Resep Herbal Radang Tenggorokan: Bayam Duri, Bandotan, & Jambu Mede

223
resep herbal radang tenggorokan dengan bayam duri
Bayam Duri (Credit: Forest & Kim Starr)

Diedit:

Penyakit radang tenggorokan bisa jadi adalah penyakit biasa yang kerap dipandang remeh. Meski demikian, penyakit ini bisa sangat mengganggu. Namun ada cara mudah untuk atasi keluhan radang tenggorokan. Cukup dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai resep herbal radang tenggorokan.

Terapi Alami untuk Atasi Penyakit Radang Tenggorokan

Ketika seseorang mengalami penyakit radang tenggorokan, pasien akan mengalami sejumlah keluhan seperti  rasa nyeri pada tenggorokan, kering di batang tenggorokan, rasa perih saat menelan sampai suara yang serak saat bicara.

Penyakit ini sendiri sebenarnya terjadi ketika saluran tenggorokan dan kerongkongan mengalami abses, luka dan iritasi sehingga memunculkan rasa nyeri dan perih di area sekitar tenggorokan. Rasa nyeri ini memburuk ketika pasien kurang minum, menelan atau terlalu banyak bicara.

Secara alami, keluhan ini dapat diredakan dengan sejumlah ramuan herbal radang tenggorokan. Adapaun terapi alami untuk atasi penyakit radang tenggorokan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Radang Herbal Radang Tenggorokan 1

daun bayam duri
Bayam Duri (izulthea)

Bayam duri merupakan sejenis tanaman perdu yang memiliki bentuk hampir serupa dengan daun bayam yang lazim kita kenal. Hanya saja daun bayam duri memiliki tekstur daun lebih tebal dan kasar, ukuran daun lebih lebar dengan permukaan daun dan batang sedikit berbulu. Pada batang bagian bawah, bulu akan terasa lebih kasar sehingga dianggap sebagai duri.

Tanaman yang kerap dianggap sebagai tanaman gulma atau pengganggu ini rupanya dikenal pula sebagai tanaman anti inflamasi. Secara alami terapi dengan daun bernama ilmiah Amaranthus spinosus ini dimanfaatkan ekstraksinya untuk pengobatan peradangan. Sebagaimana dijelaskan dalam International Journal of Current Pharmaceutical Research tahun 2010.

Selain bermanfaat sebagai anti inflamasi, ternyata daun bayam duri juga berkhasiat sebagai anti bakteri dan anti viral. Bagaimana khasiat dari daun bayam duri lain dijelaskan dalam salah satu buku bertajuk Amaranthus: A Promising Crop of Future oleh Saubhik Das.

Dalam laporan ilmiah lain sebagaimana termuat pada Egyptian Journal of Basic and Applied Sciences tahun 2017 dijelaskan bagaimana daun bayam duri juga baik untuk terapi radang tenggorokan, faringitis, esofagitis hingga radang akibat asam lambung.

Kandungan sejumlah komponen fitokimia dalam daun bayam duri antara lain alkaloids, flavonoids, glycosides, phenolic acids, steroids, saponins, terpenoids, betaine, betalains, amaranthine, quercitin dan  kaempferol . Seluruh komponen ini memiliki kemampuan anti viral, immunostimulan, anti inflamasi dan pengatur enzim yang baik untuk atasi peradangan di tenggorokan.

Dan untuk membuat resep herbal radang tenggorokan dengan bahan daun bayam biru dengan cara sebagai berikut.

Bahan Baku:

Akar bayam duri segar 45 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Tenggorokan:

Cuci bersih akar bayam duri dengan air mengalir.
Potong-potong akar bayam duri.
Rebus dengan air sebanyak 3 gelas.
Masak sampai tersisa 1 gelas.
Angkat, dinginkan dan saring.

Aturan Pakai:

Minum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

Radang Herbal Radang Tenggorokan 2

daun bandotan
Bandotan (baomoi)

Daun bandotan adalah sejenis herbal alami yang sejak lama dikenal sebagai tanaman obat-obatan.  Tanaman ini lazim tumbuh liar di kawasan perkebunan dan tepian persawahan.  Nama bandotan disematkan pada tanaman ini karena aroma daunnya ketika disobek yang menyerupai aroma kambing.  Aroma khas inilah yang menjadi ciri khas dari tanaman bandotan.

Tanaman bandotan memiliki bentuk tajuk pendek dengan batang gilig dan bercabang-cabang. Daunnya lonjong runcing menyerupai bentuk jantung. Memiliki bunga kecil berwarna putih berkerumun.

Secara tradisional, tanaman bernama ilmiah Ageratum conyzoides ini sudah digunakan sejak lama untuk mengobati luka.  Hal ini diperkuat dengan sejumlah laporan ilmiah, termasuk pada laporan Journal of Ethnopharmacology tahun 2016. Dalam jurnal dijelaskan bahwa daun bandotan ini mengandung kemampuan anti inflamasi dan efek antinosiseptif atau analgesik.

Yang menarik, daun bandotan juga terbukti efektif meredakan asam lambung. Kenaikan asam lambung sendiri menjadi salah satu penyebab serangan radang tenggorokan.  Kemampuan anti asam lambung ini dijelaskan dalam Journal of Biotechnology Science Research tahun 2017.

Dan khasiat daun bandotan untuk terapi penyakit radang tenggorokan diperkuat oleh hasil riset Jurnal MIPA 2017, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Semarang, Indonesia. Dijelaskan bahwa daun bandotan dapat bekerja sebagai anti alergi, anti viral, anti bakteri dan anti inflamasi.

Baca juga:  3 Resep Herbal Ini Efektif Melarutkan Kencing Batu

Dan untuk mendapatkan khasiat dari daun bandotan untuk resep herbal radang tenggorokan. Berikut merupakan tata cara pembuatannya.

Bahan Baku:

Daun bandotan segar 30 – 60 gram.
Larutan gula pasir secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Tenggorokan:

Cuci bersih daun bandotan segar dengan air mengalir.
Tumbuk daun bandotan sampai halus.
Peras dan saring airnya.
Tambahkan larutan gula pasir dan aduk merata.

Aturan pakai :

Minum ramuan ini sekaligus dan ulangi 3 kali sehari.

Radang Herbal Radang Tenggorokan 3

jambu mede
Jambu Mede (dmagicbox/istock)

Buah semu jambu mede memiliki ciri spesifik. Buah dalam kondisi hampir matang sempurna.  Sehingga kulit buah tampak bersemu hijau kemerahan dengan daging buah lebih padat dan liat.  Secara tradisional buah dari tanaman bernama ilmiah Anacardium Occidentale L sudah lama dimanfaatkan sebagai obat luka dan pembengkakan.

Dalam jurnal Biomedika tahun 2010 dijelaskan bagaimana riset yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2010 membuktikan khasiat anti inflamasi dari buah semu jambu mede untuk mengatasi peradangan pada tikus.

Hal ini kembali diperkuat dengan riset lain yang dilaporkan Experimental Biology and Medicine tahun 2015. Tidak hanya efektif sebagai anti inflamasi, pada buah semu jambu mede juga memiliki kemampuan mempercepat penyembuhan luka dan menghentikan kerusakan jaringan.

Buah jambu mede yang semu matang ini juga diketahui efektif meredakan nyeri dengan khasiat anti viral dan anti bakteri yang efektif.  Hal ini telah diungkap dalam jurnal lain mengenai khasiat tanaman jambu mede pada Journal of Applied Pharmaceutical Science tahun 2017.

Tentu dibutuhkan ketepatan untuk dapat mengolah buah semu jambu mede untuk dapat menjadi resep herbal radang tenggorokan yang efektif. Adapun teknik pembuatannya adalah sebagai berikut.

Bahan Baku:

Buah semu jambu mede 5 buah.
Madu 2 sendok makan.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Tenggorokan:

Cuci bersih buah semua jambu mede dengan air mengalir.
Parut kasar buah jambu mede.
Tambahkan air matang 4 sendok makan, lalu aduk merata.
Peras parutan jambu mede sampai kering.
Tambahkan madu pada air perasan.

Aturan Pakai:

Gunakan air perasan untuk berkumur dan telan sekalian.
Ulangi 3 kali sehari masing-masing 2 sendok makan.

Apa Sebenarnya Penyebab Penyakit Radang Tenggorokan?

Radang tenggorokan merupakan pembentukan peradangan pada membran lendir yang terbentuk pada area tenggorokan, kerongkongan dan faring. Peradangan menyebabkan pasien mengalami sejumlah gejala seperti nyeri tenggorokan, rasa gatal di batang tenggorokan dengan disertai rasa sulit menelan dan sulit bicara. Kadang pasien juga mengeluhkan rasa mual dan batuk.

Lalu apa sebenarnya penyebab penyakit radang tenggorokan?

Infeksi Karena Virus

Sejumlah jenis virus dapat memicu terjadinya peradangan pada tenggorokan. Beberapa jenis virus penyebab penyakit radang tenggorokan tersebut antara lain adalah rhinovirus, coronavirus, parainfluenza, coldadenovirus yang juga menjadi penyebab peradangan mata dan virus flu.

Virus lain yang kerap menyebabkan penyakit radang tenggorokan adalah Epstein Barr virus penyebab mononucleosis. Mononucleosis adalah sejenis penyakit yang banyak memiliki kesamaan gejala dengan flu, tetapi menyebabkan reaksi inflamasi lebih tinggi dibandingkan virus flu biasa.

Dalam skala terbatas, Human Papilloma Virus atau HPV yang selama ini kerap dianggap sebagai penyebab utama kanker serviks juga dapat menyebabkan inflamasi pada tenggorokan. Biasanya penularan HPV terjadi akibat aktivitas oral seks.

Infeksi Karena Bakteri

Meski prosentasinya lebih rendah, infeksi karena bakteri juga dapat menyebabkan peradangan pada tenggorokan, kerongkongan dan faring. Berbeda dengan infeksi karena virus, infeksi bakteri akan membutuhkan terapi antibiotik untuk efektif mengatasi penyakit.

Adapun beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan penyakit radang tenggorokan tersebut antara lain adalah streptococcus, chlamydia, Gonorrhea dan mycoplasma pneumoniae. Infeksi bakteri dapat dibantu diatasi dengan menggunakan resep herbal radang tenggorokan seperti di atas.

Reaksi Alergi

Alergi akibat efek debu, bulu hewan, asap, serbuk bunga, serbuk kotoran hingga udara dingin menyebabkan pembengkakan pada batang tenggorokan dan memicu reaksi histamin. Ini menyebabkan terbentuknya iritasi pada saluran tenggorokan yang akhirnya menyebabkan radang.

Efek Iritasi

Reaksi iritasi berbeda dengan reaksi alergi. Reaksi iritasi disebabkan oleh efek paparan dinding batang tenggorokan oleh unsur-unsur mikro yang bersifat abrasif. Abrasi pada dinding tenggorokan menyebabkan terbentuknya peradangan.

Baca juga:  Resep Kombinasi: Madu dan Bawang Putih untuk Kanker

Sejumlah unsur abrasi tersebut seperti ketika terlalu kerap menghisap polusi udara, menghisap udara kotor akibat pembakaran, menghisap udara yang terkontaminasi unsur kimia berbahaya atau efek udara yang panas atau terlalu kering.

Efek Otot yang Terlalu Kejang

Anda mungkin pernah mengalami reaksi gatal dan perih di tenggorokan setelah Anda berteriak-teriak dalam jangka waktu lama. Ini adalah reaksi dari aktivitas otot leher dan tenggorokan yang terus beraktivitas berlebihan hingga mengalami iritasi dan peradangan.

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

GERD adalah keluhan ketika produksi asam lambung menjadi berlebihan dan akhirnya komponen asam ini naik hingga area sekitar esofagus. Uap asam yang terbentuk akan terus naik hingga area tenggorokan dan menyebabkan efek abrasi pada dinding tenggorokan. Sebagaimaan dipahami asam memiliki efek abrasi dan merusak.

Tumor dan Kanker

Tumor dan kanker adalah kondisi ketika terbentuk massa yang terdiri dari sel-sel abnormal, baik itu bersifat ganas maupun jinak. Keberadaan tumor atau kanker akan menyebabkan aktivitas menelan, menarik nafas dan berbicara akan terganggu. Dan mungkin menyebabkan terbentuknya peradangan di sekitar massa abnormal

HIV dan Lupus

Kedua penyakit ini menyerang sistem imun. Bila pada HIV, imun berada pada level terendah hingga gangguan kecil atau masuknya sedikit mikroba sudah dapat memicu terbentuknya infeksi yang berat.  Sehingga peradangan dengan cepat berkembang tanpa bisa dikendalikan sistem imunitas tubuh.

Sedang pada Lupus, imun menjadi hiperaktif dan justru menyerang sel-sel sehat termasuk batang tenggorokan. Kedua kondisi ini rentan untuk mengalami penyakit radang tenggorokan yang datang terus menerus.

Penyakit radang tenggorokan lebih cepat menular melalui proses pertukaran saliva. Itu sebabnya hindari aktivitas bertukar sendok makan, sedotan dan minuman, atau berciuman dengan mereka yang sedang mengidap radang tenggorokan. Bahkan ketika kita berbicara berhadapan, kadang virus atau bakteri dapat menular.

Siapa Saja yang Rentan Radang Tenggorokan?

Beberapa orang dengan sejumlah kondisi memiliki tingkat risiko lebih tinggi untuk mengidap penyakit radang tenggorokan. Ini karena kondisi-kondisi tersebut memudahkan tenggorokan terpapar aspek penyebab penyakit tersebut. Dan adapun sejumlah faktor risiko tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Usia

Mereka dengan rentang usia anak-anak dan remaja memiliki tingkat risiko lebih tinggi untuk mengidap radang tenggorokan. Daya tahan yang belum sempurna dianggap menjadi penyebab utama tingginya risiko radang tenggorokan pada rentang usia tersebut.

Perokok Aktif dan Pasif

Mereka yang merokok secara aktif atau hidup dalam lingkungan dengan paparan asap rokok tinggi juga memiliki tingkat risiko lebih tinggi terserang radang tenggorokan. Unsur toksin dalam asap rokok demikian cepat menyebabkan iritasi pada dinding tenggorokan.

Alergi

Memiliki masalah alergi juga dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap radang tenggorokan. Ini karena mereka dengan masalah alergi memiliki dinding tenggorokan lebih rentan untuk mengalami iritasi dari pada mereka yang tidak alergi. Alergi dapat dibantu diatasi menggunakan ramuan herbal radang tenggorokan.

Berada pada Lingkungan Berisiko

Ketika lingkungan sekitar Anda sedang mengalami wabah radang tenggorokan, Anda akan dengan mudah tertular penyakit ini. Ini karena proses penularan tercepat dari penyakit radang tenggorokan  terjadi hanya karena kita bercakap-cakap berhadapan. Dan hal tersebut tentu saja sulit dihindari ketika kita berada dalam satu lingkungan sosial.

Lingkungan dengan kondisi udara tidak sehat, seperti pada udara dengan kadar asap tinggi atau lingkungan dengan kadar polusi udara yang tinggi juga dapat menjadikan lingkungan sebagai faktor risiko penyakit radang tenggorokan.

Tidak Terbiasa Hidup Bersih

Penularan virus dan bakteri penyebab penyakit radang tenggorokan dapat terjadi ketika kita bersentuhan dengan tangan yang telah terkontaminasi virus atau bakteri. Itu sebabnya kita disarankan selalu mencuci tangan dan menggunakan sanitizer bila diperlukan. Kebiasaan kecil ini dapat menurunkan risiko relatif signifikan.

Tips Mempercepat Penyembuhan Radang Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan memang bukan jenis penyakit serius. Sesungguhnya, penyakit ini juga dapat sembuh tanpa obat, terutama bila radang disebabkan oleh infeksi virus.  Cukup dengan menjalankan sejumlah terapi berikut untuk mempercepat proses penyembuhan.

  • Konsumsi vitamin C dosis tinggi untuk membantu menstimulasi kerja imunitas
  • Lebih banyak istirahat supaya kondisi tubuh cepat pulih
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin dan anti oksidan
  • Hindari makanan gorengan dan bakar karena memberi efek kering di tenggorokan
  • Perbanyak minum menghindari efek tenggorokan kering
  • Konsumsi air jahe untuk melegakan tenggorokan
  • Hindari minuman terlalu panas karena dapat memperburuk iritasi

Penyakit radang tenggorokan boleh jadi menjadi salah satu penyakit ringan yang biasanya tidak mengancam jiwa. Bahkan kerapkali dapat sembuh hanya dengan sendirinya hanya dengan langkah-langkah sederhana.

Termasuk dengan menerapkan resep herbal radang tenggorokan dari bahan-bahan herbal alami. ini cara mudah dan simpel mengatasi keluhan tidak nyaman akibat penyakit radang tenggorokan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang ramuan herbal radang tenggorokan. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di artikel ini. Nantikan juga info-info menarik seputar penggunaan herbal dan kesehatan hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Jamie Eske. Medical News Today. What is pharyngitis?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324144.php. Accessed: 2019-04-02. (Archived by WebCite®)

Mayo Clinic. Sore throat. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/sore-throat/symptoms-causes/syc-20351635. Accessed: 2019-04-02. (Archived by WebCite®)