Resep Herbal Pembengkakan Kaki, Cara Alami Ciutkan Kaki yang Membengkak


By Cindy Wijaya

Pembengkakan pada kaki mungkin hal yang wajar jika Anda berdiri atau berjalan terlalu lama. Kondisi tersebut biasanya tidak membutuhkan penanganan medis, dan hanya membutuhkan pengobatan rumahan saja. Pada kesempatan kali ini, deherba.com senang untuk membantu Anda mendapatkan informasi mengenai pengobatan rumahan terbaik, yakni dengan menggunakan resep herbal pembengkakan kaki.

Ulasan ini tidak hanya memuat resep herbal untuk pembengkakan pada kaki, tapi juga informasi penting lainnya seputar kondisi kesehatan ini, terutama jika pembengkakan kaki tidak kunjung membaik dan disertai gejala lain. Apa saja penyebabnya? Bagaimana penanganannya? Pastikan Anda menyimaknya sampai penghujung dari ulasan ini untuk untuk mendapatkan jawabannya. Pertama-tama, mari lihat bagaimana cara sederhana membuat resep herbal pembengkakan kaki.

Resep Herbal Jombang

Nama herbal jombang mungkin terdengar sedikit asing bagi Anda. Tanaman obat ini sebenarnya berasal dari Asia Barat dan Eropa, namun penyebarannya sudah memasuki banyak tempat. Jombang memiliki bunga berwarna kuning dan daun lebar mendatar disertai lekukan pada setiap tepinya. Permukaan daun tanaman ini memiliki lapisan rambut halus yang berwarna putih.

Resep herbal pembengkakan kaki
Tanaman Jombang (Credit: impremedia.net)

Seluruh bagian tanaman jombang dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Jombang juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat liver dan lambung serta berfungsi sebagai antiradang, antibiotik, penghancur sumbatan, sampai meredakan pembengkakan.

Konsumsi herbal jombang cenderung aman bagi sebagian besar orang. Herbal jombang hanya menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap tanaman yang berkaitan dengan ragweed. Dandelion juga tidak dianjurkan apabila dikonsumsi bersamaan dengan diuretik dan antibitotik tertentu.

Resep Herbal Pembengkakan Kaki

Bahan:

Herbal jombang segar, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci terlebih dahulu herbal jombang hingga bersih.
Tumbuk herbal jombang hingga halus.
Peras dan saring sampai airnya terkumpul, sekitar 20 ml.

Aturan Pakai:

Ramuan herbal ini dapat diminum 3 kali sehari.

Apa Sebenarnya Penyebab Pembengkakan Kaki?

Pembengkakan pada kaki bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti terlalu sering digunakan, kehamilan, atau akibat dari operasi tertentu. Sebenarnya, pembengkakan kaki bukanlah masalah yang perlu dikhawatirkan, karena kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu dekat. Namun, kondisi kesehatan ini menjadi hal yang serius apabila tidak kunjung membaik dan diserta gejala lainnya.

Kaki yang membengkak dan tidak membaik, terlebih lagi dibarengi dengan gejala tertentu, bisa menjadi suatu pertanda masalah kesehatan tertentu. Atau dalam kata lain, ada suatu kondisi kesehatan tertentu yang mendasari pembengkakan kaki. Berikut ini adalah kemungkinan-kemungkinan penyebab pembengkakan pada kaki dan langkah penanganan yang perlu dilakukan:

Kehamilan

Selama masa kehamilan, pembengkakan kaki merupakan hal yang umum. Hal ini dikarenakan pada masa kehamilan tubuh menyimpan lebih banyak air yang berimbas pada meningkatnya produksi darah dan cairan tubuh. Kondisi ini akan lebih sering terlihat mulai dari bulan kelima sampai akhir dari kehamilan Anda.

Untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi, hindari berdiri terlalu lama, hindari memakai sepatu hak tinggi, sebaliknya pakailah sepatu yang nyaman, tingkatkan asupan air, kurangi asupan garam, tidak memakai pakaian yang ketat di sekitar mata kaki, dan coba oleskan kompres dingin ke area dimana terjadi pembengkakan.

Limfedema

Limfedema merupakan suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada sistem limfatik sehingga menyebabkan tungkai kaki membengkak. Kondisi ini terjadi sebagai akibat dari kerusakan kelenjar getah bening. Wanita yang menjalani terapi kanker payudara biasanya lebih rentan terhadap kondisi ini.

Langkah penanganan yang dapat Anda lakukan antara lain, kompres pneumatik, latihan ringan guna mendorong drainase cairan limfa, balut kaki Anda dengan perban, terapi dekongestif lengkap. Tidak ada salahnya juga untuk mencoba resep herbal pembengkakan pada kaki untuk memaksimalkan pemulihannya.

Edema

Edema merupakan kondisi dimana jaringan tubuh Anda menyimpan cairan berlebih. Hal ini mengakibatkan pembengkakan pada jaringan yang berada langsung di bawah kulit Anda. Beberapa gejala lain dari edema adalah kulit yang mengkilap dan mudah meregang, kesulitan berjalan, dan peningkatan ukuran perut.

Edema dapat ditangani dengan berbagai cara, selain mencoba resep herbal pembengkakan kaki, Anda juga dapat mengonsumsi obat diuretik, mengurangi asupan garam, berbaring dengan kaki yang lebih tinggi dari hati, dan lain-lain. Dalam banyak kasus, edema tidak membutuhkan pengobatan dan pulih dengan sendirinya.

Penyakit Ginjal

Apa Hubungannya penyakit ginjal dengan membengkaknya kaki? Ketika ginjal Anda sedang bermasalah dan menurun fungsinya, darah Anda akan mengandung terlalu banyak garam. Hal ini mengakibatkan tubuh Anda menahan air berlebih, yang membuat kaki Anda mengalami pembengkakan.

Beberapa gejala lainnya dari penyakit ginjal, termasuk nafsu makan yang menurun, lemas dan lemah, sakit dada, sesak napas, mata bengkak, sulit berkonsentrasi, dan tekanan darah tinggi. Bila pembengkakan kaki yang Anda alami disertai beberapa gejala tersebut, bisa jadi Anda mengidap penyakit ginjal. Jangan ragu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosisnya.

Dokter mungkin akan merekomendasikan Anda beberapa pengobatan berikut seperti, suplemen kalsium dan vitamin D, obat anemia, diuretik, obat penurun kolesterol, obat pengikat fosfat, dan obat tekanan darah tinggi.

Infeksi

Dari sekian banyak kemungkinan penyebab pembengkakan pada kaki, infeksi salah satunya. Pembengkakan kaki akibat infeksi biasanya lebih sering dialami oleh penderita diabetes dan orang yang memiliki masalah pada saraf kaki. Bagi Anda yang memiliki salah satu dari kedua kondisi tersebut, Anda perlu menaruh perhatian pada kondisi kaki Anda. Lecet, gigitan serangga, luka bakar, dapat menimbulkan infeksi. Anda juga dapat mencoba resep herbal pembengkakan kaki di atas untuk melawan infeksi.

Cedera

Cedera pada kaki dan pergelangan kaki juga dapat menyebabkan pembengkakan. Kaki dan pergelangan kaki yang mengalami cidera membuat sebuah pita penghubung tulang bernama fleksibel merenggang melebihi batas normal. Hal inilah yang membuat pembengkakan muncul pada kaki.

Insufisiensi Vena

Insufisiensi vena adalah suatu kondisi dimana darah pada pembuluh darah di kaki tidak dapat bergerak naik ke jantung sehingga mengakibatkan pembengkakan pada kaki. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan karena dapat menyebabkan infeksi, perubahan pada kulit, dan borok.

Selain pembengkakan pada kaki, insufisiensi vena juga menimbulkan gejala lainnya seperti infeksi, ulkus stasis vena, kulit kaki tampak kasar, muncul nyeri dan rasa gatal pada kaki. Jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Diagnosis dini turut membantu keberhasilan pengobatan nantinya.

Beberapa tips yang bisa meringankan kondisi ini adalah berolahraga secara teratur, menghindari berdiri atau duduk terlalu lama, menurunkan berat badan, melakukan latihan kecil untuk kaki dan pergelangan kaki selama periode duduk yang lama, menggunakan antibiotik untuk infeksi pada kulit kaki, menjaga kebersihan kulit, dan memposisikan kaki lebih tinggi dari jantung saat sedang beristirahat.

Pembekuan darah

Terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah kaki berakibat terhambatnya aliran darah dari kaki menuju jantung. Hal ini dapat menjadi pemicu membengkaknya kaki Anda. Pada banyak kasus, pembengkakan hanya terjadi di satu bagian kaki saja. Gejala yang menyertai pembengkakan antara lain demam, nyeri, dan kemerahan yang muncul di area tersebut.

Jika Anda mengalami pembekuan darah, langkah berikut dapat membantu meredekannya, seperti merubah gaya hidup yang tidak sehat, mengonsumsi obat pengencer darah, mengonsumsi resep herbal pembengkakan kaki, berolahraga secara teratur, menghindari situasi yang membuat Anda duduk terlalu lama, dan meningkatkan asupan cairan Anda.

Efek Samping Pengobatan

Obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang dapat mengakibatkan pembengkakan pada kaki. Efek samping tersebut membuat cairan terkumpul di tubuh, terutama bagian bawah tubuh. Contoh obat-obatan yang dimaksud ialah obat anti depresan, obat steroid, obat diabetes, dan obat tekanan darah.

Jika Anda mengalami pembengkakan kaki karena efek samping obat yang dikonsumsi, Anda dianjurkan untuk tidak langsung memberhentikan konsumsinya. Anda dapat menemui dokter terlebih dahulu untuk menceritakan hal ini, barulah dokter akan mengambil tindakan dengan memberi Anda alternatif obat.

Demikianlah ulasan kali ini. Pembengkakan pada kaki tidak bisa dianggap sepele. Bukan tidak mungkin kondisi ini merupakan pertanda adanya masalah kesehatan yang serius. Penyebab dari pembengkakan kaki memang dapat diketahui dari gejalanya. Namun, langkah terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memastikan penyebabnya adalah dengan memeriksakannya ke dokter.

Ingat, semakin dini diagnosisnya, semakin besar tingkat keberhasilan pengobatannya nanti. Tips-tips penanganan yang telah dimuat pada ulasan ini juga turut membantu keberhasilan pengobatan, terutama resep herbal pembengkakan kaki yang dapat memaksimalkan pemulihannya. Nantikan ulasan lainnya seputar kesehatan dan pemanfaatan herbal hanya di deherba.com.

Sumber

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Cronkleton, Emily; Weatherspoon, Deborah. What’s Causing My Swollen Feet. Healthline. Reviewed: 2018-02-05. URL: https://www.healthline.com/health/swollen-feet#seek-immediate-medical-care. Accessed: 2018-11-12. (Archived by WebCite®).

Hill, Ansley. 13 Potential Health Benefits of Dandelion. Healthline. Written: 2018-07-18. URL: https://www.healthline.com/nutrition/dandelion-benefits. Accessed: 2018-11-12. (Archived by WebCite®).

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}