Resep Herbal Melangsingkan Badan, Cara Sehat & Cepat untuk Kurus

422
buah nanas untuk resep herbal melangsingkan badan
Buah Nanas (Credit: Shutterstock/Brent Hofacker)

Diedit:

Memiliki berat badan ideal kerap kali menjadi impian banyak orang. Ini tentang bagaimana memiliki penampilan yang menarik. Dan soal bagaimana menjadi lebih sehat dan bugar dengan menjadi langsing. Itu sebabnya apapun yang berkaitan dengan cara melangsingkan badan dan menguruskan badan selalu menarik bagi banyak orang.

Fakta juga menunjukan bagaimana beragam produk pengobatan pelangsing tubuh demikian laku dicari orang. Meski sebagian besar beresiko menyisakan efek samping yang bisa membahayakan tubuh kita.

Ada cara melangsingkan tubuh yang lebih aman sebenarnya. Ini akan membantu anda menguruskan berat badan secara alami dengan efek samping lebih minimal. Cara ini adalah dengan memanfaatkan resep herbal melangsingkan badan.

Ada banyak sekali bahan baku dari alam yang dapat kita manfaatkan sebagai terapi tradisional atasi masalah kelebihan berat badan. Bahan baku dari alam yang tidak menyisakan efek samping dan bekerja cukup mujarab menguruskan berat badan.

Manfaat Nanas untuk Melangsingkan Badan

Nanas termasuk jenis asupan rendah lemak dan rendah kalori. Dalam 100 gram nanas terdapat kalori hanya 50 kcal. Sehingga mengonsumsinya lebih banyak akan lebih aman untuk asupan kalori harian Anda.

Tetapi manfaat nanas untuk menguruskan badan tidak hanya karena kadar kalorinya yang rendah. Berikut beberapa alasan nanas dapat menjdi resep herbal melangsingkan badan.

nanas untuk resep herbal melangsingkan badan
Buah Nanas (Credit: Getty Images)

Mengandung Vitamin C yang Tinggi

Menurut sumber Frontier of Physiology tahun 2015, dijelaskan bahwa vitamin C berperan besar dalam menjaga regulasi metabolisme tubuh. Dan ini akan memperbaiki kemampuan tubuh membakar lemak dan gula dalam tubuh. Secara tidak langsung ini akan memberi imbas pada berat badan tubuh kita.

Kandungan Serat Sangat Tinggi

Kadar serat dalam nanas sangat tinggi. dalam nanas terkandung  serat sebanyak 2, 3gram untuk tiap irisnya. Bisa dibayangkan ini jumlah yang cukup besar. Dan ini termasuk jenis serat larut dan serat tidak larut. Selain akan melancarkan pencernaan, menyerap kelebihan lemak dan kolesterol dalam usus juga akan membantu memberi Anda rasa kenyang lebih lama.

Kandungan Bromelain yang Tinggi

Bromelain adalah komponen fitokimia dalam nanas yang sekaligus dapat bekerja sebagai enzim. Sifat dari bromelain adalah menghancurkan komponen pengikat asam amino dalam daging. Itu sebabnya lazim digunakan untuk melunakan daging. Tetapi, beberapa pakar melihat pula adanya potensi bromelain untuk memudahkan proses pembakaran lemak yang membandel dan sulit disingkirkan.

Kaya akan Nutrisi

Menjalankan diet akan memaksa Anda mengurangi porsi asupan makanan sehari-hari. Karenanya akan lebih baik bila Anda hanya fokus untuk mengonsumsi makanan tinggi nutrisi demi tetap mendapatkan kecukupan gizi harian. Dan nanas termasuk jenis buah dengan kandungan vitamin dan mineral yang sangat lengkap. sehingga nanas sangat cocok menjadi pilihan untuk menu diet.

Mengurangi Selera Makan

Mengonsumsi nanas ternyata efektif membantu Anda tidak lagi terlalu bernafsu untuk makan besar. Kadar serat dan sejumlah komponen fitokimia dalam nanas membantu menekan selera makan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Resep Herbal Melangsingkan Badan 1

Bahan Baku:

1 buah nanas yang belum terlalu matang, ukuran sedang.

Cara Membuat Ramuan Herbal Melangsingkan Badan:

Kupas nanas dan hilangkan buku-buku nanas.
Gosok dengan garam sedikit dan cuci bersih

Potong-potong lalu blender sampai halus

Aturan Pakai:

Minum jus nanas ini setidaknya 2 kali sehari.
Pastikan minum jus segera setelah dihaluskan supaya tidak terjadi oksidasi.

Manfaat Buah Delima untuk Melangsingkan Badan

Buah delima dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. tetapi buah ini juga rupanya baik untuk menguruskan badan. Kandungan kalori di dalamnya yang rendah dan kadar serat yang mencapai 4 gram untuk tiap 100 gram menjadi salah satu alasan.

Buah delima hanya mengandung kalori sebanyak 83 kcal untuk tiap 100 gramnya. Sedang buah ini dikenal kaya akan sejumlah mineral, mengandung vitamin yang berlimpah dengan sederet khasiat anti oksidan termasuk antosianin, tannin, asam fenolik, asam punicid dan flavonoid.

buah delima untuk ramuan herbal melangsingkan badan
Buah Delima (Credit: Getty Images)

Sebagai salah satu buah yang dapat menjadi cara melangsingkan badan, buah delima diketahui baik untuk membantu memperbaiki masalah resistensi insulin dan kelebihan cadangan lemak. Resistensi insulin sendiri akan menurunkan kemampuan pembakaran energi dan tubuh akan cenderung untuk menyimpan lemak dalam tubuh ketimbang membakarnya menjadi energi.

Menurut Journal of Food and Chemistry Toxicology tahun 2011, dijelaskan bagaimana tikus yang telah dibuat obesitas dan mengalami resistensi insulin menunjukan progress positif setelah mengonsumsi resep herbal melangsingkan badan dengan delima ini. Dan setelah beberapa pekan tikus justru menunjukan penurunan berat badan.

Kandungan serat dan komponen flavonoid di dalamnya membantu meningkatkan kepuasan. Asupan buah delima akan membantu menahan rasa lapar datang lebih cepat dan menekan selera makan. Karena serat akan menyerap lebih banyak air dan membuat proses cerna berjalan lebih lambat. Selain juga membantu melancarkan pembuangan.

Baca juga:  Resep Herbal Kudis: Daun Srikaya, Mindi Kecil, dan Sambiloto

Studi lain yang dilaporkan dalam Journal of Food and Chemistry Toxicology tahun 2009 menunjukan bahwa buah delima akan baik untuk membantu mengurangi hasrat untuk makan dan hasrat untuk mengonsumsi camilan dan makanan manis. Selain juga baik untuk membantu menormalkan kembali kadar kolesterol dalam tubuh.

Resep Herbal Melangsingkan Badan 2

Bahan Baku:

2 Buah delima muda, ukuran sedang.
Garam secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Melangsingkan Badan:

Ambil isi dari buah delima, lalu tumbuk hingga halus.
Tambahkan ½ cangkir air hangat dan garam, campur dan remas-remas.
Peras buah delima halus tadi sampai keluar sarinya, saring dengan kain.

Aturan Pakai:

Minum air perasan tadi segera setelah diperas.
Lakukan pengobatan ini 1 kali sehari selama beberapa hari.

Manfaat Teh Hijau & Jeruk Nipis untuk Melangsingkan Badan

Dalam resep herbal melangsingkan badan kali ini terdapat dua bahan baku utama, yakni jeruk nipis dan teh hijau. Rupanya keduanya memang baik untuk menguruskan badan. Dan ketika keduanya dipadukan bersama akan menjadi cara melangsingkan badan yang efektif.

Teh hijau sudah lama dikenal secara tradisional sebagai herbal untuk menguruskan badan. Pandangan ini sudah lama dikenal dalam tradisi pengobatan tiongkok sejak berabad-abad lalu. Dan secara medis, beberapa fakta memang menguatkan manfaat teh hijau untuk ramuan herbal melangsingkan badan.

teh hijau untuk ramuan herbal melangsingkan badan
Ilustrasi Teh Hijau & Jeruk Nipis (Credit: Photodeck)

Untuk dapat dibakar dan diproses menjadi energi, cadangan lemak harus dilepas dan larut dalam darah. Dalam teh hijau terkandung enzim EGCG yang terbukti menstimulasi proses pelepasan cadangan lemak ke dalam aliran darah.

Berpadu dengan kafein, enzim EGCG ini akan bersinergi meningkatkan pembakaran lemak, meningkatkan kinerja metabolisme dan proses penurunan berat badan. Ini dijelaskan dalam International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorder tahun 2000.

Dalam studi lain terbukti mengonsumsi ekstraksi teh hijau sebelum melakukan olahraga akan membantu meningkatkan pembakaran lemak 17% lebih baik. Hal tersebut diuraikan lebih jelas dalam the American Journal of Clinical Nutrition tahun 2008.

Menambahkan jeruk nipis dalam teh hijau akan melipat gandakan manfaat teh hijau. Efek komponen asam dan vitamin C dalam jeruk nipis membantu meningkatkan kemampuan teh hijau untuk mempercepat pembakaran lemak.

Dalam Journal of the American College of Nutrition tahun 2005 dijelaskan bahwa mereka yang mengonsumsi asupan vitamin c lebih tinggi setiap harinya akan cenderung lebih mudah membakar kelebihan lemak dalam tubuh dan cenderung memiliki lingkar pinggang lebih kecil.

Resep Herbal Melangsingkan Badan 3

Bahan Baku:

Teh hijau ½ sendok teh.
Perasan jeruk nipis yang diperoleh dari 1 buah jeruk.

Cara Membuat Ramuan Herbal Melangsingkan Badan:

Siapkan teh hijau dalam cangkir, seduh dengan air panas sampai warna air tampak kekuningan.
Tambahkan air perasan jeruk ke dalam larutan teh.
Aduk hingga merata.

Aturan Pakai:

Minum air larutan teh hijau dan jeruk nipis ini setiap hari pagi dan sore. Konsumsi selagi hangat.

Noni Juice untuk Alternatif Herbal Melangsingkan Badan

Dalam Noni terdapat kandungan asam nitrit yang terbukti ilmiah membantu memudahkan lepasnya cadangan lemak masuk ke dalam aliran darah. Ini memudahkan elemen lemak ini diproses lebih lanjut menjadi energi.

noni untuk ramuan herbal melangsingkan badan
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: 123rf)

Noni jug terbukti membantu meregulasi produksi hormon tiroid yang berperan dalam mengatur regulasi sistem metabolisme tubuh. Ini baik diberikan pada pasien hipotiroidisme yang menyebabkan pasien kekurangan kadar hormon tiroid dan mengalami penurunan tingkat metabolisme tubuh.

Kandungan serat dalam Noni juga baik untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah usus menyerap kelebihan lemak dan gula yang kita asup. Sehingga noni berperan untuk cara melangsingkan badan bahkan sebelum lemak itu diserap oleh tubuh.

Aturan Minum:

Untuk membantu mengurangi berat badan, Anda bisa mengonsumsi Noni juice dengan dosis 50 ml diminum 2 – 3 kali sehari. 50 ml setara dengan ukuran ¼ gelas belimbing.

Kenapa Seseorang Bisa Kegemukan?

Ada banyak alasan sehingga seseorang mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Kadang mungkin Anda merasa sulit memahami bagaimana berat badan Anda terus menerus naik, bahkan sebelum Anda sempat menyadarinya. Apa sebenarnya yang terjadi ?

Makan Terlalu Banyak

Klise dan sederhana, Anda makan terlalu banyak. Anda mengasup makanan dan kalori melebihi kebutuhan tubuh Anda.  Secara umum tubuh hanya membutuhkan sekitar 1500 – 200 kalori untuk tiap harinya. Ini untuk memenuhi kebutuhan energi harian Anda. Tetapi Anda mengasup lebih dari kebutuhan kalori harian Anda.

Kelebihan kalori ini oleh tubuh akan diperlakukan sebagai cadangan energi. Disimpan dalam bentuk deposit lemak yang sebagian besar tersimpan baik-baik di area sekitar lingkar pinggang, perut dan bawah kulit.

Yang kerap menjadi masalah, Anda tak selamanya menyadari bahwa Anda sudah makan terlalu banyak. Sebagian asupan yang membuat Anda kelebihan makan justru bukan dari piring makan Anda. tetapi dari makanan sambilan yang tak Anda sadari justru berkalori lebih tinggi dari makan siang Anda.

Baca juga:  Resep Herbal Andalan Untuk Lawan Kanker Esofagus

Anda bisa saja tanpa sadar menghabiskan 1 mangkuk criping kentang berkalori tinggi sembari menikmati film favorit Anda. Atau menikmati segelas besar capucinno full krim dan full gula yang membuat Anda segar di pagi hari.

Pola Makan yang Salah

Anda bisa saja makan dalam porsi yang kecil, tetapi perhatikan dengan baik apa menu harian yang menjadi pilihan Anda. Bisa jadi masalahnya bukan pada berapa banyak yang Anda makan, tetapi apa yang Anda makan.

Sebagian kasus obesitas terjadi karena Anda kelebihan gula. Gula, termasuk di dalamnya karbohidrat menjadi elemen penting pembentuk energi. Tetapi ketika asupannya berlebihan, tubuh secara alami akan merubahnya menjadi deposit lemak yang tersimpan dalam tubuh. inilah yang menambah berat badan Anda.

Ditambah dengan pola makan yang tidak seimbang, kekurangan asupan mineral dan vitamin, serta unsur fitokimia bermanfaat. Maka proses penyerapan lemak, kolesterol dan gula hingga proses pembentukannya menjadi lemak cadangan akan berjalan tanpa rintangan.

Faktor Hormon Insulin

Insulin berperan besar dalam proses pembakaran gula menjadi energi dan proses penyimpanan cadangan energi. Insulin akan mengatur sel adiposit atau sel lemak untuk menyimpan cadangan lemak di dalamnya.

Semakin tinggi kadar kadar insulin dalam tubuh, semakin efektif sel untuk membentuk energi dari gula yang terlarut dalam darah. Ini sedikit kontradiktif, karena dengan demikian tubuh akan menyisakan seminimal mungkin kadar gula yang dapat diubah menjadi lemak cadangan. Tetapi kadar insulin tinggi ini akan menyebabkan cadangan lemak yang sudah ada tetap berdiam dalam tubuh.

Dan pada level berbahaya ketika kadar insulin menjadi terlalu tinggi, maka tubuh justru akan resisten terhadap insulin. Insulin akan gagal mendorong sel membentuk gula menjadi energi. Dan malah mendorong asupan gula ini kembali menjadi lemak cadangan.

Faktor Hormon Leptin

Selain insulin, leptin juga merupakan unsur hormonal yang bekerja pada sistem metabolisme tubuh. Ketika kadar lemak dalam tubuh berada pada level sangat tinggi, tubuh akan melepas hormon leptin ini. Hormon ini menjadi sinyal untuk memberitahukan tubuh untuk menurunkan selera makan.

Hanya kadang tubuh resisten terhadap leptin dan akibatnya sinyal ini tidak ditangkap dengan baik oleh otak. Sehingga tubuh tidak mengalami perubahan dalam mengatur pola makan. Pada umumnya, kasus resistensi leptin berkaitan dengan efek stress. Karena hormon stres sseperti kortisol akan menyebabkan otak tidak cukup responsif terhadap sinyal leptin.

Beberapa Pengobatan

Beberapa jenis obat medis memiliki pengaruh terhadap kemampuan tubuh membentuk energi dari lemak dan gula dalam tubuh. Juga mempengaruhi metabolisme dan sistem pembentukan deposit lemak.

Sejumlah obat yang bekerja demikian antara lain adalah obat anti depresan, obat kontrasepsi yang berkaitan dengan hormon estrogen dan progesteron dan beberapa jenis obat anti diabetes, anti spikotik dan lain sebagainya.

Faktor Genetik

Anda akan sering menemukan orang tua yang memiliki masalah obesitas juga cenderung memiliki anak dengan masalah yang sama. Ini menunjukan masalah obesitas yang mereka alami adalah aspek genetik.

Mereka dengan masalah ini pada umumnya memiliki garis genetik untuk bermasalah dalam proses metabolisme lemak dan gula yang diasup. Tubuh cenderung lebih mudah merubah asupan menjadi cadangan lemak dibandingkan dibakar menjadi energi.

Dan pada kasus semacam ini upaya lebih keras memang selalu menjadi cara paling efektif. Menjadi gemuk secara genetik bukan berarti mematikan semua cara melangsingkan badan. Hanya saja, toleransi tubuh mereka terhadap asupan makanan yang mengandung gula dan lemak cenderung lebih rendah. Demikian pula tuntutan tubuh untuk bergerak juga akan lebih besar.

Masalah Kesehatan

Beberapa jenis penyakit berpotensi menyebabkan tubuh mengalami gangguan metabolisme. Ini karena untuk mempertahankan regulasi metabolisme tubuh, dibutuhkan kondisi hormonal yang sehat.

Sehingga beberapa kondisi yang berkaitan dengan unsur hormonal dalam tubuh acapkali mengganggu kemampuan tubuh membentuk energi dan mendorong tubuh menyimpan lebih banyak cadangan lemak.

Beberapa penyakit yang dapat dikaitkan dengan masalah obesitas antara lain adalah hipotiroidisme, diabetes, cushings sindrom, PCOS, retensi air dan masih beberapa jenis penyakit lain.

Cara Cepat Menguruskan Badan dengan Bantuan Herbal

Lalu dengan sejumlah fakta yang menjelaskan alasan kenapa kita mengalami obesitas, bagaimana sebenarnya cara cepat untuk menguruskan badan? Adakah cara efektif untuk membantu anda menurunkan berat badan dengan cepat?

Atur Pola Makan

Sebagaimana dijelaskan, aspek utama kenapa seseorang mengalami kenaikan berat badan adalah karena pola makan yang tidak sehat . ini soal kuantitas yang berlebihan dan kualitas yang tidak tepat.

Dan cara melangsingkan badan yang cepat adalah dengan mengatur ulang pola makan harian kita. Bagaimana menyesuaikan porsi makan dan kadar kalori harian yang kita asup sesuai dengan kebutuhan kalori harian kita.

Untuk itu kita perlu mengurangi asupan gula, apapun yang mengandung zat pati dan menambahkan asupan protein, serat, sayuran dan buah. Ini akan membantu Anda tetap terpuaskan tanpa mendapatkan ekstra kalori yang tidak dibutuhkan. Alih-alih makan banyak tanpa nutrisi lengkap, kini Anda makan dengan nutrisi lengkap tanpa terlalu banyak kalori.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga sebenarnya adalah keharusan. Karena tanpa bergerak Anda akan sulit memaksimalkan pembakaran. Dan hanya dengan cara inilah Anda dapat dengan cepat membakar deposit lemak yang bertumpuk di area perut dan area bawah kulit.

Atur keseimbangan antara olahraga yang sifatnya kardiovaskular dengan olahraga yang sifatnya beban. Olahraga kardiovaskular seperti lari atau lompatCara ini diketahui baik membakar lemak lebih cepat.

Tetapi latihan kardiovaskular dianggap tidak efektif membentuk tubuh sehingga kadang tubuh akan terkesan kendur. Dan inilah sebabnya Anda membutuhkan latihan angkat beban dan senam untuk membantu membentuk dan mengencangkan kembali tubuh Anda.

Konsumsi Resep Herbal Melangsingkan Badan

Sebagaimana dijelaskan di atas, bahan baku dari ramuan herbal melangsingkan badan di atas merupakan bahan-bahan yang mampu meningkatkan efektivitas upaya kita membakar lemak dan menguruskan badan dengan cepat.

Memadukan ketika aspek di atas akan menjadi cara melangsingkan badan yang terbaik dan tersehat untuk tubuh Anda. Membantu Anda tetap sehat sembari mengatasi kelebihan berat badan yang Anda alami.

Cara melangsingkan badan akan lebih mudah bila kita melakukannya dengan sinergi antara aktivitas fisik, pengaturan pola makan dan penggunaan resep herbal melangsingkan badan. Ini akan membantu Anda lebih cepat menguruskan badan dengan sehat.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Kris Gunnars BSc. Healtline. 10 Leading Causes of Weight Gain and Obesity. URL: https://www.healthline.com/nutrition/10-causes-of-weight-gain

Shruti Gunka. Stylecraze. How Does Noni Juice Help In Weight Loss?.  URL: https://www.stylecraze.com/articles/noni-juice-help-in-weight-loss/#gref

Kris Gunnars BSc. Healtline. How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science. URL: https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-as-fast-as-possible#section1


Advertisement
Alinesia