Buktikan Sendiri! Inilah Dua Resep Herbal yang Efektif Atasi Gagal Ginjal

390
Resep herbal untuk gagal ginjal
Sumber: Shutterstock

Diedit:

Siapa yang tidak tahu ginjal? Organ yang berbentuk mirip kacang ini memiliki fungsi sangat penting, yakni menyaring limbah dari darah Anda. Namun, tahukah Anda bahwa fungsi tersebut dapat tergganggu suatu waktu. Ketika ginjal tidak maksimal dalam menyaring limbah dalam darah, penumpukan limbah dapat terjadi. Kondisi ini disebut dengan gagal ginjal. Apa saja penyebab penyakit serius ini? Resep herbal mana yang paling cocok untuk pengobatannya?

Ulasan berikut ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan tersebut. Anda juga akan dibantu mengenali penyebab dari gagal ginjal, sehingga Anda dapat melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko penyakit serius ini. Meski begitu, yang menjadi fokus utama dari ulasan ini adalah memberikan informasi mengenai penggunaan herbal untuk membantu pengobatan penyakit ini.

Daun Sambung Nyawa dan Goji Berry

Di negera-negara Asia, tanaman sambung nyawa telah dikenal sebagai obat alternatif selama berabad-abad. Artinya, manfaat dari tanaman ini telah telah terbukti secara empiris dan bukan omong kosong belaka.

Sambung nyawa untuk gagal ginjal
Tanaman Sambung Nyawa (Credit: incasa.site)

Manfaat tanaman sambung nyawa ternyata juga didukung oleh penelitian yang dilakukan negara-negara barat. Hal ini sekali lagi meyakinkan bahwa tanaman sambung nyawa, memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membantu mengusir penyakit, salah satunya adalah gagal ginjal.

Bagaimana dengan goji berry? Goji berry dapat membantu menurunkan tingkat gula dalam darah dan tekanan darah. Kemampuan goji berry ini membuatnya menjadi pasangan yang cocok untuk daun sambung nyawa. Perpaduan kedua bahan ini dapat membantu pengobatan gagal ginjal Anda.

Resep Daun Sambung Nyawa dan Goji Berry untuk Gagal Ginjal

  • Bahan

    Daun sambung nyawa yang masih segar, 7-12 lember; Goji berry sebanyak 6-15 gram.

  • Cara Meramu Resep

    Cuci terlebih dahulu daun sambung nyawa sampai bersih. Lalu masukkan ke dalam panci dan ditambahkan goji berry. Rebus kedua bahan tadi dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air tersisa 1 gelas. Angkat air rebusan tersebut, dinginkan, lalu saring.

  • Aturan Pakai

    Minum air rebusan sekaligus. Lakukan langkah ini setiap hari.

Daun Keji Beling

Mungkin tanaman keji beling terdengar asing bagi Anda, namun tanaman ini dapat dijadikan solusi alami untuk membantu pengobatan gagal ginjal. Kandungan vitamin B2, B1, vitamin C, asam silat, fosfor, ferum, natrium, serta kalsium dalam daun beji keeling diketahui berdampak positif bagi orang yang sedang menderita penyakit ini.

Resep Daun Beji Kering untuk Gagal Ginjal

  • Bahan

    Daun beji kering 5 tangkai.

  • Cara Meramu Resep

    Masukkan bahan ke dalam suatu wadah untuk direbus dengan 4 gelas air. Tunggu sampai air rebusan mendidih dan tersisa 2 gelas saja. Setelah itu, tunggu air rebusan sampai hangat.

  • Aturan Pakai

    Ramuan ini dapat diminum 2 kali dalam sehari, masing-masing 1 gelas. Waktu minum dapat dilakukan pagi hari atau sore hari.

Resep Alternatif untuk Pengobatan Gagal Ginjal

Selain dua resep di atas, ada satu herbal lagi yang bermanfaat untuk membantu pengobatan gagal ginjal. Herbal tersebut adalah Noni Juice. Diketahui kandungan dalam Noni Juice tidak hanya dapat membantu pengobatan penyakit ini, namun juga membantu pencegahannya.

Mengkudu/Noni untuk Gagal Ginjal
Mengkudu/Noni (Credit: Shutterstock)
Aturan pakainya cukup mudah. Noni Juice dapat diminum sebanyak 50 ml, dua kali dalam satu hari. Konsumsi rutin herbal ini tidak hanya membantu mengatasi masalah ginjal saja, tetapi juga berdampak baik terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan

Penyebab dan Faktor Risiko Gagal Ginjal

Gagal ginjal terjadi ketika kemampuan ginjal untuk menjalankan fungsinya, yakni menyaring limbah dalam dari darah, telah hilang. Limbah yang tidak tersaring membuatnya menumpuk di dalam tubuh. Apa yang menjadi penyebab menurunnya fungsi ginjal?

Sebagian besar kasus mendapati bahwa bahwa gagal ginjal disebabkan oleh penyakit lainnya, dimana penyakit tersebut merusak ginjal secara bertahap. Salah satu penyakit yang menjadi penyebab umum penyakit ini adalah gula darah (diabetes) dan tekanan darah tinggi. Berikut adalah penyebab gagal ginjal lainnya:

  • Dehidrasi berat akibat muntah, diare, dan pendarahan berlebihan
  • Berkurangnya aliran darah yang dipompa jantung yang diakibatkan oleh gagal hati, gagal jantung, syok anafilaktif, dan lain-lain
  • Penyakit tertentu, misalnya vaskulitis dan scleroderma.
  • Infeksi
  • Konsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat antibiotic aminoglikosida
  • Racun, misalnya logam berat atau alkohol
  • Menggumpalnya darah pada pembuluh darah vena dan arteri ginjal
  • Batu ginjal
  • Tumor di ovarium atau kandung kemih
  • Pembengkakan prostat

Jadi, gagal ginjal bisa disebabkan oleh kondisi tertentu yang menyebabkan aliran darah ke ginjal berkurang, cedera pada ginjal, atau tersumbatnya saluran urin sehingga limbah tidak terbuang melalui urin.

Penyebab gagal ginjal
Ginjal dan Salurannya (Credit: mediabakery.com)

Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa membuat risiko Anda untuk menderita gagal ginjal meningkat. Beberapa faktor dapat Anda hindari, sebagian lainnya tidak dapat dihindari. Faktor risiko yang dimaksud adalah:

  • Lansia berusia lebih dari 65 tahun
  • Mempunyai diabetes
  • Dirawat dalam rumah sakit untuk waktu yang lama (perawatan intensif)
  • Menderita darah tinggi
  • Menderita gagal jantung
  • Menderita penyakit ginjal kronis
  • Menderita penyakit hati kronis
  • Tersumbatnya pembuluh darah di lengan dan kaki

Jika Anda memiliki faktor risiko yang ada pada daftar di atas, Anda sebaiknya waspada. Namun, memiliki faktor risiko di atas tidak berarti juga Anda pasti akan menderita gagal ginjal. Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai faktor risiko gagal ginjal, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter dan menanyakan hal tersebut.

Metode Pengobatan Gagal Ginjal Lainnya

Apabila tidak ada masalah kesehatan lain, ginjal dapat memperbaiki dirinya sendiri. Pada sebagian besar kasus gagal ginjal akut, pengobatan dapat maksimal jika penyakit ini didiagnosis lebih awal. Berikut adalah tiga pengobatan yang tersedia saat ini:

  • Merubah pola makan (diet). Anda mungkin akan diminta untuk membatasi konsumsi garam serta kalium. Keduanya merupakan zat yang dikeluarkan tubuh melalui ginjal. Perubahan pola makan yang direkomendasikan oleh dokter biasanya dilakukan bersamaan dengan pengobatan lainnya.
  • Obat-obatan. Gagal ginjal juga bisa dibantu pengobatannya dengan obat-obatan. Obat-obatan apa yang dimaksud? Biasanya, dokter menganjurkan obat-obatan yang dapat mengatur jumlah fosfor dan kalium yang ada dalam darah. Jadi, obat-obatan tersebut tidak membantu proses perbaikan ginjal, tapi memangkas masalah-masalah lainnya yang menjadi penyebab penyakit ini.
  • Dialisis. Metode ini juga cukup umum direkomendasikan oleh dokter. Metode ini dijalankan dengan tujuan untuk membersihkan darah Anda. Apabila penyebab gagal ginjal telah diatasi, dan organ-organ kembali pulih, Anda biasanya hanya membutuhkan hemodialisis sebentar saja.

Demikianlah akhir dari ulasan kali ini. Jika Anda sedang menderita gagal ginjal, Anda dapat mencoba resep herbal di atas untuk menunjang pengobatan medis yang sedang dilakukan. Untuk yang sedang berupaya melakukan pencegahan, Anda dapat melakukan tes darah dan volume urin secara rutin. Cara ini dapat mengetahui adanya masalah pada ginjal.

Hal lain yang perlu digarisbawahi adalah, diagnosis dini dapat membantu keefektifan pengobatan. Ikutilah selalu nasehat dokter saat ingin menjalani pengobatan medis dan berupayalah untuk menjalankan serta mempertahankan pola hidup sehat. Nantikan ulasan mengenai penyakit dan resep herbal lainnya hanya di deherba.com


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Minesh Khatri, MD. What is Acute Kidney Failure?. WebMD. Reviewed: 2016-12-13. URL:https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-acute-kidney-failure#1. Accessed: 2018-10-08. (Archived by WebCite®)

Mayo Clinic. Acute Kidney Failure.  2016-06-23. URL:https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kidney-failure/symptoms-causes/syc-20369048. Accessed: 2018-10-08. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia