Resep Herbal Radang Empedu, Cara Alami Memulihkan Kandung Empedu


By Nurul Kuntarti

Empedu dan kantung empedu adalah dua elemen penting dari dalam tubuh yang berperan besar pada proses cerna dan metabolisme. Dan ketika organ ini terserang penyakit, pengaruhnya bisa cukup berbahaya. Salah satunya adalah penyakit radang empedu

Salah satunya adalah penyakit radang empedu ini. Meski dengan terapi medis penyakit ini dapat diatasi, Anda juga dapat memanfaatkan khasiat alami dari resep herbal radang empedu. Ini bisa jadi alternatif untuk membantu proses pemulihan penyakit.

Herba Jombang untuk Resep Herbal Radang Empedu

Radang empedu perlu segera ditindak lanjuti. Mengabaikan penyakit ini dapat berakibat bahaya. Anda sebaiknya mendapat perawatan medis. Terdapat pula cara alami yang secara tradisional sudah turun temurun dipercaya membantu pemulihan radang di kantung empedu, yaitu dengan herba jombang.

Tanaman herba jombang dikenal sebagai tanaman perdu dengan bunga kuning yang mencolok. Lebih kerap dipahami sebagai tanaman liar meski beberapa menganggapnya sebagai tanaman hias. Dalam dunia barat, tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan dandelion.

Tanaman ini dikenal kaya manfaat. Digunakan baik daunnya, bunganya hingga akarnya untuk beragam resep herbal bermacam penyakit. Bila diolah sebagai resep herbal atau ramuan tradisional, daun jombang memiliki rasa manis dengan sedikit getir. Mengonsumsi ramuan herbal radang empedu dari herba jombang akan cepat memberi efek dingin dan melegakan.

Menurut sumber healthline, tanaman dandelion atau jombang kaya akan nutrisi dan elemen anti oksidan. Baik untuk revitalisasi fungsi liver dan anti radikal bebas. Jombang juga dipahami baik untuk inflamasi, sebagaimana dijelaskan dalam Journal of Medicinal Foods tahun 2010.

herba jombang untuk ramuan herbal radang empedu
Ilustrasi Herbal Jombang (© Madeleine Steinbach / Shutterstock)

Dijelaskan pula bahwa dandelion atau jombang akan sangat membantu menormalkan kadar kolesterol tubuh dan membantu menjaga kadar gula darah. Dua aspek ini berkaitan erat dengan kesehatan empedu dan membuatnya efektif sebagai resep herbal radang empedu.

Herbal ini juga dipahami sangat baik untuk memberi efek diuretik. Ini akan membantu meluruhkan toksin dan kuman yang tertahan pada tubuh, termasuk di dalam empedu. Juga dikenal baik untuk fungsi pencernaan, empedu dan fungsi usus. Ini yang secara langsung akan efektif merawat infeksi empedu yang dialami pasien.

Resep Herbal Radang Empedu


Bahan Baku:
Herba jombang (seluruh bagian tanamannya) yang masih segar, 30 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Radang Empedu:
Cuci herba dengan air mengalir hingga bersih.
Potong-potong dalam ukuran sedang.
Rebus dalam panci bersama air sebanyak 3 gelas sampai tersisa air 1 gelas.
Angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:
Minum air ramuan herbal radang empedu ini sekaligus habis.
Lakukan berulang sehari 2 kali dalam beberapa hari sampai membaik.

Noni Juice, Alternatif Ramuan Herbal Radang Empedu

Noni juice adalah herbal yang terbuat dari sari buah Noni. Menurut Lipids In Health and Disease tahun 2010 dijelaskan bahwa dalam buah noni atau mengkudu di temukan komponen bersifat anti dislipidemik. Meski ini kerap dianggap berkaitan erat dengan kesehatan kardiovaskular, tetapi rupanya khasiat ini berpengaruh besar pula terhadap kesehatan fungsi empedu.

Khasiat dari noni juga terlihat pada kemampuannya menurunkan level kadar lemak hati dan membantu meningkatkan fungsi empedu yang berperan penting dalam  fungsi metabolisme lemak. Hal ini dijelaskan dalam Journal of Foods Chemistry tahun 2013.

Buah Noni, Alternatif Ramuan Herbal Radang Empedu
Buah Noni (Credit Photo: handini_atmodiwiryo – Shutterstock)

Noni efektif menurunkan level kolesterol dalam tubuh. ini akan sangat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam cairan empedu dan mencegah terbentuknya plak dan pengerasan kolesterol dalam saluran empedu. kondisi yang sangat erat berkaitan dengan pembentukan batu empedu.

Herbal noni sendiri dalam sebuah buku bertajuk Noni: The Complete Guide for Consumers and Growers karangan Scot C. Nelson, Craig R. Elevitch memiliki khasiat meredakan rasa nyeri dan meringankan inflamasi. Akan sangat efektif menurunkan intensitas peradangan yang terbentuk dalam organ kantung empedu.

Baik pula untuk dengan cepat meringankan  serangan kolik atau kram perut termasuk yang diakibatkan oleh infeksi empedu. melancarkan sirkulasi cairan empedu menuju usus dan membantu memperbaiki kerusakan saluran empedu termasuk kantung empedu. Membantu mengatasi dan mencegah pembentukan batu kantung empedu.

Memahami Apa Itu Radang Empedu?

Radang empedu (kolesistitis) adalah penyakit peradangan pada kandung empedu. Kandung empedu menampung cairan pencernaan (empedu) yang dilepaskan ke usus kecil.

Salah satu penyebab utama dari radang empedu adalah masalah batu empedu. Batu empedu dapat menghalangi saluran yang mengalirkan cairan empedu dari kantong empedu. Ketika batu empedu menghalangi saluran ini, cairan empedu jadi menumpuk di kantong empedu.

Ini menyebabkan iritasi dan tekanan pada kantong empedu, yang kemudian dapat mengakibatkan pembengkakan dan infeksi. Infeksi pada kantong empedu itulah yang dapat mengarah pada peradangan di empedu, yaitu kondisi yang disebut kolesistitis.

Jika tidak diobati, kolesistitis dapat menyebabkan komplikasi serius yang kadang mengancam kehidupan, misalnya pecahnya kandung empedu. Pengobatan untuk kolesistitis seringnya dilakukan di rumah sakit. Selain itu juga dapat mengonsumsi ramuan herbal radang empedu untuk membantu pemulihan.

Bagaimana Ciri-Ciri Radang Empedu?

Pada kebanyakan kasus, serangan kolesistitis berlangsung 2 – 3 hari. Gejala yang dialami setiap orang bisa berbeda-beda, namun pada umumnya gejalanya seperti berikut:

  • Rasa sakit yang hebat dan tiba-tiba di perut bagian kanan atas.
  • Rasa sakitnya menyebar ke punggung atau di bawah tulang belikat kanan, seringkali memburuk saat bernapas dalam-dalam.
  • Mual
  • Muntah
  • Demam
  • Warna kulit dan mata menguning (jaundice)
  • Kotoran (feses) menjadi lembek dan berwarna terang
  • Perut kembung

Ciri-ciri radang empedu dapat menyerupai keluhan akibat masalah kesehatan lain. Karena itu periksakanlah ke dokter mengenai keluhan yang Anda rasakan untuk memastikan apa penyebabnya.

Bagaimana Pengobatan Medis untuk Radang Empedu?

Ramuan herbal radang empedu sebaiknya tidak dikonsumsi sebagai pengobatan pertama. Anda harus periksa ke dokter untuk memastikan kondisi kandung empedu Anda, agar memperoleh pengobatan yang tepat.

Jika dokter telah memastikan bahwa Anda mengalami radang empedu, dokter biasanya akan meminta Anda dirawat inap di rumah sakit. Tujuannya untuk memantau dan mengendalikan kondisi kandung empedu Anda. Kadang dokter akan melakukan operasi.

Di rumah sakit, dokter akan berupaya untuk menangani gejala-gejala yang Anda alami dengan perawatan medis. Berikut sejumlah perawatan medis yang mungkin diberikan:

  • Puasa: Anda mungkin awalnya tidak diperbolehkan untuk makan atau minum, guna memberi waktu bagi kandung kemih untuk istirahat.
  • Cairan melalui infus: Perawatan ini untuk mencegah dehidrasi.
  • Antibiotik untuk mengatasi infeksi: Jika kandung kemih mengalami infeksi, dokter kemungkinan akan memberikan antibiotik.
  • Obat nyeri: Ini untuk membantu mengurangi rasa sakit sampai peradangan di empedu pulih.
  • Prosedur untuk menghilangkan batu empdeu: Dokter dapat menjalani operasi ERCP untuk menghilangkan batu empedu yang menghalangi saluran empedu.

Gejala-gejala kolesistitis biasanya berkurang dalam 2 – 3 hari. Namun peradangan di kandung empedu sering kambuh lagi. Kebanyakan orang dengan kondisi tersebut akhirnya diharuskan menjalani operasi pengangkatan kandung empedu.

Bila kandung empedu diangkat, cairan empedu akan mengalir langsung dari hati ke usus kecil, sebaliknya daripada disimpan di kandung empedu. Anda tetap hidup dengan baik meski tidak memiliki kandung empedu.

Setelah menjalani pengobatan medis, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter apakah diperbolehkan untuk mengonsumsi ramuan herbal radang empedu guna mempercepat pemulihan.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang resep herbal radang empedu. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Healthline. 13 Potential Health Benefits of Dandelion. https://www.healthline.com/nutrition/dandelion-benefits

Mayo Clinic. Cholecystitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cholecystitis/symptoms-causes/syc-20364867

Johns Hopkins Medicine. Cholecystitis. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/cholecystitis

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>