Ingin Tambah Nafsu Makan? Cobalah 3 Resep Herbal Ini

238
tali putri untuk resep herbal meningkatkan nafsu makan
Tumbuhan Tali Putri (Credit: Botanistii.ro)

Diedit:

Masalah tidak nafsu makan kadang muncul sewaktu-waktu pada seseorang. bukan hanya terjadi pada anak-anak, orang dewasa saja bisa mengalami keluhan ini. Meski tentu saja, pengaruhnya terhadap pertumbuhan anak-anak lebih signifikan dibandingkan pada orang dewasa.

Apa sebenarnya penyebab tidak nafsu makan? Dan kapan masalah ini menjadi sinyal bahaya? Dan bagaimana cara mudah untuk mengatasi keluhan ini? adakah cara penambah nafsu makan yang aman dan bebas efek samping?

Resep Herbal Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu cara efektif penambah nafsu makan adalah dengan mengonsumsi herbal penambah nafsu makan. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah dan aman. Cara ini dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Adapun cara-cara alami penambah nafsu makan tersebut antara lain dengan beberapa resep herbal berikut.

Manfaat Tali Putri untuk Meningkatkan Selera Makan

Tali putri adalah tanaman parasit yang kerap tumbuh pada tanaman perdu. Bentuknya berupa tali berurai berwarna kuning yang tampak kusut di permukaan tanaman. Batangnya yang berupa tali kuning ini bercabang dan kusut membelit tanaman inang. Di sini tali putri akan menghisap sari dari tanaman inangnya untuk bertahan hidup.

Di balik keberadaannya yang mengganggu tanaman sehat sebagai inang, tali putri ternyata memiliki manfaat kesehatan. Termasuk di antaranya membantu mengatasi keluhan cacingan, meningkatkan vitalitas dan stamina, memperbaiki metabolisme, membantu merawat fungsi hati, memperbaiki fungsi pencernaan dan memaksimalkan kinerja empedu. Seluruh fungsi ini memberi imbas secara langsung terhadap perbaikan pola makan.

tali putri untuk ramuan herbal meningkatkan nafsu makan
Tumbuhan Tali Putri (Credit: Flickr)

Hal tersebut dijelaskan dalam laman studi herbal Herbpathy mengenai Cuscuta chinesis. Dijelaskan dalam tali putri terkandung sejumlah komponen biokimia yang berperan besar pada fungsi herbal ini seperti alkaloid, flavonoid, astragalin, sitosterol, campesterol, quercetin, calycopterin dan masih banyak lagi.

Dalam ulasan lain pada SpringerPlus tahun 2015, dijelaskan bahwa tali putri memiliki khasiat sebagai anti parasit, anti bakteri dan bekerja meningkatkan kinerja enzim dalam pencernaan. Lagi-lagi ini akan berperan besar memperbaiki fungsi pencernaan dan penambah nafsu makan sehingga cocok dijadikan resep herbal meningkatkan nafsu makan.

Resep Herbal Meningkatkan Nafsu Makan – Tali Putri

Bahan Baku:

Tumbuhan tali putri yang masih segar, 50 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Meningkatkan Nafsu Makan:

Cuci bersih tumbuhan tali putri dengan air mengalir.
Rebus bersama dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas.
Angkat dan dinginkan.

Cara Konsumsi:

Pisahkan air rebusan tali putri menjadi 2 bagian.
Minum 2 kali sehari pagi dan sore sampai beberapa hari.

Manfaat Akar Sembung untuk Meningkatkan Selera Makan

Tanaman sembung adalah jenis tanaman perdu yang lazim tumbuh liar di kawasan tropis. Memiliki nama latin Blumea balsamifera,  tanaman ini dikenal sejak dulu sebagai herbal untuk aneka pengobatan tradisional. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dalam tradisi pengobatan di Tiongkok, Thailand dan Malaysia.

Tanaman ini memiliki bentuk yang tegak memanjang ke atas, daunnya oval memanjang dengan permukaan kasar dan area bawah daun lebih halus dengan bulu beludru yang melapisi. Tanaman ini juga berbunga dan berbuah. Bunganya berwarna kuning kecil dan malai sedang buahnya melengkung kecil.

akar tanaman sembung untuk resep herbal meningkatkan nafsu makan
Tanaman Sembung (Credit: etsystatic.com)

Tanaman sembung diketahui memiliki sejumlah komponen kimia berkhasiat. Sebagaimana dijelaskan dalam Molecular Diversity Preservation International tahun 2014. Dalam tanaman ini terkandung sejumlah komposisi kimia seperti L- borneol, cineole, limonene, dan dimenthyl ether phloroacetophenone, glukosida, alkohol sesquiterpen, asam palmitin, flavonoid, minyak atsiri dan beberapa komponen biokimia lain.

Dijelaskan kandungan biokimia dalam tanaman sembung terbukti membantu memperbaiki fungsi hati dan empedu, memperbaiki efisiensi fungsi pencernaan, mengatasi gangguan fungsi cerna dan pada akhirnya dapat bekerja untuk meningkatkan nafsu makan.

Resep Herbal Meningkatkan Nafsu Makan – Sembung

Bahan Baku:

Akar tanaman sembung yang belum berbunga (masih muda), sekitar 30 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Meningkatkan Nafsu Makan:

Cuci bersih akar sembung dengan air mengalir.
Potong-potong akar sembung menjadi ukuran dadu kecil.
Didihkan air, lalu gunakan untuk menyeduh akar sembung dalam cangkir.
Dinginkan, saring.

Cara Konsumsi:

Minum segera air seduhan ini setelah dingin, tambahkan gula batu atau madu bila perlu.
Ulangi untuk beberapa hari.

Manfaat Temulawak untuk Meningkatkan Selera Makan

Temulawak mungkin salah satu produk rimpang jejamuan yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang cukup ringan membuatnya disukai, bahkan ketika diberikan untuk anak-anak. Apalagi khasiatnya sendiri sudah sangat diakui secara medis. Salah satunya untuk bahan baku ramuan herbal meningkatkan nafsu makan.

Baca juga:  Resep Herbal Pembengkakan Kaki, Cara Alami Ciutkan Kaki yang Membengkak

Temulawak diketahui baik untuk membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan melancarkan laju kerja usus. Ini dijelaskan dalam World Journal of Gastroentology tahun 2013. Sedang menurut buku Nature Helps…: How Plants and Other Organisms Contribute to Solve Health Problems terbitan tahun 2011 dijelaskan adanya efek anti parasit pada temulawak yang bermanfaat pula sebagai anti cacing.

temulawak untuk ramuan herbal meningkatkan nafsu makan
Temulawak (Sumber: istockphotos)

Di jelaskan pula khasiat temulawak untuk membantu merawat dan memperbaiki fungsi hati serta fungsi empedu. Dalam sumber lain juga dijelaskan bahwa temulawak atau Curcuma longa Rhizome akan membantu memperbaiki produksi enzim dalam tubuh.

Seluruhnya akan memberi peran besar dalam meningkatkan kinerja pencernaan. Memperbaiki laju cerna dalam usus dan meningkatkan daya serap. Termasuk pula dapat bekerja mengatasi keluhan tidak nafsu makan.

Resep Herbal Meningkatkan Nafsu Makan – Temulawak & Asam Jawa

Bahan Baku:

Rimpang temulawak yang masih segar, 20 gram.
Asam jawa, 10 gram.
Gula aren, 30 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Meningkatkan Nafsu Makan:

Cuci bersih rimpang temulawak dengan air mengalir.
Iris tipis-tipis temulawak lalu masukkan dalam panci berbahan email.
Tambahkan air 1 gelas (250 cc) dan rebus sampai mendidih selama 15 menit.
Dinginkan dan saring.

Cara Konsumsi:

Bagi ramuan menjadi dua bagian.
Minum setiap bagian di pagi dan sore hari.
Ulangi selama beberapa hari.

Mengkudu untuk Herbal Alternatif Meningkatkan Nafsu Makan

Selain beberapa resep herbal meningkatkan nafsu makan di atas, herbal lain yang dapat kita manfaatkan untuk membantu sebagai penambah nafsu makan adalah buah mengkudu. Buah yang dikenal dengan aroma khasnya yang tajam ini ternyata juga dapat bekerja mengatasi tidak nafsu makan.

Ini karena dalam buah mengkudu terdapat khasiat untuk memperbaiki fungsi hati, sebagaimana dijelaskan dalam Plant Food for Human Nutrition tahun 2008. Dijelaskan pula dalam Public Library of Science – Neglected Tropical Diseases tahun 2016 bahwa mengkudu juga baik sebagai anti parasit, termasuk anti cacing.

mengkudu untuk ramuan herbal meningkatkan nafsu makan
Mengkudu (© Shutterstock/Yossi James)

Dalam literatur lain seperti pada The Chinese Journal of Physiology tahun 2004 dijelaskan adanya khasiat buah mengkudu untuk memperbaiki fungsi pencernaan, membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan fungsi empedu serta enzim pencernaan.

Dijelaskan bahwa penurunan fungsi hati, masalah parasit dan keluhan pada fungsi pencernaan adalah salah satu faktor penyebab seseorang menjadi tidak nafsu makan. Dengan mengonsumsi mengkudu dan mengatasi keluhan-keluhan tersebut, kita dapat bekerja simultan sebagai penambah nafsu makan.

Dalam dunia peternakan, penggunaan ekstrak mengkudu sudah mulai dikenal sebagai pakan tambahan yang bermanfaat sebagai penambah nafsu makan dan mengatasi kasus parasit dalam pencernaan ternak, termasuk dalam salah satu literatur terbitan Universitas Riau tahun 2012.

Cara Konsumsi Mengkudu:

Anda tidak perlu repot-repot mengolah buah mengkudu, karena sudah tersedia herbal Noni juice yang terbuat dari sari buah mengkudu. Noni juice bisa langsung diminum dalam dosis anjuran sekitar 50 ml (kurang-lebih 1/4 gelas belimbing) sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Kenapa Kita Bisa Tidak Nafsu Makan?

Pada kondisi umum, beberapa orang akan mengalami masalah tidak nafsu makan sesekali. Ini lazim terjadi ketika seseorang mengalami efek stress atau ketika kondisi tubuh sedang menurun. Biasanya terkait dengan kasus infeksi atau peradangan ringan, sepertiketika seseorang terserang batuk dan pilek.

Sistem yang mengatur nafsu makan melibatkan banyak area dalam tubuh. Ini termasuk sistem saraf, terutama otak tentu saja. Juga soal sistem pencernaan itu sendiri, sistem endokrin, jaringan sensor tubuh. keseluruhannya bersinergi mengatur pola makan, rasa puas, rasa lapar dan rasa kenyang.

Pola makan yang tepat akan memberi efek homeostatik, atau titik keseimbangan dimana kalori dan nutrisi yang diasup sesuai dengan kebutuhan kalori dan nutrisi tubuh.  Dan ketika pola makan menurun, tentu saja efek homeostatik ini sulit dicapai.

Dan ketika seseorang tidak nafsu makan, sebenarnya ada sejumlah faktor yang dapat menjadi penyebabnya. Dan beberapa penyebab masalah tidak nafsu makan tersebut antara lain:

Makan Terlalu Banyak

Pada beberapa orang, makan terlalu banyak dapat membuat pencernaan bekerja ekstra dan terpaksa bekerja lebih lambat. Karena usus belum kosong, otak tidak mendapatkan cukup stimulasi untuk memproduksi hormon ghrelin. Hormon ini bertanggung jawab menimbulkan rasa lapar dan nafsu makan. Karena hormon ghrelin tidak diproduksi optimal, maka kita tidak nafsu makan.

Baca juga:  Luka Cepat Sembuh dengan 3 Resep Herbal Ini

Gaya Hidup Pasif

Anda yang tidak banyak bergerak dalam keseharian, lebih banyak duduk dan diam di tempat dalam jangka berjam-jam mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan. Ini disebabkan tubuh tidak banyak memakan energi. Karena kadar gula dan lemak dalam tubuh tinggi, normal kemudian tubuh memproduksi lebih banyak hormon leptin yang memberi efek kenyang.

Usia Tua

Memasuki usia manula, pola dan kinerja pencernaan memang menurun. Ditambah dengan kemampuan metabolisme tubuh yang tidak lagi optimal dan berkurangnya kadar aktivitas fisik. Maka hasilnya selera makan memang akan menurun.

Stres Berlebihan

Rasa gelisah, tertekan, depresi atau panik kadang bekerja sebagai penambah nafsu makan, tetapi juga dapat menyebabkan kita tidak nafsu makan. Menurut data the American Psychological Association tahun 2015 setidaknya 39% mengeluhkan reaksi stress sebagai penambah nafsu makan yang sangat masif dan 31% orang mengeluhkan tidak nafsu makan saat mereka stress.

Dugaan utama karena ketika kita stress, sejumlah hormon stress mengalihkan kemampuan otak untuk merespon stimulasi dari usus ketika perut kosong dan berakibat hormon ghrelin tidak diproduksi dengan cukup. Dugaan lain terjadi karena penderita stress cenderung menjadi tidak mood bergerak, bermalas-malasan dan pasif. Ini menyebabkan tubuh tidak mengeluarkan banyak energi dan mendorong produksi leptin yang lebih.

Masalah Pernapasan

Ketika kita mengalami gangguan pernafasan seperti ketika terserang flu, batuk, pilek atau mengalami infeksi pernafasan serius, pada umumnya kita juga akan mudah mengalami masalah tidak nafsu makan.

Ini berkaitan dengan indera perasa kita yang turun menurun fungsinya ketika sistem pernafasan kita terganggu. karena ada kaitan kuat antara indera perasa kita di lidah dengan kemampuan penciuman dan sistem pernafasan keseluruhan. Dan karena indera perasa kita terasa hambar, maka kita jadi merasa enggan untuk makan.

Gangguan Pencernaan

Hampir setiap keluhan terkait dengan gangguan pencernaan akan ditandai dengan masalah tidak nafsu makan. Karena gangguan pencernaan akan memicu terjadinya produksi gas berlebihan, mlemahnya kerja pencernaan,gangguan enzim, melambatnya proses kerja pencernaan.

Semua akan memberi sinyal seolah perut kita masih terus penuh, meski kita sebenarnya belum makan. Dan karena memang faktanya ada gas yang mengendap dalam perut serta melambatnya laju kerja pencernaan, maka ketika kita makan, seolah makanan tidak turun dan tersendat di ulu hati.

Gangguan Fungsi Hati, Ginjal, dan Empedu

Gangguan pada fungsi hati, ginjal dan empedu akan memberi efek langsung menurunkan nafsu makan. Dan pada kasus semacam ini, cara terbaik untuk penambah nafsu makan adalah mengatasi sumber masalah.

Ini karena hati, ginjal dan empedu berperan dalam proses sistem pencernaan,memproduksi enzim-enzim yang berperan dalam proses sekresi lemak, protein, serat dan sejumlah nutrisi lain. Ketika ketiga organ ini mengalami gangguan, otomatis kemampuan pencernaan dalam mencerna makanan turut terganggu.

Beberapa kasus penyakit hati dan ginjal juga dapat menyebabkan tubuh gagal mengeluarkan cairan berlebih dalam tubuh. cairan terjebak dalam pencernaan dan beberapa bagian tubuh hingga membentuk edema atau bengkak air. bengkak air ini dapat memberi efek kembung yang menurunkan nafsu makan.

Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa jenis obat ternyata dapat menyebabkan kita kehilangan nafsu makan. Beberapa jenis obat seperti codeine, digoxin, fluoxetine, quinidine dan hydralazine dapat bekerja menurunkan nafsu makan baik karena pengaruhnya terhadap hormonal ataupun produksi enzim dalam pencernaan.

Hipotiroid

Hipotiroid adalah gangguan menurunnya produksi hormon tiroid dalam tubuh hingga berada di level dibawah normal. Efek dari keluhan ini cukup signifikan terhadap tubuh. Metabolisme akan menurun, sejumlah hormon akan terganggu keseimbangannya dan akan menurunkan seluruh fungsi organ. Ini termasuk memperlambat kerja pencernaan.

Menjalani Diet Tertentu

Beberapa jenis diet akan menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem metabolisme tubuh dan pola endokrin dalam tubuh. Sebut saja diet ketogenik atau puasa yang akan menyebabkan peningkatan kadar senyawa keton dalam tubuh. ini menurunkan level insulin dan menyebabkan tubuh tidak nafsu makan.

Masa Kehamilan

Ketika seorang wanita hamil, di saat itu terjadi sejumlah perubahan yang dapat merusak nafsu makan. Membesarnya perut dapat mendesak pencernaan dan mengurangi daya tampung usus. Ini membuat kerja usus melambat dan kehilangan nafsu makan. Ditambah dengan perubahan hormonal yang memicu efek mual dan peningkatan asam lambung. Lagi-lagi ini menyulitkan ibu memperbaiki selera makan.

Tips Praktis untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Ketika seseorang kehilangan nafsu makan, kita perlu pahami dulu diawal apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya. Ini membantu kita menemukan cara paling efektif untuk penambah nafsu makan dan mengatasi masalah.

Tetapi secara umum, mengubah menu atau menambahkan makanan yang dianggap menambah selera dapat menjadi pilihan. Ubah menu yang biasa dikonsumsi dengan menu baru yang memiliki rasa berbeda.

Tambahkan rempah karena aroma harum dari rempah diketahui memiliki efek menambah selera makan.  Beberapa orang mengaku mengalami peningkatan selera makan ketika mengonsumsi makanan yang lebih pedas.

Coba pula untuk mengonsumsi makanan dalam porsi-porsi kecil, tetapi lebih sering Cara ini dianggap efektif untuk mencegah Anda merasa mual karena terlalu kenyang. Alih-alih makan sehari 3 kali ubah menjadi 5 – 7 kali sehari dalam porsi ½ dari biasanya. Bila perlu buat menu yang berbeda untuk setiap kali makan.

Hindari teh dan kopi  atau setidaknya konsumsi dengan kadar lebih sedikit. Karena teh dan kopi terutama yang manis dapat menimbulkan stimulan sinyal keliru sehingga memberi kesan seolah tubuh tidak  butuh makan.

Atasi keluhan tidak nafsu makan dengan mengonsumsi resep herbal meningkatkan nafsu makan. Biasanya terapi semacam ini akan membantu Anda meregulasi fungsi hormon, enzim dan kinerja organ pencernaan, termasuk usus, hati, pankreas, lambung dan empedu. Dan secara bersinergi akan bekerja sebagai penambah nafsu makan.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Nelson Elevitch.  2006 Noni-the complete guide. https://www.ctahr.hawaii.edu/UHMG/downloads/2006-Noni-The-Complete-Guide-Nelson-Elevitch.pdf. Accessed: 2018-11-16

Jillian Levy, CHHC. Draxe. Not Hungry? Loss of Appetite Causes + 6 Natural Remedies. https://draxe.com/loss-of-appetite/. Accessed: 2018-11-16


AdvertisementSimplisia.com