda alami disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit. Namun, jika penyebabnya adalah masalah pencernaan, masalah ginjal dan hati, masalah jantung dan paru-paru, serta ketidak seimbangan hormonal, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang berupaya melawan gangguan masalah kulit yang cukup merepotkan ini. Cari tahu lebih banyak penyakit dan masalah kesehatan lainnya yang bisa diatasi dengan resep herbal sederhana hanya di deherba.com!

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Darla Burke; Cynthia Cobb, DNP, APRN. What Causes Acne?. Healthline. 2018-05-25. URL:https://www.healthline.com/symptom/acne. Accessed: 2018-10-02. (Archived by WebCite®).

Mayo Clinic. Acne. 2017-10-31. URL:https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047. Accessed: 2018-10-02. (Archived by WebCite®).

WebMD. The Basics of Acne. Published: 2017-03-27. URL: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/acne/understanding-acne-basics#1. Accessed: 2018-10-02. (Archived by WebCite®).

Mikhael Ravel

Penulis muda yang tertarik dengan bidang kesehatan khususnya dalam hal pemanfaatan obat herbal. Salah satu tujuannya menulis adalah memotivasi dirinya sendiri untuk menjalankan pola hidup sehat. Mikhael saat ini berkomitmen untuk olahraga rutin dan membatasi konsumsi junk food.


Artikel di-posting oleh Mikhael Ravel dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.