Darah Haid Berlebihan? Atasi dengan Resep Herbal Ini

590
pacar cina untuk resep herbal haid berlebihan
Tanaman Pacar Cina (© Fotoproze/ Flickr)

Diedit:

Darah haid berlebihan dapat dialami oleh kaum remaja maupun yang sudah dewasa. Jika mengalaminya, Anda pasti merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas seperti biasa. Tenang saja, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan resep herbal haid berlebihan.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal haid berlebihan dari daun pacar cina. Artikel ini juga akan menjelaskan apa sebenarnya penyebab pendarahan berlebihan dan tips-tips praktis untuk meringankannya. Sekarang, mari perhatikan mengapa daun pacar cina bagus untuk mengurangi darah haid.

Aktivitas Anti-Inflamasi Daun Pacar Cina

Tumbuhan pohon pacar cina (Aglaia odorata) berasal dari Kamboja, Thailand, Myanmar, dan Hainan (Tiongkok). Dari tempat asalnya, tumbuhan ini kemudian menyebar ke seluruh Tiongkok, Sri Lanka, India, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, pohon pacar cina banyak ditemukan di Jawa, Maluku, dan Sumatera.

Mengapa pacar cina digunakan untuk membuat ramuan herbal haid berlebihan? Karena daun pacar cina memiliki potensi aktivitas anti-inflamasi. Hal tersebut dijelaskan dalam artikel ilmiah berjudul “Diterpenoids and triterpenoids with potential anti-inflammatory activity from the leaves of Aglaia odorata.”

pacar cina untuk ramuan herbal haid berlebihan
Pohon Pacar Cina (© Forest and Kim Starr / Flickr)

Dijelaskan bahwa penelitian mendapati bahwa daun pacar cina mengandung lima senyawa—dua dolabellane diterpenoid, dua dammarane triterpenoid, dan satu protostane triterpenoid—di samping dua puluh senyawa lainnya. Semua senyawa tersebut dievaluasi dan menunjukkan aktivitas anti-inflamasi.

Karena bersifat anti-inflamasi, maka daun pacar cina diharapkan mampu menghambat pembentukan prostacyclin—zat yang mempercepat pengumpulan trombosit dan memulai koagulasi (pembekuan darah). Prostacyclin diproduksi dalam jumlah tinggi dalam kasus menorrhagia atau kondisi darah haid berlebihan. Jika pembentukan prostacyclin bisa dihambat, maka aliran darah dari rahim akan berkurang.

Resep Herbal Haid Berlebihan

Bahan:

Daun pacar cina yang masih segar, 1 genggam penuh.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih, lalu rebus bersama 2 gelas air.
Rebus sampai airnya tersisa 1 gelas.
Angkat, dinginkan, dan saring.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal haid berlebihan ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Alternatif Herbal untuk Haid Berlebihan: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni. Buah Noni (Morinda citrifolia) telah digunakan sejak lama sebagai herbal anti-inflamasi.

Sebagaimana sudah dibahas pada bagian resep herbal haid berlebihan di atas, anti-inflamasi adalah salah satu modal utama untuk mengurangi pendarahan berlebihan saat haid.

noni juice untuk resep herbal haid berlebihan
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (© Daniela A Nievergelt / Flickr)

Kandungan-kandungan dalam Noni yang khususnya memiliki aktivitas anti-inflamasi ialah scopoletin, quercetin, dan ursolic acid. Hal itu dijelaskan dalam artikel ilmiah berjudul “Antiinflammatory Constituents in Noni (Morinda citrifolia) Fruits.”

Berbekal kemampuan anti-inflamasi, Noni akan membantu menghambat pembentukan prostacyclin sehingga pendarahan dari rahim akan berkurang.

Aturan Minum Noni Juice:

Noni juice tidak perlu diolah lagi dan bisa langsung diminum. Dosis yang dianjurkan yaitu 50 ml diminum sebanyak 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kira-kira setara dengan ¼ gelas belimbing. Noni juice dapat diminum menjelang, selama, dan setelah haid untuk menjaga siklus haid yang normal.

Apa Sebenarnya Penyebab Darah Haid Berlebihan?

Kadang penyebab darah haid berlebihan tidak diketahui. Tetapi ada beberapa hal yang mungkin memicu kondisi ini, misalnya:

Baca juga:  Resep Herbal Kulit Kering: Jeruk Purut, Nanas, dan Kemuning

Ketidakseimbangan Hormon:

Pada siklus menstruasi yang normal, keseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron akan mengatur pembentukan lapisan dinding rahim (endometrium). Kemudian lapisan itu akan diluruhkan saat menstruasi. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon, endometrium akan terbentuk secara berlebihan dan akhirnya menimbulkan pendarahan berlebihan pada saat diluruhkan.

Ada sejumlah masalah kesehatan yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, misalnya sindrom ovarium polikistik (Polycystic ovary syndrome, disingkat PCOS), obesitas (kegemukan), resistensi insulin, dan gangguan tiroid.

Disfungsi Ovarium (Indung Telur):

Jika ovarium tidak mengeluarkan sel telur (ovulasi) selama satu siklus menstruasi (anovulasi), tubuh Anda tidak akan memproduksi hormon progesteron sebagaimana mestinya. Hal ini tentunya memicu ketidakseimbangan hormon dan akhirnya menyebabkan pendarahan haid berlebihan.

Fibroid Rahim:

Fibroid rahim adalah tumor-tumor non-kanker (jinak) yang dapat tumbuh di rahim selama masa-masa subur. Fibroid rahim dapat membuat pendarahan menstruasi lebih banyak atau lebih lama dari biasanya.

Polip:

Polip adalah gumpalan kecil dan jinak yang dapat tumbuh di lapisan rahim (polip rahim). Polip di rahim bisa menyebabkan pendarahan haid yang lebih banyak atau lebih lama dari biasanya.

Adenomiosis:

Kondisi ini terjadi jika kelenjar-kelenjar dari endometrium menempel ke dalam otot rahim, yang sering kali menyebabkan pendarahan dan nyeri haid yang berlebihan.

Alat Kontrasepsi IUD:

Darah haid berlebihan adalah efek samping umum dari penggunaan alat kontrasepsi IUD non-hormon. Jika Anda memasang IUD, sebaiknya konsultasikan kepada dokter Anda mengenai hal ini.

Komplikasi Selama Kehamilan:

Satu periode pendarahan yang berlebihan dan terlambat bisa jadi diakibatkan oleh keguguran. Penyebab lain dari pendarahan berlebihan selama kehamilan ialah letak plasenta yang tidak normal, mungkin terlalu rendah atau disebut plasenta previa.

Kanker:

Kanker rahim dan kanker serviks dapat menimbulkan gejala berupa darah haid berlebihan. Ini khususnya perlu diwaspadai jika Anda sudah melewati masa menopause atau pernah mendapatkan hasil tes Pap yang tidak normal.

Kelainan Pendarahan Keturunan:

Ada sejumlah kelainan pendarahan—seperti penyakit von Willebrand, kondisi dimana tubuh kekurangan faktor pembeku darah yang penting—bisa menyebabkan darah haid berlebihan.

Konsumsi Obat:

Ada beberapa obat tertentu, misalnya obat anti-inflamasi, obat hormon seperti estrogen dan progestin, dan antikoagulan seperti warfarin atau enoxaparin, dapat memicu pendarahan yang berlebihan dan berlangsung lama.

Penyebab Lainnya:

Beberapa masalah kesehatan lain, antara lain penyakit ginjal atau hati, juga dikaitkan dengan pendarahan haid berlebihan.

Pada usia remaja, biasanya darah haid berlebihan disebabkan oleh anovulasi, yaitu tidak adanya sel telur yang dikeluarkan oleh ovarium. Anak remaja perempuan terutama sering mengalami siklus anovulasi di tahun pertama setelah periode menstruasi pertama mereka.

Pada usia dewasa, biasanya penyebabnya adalah masalah pada rahim, termasuk fibroid, polip, dan adenomiosis. Tetapi masalah-masalah lain juga mungkin menjadi penyebabnya, seperti kanker rahim, kelainan pendarahan, efek samping obat, dan penyakit ginjal atau hati.

Bagaimana Ciri-Ciri Pendarahan Haid yang Berlebihan?

Untuk memastikan apakah pendarahan menstruasi Anda masih tergolong normal atau sudah berlebihan, cobalah perhatikan ciri-ciri menstruasi yang berlebihan berikut:

  • Darah keluar terlalu banyak, sehingga Anda harus mengganti pembalut setiap satu jam sekali selama beberapa jam.
  • Anda harus menggunakan dua pembalut sekaligus agar tidak “bocor”.
  • Anda harus bangun di tengah malam untuk mengganti pembalut.
  • Darah terus keluar selama lebih dari 1 minggu.
  • Gumpalan-gumpalan darah yang keluar seukuran atau lebih besar dari ukuran koin.
  • Aktivitas harian terganggu karena pendarahan berlebihan.
  • Mengalami gejala-gejala anemia, yaitu merasa sangat lelah, lemas, atau sesak napas.
Baca juga:  Resep Herbal Psoriasis untuk Kendalikan Gejala-Gejalanya

Untuk membantu mengurangi volume darah yang keluar saat menstruasi, Anda bisa mencoba menggunakan resep herbal haid berlebihan di atas. Resep herbal itu juga dapat dikonsumsi menjelang, selama, dan setelah menstruasi untuk membantu menjaga siklus menstruasi yang normal.

Jika pendarahan tetap keluar secara berlebihan, ada baiknya periksakan diri ke dokter. Anda juga sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter jika mengalami pendarahan di luar waktu menstruasi atau setelah melewati menopause.

Tips-Tips Praktis untuk Meringankan Haid Berlebihan

Ada beberapa tips yang bisa Anda upayakan di rumah untuk meringankan keluhan-keluhan saat menstruasi dan untuk membantu menormalkan kembali siklus menstruasi Anda.

Minum Banyak Air

Pendarahan berlebihan hingga berhari-hari dapat membuat Anda kekurangan volume darah. Minumlah air lebih banyak dari biasanya, tambah 4 – 6 gelas setiap hari, untuk menjaga volume darah normal. Untuk menyeimbangkan asupan air tersebut, Anda bisa menambahkan sedikit lebih banyak garam ke masakan.

Tambah Asupan Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi, yang dapat mencegah anemia. Tambah asupan vitamin C dengan perbanyak makan buah-buahan seperti jeruk dan jambu biji. Buah-buahan lain yang banyak mengandung vitamin ini adalah pepaya, kiwi, stroberi, nanas, dan mangga.

Tambah Asupan Zat Besi

Pendarahan membuat tubuh kehilangan banyak zat besi. Padahal tubuh membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin, yaitu molekul yang membantu sel darah merah untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Jika pendarahan berlebihan terus terjadi, tubuh akan kekurangan zat besi dan mengalami anemia. Tanda-tanda anemia misalnya perasaan sangat lelah, lemas, pusing, dan kulit pucat.

Untuk mencegah anemia, perbanyak makan asupan yang mengandung banyak zat besi, seperti daging merah, ayam, tiram, hati atau jeroan hewan, kacang polong, buncis, tahu, dan bayam.

Konsumsi Herbal

Sebagaimana sudah dibahas di atas, herbal yang memiliki aktivitas anti-inflamasi dapat membantu mengurangi pendarahan saat haid. Lihatlah panduan resep herbal haid berlebihan dari daun pacar cina di bagian awal artikel ini. Selain itu, herbal anti-inflamasi juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri atau kram yang sering dirasakan ketika haid.

Jika hal-hal di atas tidak cukup membantu mengurangi keluhan Anda saat menstruasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Dan kalau Anda sudah mengonsumsi obat dokter, sebaiknya tanyakan kepadanya sebelum mencoba mengonsumsi ramuan herbal haid berlebihan.

Demikianlah artikel ini yang membahas resep herbal haid berlebihan. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas nusantara lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Y, Orapun & S, Jarinthon & K, Chatchanok & P, Chanita & T, Supinya & C, Suchada. Diterpenoids and triterpenoids with potential anti-inflammatory activity from the leaves of Aglaia odorata. Phytochemistry. 76(2012): 83-91

Y, Haiqing & L, Shiming & H, Mou-Tuan & H, Chi-Tang. 2008. Antiinflammatory Constituents in Noni (Morinda citrifolia) Fruits. ACS Symposium Series. 987: 179-190

Mayo Clinic. Menorrhagia (Heavy Menstrual Bleeding). Published: 2017-07-15. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/menorrhagia/symptoms-causes/syc-20352829. Accessed: 2018-12-18. (Archived in Webcite®)

Watson, Stephanie. How to Stop Heavy Periods: 22 Options for Treatment. Reviewed: 2018-06-25. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-stop-heavy-periods. Accessed: 2018-12-18. (Archived in Webcite®)


Advertisement
Alinesia