Resep Herbal Radang Testis: Daun Kemuning & Sambiloto

457
kemuning untuk resep herbal radang testis
Kemuning (Credit: B.navez / License: CC BY-SA 4.0)

Diedit:

Apa resep herbal radang testis yang efektif? Penyakit radang testis (radang buah zakar) adalah peradangan yang berkembang pada testis. Kadang peradangan terjadi pada salah satu dari dua testis, tetapi juga dapat terjadi pada kedua buah zakar sekaligus.

Peradangan yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan istilah Orchitis dapat disebabkan oleh efek infeksi bakteri dan virus. Yang paling lazim adalah infeksi yang disebabkan oleh virus penyebab gondongan yang disebut dengan virus mumps. Juga dapat disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae dan bakteri clamydia. Ini adalah bakteri penyebab penyakit gonorhae, epidididimitis atau radang saluran sperma di belakang testis.

Kita akan mencoba melihat lebih jauh soal bagaimana penyakit ini menyerang. Juga soal bagaimana penyakit ini dapat memberi efek samping pada pasien. Termasuk pula soal terapi medis dan terapi dengan resep herbal radang testis.

Apa Itu Testis?

Testis atau buah zakar adalah dua benda berbentuk oval yang berjajar. Letaknya persis di antara penis dan anus pada organ intim pria. Keberadaannya berada dalam kantung kulit khusus yang dinamai skrotum.

Organ ini memiliki sejumlah fungsi pada tubuh pria. Tetapi paling utama fungsi dari testis adalah memproduksi dan menyimpan sperma. Organ ini juga berperan dalam produksi hormon testosteron. Jaringan dalam skrotum dan testis kaya dengan elemen saraf sehingga berkaitan kuat dengan sensitivitas pria terhadap rangsangan seksual.

Terapi Alami untuk Atasi Radang Testis

Bagi penderitanya, keluhan peradangan pada buah zakar ini dapat sangat merisaukan. Rasa nyeri yang sangat mengganggu dan kadang juga disertai pembengkakan akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu membiarkan peradangan tanpa segera diatasi dapat menyebabkan peradangan menyebar hingga ke saluran sperma dan menjadi keluhan epididimitis hingga peradangan pada prostat. Tanpa pengobatan yang tepat dan cepat penyakit radang testis dapat menyebabkan efek kemandulan.

Karena itu, tindakan tepat dan cepat perlu segera dilakukan. Anda bisa coba terlebih dulu dengan cara alami menggunakan resep herbal radang testis. Menggunakan bahan herbal alami macam sambiloto dan kemuning yang mudah didapat, terapi ini akan lebih mudah dilakukan dan tentu saja terjangkau. Adapun cara pembuatan resep herbal radang testis tersebut adalah sebagai berikut.

Resep Herbal Radang Testis

Bahan Baku:

Daun kemuning yang masih segar, 60 gram.
Herba sambiloto, 35 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Testis:

Cuci bersih daun kemuning dan sambiloto dengan air mengalir.
Rebus bersama air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 1 gelas.
Angkat dan dinginkan, kemudian saring airnya.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal radang testis ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.
Lakukan rutin setiap hari sampai sembuh.

Khasiat Sambiloto untuk Resep Herbal Radang Testis

Dalam dunia herbal tradisional, sambiloto lebih dikenal sebagai herbal dengan rasa pahit yang sangat kuat. Bahkan dalam pengobatan ayurveda sambiloto disebut dengan istilah raja pahit. Herbal bernama ilmiah Andrographis paniculata ini memang memiliki rasa pahit yang kuat dengan ciri khas daun kecil memanjang dengan ujung meruncing.

Baca juga:  Resep Herbal Bau Badan untuk Pulihkan Kepercayaan Diri Anda

Sambiloto sudah dikenal lama memiliki sederet khasiat untuk kesehatan. Meski rasa pahitnya demikian kuat, jejamuan yang terbuat dari sambiloto tetap banyak direkomendasikan.

Menurut sumber Journal of Natural Medicine tahun 2014, tanaman sambiloto masuk dalam daftar herbal tradisional yang bekerja sebagai anti inflamasi, anti bakteri dan anti viral. Kinerjanya sangat efektif mencegah dan mengatasi peradangan dalam tubuh, baik karena efek autoimun ataupun infeksi.

sambiloto untuk ramuan herbal radang testis
Sambiloto (Credit: Getty Images / IMAGEMORE Co, Ltd)

Hal tersebut dikuatkan lagi dalam Chinese Medicine tahun 2010 yang menjelaskan komponen dalam sambiloto. Dalam sambiloto terdapat sejumlah fitokimia termasuk flavonoid, terpenoid, lakton dan sejumlah senyawa khas seperti andrografolid.

Dalam laman resmi POM juga dijelaskan khasiat dari daun sambiloto yang sudah terbukti secara empiris. Di antaranya adalah kemampuannya melawan sejumlah infeksi khusus sepert gonnorrhea dan infeksi saluran kencing. Keduanya memiliki resiko tinggi untuk menyebabkan infeksi pada buah zakar.

Manfaat Kemuning untuk Ramuan Herbal Radang Testis

Selain dengan sambiloto, resep herbal radang testis juga dilengkapi dengan daun kemuning. Tanaman dengan nama latin Murraya paniculata ini dikenal dengan aroma bunganya yang harum semerbak. Tetapi rupanya tidak hanya aromanya saja yang bermanfaat untuk manusa. Sejumlah kandungan fitokimia dalam kemuning menjadikannya kaya khasiat.

Tanaman ini memiliki daun kecil yang berbentuk sangat rimbun. Dilengkapi dengan bentuk bunga berkelopak 4 dalam warna putih dan berukuran relatif kecil. daun kemuning sendiri berhelai sedikit tebal,  dengan bentuk oval yang berkilap.

kemuning untuk ramuan herbal radang testis
Kemuning (Credit: B.navez / License: CC BY-SA 4.0)

Dalam Medicinal and Aromatic Plants Journal tahun 2014 mengenai Pharmacological Properties and Chemical Constituents of Murraya paniculata menunjukan bahwa tanaman kemuning memiliki khasiat untuk kesehatan. Baik untuk membantu atasi infeksi, membantu meredakan inflamasi dan bekerja efektif memperbaiki kerusakan sel.

Memadukan herba sambiloto dan kemuning diharapkan dapat membantu mengatasi inflamasi lebih cepat, lebih efektif atasi infeksi dan bekerja sekaligus untuk memperbaiki kerusakan jaringan yang udah terlanjur terjadi.

Noni Juice: Alternatif Herbal untuk Radang  Testis

Selain dengan menggunakan kedua herbal di atas, Anda bisa pula memanfaatkan noni juice untuk resep herbal radang testis.  Noni juice sendiri memang sudah lama terbukti memiliki manfaat sebagai anti inflamasi dan anti infeksi. Efektif bekerja sebagai anti bakteri dan anti viral.

Khasiat dari noni juice untuk membantu proses penyembuhan peradangan dan infeksi ini dijelaskan dalam banyak jurnal dan riset. Termasuk dalam jurnal Mediators of Inflammation tahun 2017. Dalam jurnal lain pada Phytotherapy Research tahun 2010 dijelaskan pula adanya fungsi analgesik yang akan membantu bekerja meredakan nyeri pada infeksi dan peradangan.

Noni juice juga dapat bekerja membantu memperbaiki kerusakan pada fungsi produksi sperma. Ini akan efektif mencegah pasien untuk mengalami kemandulan secara permanen.

Pengobatan Medis untuk Radang Testis

Di samping ramuan herbal radang testis, Anda juga mungkin perlu mengupayakan pengobatan medis. Pengobatan medis untuk penyakit Orchitis dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Sebagaimana sudah dijelaskan, bahwa penyakit peradangan testis ini secara umum disebabkan oleh faktor infeksi. Termasuk di antaranya infeksi karena virus mumps dan bakteri Neisseria gonorrhoeae dan bakteri clamydia.

Selain itu terdapat pula jenis peradangan buah zakar yang penyebabkan tidak jelas. Tidak ada infeksi dan besar kemungkinan peradangan hanya  disebabkan oleh faktor autoimun. Secara medis ini disebut dengan Orchitis idiopatik. Dan untuk mengobati radang testis ini, diperlukan sejumlah terapi seperti:

  • Terapi Anti-Inflamasi

    Peradangan yang berat perlu dikendalikan dengan obat anti inflamasi. Ini akan membantu mengurangi peradangan dan mencegah peradangan menyebar. Dapat dengan terapi kortikosteroid atau dengan obat anti inflamasi non steroid. Biasanya kortikosteroid diberikan pada kasus peradangan berat dan biasanya disebabkan oleh efek autoimun.

  • Terapi Antibiotik

    Ini menjadi pilihan yang perlu ditambahkan ketika inflamasi disebabkan oleh infeksi bakteri. Anti biotik efektif mengatasi sejumlah infeksi akibat bakteri gonorhoe, bakteri clamydia hingga bakteri streptococcus dan E.coli yang kadang juga menjadi penyebab infeksi pada saluran kencing.

  • Terapi Anti-Virus

    Alternatif pilihan anti infeksi yang perlu diberikan pada pasien radang buah zakar yang disebabkan oleh infeksi virus.Terapi ini akan efektif membantu melemahkan virus penyebab infeksi pada testis dan membentuk mengentaskan peradangan dengan cepat

Baca juga:  Racik Obat Batuk Alami dengan 3 Resep Herbal Gampang Ini

Komplikasi Akibat Peradangan Testis

Penanganan radang testis harus dilakukan dengan tepat dan cepat. karena tindakan yang terlalu lama atau diagnosa yang terlambat dapat menyebabkan sejumlah resiko komplikasi dan efek samping. Beberapa resiko komplikasi dan efek samping tersebut antara lain adalah :

  • Epididimitis

    Keluhan Epididimitis adalah keluhan radang yang berada pada saluran sperma. Letaknya tepat di belakang testis. Peradangan pada testis akan dengan sangat cepat menyebar hingga saluran sperma dan akan mempengaruhi lancarnya proses keluar sperma dari penis.

  • Atrofi testis

    Mengecilnya satu atau kedua bagian dari testis. Meski kadang tidak berbahaya, dalam beberapa kasus ini dapat merujuk pada kerusakan fungsi saluran sperma hingga kerusakan produksi sperma. Beberapa pasien dengan kasus atrofi testis akan mengalami disfungsi ereksi.

  • Abses skrotum

    Skrotum adalah selubung atau area kulit yang bergelambir dimana kantung buah zakar berada. Letaknya tepat di antara penis dan anus. Pada saat radang testis  tahap awal, skrotum pada umumnya tidak menunjukan ketidak normalan. Tetapi pada tahap lanjut, skrotum akan membengkak, mengeras dan kadang berisi nanah.

Pencegahan Orchitis

Sebenarnya penyakit peradangan buah zakar ini sangat mungkin dicegah. Utamanya adalah dengan menjalankan pola hidup sehat dan aktivitas seks sehat serta aman. Semakin aman dan sehat aktivitas seks Anda, semakin minim kemungkinan Anda terkontaminasi bakteri dan virus yang berkaitan dengan penyakit kelamin.

  • Dan pencegahan terbaik untuk penyakit orchitis adalah sebagai berikut :
  • Pola seks sehat dengan satu pasangan
  • Gunakan kondom ketika tidak yakin pasangan dalam kondisi sehat dan bersih
  • Vaksin gondongan atau MMR
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan pola makan padat sayuran, buah dan asam lemak omega 3 seperti ikan-ikanan.

Penyakit radang testis memang pada dasarnya termasuk jenis penyakit seks menular dan dapat dicegah dengan mudah selama pola hidup dan aktivitas seks Anda sehat. Dan bila penyakit ini sudah terlanjur menulari Anda, atasi cepat dengan ramuan herbal radang testis. Cara cepat dan alami untuk membantu mengatasi orchitis.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal radang testis. Semoga Anda bisa memperoleh manfaatnya dengan menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Alana Biggers, MD. Healthline. Testes Overview. URL: https://www.healthline.com/human-body-maps/testis#anatomy-and-function. Accessed: 2019-02-23.(Archived by WebCite®)

Erica Roth. Healthline. Orchitis. URL: https://www.healthline.com/health/orchitis. Accessed: 2019-02-23. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia