Resep Herbal Rabun Senja untuk Mempertajam Penglihatan

530
meniran untuk resep herbal rabun senja
Herba Meniran (© Pierre GRARD / CIRAD)

Diedit:

Apa resep herbal rabun senja yang efektif? Penyakit rabun senja merupakan salah satu keluhan mata yang tidak banyak terekspos. Meski sebenarnya menurut data dari depkes, setidaknya 10% dari kasus kebutaan di Indonesia berawal dari kasus rabun senja.

Penyakit rabun yang juga kerap disebut secara lokal dengan istilah rabun ayam ini kerap kali sulit diobati. Pada beberapa kasus, penyakit ini berkaitan dengan faktor genetik atau kerusakan organ bawaan seperti akibat cacat lahir, sehingga tidak dapat diatasi.

Tetapi dalam sejumlah temuan, dipastikan beberapa kasus rabun senja atau dalam bahasa ilmiah disebut pula dengan penyakit Nyctalopia adalah penyakit yang berasal dari sejumlah kondisi yang membuatnya masih mungkin untuk diatasi. Termasuk di antaranya adalah Nyctalopia akibat kekurangan vitamin A.

Terapi Alami Dengan Resep Herbal Rabun Senja

Salah satu penyebab utama dari terbentuknya kasus rabun senja selain faktor genetk dan cacat lahir adalah efek dari kekurangan vitamin A. Dan terapi dengan vitamin A akan sangat membantu mengendalikan kerusakan, bahkan mungkin membantu memulihkan kondisi pasien dengan bertahap.

Hal ini sejalan dengan salah satu jurnal Hearts Views tahun 2014. Dalam jurnal bertajuk Night Blindness and Ancient Remedy dijelaskan bagaimana terapi dengan vitamin A akan sangat membantu mengendalikan gangguan rabun saat gelap ini.

Dijelaskan vitamin A berperan sangat besar pada mata manusia. Vitamin ini akan berperan mencegah kerusakan kornea dan membantu mempertahankan fungsi sel batang pada retina. Sel batang inilah yang bekerja menangkap cahaya. Dan berfungsi kuat pada saat penglihatan bekerja pada ruang gelap.

Dengan kata lain, vitamin A berperan besar mengatur kemampuan mata beradaptas terhadap cahaya terang dan cahaya gelap. Juga berperan memelihara fungsi retina untuk tetap efektif menangkap gambar baik dalam cahaya terang maupun gelap.

hati ayam untuk ramuan herbal rabun senja
Hati Ayam (Credit: Antonova Ganna / Shutterstock)

Dan untuk mendapatkan sumber vitamin A yang optimal, Anda bisa mengandalkan sumber hewani, terutama hati hewan. Tentu saja sebenarnya hati hewan bukan satu-satunya sumber vitamin A. Anda bisa mendapatkan dari beberapa sayuran berwarna terang dan daging merah, termasuk pula pada ikan-ikanan dari laut dalam.

Tetapi dibandingkan jenis sumber vitamin A lain, vitamin A dalam hati adalah yang paling tinggi jumlahnya. Dan lebih cepat diserap tubuh, karena pada vitamin A dalam sayuran serta buah diperlukan proses kimiawi khusus dalam sistem pencernaan untuk dapat mengolahnya menjadi vitamin A yang siap diserap tubuh.

Itulah salah satu dasar kuat kemudian secara empiris resep herbal rabun senja ini direkomendasikan. Bahwa dalam hati terdapat banyak kandungan vitamin A yang mudah diserap tubuh. Sebenarnya tidak ada keterangan spesifik apakah hati ayam lebih baik dari hati lain. Hanya saja, secara umum hati ayam dianggap lebih terjangkau dan mudah didapat di pasaran lokal dibandingkan hati sapi atau kambing.

Resep Herbal Rabun Senja

Bahan Baku:

Herba meniran yang masih segar, 15 – 20 gram.
Hati ayam, 2 potong.

Cara Membuat Ramuan Herbal Rabun Senja:

Cuci bersih herba meniran dengan air mengalir.
Bersihkan hati ayam sampai tidak tersisa serat lemaknya.
Masak herba meniran bersama dengan hati ayam dengan cara di tim.
Angkat dan dinginkan.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal rabun senja ini dan makan hatinya.

Kenapa Daun Meniran Baik untuk Resep Herbal Rabun Senja?

Dalam banyak referensi, nasihat yang diberikan untuk perawatan rumahan pengidap rabun senja hanya dengan lebih optimal mengonsumsi vitamin A. Perkuat dengan lebih banyak mengonsumsi antioksidan, karena oksidasi karena unsur toksin dan radikal bebas kerap kali menjadi penyebab rusaknya fungsi kornea sehingga fungsi kontrol pada pupil dan daya tangkap cahaya dapat mengalami gangguan.

Dan pada daun meniran, terkandung sejumlah besar komponen anti oksidan yang diharapkan dapat membantu mensuplai antioksidan pada tubuh. Dalam daun meniran terkandung flavonoid, asam karbosilat, tannin, phyllantin, astragalin, quercetin dan beberapa fitokimia lain. Komponen fitokimia dalam daun meniran ini dijelaskan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine tahun 2018.

Baca juga:  Resep Herbal Keseleo untuk Mengobati Bengkak dan Nyeri Terkilir
meniran untuk ramuan herbal rabun senja
Herba Meniran (Credit: bancha_photo / Shutterstock)

Phyllantin dalam daun meniran ini yang diduga kuat berperan membantu merawat pasien rabun ayam. Sejumlah riset melihat potensi senyawa ini  sangat membantu memperbaiki suplai darah menuju pembuluh darah terkecil. Mencapai area-area tepi termasuk mata. Ini akan memperbaiki suplai darah dan oksigen menuju mata.

Daun meniran sendiri adalah jenis tanaman perdu pendek dengan bentuk daun khas yang bertulang menyirip dengan daun majemuk berukuran kecil simetris pada sisi kanan dan kirinya. Sekilas ada kemiripan antara daun meniran dengan daun putri malu, hanya bentuk daun meniran akan tampak lebih membulat.

Daun meniran kerap dianggap sebagai tanaman liar sehingga tidak banyak yang menyadari khasiatnya untuk kesehatan. Khasiat daun meniran lain termasuk untuk kanker, diare, kesehatan reproduksi wanita dan masalah liver. Meski belum sepenuhnya terbukti, dipercaya penambahan daun meniran dalam resep herbal rabun senja akan membantu menekan efek samping dari retinoid elemen vitamin A dalam hati ayam yang kadang mempengaruhi kinerja liver.

Kenapa Seseorang Mengalami Rabun Senja?

Dalam kondisi normal, mata seseorang seharusnya dapat berfungsi penuh untuk beradaptasi dengan cahaya. Bila Anda perhatikan, pupil mata akan tampak mengecil ketika berada pada cahaya terang dan akan melebar saat cahaya meredup.

Tetapi sebenarnya bukan hanya bagian pupil saja yang bekerja untuk beradaptasi dengan penglihatan dalam cahaya redup. Retina manusia juga melakukan adaptasi. Dan masalah retina inilah yang pada umumnya menyebabkan seseorang sulit melihat dalam gelap pada kasus rabun senja.

Seharusnya, pada cahaya redup, sel batang dalam dalam retina bekerja. Ini adalah sel penting sebagai sistem sensorik yang menangkap bayangan dalam cahaya redup. Kerusakan dapat terjadi ketika proses regenerasi dari sel batang yang tidak berjalan baik. Atau kerusakan yang disebabkan oleh sel batang yang  kekurangan pigmen khusus rhodopsin yang bertugas menangkap cahaya minim.

Ada banyak penyebab kerusakan retina pada kasus rabun senja. Beberapa disebabkan oleh faktor yang dapat diatasi seperti :

  • Miopi

    Penyebab paling sering terjadi pada kasus rabun senja adalah rabun jauh atau juga dikenal dengan istlah miopi. Pada kasus ini, lensa mengalami gangguan atau justru bola mata memanjang kebelakang sehingga bayangan dari pandangan jarak jauh tidak jatuh tepat di retina.

    Pandangan retina untuk penglihatan jauh memburam, termasuk cahaya juga akan tidak jatuh tepat di retina. Ini menyebabkan pasien rabun jauh kerap mengeluhkan pandangan terganggu di malam hari.

    Bila miopi adalah penyebab Anda mengalami gangguan penglihatan malam, maka penanganan dengan kaca mata khusus rabun jauh akan cukup menjadi solusi. Ini akan efektif membantu mengembalikan pandangan jarak jauh Anda. termasuk gangguan penglihatan malam Anda.

  • Kekurangan Vitamin A

    Banyak kasus kerusakan retina sebenarnya bermuara pada masalah kekurangan vitamin A. Baik karena aspek asupan yang tidak sesuai kebutuhan nutrisi atau karena pasien mengalami gangguan pencernaan yang menyebabkan kemampuan pencernaan dalam menyerap makanan tidak optimal.

    Vitamin A berperan menjaga kesehatan kornea, pupil dan fungsi retina. Termasuk menjaga kadar normal dari pigmen khusus rhodopsin sebagai elemen penting untuk menangkap cahaya minim.

    Dengan menambahkan suplemen atau asupan vitamin A dengan simultan akan membantu memperbaiki kondisi. Termasuk dengan mengonsumsi resep herbal rabun senja dengan bahan hati ayam dan daun meniran di atas.

  • Glukoma

    Glukoma adalah penyakit yang disebabkan oleh gangguan drainase cairan mata. Cairan mata terjebak dalam lingkar mata dan akhirnya menekan bola mata termasuk pula sistem optik di dalamnya.

    Ini mengganggu  fungsi penglihatan termasuk kinerja retina, kornea dan pupil. Termasuk menyebabkan reaksi rabun senja. Bila terdeteksi awal, glukoma dapat dikendalikan dengan membuat drainase buatan demi membuang kelebihan cairan mata yang terjebak dalam mata.

  • Katarak

    Pada katarak, gangguan sebenarnya tidak terjadi pada retina, melainkan pada lensa. Akibat lensa mengalami gangguan dengan terbentuknya selaput di permukaan luar lensa. Sehingga pandangan akan terhalang seakan terdapat kabut tipis.

    Pada stadium serius, keberadaan kabut ini menyebabkan pasien akan sulit melihat tanpa cahaya yang cukup. Karena cahaya redup tidak dapat menembus lapisan selaput pada lensa. Sebenarnya katarak dapat diatasi dengan melakukan pengelupasan selaput lensa atau dengan penggantian lensa mata.

Baca juga:  Resep Herbal Darah Tinggi, Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

Selain 4 kondisi diatas, sejumlah kondisi lain dapat menyebabkan pasien mengalami masalah rabun senja. Kebanyakan penyebab lain terjadi akibat efek genetik atau masalah cacat lahir bawaan. Sehingga sulit untuk diobati dan tidak bisa diatasi hanya dengan ramuan herbal rabun senja. Dan beberapa kondisi lain yang terkait dengan penyakit Nyctalopia adalah sebagai berikut.

  • Retinitis Pigmentosa

    Gangguan penglihatan ini terjadi akibat kerusakan pada fungsi retina karena terjadi penumpukan pigmen pada retina sehingga menyebabkan penyempitan ruang pandang. Pandangan akan tampak menyempit seperti seolah pasien berada dalam lorong. Itu sebabnya kadang penyakit ini disebut dengan tunnel vision. Sampai saat ini gangguan retina ini belum dapat diobati.

  • Keratokonus

    Ini merupakan gangguan yang terjadi akibat kornea mengalami penipisan. Biasanya kerusakan ini adalah efek dari proses oksidasi seperti bila pasien sebelumnya berada lama pada lingkungan dengan tingkat polusi tinggi, terpapar radiasi tinggi atau terpapar senyawa kimia toksin tertentu.

    Kerusakan ini menyebabkan gangguan pada pupil yang tepat berada di belakang kornea. Dan akibatnya pupil tidak lagi efektif mengendalikan sistem kerjanya dapat menyalurkan cahaya menuju retina. Kondisi ini sulit diatasi karena kerusakan kornea ini akan bersifat permanen. Hanya dapat dicegah dengan mengasup anti oksidan lebih optimal.

  • Diabetes

    Mereka dengan kasus diabetes berkepanjangan, akan rentan mengalami gangguan pada fungsi organ. Termasuk di antaranya adalah fungsi penglihatan. Sirkulasi darah yang tidak lancar, suplai oksigen yang tidak baik dan melemahnya fungsi saraf optik menjadi alasan kuat penderita diabetes menahun untuk mengalami gangguan penyakit Nyctalopia.

    Disiplin dengan pola makan dan pengobatan akan menjadi kunci untuk mencegah kerusakan sistem saraf optik dan sejumlah fungsi saraf vital lain. Karena ketika kerusakan sudah terlanjur terjadi, tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

  • Sindrom Usher

    Ini adalah gangguan genetik langka yang menyebabkan fungsi retina tidak bekerja optimal. biasanya pasien akan mengalami gangguan penglihatan serius dengan sejumlah gejala termasuk rabun senja. Selain masalah penglihatan, pasien juga mengembangkan keluhan pada pendengaran dan indera lain.

rabun senja
Ilustrasi Rabun Senja (Credit: Lynn Koenig / Getty Images)

Bantuan Medis untuk Kasus Rabun Senja

Dalam skala ringan beberapa bantuan optik dapat diberikan untuk pasien rabun jauh. Pasien dapat menggunakan kacamata khusus dengan lapisan anti refleksi atau dengan lensa khusus yang sudah diadaptasi untuk mengurangi efek silau.

Untuk kasus yang disebabkan oleh rabun jauh, maka operasi lasik juga dapat menjadi pilihan. Tindakan ini dilakukan dengan melakukan tindakan bedah laser ringan pada kornea mata. Kemudian membantu membentuk kembali kecembungan normal kornea sehingga penglihatan kembali normal. Tetapi tindakan ini hanya efektif untuk kasus rabun jauh dan tidak untuk kasus lain.

Namun secara umum, kebanyakan kasus penglihatan buram di malam hari semacam ini tidak dapat diatasi secara medis. Ini karena sejumlah kasus berkaitan dengan faktor genetik atau mal nutrisi. Bantuan dengan vitamin A alami dan antioksidan seperti pada ramuan herbal rabun senja akan membantu pada kasus tertentu.

Demikianlah artikel ini yang membahas resep herbal rabun senja. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

H.A. Hajar Al Binali, M.D. Hearts Views. Night Blindness and Ancient Remedy. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4348990/. Accessed: 2019-02-20. (Archived by WebCite®)

Aaron Kandola. Medical News Today. Do I have night blindness?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324004.php. Accessed: 2019-02-21.(Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia