Share:

Terakhir Diedit:

Haid memiliki suatu rentang waktu atau siklus yang berkisar antara 21 sampai 35 hari. Siklus ini biasanya sama pada setiap bulannya. Namun, dalam beberapa kesempatan, haid dapat datang terlambat, yakni terjadi di luar siklus normalnya. Artikel ini akan membahas mengenai kondisi tersebut, mulai dari penyebab, pengobatan, sampai cara membuat resep herbal haid terlambat untuk membantu pengobatannya.

Setiap wanita memiliki risiko untuk mengalami kondisi ini. Untuk itu, informasi ini akan membantu Anda, khususnya kaum wanita, mengenal lebih dalam mengenai haid yang datang terlambat, serta langkah-langkah apa yang perlu Anda lakukan untuk mengobatinya. Pertama-tama, mari simak terlebih dahulu cara pembuatan resep herbal haid terlambat menggunakan bahan yang alami dan sederhana.

Resep Daun Iler

Tanaman iler mungkin terdengar sedikit asing bagi Anda. Tanaman yang dikenal juga dengan nama kentangan dan jawer kotok ini memiliki manfaat yang baik dalam menjaga kondisi tubuh. Tetapi, tidak semua jenis tanaman iler dapat dimanfaatkan sebagai obat alami, hanya jenis yang memiliki daun berwarna merah kehitaman saja yang khasiatnya terbukti secara empiris.

Resep herbal haid terlambat

Daun Iler (Credit: Wikimedia.org)

Tanaman iler, terutama bagian daunnya, memiliki banyak khasiat yang tidak terduga, antara lain sebagai obat ambeien, obat mata merah, obat sembelit, obat cacaing, obat keputihan, sampai obat haid terlambat. Kali ini, kita akan mempelajarai cara membuat resep herbal haid terlambat menggunakan daun berbentuk bulat dengan ujung yang meruncing ini.

Resep Herbal Haid terlambat


Bahan:

Daun iler yang masih segar, 6 lembar.

Cara Meramu Resep:

Cuci daun iler segar sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air sampai yang tersisnya hanya separuhnya.
Diamkan hingga dingin, saring air rebusan.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal ini sekaligus.

Resep Herbal Alternatif Dengan Sarang Semut

Selain daun iler, ada satu herbal lagi yang dapat kita manfaatkan sebagai obat alami haid terlambat. Khasiatnya telah terbukti secara empiris, serta didukung oleh sejumlah penelitian ilmiah. Hal inilah yang membuat popularitas herbal ini bertahan di kalangan masyarakat.

Sebagian besar dari Anda mungkin akan mengenalinya. Nama herbal ini adalah Sarang Semut. Tanaman yang memiliki bentuk rongga ini berasal dari pedalaman Papua, dan telah digunakan secara turun temurun sebagai obat multifungsi di sana.

Resep herbal haid terlambat

Tumbuhan Sarang Semut (Credit: Wikipedia)

Bagaimana mekanisme Sarang Semut dalam membantu pengobatan haid yang terlambat? Sarang Semut memiliki kandungan flavonoid yang terbukti dapat menciptakan kondisi sehat dalam tubuh, yang memicu setiap kelenjar berproduksi dengan normal dan menghasilkan hormone dalam jumlah yang seimbang.

Baca juga  Pulihkan Bengkak karena Keseleo dengan Resep Herbal Ini

Tidak hanya bertindak sebagai anti kanker, flavonoid juga dapat bertindak sebagai anti karsinogenik, dimana risiko perilaku abnormal dalam tubuh serta pertumbuhan sel tumor dan kanker dapat dihambat. Hal ini tentu akan berguna untuk membantu mengembalikan fungsi kelenjar hormone yang tidak normal ketika haid terlambat.

Sarang Semut juga memiliki kandungan lain, yakni tannin, alkaloid, polifenol, dan tokoferol. Senyawa-senyawa ini dapat membantu tubuh melawan radikal bebas, sehingga keluhan haid tidak teratur dapat teratasi dengan alami dan cepat.

Aturan Pakai Sarang Semut

Tidak seperti resep herbal haid terlambat sebelumnya, Sarang Semut sudah tersedia dalam bentuk kapsul. Anda akan lebih mudah mengonsumsinya, dan tidak perlu memusingkan proses pengolahan dan penyaringannya. Aturan pakainya adalah 2 kapsul, 3 kali sehari.

Apa Sebenarnya Penyebab Haid Terlambat

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, haid terlambat adalah kondisi dimana Anda tidak mendapatkan haid di rentang waktu atau siklus normal Anda. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Berikut adalah daftar penyebab terlambatnya haid:

  • Berat badan terlalu rendah

    Orang dengan berat badan 10 persen di bawah rentang normalnya, mempengaruhi cara tubuh berfungsi dan dapat menghentikan ovulasi. Untuk itu, usahakanlah untuk mencapai berat badan normal Anda. Jika Anda mengidap gangguan makan seperti anreksia nervosa atau bulimia, yang membuat berat badan Anda turun, segeralah periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

  • Berat badan berlebih (obesitas)

    Jika berat badan terlalu rendah dapat meningkatkan risiko Anda untuk mengalami haid terlambat, berat badan berlebih ternyata juga berdampak sama. Berat badan berlebih atau obesitas memiliki pengaruh terhadap hormone yang nantinya berkaitan dengan haid seseorang. Dokter biasanya akan merekomendasikan rencana diet atau olahraga untuk Anda apabila ia curiga obesitas menjadi dalang dari mundurnya “datang bulan”.

  • Alat kontrasepsi

    Siklus menstruasi juga dapat terganggu apabila Anda sedang menggunakan pil KB atau berencana untuk menghentikan penggunaan pil KB. Hormon estrogen dan progestin yang dalam pil KB membuat ovarium berhenti melepaskan sel telur. Jenis kontrasepsi lainnya juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi seseorang.

  • Penyakit kronis

    Siklus menstruasi yang terganggu dapat menjadi tanda adanya penyakit kronis yang mendasarinya. Siklus menstruasi juga dapat terganggu oleh beberapa penyakit kronis yang menyebabkan perubahan hormonal, misalnya diabetes.

  • Perimenopause

    Masa transisi menuju menopause yang disebut dengan perimenopause, dapat membuat haid datang terlambat dari biasanya. Hal ini dikarenakan pada periode perimenopause, hormon estrogen akan mengalami peningkatan dan penurunan secara tidak teratur.

  • Masalah tiroid

    Tiroid merupakan kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang berada di bagian leher. Kelenjar ini bertugas mengatur metabolisme tubuh. Jadi, saat tiroid bermasalah, misalnya terlalu aktif atau kurang aktif, hormon juga akan terpengaruh sehingga siklus haid akan terganggu.

Untuk memastikan penyebabnya, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan meminta Anda untuk menjalankan pemeriksaan fisik dan beberapa tes penunjang lainnya jika diperlukan, seperti USG, tes urin, tes darah, dan lain-lain. Apabila penyebabnya sudah pasti, penanganan selanjutnya akan lebih tepat.

Tips Lainnya Untuk Membantu Melancarkan Haid

Selain resep herbal haid terlambat di atas, Anda juga dapat mencoba beberapa tips-tips berikut, yang dapat membantu melancarkan haid atau menstruasi Anda. Manfaat tips-tips berikut tidak hanya baik untuk siklus haid Anda, namun juga untuk kesehatan Anda secara keseluruhan:

  • Konsumsi makanan yang bergizi
  • Mempertahankan berat badan sehat
  • Berolahraga secara teratur
  • Batasi aktivitas fisik berat
  • Hindari diet ekstrim yang berdampak pada penurunan berat badan yang drastic
  • Mengelola stres dengan baik
  • Beristirahat dengan cukup
  • Mengikuti anjuran dokter saat sedang menjalani pengobatan

Bagi kebanyakan orang, haid terlambat mungkin hal yang lumrah, bahkan sering kali tidak dipedulikan. Padahal, haid terlambat dapat menjadi indikasi bahwa ada kondisi lainnya atau penyakit serius yang mendasarinya.

Demikianlah akhir dari artikel kali ini. Haid terlambat tidak boleh dianggap remeh. Apabila Anda mengalaminya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Resep herbal haid terlambat ditujukan hanya untuk membantu pengobatan kondisi tersebut.

Selain mengonsumsi resep herbal haid terlambat, Anda juga dapat mencoba tips-tips di atas untuk membantu memulihkan kondisi Anda agar normal kembali. Nantikan ulasan kesehatan lainnya serta pemanfaatan herbal sebagai solusi alami yang praktis, hanya di deherba.com.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Wilson, Debra Rose. Why Is My Period Late: 8 Possible Reasons. Healthline. Reviewed: 2017-04-26. URL:https://www.healthline.com/health/womens-health/why-is-my-period-late#see-your-doctor. Accessed: 2018-10-22.(Archived by WebCite®)

Johnson, Traci. Why Is My Period So Random?. WebMD. Reviewed: 2017-03-09. URL:https://www.webmd.com/women/why-is-my-period-so-random#1. Accessed: 2018-10-22.(Archived by WebCite®)

Mikhael Ravel

Penulis muda yang tertarik dengan bidang kesehatan khususnya dalam hal pemanfaatan obat herbal. Salah satu tujuannya menulis adalah memotivasi dirinya sendiri untuk menjalankan pola hidup sehat. Mikhael saat ini berkomitmen untuk olahraga rutin dan membatasi konsumsi junk food.


Artikel di-posting oleh Mikhael Ravel dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.