Obati Bisul di Kelopak Mata dengan Resep Herbal Meniran

538
meniran untuk resep herbal bisul di kelopak mata
Daun Meniran (© Flickr/Layla Dishman)

Bisul di kelopak mata, yang biasa disebut bintil, pasti mengganggu kenyamanan. Bukan hanya terasa sakit, tetapi juga membuat penampilan Anda jadi tidak enak dilihat. Apa tumbuhan obat yang bisa dijadikan resep herbal bisul di kelopak mata?

Dalam artikel ini Anda akan belajar cara gampang membuat ramuan herbal bisul di kelopak mata menggunakan tanaman meniran. Dan agar lebih memahami mengenai masalah kulit ini, artikel ini juga menjelaskan apa sebenarnya penyebabnya dan tips praktis untuk mempercepat penyembuhannya.

Tanaman Meniran untuk Mengatasi Infeksi Bisul

Tanaman herbal meniran (Phyllanthus niruri) menjadi bahan utama ramuan herbal bisul di kelopak mata karena memiliki aktivitas anti-mikroba. Di dalam tanaman ini terkandung sejumlah senyawa bermanfaat seperti alkaloid, flavonoid, dan triterpenoid yang membuatnya memiliki aktivitas tersebut.

Kemampuannya ini telah diuji dalam penelitian yang dibahas pada jurnal berjudul “Antimicrobial Activity of Phyllanthus Niruri.” Penelitian itu mempelajari bagaimana akvitias anti-mikroba dari ekstrak meniran terhadap patogen-patogen yang menyebabkan infeksi-infeksi kulit, pernapasan, saluran kemih, dan saluran pencernaan.

meniran untuk ramuan herbal bisul di kelopak mata
Tumbuhan Meniran untuk Resep Herbal Bisul di Kelopak Mata (© Shutterbug Lady)

Ekstrak meniran didapati efektif dalam menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, Enterococcus fecalis, Salmonella typhi, Salmonella paratyphi B, Proteus vulgaris, dan Serratia marsescens.

Bahkan kemampuan anti-mikroba meniran tersebut dapat disandingkan dengan kemampuan antibiotik lomefloxacin yang biasa diresepkan untuk mengatasi beragam infeksi bakteri, termasuk untuk infeksi di mata.

Resep Herbal Bisul di Kelopak Mata

Bahan:

Batang dan daun meniran, 1 tanaman.

Cara Meramu Resep:

Rebus meniran bersama 1 gelas air sampai mendidih selama 15 menit.
Setelah 15 menit, angkat dan dinginkan.

Aturan Pakai:

Gunakan air ramuan herbal bisul di kelopak mata ini untuk mencuci mata dengan gelas khusus.

Alternatif Herbal untuk Bisul di Kelopak Mata dengan Noni Juice

Bila resep herbal bisul di kelopak mata dengan meniran diterapkan sebagai obat luar (obat cuci mata), maka Noni juice akan membantu menghentikan infeksi dari dalam tubuh. Noni juice adalah minuman herbal yang efektif untuk mengatasi beragam infeksi akibat bakteri.

Dalam jurnal ilmiah berjudul “The Effect of Noni Fruit Extracts (Morinda Citrifolia) on Staphylococcus Aureus Growth” dijelaskan bagaimana buah Noni—bahan baku Noni juice—terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

noni juice untuk ramuan herbal bisul di kelopak mata
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (© Shutterstock/Yossi James)

Diketahui bahwa bakteri ini merupakan salah satu penyebab utama infeksi penyebab bisul di kelopak mata. Kemampuan anti-bakteri tersebut diduga karena kandungan senyawa flavonoid, terpenoid, dan alkaloid di dalam buah Noni.

Baca juga:  Resep Herbal Bau Badan untuk Pulihkan Kepercayaan Diri Anda

Jika dikonsumsi secara teratur, Noni juice bukan hanya membantu menghilangkan bisul di kelopak mata, tetapi juga mencegah berbagai infeksi kulit lainnya. Dengan begitu, kulit akan dijaga tetap mulus karena terbebas dari masalah-masalah kulit.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Berbeda dengan resep herbal bisul di kelopak mata dengan meniran, Noni juice sudah dikemas menjadi herbal yang siap diminum. Anda hanya perlu mengonsumsinya dengan anjuran takaran sekitar 50 ml (kurang-lebih ¼ gelas belimbing) sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Apa Sebenarnya Penyebab Bisul di Kelopak Mata?

Bisul atau bintil di kelopak mata disebabkan oleh infeksi bakteri, umumnya oleh bakteri Staphylococcus aureus. Masalah kulit ini disebut juga dengan istilah medis hordeolum. Kelenjar-kelenjar di sektiar pinggiran kelopak mata dapat tersumbat dan membengkak sehingga muncul luka seperti jerawat atau bisul.

Bisul juga dapat disebabkan oleh tersumbatnya folikel dari bulu mata. Bisul di kelopak mata kemudian menimbulkan sakit mata dan sementara terisi dengan nanah. Ada juga jenis bintil yang lebih serius, yang tumbuh di dalam kelopak mata dan membengkak cukup besar sehingga butuh penanganan dokter.

Hordeolum Eksternal

Ini adalah jenis bintil biasa yang disebabkan oleh infeksi pada akar dari bulu mata (folikel) sehingga terjadi pembengkakan. Jenis bintil ini juga dapat terjadi karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus pada area yang dekat dengan folikel, bernama kelenjar Moll dan Zeiss.

Jika bintil membengkak dan mulai menginfeksi atau menyumbat kelenjar-kelenjar lain di sektiar kelopak mata, maka akan muncul rasa sakit dan tidak nyaman. Pada saat itu, Anda mungkin akan sering melihat atau merasakan abses kemerahan kecil seperti bisul yang mulai terisi nanah.

Tidak semua bintil akan terlihat. Bintil yang terbentuk di dalam permukaan kelopak mata akan terasa sakit, tetapi tidak terlihat dari luar. Bintil paling sering tumbuh di kelopak mata atas dekat bulu mata, tapi kadang juga tumbuh di kelopak mata bawah. Biasanya hanya sedikit area kelopak mata yang membengkak, tapi kadang seluruh kelopak mata juga dapat membengkak.

Baca juga:  Lawan Gangguan Pencernaan Dengan Resep Herbal Berikut

Hordeolum Internal

Jenis bintil yang kedua ini merupakan hasil infeksi Staphylococcus aureus yang lebih serius. Infeksinya berasal dari sebuah kelenjar bernama meibomian yang terletak di bawah permukaan bagian tengah kelopak mata.

Karena letaknya ini, bintil hordeolum internal jadi lebih menyakitkan daripada bintil di luar kelopak mata. Kalau bintil di luar kelopak bisa keluar sendiri nanahnya, maka bintil internal tidak bisa begitu. Jika Anda mengalaminya, Anda harus pergi ke dokter agar nanahnya dihilangkan dan infeksinya diobati.

Beberapa Hal yang Memicu Bisul di Kelopak Mata

Berikut adalah sejumlah faktor yang dapat membuat Anda lebih rentan mengalami bintil di kelopak mata:

  • Menggunakan kosmetik yang telah kedaluwarsa
  • Tidak membersihkan makeup di mata sebelum tidur
  • Tidak mendisinfeksi/membersihkan lensa kontak sebelum memakainya
  • Mengganti lensa konta tanpa mencuci tangan dulu
  • Asupan gizi yang buruk
  • Kurang tidur

Jika ada orang di rumah yang sedang bintilan, maka orang lainnya sebaiknya tidak menggunakan pakaian atau handuk yang sama dengannya untuk menghindari penyebaran infeksi penyebab bintil.

Perbedaan Bisul dengan Kalazion

Ada juga kondisi lain bernama kalazion yang menyebabkan bengkak di kelopak mata. Kalazion terjadi jika kelenjar minyak di dalam kelopak mata tersumbat. Mungkin awalnya bermula dari bintil internal (hordeolum internal). Tapi kalazion hanya sedikit menimbulkan rasa sakit atau bahkan tidak sama sekali.

Seraya bengkaknya membesar, kelopak mata Anda akan memerah dan kadang terasa lembek ketika disentuh. Jika kalazion terus membesar, kemungkinan akan menekan mata sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Dan kadang  seluruh kelopak mata bisa membengkak, meski ini jarang terjadi.

Ada beberapa cara untuk membedakan antara bintil dengan kalazion. Coba perhatikanlah rasa sakit yang ditimbulkannya. Bintil biasanya terasa sangat sakit. Bentuknya juga agak berbeda. Bintil sering muncul di pinggiran kelopak mata, karena biasanya disebabkan oleh infeksi pada folikel bulu mata.

Tetapi kalazion umumnya tidak menimbulkan rasa sakit. Benjolan kalazion biasanya bertumbuh lebih jauh dari pinggiran kelopak mata daripada bintil, karena kalazion disebabkan oleh penyumbatan pada kelenjar minyak.

Cara menangani kalazion pada dasarnya sama dengan cara menangani bintil di kelopak mata. Anda bisa menggunakan kompres hangat untuk membantu menghilangkan sumbatan di kelenjar minyak.

Anjuran untuk Menangani Bisul di Kelopak Mata

Bisul di kelopak mata biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu, dan nanah di dalamnya akan keluar tanpa perlu penanganan khusus. Bintil di kelopak mata sama seperti peradangan kulit lainnya, jadi penanganannya mirip dengan cara menangani jerawat atau bisul lainnya.

Untuk membantu mengeluarkan nanah di dalamya dan mengurangi rasa sakit, Anda bisa menggunakan handuk sebagai kompres. Rendam handuk bersih dalam air hangat lalu peras sebisa mungkin. Kemudian pelan-pelan tempelkan handuk ke bintil selama 10 – 15 menit, dan lakukan ini 4 kali sehari hingga 2 – 3 hari. Selalu pakai handuk bersih setiap kali mengompres bisul.

Biasanya perubahan positif pada bisul akan mulai terlihat dalam waktu 1 – 2 hari. Tapi bisul di kelopak mata kemungkinan baru benar-benar sembuh setelah 1 minggu. Jika tidak ada perubahan apapun pada bintil dalam 2 hari, atau jika bintil lebih dari satu, Anda sebaiknya menemui dokter.

Selama bisul masih ada, jangan sentuh dengan tangan kotor. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuhnya, misalnya sewaktu mengobatinya dengan resep herbal bisul di kelopak mata. Dan jangan pakai kosmetik apapun pada area kelopak mata jika masih ada bisulnya.

Demikianlah artikel ini yang menjelaskan tentang resep herbal bisul di kelopak mata. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

B, Mukund, K, Jaya. 2009. Antimicrobial Activity of Phyllanthus Niruri. International Journal of Natural Product Science. 25(2):25-27

D, Risnayanti, R, Yuliana, B, Nurhayati. 2017. The Effect of Noni Fruit Extracts (Morinda Citrifolia) on Staphylococcus Aureus Growth. Jurnal Pendidikan Glasser. 1(2):62-68

MedBroadcast. Styes. URL: https://medbroadcast.com/condition/getcondition/styes. Accessed: 2018-11-19

Boyd, Kierstan. What Are Chalazia and Styes?. Published: 2017-09-01. URL: https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-are-chalazia-styes. Accessed: 2018-11-21


Advertisement
Alinesia