Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Empedu dan kantung empedu adalah dua elemen penting dari dalam tubuh yang berperan besar pada proses cerna dan metabolisme. Dan ketika organ ini terserang penyakit, pengaruhnya bisa cukup berbahaya. Pada kesempatan kali ini kita akan fokus pada masalah infeksi empedu terutama radang empedu. Melihatnya apa sebenarnya penyebab keluhan dan dan cara mengatasinya.

Banyak penyakit yang memerlukan penanganan khusus untuk mengobatinya. Salah satunya adalah penyakit radang empedu ini. meski dengan terapi medis penyakit ini dapat diatasi, Anda juga dapat memanfaatkan khasiat alami dari resep herbal radang empedu. Ini bisa jadi alternatif untuk Anda mengatasi infeksi empedu dan mempercepat proses penyembuhannya.

Apa Sebenarnya Penyakit Radang Empedu?

Ini adalah peradangan yang terbentuk pada saluran kantung empedu. Secara medis kondisi ini disebut dengan kolesistitis. Sebelum membahas lebih jauh soal kolesistitis dan masalah pada kantung empedu, kita akan bicara terlebih dulu soal empedu. Empedu sebenarnya adalah cairan khusus yang dihasilkan oleh hati dengan komponen kolesterol dan sejumlah elemen asam dan anti oksidan.

Cairan ini akan dikirimkan menuju usus melalui perantara kantung empedu dan saluran empedu. fungsinya untuk membantu proses cerna lemak yang kita asup. Cairan empedu tak ubahnya dengan enzim pencernaan penting dalam proses metabolisme lemak.

Di kantung empedu ini cadangan cairan empedu di simpan, untuk kemudian dialirkan menuju usus ketika cairan diperlukan. Kantung empedu berada pada sisi kanan perut atas dengan bentuk kecil menyerupai pear.

Masalah muncul bilamana terdapat sumbatan pada saluran empedu yang menyebabkan cairan empedu tertahan. Ini meyebabkan terendapnya cairan empedu dalam kantung empedu. Endapan cairan inilah yang dapat memicu terjadinya inflamasi.Endapan ini kadang menyebabkan sejumlah bakteri jahat turut berkembang dan menciptakan infeksi dalam kantung empedu.

Resep Herbal Radang Empedu

Radang empedu perlu segera ditindak lanjuti. Mengabaikan penyakit ini dapat berakibat bahaya. Anda dapat menggunakan metode medis. Tetapi terdapat pula cara alami yang secara tradisional sudah turun temurun di percaya berkhasiat atasi radang di kantung empedu. Anda bisa atasi infeksi radang kantung empedu dengan resep herbal berikut ini.

Bahan Baku:

Herba jombang (seluruh bagian tanamannya) yang masih segar, 30 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Empedu:

Cuci herba dengan air mengalir hingga bersih.
Potong-potong dalam ukuran sedang.
Rebus dalam panci bersama air sebanyak 3 gelas sampai tersisa air 1 gelas.
Angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minum air ramuan herbal radang empedu ini sekaligus habis.
Lakukan berulang sehari 2 kali dalam beberapa hari sampai membaik.

Kenapa Menggunakan Herba Jombang?


Tanaman herba jombang dikenal sebagai tanaman perdu dengan bunga kuning yang mencolok.  Lebih kerap dipahami sebagai tanaman liar meski beberapa menganggapnya sebagai tanaman hias. Dalam dunia barat, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan dandelion.

Tanaman ini dikenal kaya manfaat. Digunakan baik daunnya, bunganya hingga akarnya untuk beragam resep herbal bermacam penyakit. Bila diolah sebagai resep herbal atau ramuan tradisional, daun jombang memiliki rasa manis dengan sedikit getir. Mengonsumsi ramuan herbal radang empedu dari herba jombang akan cepat memberi efek dingin dan melegakan.

Menurut sumber healthline, tanaman dandelion atau jombang kaya akan nutrisi dan elemen anti oksidan. Baik untuk revitalisasi fungsi liver dan anti radikal bebas. Jombang juga dipahami baik untuk inflamasi, sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Medicinal Foods tahun 2010.

herba jombang untuk ramuan herbal radang empedu

Ilustrasi Herbal Jombang (© Madeleine Steinbach / Shutterstock)

Dijelaskan pula bahwa dandelion atau jombang akan sangat membantu menormalkan kadar kolesterol tubuh dan membantu menjaga kadar gula darah. Dua aspek ini berkaitan erat dengan kesehatan empedu dan membuatnya efektif sebagai resep herbal radang empedu.

Herbal ini juga dipahami sangat baik untuk memberi efek diuretik. Ini akan membantu meluruhkan toksin dan kuman yang tertahan pada tubuh, termasuk di dalam empedu.  Juga dikenal baik untuk fungsi pencernaan, empedu dan fungsi usus. Ini yang secara langsung akan efektif merawat infeksi empedu yang dialami pasien.

Alternatif Atasi Infeksi Empedu dengan Noni


Menurut Lipids In Health and Disease tahun 2010 dijelaskan bahwa dalam buah noni atau mengkudu di temukan komponen bersifat anti dislipidemik. Meski ini kerap dianggap berkaitan erat dengan kesehatan kardiovaskular, tetapi rupanya khasiat ini berpengaruh besar pula terhadap kesehatan fungsi empedu.

Khasiat dari noni juga terlihat pada kemampuannya menurunkan level kadar lemak hati dan membantu meningkatkan fungsi empedu yang berperan penting dalam  fungsi metabolisme lemak. Hal ini dijelaskan dalam Journal of Foods Chemistry tahun 2013.

Noni efektif menurunkan level kolesterol dalam tubuh. ini akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam cairan empedu dan mencegah terbentuknya plak dan pengerasan kolesterol dalam saluran empedu. kondisi yang sangat erat berkaitan dengan pembentukan batu empedu.

Herbal noni sendiri dalam sebuah buku bertajuk Noni: The Complete Guide for Consumers and Growers karangan Scot C. Nelson, Craig R. Elevitch memiliki khasiat meredakan rasa nyeri dan meringankan inflamasi. Akan sangat efektif menurunkan intensitas peradangan yang terbentuk dalam organ kantung empedu.

Baik pula untuk dengan cepat meringankan  serangan kolik atau kram perut termasuk yang diakibatkan oleh infeksi empedu. melancarkan sirkulasi cairan empedu menuju usus dan membantu memperbaiki kerusakan saluran empedu termasuk kantung empedu. Membantu mengatasi dan mencegah pembentukan batu kantung empedu.

Memahami Penyakit Radang Empedu

Bagaimana seseorang bisa mengidap penyakit infeksi empedu semacam ini? apa sebenarnya penyebabnya? Apa yang perlu dilakukan pasien saat mengidap radang empedu? Kita akan mencoba menguaknya satu persatu.

Mengenali Gejala Radang Empedu


Ketika seseorang mengidap radang empedu, pasien akan menunjukan sejumlah gejala seperti berikut ini :

  • Rasa nyeri pada area sisi perut kanan atas

    Lokasi kantung empedu memang berada di sekitar area perut atas. Tepatnya melekat pada organ hati. karenanya  rasa nyeri yang muncul akibat inflamasi pada area sekitar empedu dapat muncul dari area yang berdekatan dengan liver. Itu yang kadang sedikit membingungkan .

    Biasanya rasa nyeri akibat infeksi empedu muncul dengan mendadak. Pada umumnya terjadi serangan nyeri setelah pasien mengonsumsi makanan berlemak. Karena pada dasarnya, kantung empedu akan otomatis terstimulasi untuk memompa cairan empedu keluar menuju usus begitu kita mengonsumsi lemak. Namun inflamasi menyebabkan proses pompa ini akan terasa menyakitkan.

    Kadang rasa nyeri dapat menyebar sampai ke seluruh bagian perut kanan. Dapat pula menyebar hingga perut tengah dan menyebabkan efek nyeri pula di area sekitar pusar. Semakin berat kondisi peradangan, semakin mudah rasa nyeri menyebar.

  • Mual dan muntah

    Karena cairan empedu tidak dapat masuk ke dalam usus dengan lancar, maka komponen lemak akan terendap dalam usus tanpa bisa diolah dan diserap tubuh. endapan lemak ini menimbulkan gangguan fungsi usus dan gangguan keseimbangan enzim.

    Kondisi ini tidak hanya akan menyebabkan tubuh kekurangan asupan lemak. Endapan lemak menyebabkan efek kembung, perut penuh, mual, kehilangan selera makan dan dorongan untuk muntah.

  • Rasa tidak nyaman

    Cairan empedu yang tertahan dalam kantung empedu akan menyebabkan gangguan pada fungsi hati. ini menyebabkan elemen garam empedu yang seharusnya masuk ke dalam usus dan keluar melalui feses, malah tertahan dan masuk ke dalam sirkulasi darah.

    Gangguan hati dan komposisi darah ini dapat memberi efek ketidak nyamanan pada tubuh pasien. Pasien merasa tubuhnya kehilangan energi, lelah dan merasakan kehilangan mood. Juga merasa seluruh tubuhnya pegal-pegal. Kekurangan input lemak pada sel-sel tubuh juga dapat memperburuk kondisi.

  • Jaundis

    Pada beberapa orang radang empedu menyebabkan lepasnya bilirubin dalam jumlah besar ke dalam tubuh. bilirubin sendiri adalah salah satu elemen dari cairan empedu selain garam empedu. Cairan ini berwarna gelap kehitaman yang ketika tersebar ke seluruh tubuh memberi efek warna kulit, kuku dan bola mata menjadi kekuningan.

    Kasus jaundis atau kuning pada pasien infeksi empedu tidak selalu muncul. Pada kasus yang ringan, peradangan pada saluran empedu dan kantung empedu tidak akan menunjukan gejala jaundis. Ini karena bilirubin belum tersebar ke seluruh tubuh.

Apa penyebab Radang Kantung Empedu?


Sebagaimana dijelaskan bahwa kolesistitis terjadi akibat dari sumbatan pada saluran empedu. Kondisi ini menyebabkan cairan empedu tertahan dan terendap dalam kantung empedu. endapan cairan empedu dalam kantung empedu ini yang kemudian menciptakan efek iritasi  hingga berkembang menjadi peradangan.

Ada banyak penyebab terjadinya penyumbatan kantung empedu. alasan yang paling banyak muncul adalah batu empedu. Ini adalah pembentukan kristal pada saluran empedu yang akan menyumbat sirkulasi cairan empedu.

radang empedu

Ilustrasi Kantung Empedu (© Jan-Otto / Getty Images)

Batu empedu  ini terbentuk dari proses pengerasan kolesterol yang terendap dan tertumpuk dalam saluran empedu. Ini ada kaitan dengan pola hormonal, sistem metabolisme dan pola makan seseorang.

Selain disebabkan oleh batu empedu, sumbatan pada sistem sirkulasi cairan empedu juga dapat disebabkan oleh pembentukan kista, tumor, polip atau penyempitan saluran empedu.

Selain itu, sejumlah orang memiliki tingkat risiko lebih tinggi untuk mengidap radang empedu. Infeksi empedu pada beberapa orang dapat terjadi lebih mudah, terutama pada mereka dengan kondisi sebagai berikut :

  • Wanita

    Menurut jurnal Wiener Medizinische Wochenzchrift tahun 2006, dijelaskan bahwa wanita memiliki tingkat risiko sekitar 2 – 3 kali lebih tinggi untuk mengidap infeksi empedu. semakin sering wanita hamil, semakin rentan mereka untuk mengalami peradangan pada empedu mereka. Ini terkait dengan peran sejumlah hormon terhadap larutnya kolesterol dalam cairan empedu.

  • Obesitas

    Mereka dengan kasus obesitas akan cenderung memiliki kadar kolesterol lebih tinggi. kondisi ini meningkatkan risiko terbentuknya endapan kolesterol di beberapa bagian tubuh, termasuk pada kantung dan saluran empedu.

  • Diabetes

    Dalam jurnal Journal of Diabetes and Its Complications tahun 2016 dijelaskan bahwa mereka dengan kasus diabetes menahun cenderung berisiko untuk mengindap masalah empedu. pakar melihat diabetes cenderung berasosiasi dengan obesitas dan masalah kolesterol, sehingga secara umum pengidap diabetes akan mudah mengidap keluhan empedu. pengidap diabetes cenderung pula memiliki masalah trigliserida, sejenis lemak yang mudah terbentuk menjadi plak mengeras hingga membentuk kristal batu empedu.

  • Masalah hati

    Mereka dengan masalah kesehatan hati cenderung rentan mengalami gangguan empedu. Ini karena toksin yang seharusnya dapat dinetralisir oleh hati justru terendap dan tersalurkan menuju kantung empedu. Kondisi ini mendorong genetik pada area empedu terganggu dan mendorong pembentukan polip, kista atau tumor pada empedu. massa inilah yang kemudian menyumbat empedu.

  • Berat badan turun cepat

    Ketika kita menjalankan diet dengan berlebihan, maka otomatis hati akan melepas lebih banyak lemak hati untuk menutup kekurangan suplai lemak dalam tubuh. Ini sebenarnya baik, selama prosesnya dilakukan dengan bertahap. ketika kita sama sekali tidak mengonsumsi makan atau berhenti sama sekali mengonsumsi lemak, pelepasan lemak hati akan berlebihan dan meningkatkan kadar kolesterol dalam empedu. Ini yang meningkatkan risiko batu empedu.

Diagnosa Penyakit Infeksi Empedu


Cara klasik untuk mengenali keberadaan penyakit pada empedu adalah dengan menjalankan tes Murphy sign. Tes ini dilakukan dengan menekan perut kanan atas, tepat dibawah iga. Bila pasien menarik nafas dalam, dan dinding empedu mulai mengenai tekanan tangan, pasien akan merasakan sakit bila memang mereka memiliki keluhan empedu.

Hanya saja, metode ini dianggap kurang efektif memastikan apa yang sebenarnya terjadi. Juga ada organ hati disana yang mungkin sebenarnya menjadi pusat masalah. Maka pasien perlu menjalankan tes darah dan foto rontgen, MRI atau USG untuk memastikan kondisi sebenarnya.

Risiko Komplikasi Infeksi Empedu


Penyakit Inflamasi atau infeksi pada empedu kebanyakan dianggap tidak berbahaya. selama cepat terdiagnosa dan ditangani, keluhan dapat teratasi dengan relatif cepat. Hanya saja, mengabaikan keluhan nyeri bisa menyebabkan risiko yang tinggi.

Peradangan yang terbentuk dapat memunculkan tukak serius pada empedu dan menyebabkan empedu membentuk luka terbuka. Luka dapat menyebarkan bakteri ke seluruh bagian perut dan menyebabkan infeksi perut serius mematikan bernama sepsis.

Pada kondisi inflamasi yang sangat serius, kantung empedu akan membengkak dan mengeras. Kondisi ini hanya dapat diatasi dengan pengangkatan jaringan. Pasien harus menjalankan tindakan kolekistektomi atau pengangkatan kantung empedu. Ini artinya pasien tidak lagi memiliki kantung empedu.

Secara umum, fungsi kantung empedu adalah sebagai penampungan, sehingga tanpa kantung empedu fungsi cairan empedu masih dapat bekerja dalam pencernaan. Tetapi tubuh sendiri akan kehilangan kendali dalam suplai cairan empedu pada usus.

Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Penyembuhan

Sementara Anda menjalankan terapi pengobatan penyakit inflamasi kantung empedu, beberapa hal berikut perlu Anda lakukan. Ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan. Adapun beberapa poin tersebut antara lain :

  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Perbanyak minum
  • Kurangi asupan lemak
  • Konsumsi makanan kaya magnesium
  • Tetap jalankan olahraga ringan

Meski kerap dianggap tidak berbahaya, radang empedu dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius dan mematikan. Kadang tindakan pembedahan dan pengangkatan jaringan terpaksa diambil bila infeksi empedu sudah sangat serius. Sebelum masalah menjadi serius, segera atasi dengan tindakan cepat, termasuk di antaranya dengan resep herbal radang empedu yang telah terbukti secara empiris.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang resep herbal radang empedu. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ansley Hill, RD, LD . Healthline. 13 Potential Health Benefits of Dandelion. URL:https://www.healthline.com/nutrition/dandelion-benefits. Accessed: 2018-12-26. (Archived by WebCite®)

Kathleen Davis FNP. Medical News Today. How do I recognize gallbladder inflammation? URL:https://www.medicalnewstoday.com/articles/306602.php. Accessed: 2018-12-26. (Archived by WebCite®)

😡
☹️
😐
☺️
😍