Resep Herbal Sembelit Tuntaskan Masalah Susah BAB

117
asam jawa untuk resep herbal sembelit
Asam Jawa (Credit: al1962 / Shutterstock)

Diedit:

Apakah Anda mencari resep herbal sembelit karena sudah beberapa hari susah BAB?  Meski terlihat sepele, nyatanya konstipasi (sembelit) acapkali membuat aktivitas sehari-hari Anda terasa tidak nyaman. Perut yang terasa penuh dan kembung karena BAB tidak lancar sangat mengganggu keseharian Anda.

Yang bahkan tidak banyak disadari, konstipasi juga bisa bermuara pada banyak masalah serius. Terutama bila masalah ini dibiarkan berkepanjangan. Ada banyak bahaya dari sembelit yang perlu Anda waspadai, seperti wasir hingga kanker kolon.

Ada banyak penyebab dari konstipasi, kebanyakan hanya berkaitan dengan aspek pola makan dan gaya hidup. Sebut saja seperti sebut saja efek diet yang tidak sehat dan rendah serat, kurang minum atau kurang bergerak.

Karenanya, meski secara medis ada banyak pilihan terapi untuk atasi gangguan BAB ini, sebenarnya tidak semuanya disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering. Lagipula sebenarnya ada sejumlah resep herbal sembelit yang juga dapat Anda andalkan membantu keluhan konstipasi yang Anda alami. Cara alami ini dianggap lebih aman untuk kesehatan pencernaan Anda dalam jangka panjang.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana resep herbal sembelit dapat membantu mengatasi susah BAB. Dan apa saja resep herbal sembelit yang dapat direkomendasikan untuk Anda.

Pengobatan Alami Atasi Susah BAB

Pada dasarnya, banyak kasus konstipasi berasal dari asupan kita yang tidak berimbang. Atau karena sejumlah gangguan pada organ pencernaan. Untuk bisa mengatasi keluhan susah BAB Anda membutuhkan herbal yang dapat membantu melancarkan BAB, memperbaiki tekstur dan kepadatan feses dan membantu memudahkan proses pembuangan. Berikut adalah gambaran pengobatan apa yang efektif untuk membantu mengentaskan keluhan ini.

Resep Herbal Sembelit: Biji Semangka

Bahan Baku:

Biji semangka, 15 gram.
Madu, 1 sendok teh.

Cara Membuat Ramuan Herbal Sembelit:

Cuci bersih biji semangka sampai bebas kotoran.
Bersihkan kulit biji dengan cara di kerok.
Giling isi dari biji semangka sampai halus.
Rebus gilingan biji semangka ini dalam air secukupnya.
Rebus ½ jam lalu angkat dan saring.
Tambahkan madu.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal sembelit ini 1 kali sehari.
Lakukan pengobatan ini selama 3 hari.

Manfaat Biji Semangka untuk Resep Herbal Sembelit

Tidak banyak riset yang dikembangkan untuk biji semangka. Bahkan mungkin kebanyakan dari Anda memilih untuk mengonsumsi semangka yang bebas biji, atau setidaknya membuang percuma biji semangka begitu saja.

Tahukah Anda dalam tradisi Mesir kuno, biji semangka demikian dianggap bernilai bahkan lebih dari buah semangkanya itu sendiri. Dan tidak lain tidak bukan ini karena biji semangka memang berkhasiat. Dan salah satunya sebagai bahan baku resep herbal sembelit.

bij semangka untuk sembelit
Biji Semangka (Credit: Jakkaje808 / Shutterstock)

Salah satu khasiat dari biji semangka adalah kandungan seratnya yang tinggi, termasuk serat larut dan tidak larut. Kandungan mineral dalam biji semangka membantu menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ini mencegah usus menyerap air berlebih dari sisa sari makanan.

Dalam biji semangka juga tersimpan kandungan tryptopan yang akan menstimulasi produksi serotonin. Senyawa hormonal ini akan memberi efek relaks dan bebas stress. Sementara stress juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Ini menguatkan alasan untuk memanfaatkan biji semangka sebagai resep herbal sembelit.

Resep Herbal Sembelit: Biji Ceremai

Bahan Baku:

Biji ceremai, 3/4 sendok teh.
Madu, 1 sendok makan.

Cara Membuat Ramuan Herbal Sembelit:

Cuci bersih biji ceremai, lalu giling hingga halus.
Seduh bersama 1/2 cangkir air panas.
Saat sudah hangat, tambahkan madu dan aduk rata.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal sembelit ini sekaligus habis.
Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.

Khasiat Daun Ceremai untuk Resep Herbal Sembelit

Buah ceremai mungkin tidak begitu populer dikonsumsi. Selain biasanya dibuat manisan dan diawetkan sebagai buah camilan. Rasa masamnya yang khas menjadi salah satu alasan kenapa buah ini juga digemari.

Dan yang banyak tidak diketahui, bahwa di balik buahnya yang juga kaya serat, biji dari ceremai juga tidak boleh luput dari perhatian. Biji ceremai rupanya juga baik untuk kesehatan, seperti untuk resep herbal sembelit.

ceremai untuk ramuan herbal sembelit
Buah Ceremai (Credit: Dinesh Valke / License: CC BY-NC-ND 2.0)

Sebagaimana dijelaskan dalam laporan IOP Conference Series Earth and Environmental Science tahun 2017 diungkap bahwa buah ceremai mengandung kadar antioksidan tinggi. sejumlah anti oksidan terbukti membantu menstimulasi peningkatan kadar air dalam usus dan membantu mendorong gerak peristaltik usus.

Dalam penjelasan lain pada laporan Phytotherapy Research tahun 2013, diungkap bahwa sejumlah buah-buahan dalam kelas Phyllanthus termasuk buah amla dan buah ceremai memiliki kemampuan laksatif yang kuat. Membantu melunakan feses dan memudahkan kinerja usus dalam mendorong sisa sari makanan.

Alasan yang cukup kuat untuk menjadikan buah ceremai dan bijinya sebagai bahan baku resep herbal sembelit. Biji ceremai sendiri memiliki kadar antioksidan tinggi yang ditengarai akan membantu memperbaiki gangguan pencernaan.

Resep Herbal Sembelit: Temulawak & Asam

Bahan Baku:

Rimpang temulawak, seukuran 1 jari.
Buah asam jawa, 1 buah.
Gula aren, secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Sembelit:

Cuci bersih rimpang temulawak dengan air.
Bersihkan kulit rimpang temulawak dan potong-potong.
Seduh dengan 1 cangkir air panas, masukkan rimpang temulawak, asam, dan gula aren.
Diamkan sampai air menjadi dingin dan bahan meresap
Saring air ramuan.

Baca juga:  Resep Herbal Kolesterol: Belimbing Wuluh, Bawang Putih, & Bawang Merah

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal sembelit ini sekaligus habis.
Lakukan pengobatan ini selama beberapa hari.

Manfaat Temulawak & Asam Jawa untuk Resep Herbal Sembelit

Temulawak dikenal sebagai anti inflamasi dan sebagai anti peradangan. Ini sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi keluhan infeksi pencernaan yang juga menjadi penyebab konstipasi.

Selain baik untuk mengatasi infeksi dan peradangan pada pencernaan, temulawak juga baik untuk membantu memperbaiki jumlah bakteri baik dalam pencernaan. Hal ini dijelaskan dalam Journal of Evidence Based Integrative Medicine tahun 2018. Dengan memperbaiki kadar bakteri baik, Anda akan membantu melancarkan pencernaan dan membantu melancarkan BAB.

temulawak untuk ramuan herbal sembelit
Temulawak (Credit: Vinod K Pillai / Shutterstock)

Selain dengan temulawak, resep herbal sembelit ini juga menggunakan buah asam segar. Buah asam segar ternyata juga baik untuk fungsi pencernaan, membantu memulihkan fungsi enzim dalam pencernaan dan sangat efektif mengatasi masalah susah BAB.

Kandungan asam dan serat dalam asam merupakan elemen utama yang akan berperan melancarkan pencernaan, termasuk menjadikannya efektif sebagai resep herbal sembelit. Sebagaimana juga dijelaskan dalam International Journal of Green Pharmacy tahun 2012.

Kenapa Kita Mengalami Konstipasi?

Konstipasi merupakan kondisi gangguan pencernaan yang menyebabkan feses menjadi terlalu padat dan keras hingga sulit untuk dikeluarkan. Artinya kadar air dalam feses demikian kecil hingga feses kering dan padat.

Secara general, penyebab susab BAB adalah penyerapan air berlebihan oleh kolon, sehingga kadar air dalam sisa sari makanan berkurang drastis. Kebanyakan disebabkan oleh laju gerak makanan yang lambat. Tetapi penyebab konstipasi sebenarnya sangat bervariatif. Apa saja penyebab susah BAB yang perlu Anda waspadai?

  • Kurang Asupan Serat

    Mereka dengan pola konsumsi yang rendah serat akan cenderung mudah mengalami gangguan pencernaan, termasuk susah BAB. Ini karena serat berperan besar menjaga kesinambungan laju gerak makanan dalam usus. Juga membantu menahan lebih banyak air dalam feses, termasuk membantu menambah masa feses sehingga cukup mudah untuk dikeluarkan.

    Untuk mendapatkan asupan serat mencukupi, coba selalu tambahkan asupan sayuran dan buah dan menu harian Anda. jangan jadikan daging dan lemak apalagi jenis lemak jenuh sebagai asupan utama karena semua bahan ini memicu sembelit.

  • Kurang Asupan Minum

    Ada kaitan kuat antara kadar air dalam usus dengan sembelit. Mereka yang minum dengan rutin 6 – 8  gelas sehari cenderung lebih tahan untuk tidak mengidap diare. Karena ketika asupan minum menipis, kadar air dalam tubuh berkurang.

    Pada saat inilah kemudian feses akan mengeras. Karena kadar air dalam feses tidak cukup untuk menghidrasi feses. Dan pada akhirnya pasien akan mengalami kasus konstipasi. Air tidak hanya berfungsi menjaga kelunakan feses tetapi juga membantu mendorongj laju gerak feses dalam usus sampai ke dalam kolon.

    Minum air sendiri tentu saja perlu dilakukan dengan cermat. Tidak semua jenis air minum justru baik untuk mengatasi konstipasi. Beberapa jenis minuman macam soda, teh dan kopi justru mendorong penyerapan air lelbih banyak dan menurunkan daya peristaltik usus besar untuk mendorong feses keluar.

  • Kurang Bergerak

    Gerak peristaltik dalam usus halus dan usus besar cukup bergantung pada aktivitas fisik seseorang. itu sebabnya banyak golongan manula yang kerap mengeluhkan bagaimana sulitnya BAB diusia mereka.

    Seiring menurunkan kemampuan fisik dan munculnya sejumlah penyakit degeneratif pada kalangan manula menyebabkan gerak peristaltik melambat. Gerak peristaltik sendiri adalah gerakan berdenyut dan mendorong dari dinding liang dalam tubuh seperti usus dan kerongkongan. Peristaltik pada usus membantu melancarkan laju feses menuju kolon dan membantu proses pengeluaran feses.

  • Reaksi Gangguan Hipersensitif

    Sejumlah orang mengalami masalah hipersensitf pada usus mereka. Ini mengakibatkan usus dan seluruh sistem pencernaan menjadi intoleransi terhadap sejenis asupan makanan tertentu. Reaksi intoleransi ini memicu terbentuknya iritasi pada pencernaan dan membuat feses bergerak lebih lambat dan semakin mengeras.

    Ada banyak jenis keluhan hipersensitif yang dapat dikaitkan dengan masalah sembelit. Beberapa jenis asupan yang dianggap berbahaya untuk kasus konstipasi tersebut antara lain Intoleransi terhadap susu atau komponen laksatif dan intoleransi terhadap unsur gluten atau gandum.

  • Kehamilan

    Kehamilan juga kerap kali menyebabkan seseorang mudah mengalami sembelit. Aspek penyebabnya cukup bervariasi. Pertama karena tingginya kadar progesteron pada ibu hamil yang rupanya memberi efek melenturkan otot perut. Ini menyebabkan kerja usus melambat termasuk pula proses cerna dan proses pembuangan.

    Selain itu, membesarnya ukuran perut juga menyebabkan rongga perut menyempit. Ini semakin memperlambat gerak usus. Di sisi lain, kebutuhan air pada ibu hamil bisa mencapai 1,5 kali kebutuhan wanita biasa. Ketika ibu kurang minum, biasanya mereka akan lebih mengalami konstipasi.

    Jika Anda mengalami susah BAB karena sedang hamil, ada baiknya berhati-hati saat ingin mengonsumsi ramuan herbal sembelit. Lebih baik konsultasi dulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi herbal apapun, karena ditakutkan akan memengaruhi kesehatan janin.

  • Gangguan dan Infeksi Pencernaan

    Infeksi pencernaan seperti gasthritis atau irritable bowel syndrome (IBS) akan menyebabkan kinerja usus menurun. Termasuk menyebabkan proses cerna berjalan lebih lambat dan kinerja usus melambat.

    Beberapa pandangan juga menduga bahwa susah BAB muncul karena pasien mengalami gangguan keseimbangan bakteri dalam usus. Ketika kadar bakteri baik dalam usus menurun, maka proses pembusukan sisa sari makanan juga akan berjalan lebih lambat.

    Mereka dengan masalah acid reflux dan masalah gastroparesis juga rentan mengalami gangguan konstipasi. Karena kedua penyakit ini juga dapat memperlambat kerja sistem pencernaan.

Baca juga:  Daun Teh Hijau untuk Resep Herbal Infeksi Saluran Pencernaan
ilustrasi sembelit
Ilustrasi Sembelit (Credit: Gregory Johnston / Shutterstock)
  • Efek Pengobatan

    Beberapa jenis obat ternyata juga dapat mempengaruhi kinerja usus dan dapat menyebabkan kasus konstipasi, baik langsung maupun tidak langsung. Beberapa jenis obat menyebabkan penyerapan air oleh usus bekerja dua kali lebih cepat. beberapa obat yang lain menyebabkan kerja pencernaan melambat.

    Adapun jenis-jenis obat medis yang dapat memicu masalah susah BAB antara lain, alumunium yang terkandung dalam banyak jenis obat antasida untuk keluhan lambung. Ada pula jenis obat pereda nyeri kelas narkotika seperti opioid, obat anti depresan, suplemen zat besi dosis tinggi, obat diuretik yang akan menyalurkan air dalam tubuh menuju ginjal serta calcium channel blocking yang sering digunakan untuk terapi jantung dan hipertensi.

  • Terlalu Sering Mengonsumsi Laksatif

    Obat laksatif adalah salah satu obat yang secara medis banyak diresepkan untuk pasien konstipasi. Obat laksatif akan bekerja efektif menstimulasi gerak usus sehingga daya dorong peristaltik usus akan lebih aktif.

    Pada jangka pendek ini memang akan sangat membantu. Beberapa kasus konstipasi mungkin memang membutuhkan stimulasi semacam ini. tetapi mengonsumsinya berlebihan juga tidak disarankan.

    Karena pada jangka panjang, jaringan otot pada usus akan bergantung pada stimulasi yang diberikan oleh obat laksatif. Sehingga tanpa obat laksatif, pasien akan kesulitan sama sekali untuk BAB.

  • Efek Usia

    Aspek usia juga mungkin mempengaruhi seseorang untuk lebih rentan mengalami sembelit. Ini karena seiring dengan bertambahnya usia seseorang, jaringan usus akan semakin melemah, daya peristaltik dari usus akan melambat dan daya dorong dari usus juga turun. Ini menyebabkan proses pencernaan melambat dan feses mengeras.

  • Pengaruh Rutinitas yang Berubah

    Beberapa orang kadang mengeluhkan masalah sembelit saat mereka sedang dalam perjalanan. Mungkin sulit dipahami bagaimana perjalanan dapat mempengaruhi kelancaran BAB. Tetapi sebenarnya ada penjelasan medis yang cukup masuk akal.

    Perjalanan kerap kali menyebabkan Anda harus merubah pola rutinitas Anda. mulai dari perubahan waktu dan pola makan sampai mungkin waktu tidur Anda. perubahan ini dapat mempengaruhi kinerja pencernaan Anda. Di sisi lain aspek psikologis juga dapat berperan membuat Anda tidak nyaman untuk BAB. Kondisi toilet yang berbeda dari biasanya Anda gunakan pada beberapa orang dapat menyebabkan kasus susah BAB.

  • Kerap Mengabaikan Dorongan BAB

    Bisa jadi masalah susah BAB yang Anda alami merupakan efek dari kebiasaan yang Anda jalankan bertahun-tahun. Seperti bila Anda kerap mengabaikan dorongan untuk BAB di waktu sebelumnya. Kebiasaan ini akan menyebabkan sensitivitas Anda terhadap sinyal dorongan BAB berkurang. Dan pada akhirnya sekalipun kolon Anda penuh, sinyal tidak cukup kuat mendorong Anda ingin BAB.

  • Gangguan pada Kolon dan Rektum

    Beberapa orang memiliki masalah bawaan dengan kolon dan rektum mereka. Seperti lemahnya tekanan peristaltik pada kolon dan rektum. Ini bisa jadi karena efek gangguan saraf, dapat pula karena efek cidera. Kasus lemahnya gerak peristaltik pada usus besar juga dapat disebabkan oleh keberadaan tumor.

  • Sejumlah Gangguan Kesehatan

    Beberapa kasus kesehatan dapat secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan konstipasi.  Seperti penyakit gangguan sistem saraf pada penyakit stroke, parkinson, multiple sclerosis dan lain sebagainya. Gangguan juga dapat disebabkan oleh kerusakan fungsi saraf dan organ seperti pada kasus diabetes, lupus atau amyloidosis.

    Gangguan hormonal seperti pada pasien hipotiroid, uremia atau pada kasus hiperandrogen sebagaimana dialami oleh penderita PCOS juga dapat berujung pada keluhan susah BAB. Penyakit lain yang juga perlu diwaspadai sebagai penyebab susah BAB adalah kanker, tumor dan gangguan fungsi hati.

Konstipasi memang menjadi keluhan klasik yang pernah dialami oleh setiap orang. Kebanyakan konstipasi memang tidak berkaitan dengan masalah serius. Hanya dengan mengatur pola makan Anda untuk tetap kaya serat dan memperbanyak minum akan efektif membantu Anda terhindar dari masalah susah BAB. Dan bila Anda terlanjur mengalami masalah dengan BAB, coba atasi cepat dengan ramuan herbal sembelit.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal sembelit. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Christian Nordqvist. Medical News Today. What to know about constipation. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/150322.php. Accessed: 2019-02-27. (Archived by WebCite®)