Pulihkan Radang Prostat dengan Resep Herbal Sederhana Ini

504
akar kembang pukul empat untuk resep herbal radang prostat
Kembang Pukul Empat (© APugach / Shutterstock)

Diedit:

Prostatitis adalah keluhan peradangan yang terjadi pada organ prostat. Ini berbeda dengan pembesaran kelenjar prostat yang secara umum lebih disebabkan oleh pembentukan jaringan tumor jinak pada prostat. Ini adalah radang prostat yang disebabkan oleh efek inflamasi atau infeksi bakteri.

Radang prostat adalah satu dari banyak keluhan peradangan yang dapat muncul pada seorang pria. Tetapi keluhan yang satu ini dapat sangat mengganggu, karena menimbulkan rasa nyeri yang cukup menyiksa. Pasien akan sulit beraktivitas normal akibat dorongan nyeri yang dihasilkan.

Belum lagi keluhan ini dapat beresiko serius pada kesuburan bila tidak segera ditangani. Karena kelenjar prostat sendiri berperan besar pada fungsi hormonal pria, produksi semen dan sperma yang berfungsi pada kesuburan dan reproduksi.

Anda dapat mengatasi keluhan radang prostat ini dengan efektif menggunakan terapi pengobatan medis. Tetapi, Anda juga dapat mempercepat proses penyembuhan dengan bantuan resep herbal radang prostat. Ini akan membantu mengatasi peradangan, infeksi dan memulihkan jaringan prostat dengan lebih cepat.

Resep Herbal Radang Prostat

Terapi herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi prostatitis adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami herbal tradisional yang terbukti empiris dapat membantu proses penyembuhan radang prostat. Dan resep herbal radang prostat untuk mengatasi prostatitis adalah sebagai berikut.

Bahan Baku Resep Herbal Radang Prostat:

Akar kembang pukul empat yang sudah dikeringkan, 15 gram.
Herba sambiloto (seluruh bagian tanamannya) yang sudah dikeringkan, 20 gram.
Kulit semangka bagian putihnya, 30 gram.
Umbi daun dewa yang masih segar, 9 gram.

Cara Buat Resep Herbal Radang Prostat:

Cuci bersih semua bahan dengan air mengalir.
Rebus semua bahan dengan air 4 gelas sampai airnya tersisa separuhnya.
Angkat, dinginkan, dan saring.

Cara Minum Resep Herbal Radang Prostat:

Minum ramuan herbal radang prostat ini dengan dibagi 2 gelas dan diminum 2 kali sehari.
Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Khasiat Akar Kering Kembang Pukul Empat

Tanaman pukul empat dikenal memiliki efek diuretik dan mengandung komponen anti bakterial yang kuat. Kandungan anti oksidan di dalamnya relatif tinggi dan akan efektif mempecepat proses penyembuhan infeksi dan peradangan.

akar kembang pukul empat untuk ramuan herbal radang prostat
Kembang Pukul Empat (© 최옥석 / Wikimedia Commons / CC BY-SA 4.0)

Sejumlah elemen khas seperti Brassicastol ditemukan memberi efek positif untuk kesehatan fungsi kelenjar prostat. Bahkan dalam beberapa pandangan, tanaman ini dianggap efektif untuk atasi kesuburan.

Komponen lain bekerja di sini sebagai anti inflamasi. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Basic and Clinical Pharmacy tahun 2010. Dan efek anti inflamasi ini yang akan bekerja mengatasi peradangan kelenjar prostat dengan efektif.  Akar kembang pukul empat akan menjadi pilihan tepat sebagai ramuan herbal radang prostat atasi inflamasi yang terjadi.

Khasiat Sambiloto

Menurut jurnal Bio Medical Central Complementary and Alternative Medicine tahun 2016, dijelaskan bahwa dalam tanaman sambiloto memang terkandung elemen anti inflamasi yang sangat efektif.  Tanaman ini juga mengandung anti bakterial sebagaimana dijelaskan dalam The Pharma Innovation Journal tahun 2017. Ini menjadi salah satu alasan kuat menjadikannya bahan baku pembuatan ramuan herbal radang prostat.

sambiloto untuk ramuan herbal radang prostat
Sambiloto (© H. Zell / Wikimedia Commons / CC BY-SA 3.0)

Dan pada jurnal lain dijelaskan bagaimana sambiloto rupanya baik untuk membantu memperbaiki kesehatan prostat. Memperbaiki fungsinya sebagai produsen semen dan sperma dan mengatasi kondisi abnormal pada prostat yang mengacu pada inflamasi dan kanker. Sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Genes and Cancer tahun 2010.

Khasiat Kulit Semangka

Selama ini kita mengenal khasiat semangka sebagai salah satu sumber antioksidan dan vitamin C. Rasanya yang segar dan banyak air menyebabnya disukai. Tetapi kebanyakan orang cenderung memilih bagian merah dari semangka dan mengabaikan bagian putih yang rupanya kaya manfaat.

Baca juga:  3 Resep Herbal Buang Air Besar Berdarah yang Gampang Dibuat

Dalam jurnal Journal of Chromatography tahun 2005 dijelaskan bahwa bagian putih dari semangka mengandung senyawa citruline. Senyawa ini baik untuk meningkatkan imunitas, mendorong proses perbaikan sel dan memiliki efek anti inflamasi.

semangka untuk resep herbal radang prostat
Semangka (© Dashkin14 / Shutterstock)

Senyawa unik ini bahkan diketahui membantu mengatasi masalah ereksi dan membantu memperbaiki fungsi prostat. Kandungan likopen di dalamnya juga merawat sel-sel prostat dan membuatnya lebih efektif melawan infeksi. Herbal alami yang efektif bekerja pada resep herbal radang prostat.

Khasiat Umbi Daun Dewa

Dalam sejumlah riset mengenai akar daun dewa ditemukan adanya khasiat yang cukup baik untuk kesehatan prostat. Pada ulasan African Journal of Traditional, Complementary and Alternative Medicine dijelaskan daun dewa mengandung komponen flavonoid dalam kadar sangat tinggi dengan ragam jenisnya.

daun dewa untuk ramuan herbal radang prostat
Daun Dewa (Dokumen Pribadi)

Komponen ini yang bekerja merawat inflamasi, infeksi bakteri dan melakukan regenerasi sel dengan cepat. Sedang dalam Planta Medica tahun 2010,  dikatakan bahwa akar daun dewa baik untuk perbaikan jaringan prostat, memperbaiki fungsi kelenjar prostat, mengatasi kerusakan dan pembentukan sel-sel abnormal pada prostat.

Alternatif Terapi Prostatitis dengan Noni

Dalam ulasan Departement of Chemistry, Wasit University Iraq dijelaskan bahwa noni rupanya dapat bekerja sebagai “prostate healing”. Ini dikaitkan dengan masalah kerusakan sistem kelenjar prostat yang menyebabkan produksi semen dan sperma tidak berjalan normal. Termasuk pula membantu mengatasi kerusakan sel dan inflamasi pada prostat.

noni juice untuk resep herbal radang prostat
Buah Noni (© Daniela A Nievergelt / Flickr)

Noni dikenal pula sebagai anti bakterial, anti nyeri dan bekerja sebagai anti peradangan. Efektif mempercepat penyembuhan luka, mempercepat proses regenerasi sel rusak dan menghentikan proses perusakan sel, baik oleh sistem autoimun atau oleh infeksi.

Kandungan klorogenik di dalamnya efektif menstimulasi imunitas dan meningkatkan ketahanan tubuh. Dan iridoid akan bekerja sebagai anti toksin yang mencegah proses oksidasi pada sel, termasuk pada prostat.

Apa Sebenarnya Radang Prostat?

Sebagaimana sudah dijelaskan, prostatitis adalah keluhan infeksi atau peradangan pada kelenjar prostat. Secara umum penyebabnya adalah bakteri, meski dalam kadar terbatas ada kasus radang prostat yang disebabkan oleh virus.

Penyebab prostatitis cukup bervariasi, ini bergantung pada jenis dari keluhannya. karena setidaknya ada 4 jenis radang prostat yang mungkin menyerang seorang pria. Dan 4 jenis keluhan prostatitis adalah sebagai berikut.

  • Prostatitis bakteri akut

    Jenis radang prostat satu ini bekerja dengan cepat, sehingga disebut dengan istilah akut. Prosesnya cenderung cepat, tiba-tiba dan akan menimbulkan rasa nyeri yang relatif lebih kuat. Infeksi disebabkan oleh serangan bakteri yang ada di kawasan permukaan sekitar organ genital pria. Termasuk bakteri E.choli yang biasa muncul pada anus.

    Tetapi dapat pula disebabkan oleh sejumlah bakteri lain seperti Pseudomonas, Chlamydia trachomatis dan Neisseria gonorrhoeae yang dikenal sebagai bakteri penyebab infeksi kelamin. Jadi ini adalah jenis prostatitis yang tertular dari infeksi di kawasan organ seksual di permukaan seperti penis.

    Pasien akan menunjukan gejala demam dengan keluhan pegal-pegal dan nyeri sendi terutama sekitar kaki dan pangkal paha. Muncul rasa nyeri kuat di kawasan sekitar penis dan prostat, yang menyebar hingga kaki dan punggung bawah. Pasien akan mengeluhkan kesulitan berkemih bahkan kadang disertai nyeri.

  • Prostatitis bakteri kronis

    Kronis Prostatitis adalah kondisi yang merujuk pada peradangan dan infeksi prostat yang berjalan berangsur-angsur dan lambat. Biasanya disebabkan oleh efek infeksi di bagian dalam tubuh, seperti infeksi pada saluran kencing atau kandung kencing.

    Setelah infeksi berlangsung cukup lama, prostat yang juga berada berdekatan dengan saluran kencing tertular infeksi oleh bakteri yang menyebar dari saluran kencing. Selain infeksi pada sistem saluran kencing, radang prostat jenis ini juga dapat terjadi akibat tuberkolosis ginjal juga sarkoidosis atau pembentukan granula yang bersifat inflamasi di seluruh tubuh.

    Mereka dengan kasus HIV atau pengidap AIDS juga rentan untuk mengalami keluhan prostatitis kronis. Karena tubuh tidak memiliki daya tahan tubuh cukup untuk melawan serangan bakteri.

    Secara umum, gejala yang ditimbulkan oleh penderita prostatitis kronis relatif sama dengan prostatitis akut. Hanya saja pasien akan merasakan perkembangan rasa sakit yang bertahap dan tidak datang tiba-tiba serta menyakitkan sekali. Kadang pasien tidak mengeluhkan demam sama sekali. Kadang pasien tidak menyadari keberadaan keluhan ini sampai muncul rasa nyeri saat ejakulasi.

  • Sindrom Nyeri Prostat (CPPS)

    Sementara kronis prostatitis adalah kondisi infeksi yang berlangsung perlahan, maka CPPS atau Chronic Pelvic Pain Syndrome adalah kondisi terbentuknya inflamasi pada kelenjar prostat yang tidak disebabkan oleh efek infeksi.

    Meski demikian keluhan khas dari kondisi ini ditandai dengan munculnya rasa nyeri yang terus menerus selama beberapa bulan. Rasa nyeri kadang muncul dan kadang hilang, kadang memudar dan ringan kadang terasa kuat. Kadang tidak muncul gejala demam karena memang tidak ada infeksi atau serangan bakteri. Sedang reaksi demam pada umumnya disebabkan reaksi tubuh terhadap infeksi.

    Beberapa kasus yang berkaitan dengan kecenderungan autoimun dapat dikaitkan dengan keluhan ini. Sejauh ini dokter belum dapat menterjemahkan apa penyebab dari CPPS.

  • Radang prostat tanpa gejala

    Selain CPPS yang dikenali dengan munculnya rasa nyeri yang datang dan pergi, ada pula kondisi peradangan prostat yang justru tidak dapat terbaca kecuali ditemukan dengan pemeriksaan. Biasanya terdiagnosa setelah dokter melakukan pemeriksaan mendalam pasca pasien terdiagnosa mengidap infeksi di kawasan genital atau saluran kencing dalam jangka relatif panjang.

    Pada umumnya, karena belum memunculkan gejala apapun, kondisi inflamasi yang terjadi belum berat. Namun ada beberapa kondisi ketika pasien sama sekali tidak menunjukan gejala bahkan disaat kondisi kerusakan dan inflamasi sudah berkembang.

    Dalam kebanyakan kasus jenis prostatitis ini, pasien berasal dari kalangan manula. Fakta bahwa mereka cenderung sudah tidak aktif secara seksual memungkinkan mereka tidak mengalami keluhan berarti dengan peradangan prostat yang terjadi.

Siapa yang Rentan Mengalami Radang Prostat?

Beberapa orang cenderung lebih rentan mengidap peradangan prostat. Ini karena kondisi tubuh mereka membuat kelenjar prostat mereka lebih sensitif dan beresiko. Dan mereka yang rentan mengidap prostatitis adalah sebagai berikut.

  • Pengidap HIV dan AIDS
  • Pengidap masalah infeksi pada ginjal dan saluran kencing
  • Pengidap infeksi pada alat vital
  • Mengalami cidera fisik pada area sekitar panggul dan pelvis
  • Pengguna kateter urin

Pengobatan Medis Radang Prostat

Secara medis prostatitis adalah keluhan infeksi akibat bakteri. Sehingga terapi dengan antibiotik adalah jalan medis yang kerap diambil. Acapkali terapi ini dipadukan dengan terapi anti nyeri seperti parasetamol karena ini dapat bekerja meredakan nyeri dan demam yang diakibatkan oleh infeksi.

Baca juga:  3 Resep Herbal Bisul untuk Atasi Infeksi Bakteri Penyebabnya

Semakin berat kondisi peradangan maka, pasien akan perlu mendapatkan terapi antibiotik dengan suntik atau infus yang dirasa dapat bekerja lebih cepat. Kadang pasien juga akan dibantu dengan anti inflamasi NSAID untuk membantu meringankan peradangan dan pembengkakan.

Untuk membantu pasien yang mengalami penyumbatan, pasien akan dibantu untuk berkemih dengan alat kateter khusus yang dipasangkan ke kandung kemih.  Tindakan ini dilakukan dengan pembedahan untuk tujuan supaya air urin keluar tanpa harus melalui saluran konvensional yang mungkin sedang terganggu akibat peradangan pada prostat.

Penyumbatan kadang akan diatasi dengan obat alfa blocker yang akan membantu melebarkan pembuluh darah dan melebarkan saluran kencing. Cara ini akan membantu meringankan kesulitan berkemih pada pasien.

Pengobatan medis untuk prostatitis adalah jenis pengobatan yang secara umum diberikan untuk keluhan inflamasi kebanyakan bagian tubuh. meski cara ini dianggap efektif, tindakan yang cepat perlu dilakukan karena kerusakan permanen pada prostat dapat menyebabkan gangguan fertilitas.

Selain itu, infeksi pada kelenjar prostat dapat memicu infeksi serius yang menyebar ke organ lain dalam tubuh. termasuk reaksi bakteremia dan sepsis. Dan kedua jenis kondisi ini memiliki resiko kematian yang tinggi.

Itu sebabnya mengupayakan pengobatan dengan resep herbal radang prostat dapat membantu mencegah keluhan radang prostat berkembang terlalu jauh dan membahayakan. Prostatitis adalah keluhan yang sebenarnya dapat diatasi dengan cepat selama penanganan dilakukan dengan tepat.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Cathy Wong . Verrywellfit. Noni Juice Benefits and Uses. URL: https://www.verywellfit.com/noni-juice-what-you-need-to-know-88326. Accessed: 2018-12-27.(Archived by WebCite®)

Mayoclinic. Prostatitis. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostatitis/symptoms-causes/syc-20355766. Accessed: 2018-12-27. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia