Share:

Berhenti merokok selalu menjadi persoalan pelik bagi mereka yang sudah terlanjur kecanduan rokok. Tentu saja mereka memahami dengan baik, bagaimana bahaya merokok, tetapi berhenti dari rokok bisa menjadi cukup berat karena efek candu di dalamnya. Dan bila Anda salah satu yang kesulitan untuk berhenti dari rokok, coba mulai dengan beberapa langkah berikut termasuk pula dengan resep herbal berhenti merokok.

Masalah bahaya merokok sudah tentu menjadi rahasia umum. Semua tentu saja memahami bahwa merokok membawa banyak efek buruk termasuk menyebabkan sejumlah penyakit. Termasuk pula sejumlah penyakit mematikan seperti jantung, kerusakan paru-paru, kanker dan stroke.

Meski propaganda soal bahaya merokok sudah demikian disebarluaskan, sulit bagi mereka yang sudah terlanjut merokok untuk berhenti. Ada efek candu yang sulit dihentikan dari rokok yang menyulitkan seseorang berhenti. Beberapa bantuan berikut akan membantu seseorang bebas dari rokok dengan lebih mudah

Tips untuk Berhenti Merokok

Untuk berhenti merokok diperlukan kesungguhan dan niat besar. Ini mungkin akan terasa berat di beberapa minggu awal, tetapi akan terasa lebih baik dalam beberapa pekan kemudian. Di awal-awal masa Anda mulai mencoba berhenti merokok ada beberapa tantangan yang perlu Anda hadapi. Dan inilah yang kadang menyebabkan Anda gagal bahkan di hari-hari awal rencana Anda.

Nikotin memiliki efek adiktif yang kuat, setelah bertahun-tahun merokok, tubuh terkondisikan untuk bergantung pada nikotin, baik itu secara fisik maupun mental. Dan ketika seseorang berhenti merokok, artinya tidak ada asupan nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

Masa-masa awal akan memunculkan reaksi balik atau withdrawal berupa mood yang buruk, emosi yang sedikit tidak stabil,  juga beberapa gejala fisik lain. beberapa gejala fisik tersebut seperti efek kegelisahan, lapar dan haus terus menerus, rasa pening, sakit kepala, pegal-pegal, mulut yang asam, batuk berat, rahang yang pegal dan masih banyak lagi.

Rasa tidak nyaman ini akan bertahan setidaknya selama 2 – 4 pekan. Sampai tubuh benar-benar beradaptasi untuk tidak lagi candu terhadap nikotin. Lamanya proses adaptasi ini akan bergantung pada seberapa lama dan seberapa berat kebiasaan merokok yang sudah dijalankan sebelumnya.

Tidak mudah memang memutuskan berhenti merokok. Tetapi ini akan menjadi awal yang baik untuk tubuh Anda. Untuk memudahkan Anda, Anda bisa mengawali niat baik ini dengan mencoba resep herbal berhenti merokok berikut.

Resep Herbal Berhenti Merokok

Salah satu cara untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk ini adalah dengan resep herbal berhenti merokok. Adapun bahan dan cara pembuatan resep herbal berhenti merokok tersebut adalah sebagai berikut:

Bahan Baku:

Wortel berukuran sedang, 2 – 3 buah.

Cara Membuat Ramuan Herbal Berhenti Merokok:

Kupas wortel dan cuci bersih dengan air mengalir.
Masukan wortel ke dalam air mendidih selama 2 – 3 menit.
Angkat dan tiriskan.

Cara Konsumsi:

Makan wortel sebagai camilan atau kudapan.
Lakukan setiap hari selama 2 – 3 minggu.

Catatan:

Wortel sebaiknya tidak dicuci dengan cara direndam atau dicuci terlalu lama karena nutrisi di dalamnya bisa hilang.

Kenapa Wortel Baik untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok?

Salah satu cara alami yang diakui secara medis dapat membantu Anda lebih nyaman berhenti merokok adalah dengan wortel. Mengonsumsi wortel akan membantu Anda merasa lebih nyaman dalam masa-masa withdrawal atau efek balik ketika Anda diawal-awal berhenti merokok.

Masa-masa ini akan cukup berat bagi perokok, karena tubuh yang notabene masih candu terhadap nikotin dipaksa tidak mendapatkan asupan nikotin. Efek candu akan menyebabkan rasa tidak nyaman.

wortel untuk ramuan herbal berhenti merokok

Wortel (Credit: Nattika/Shutterstock)

Dalam wortel ditemukan kandungan karoten yang baik untuk sistem mukosal pada sistem pernafasan dan membantu memulihkan fungsi saluran pernafasan yang rusak karena bahaya rokok.

Sebagai material antioksidan, karoten juga baik untuk mengenyahkan komponen nikotin yang terendap dalam pernafasan. Membantu mempercepat proses adaptasi tubuh untuk berhenti bergantung pada nikotin.

Dalam uji empiris juga terbukti bahwa wortel akan membantu memudahkan proses adaptasi dan meringankan efek withdrawal yang dirasakan ketika proses berhenti merokok dimulai.

Menariknya, tidak ada batasan untuk Anda mengonsumsi wortel. Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak tanpa efek samping berarti. Kadar vitamin A di dalam wortel berupa karoten yang dianggap tidak membahayakan densitas tulang. Dan justru dapat bekerja sebagai antioksidan yang baik atasi efek radikal bebas dan toksin dari rokok.

Tips-Tips Lain untuk Berhenti Merokok

Selain dengan memanfaatkan bantuan resep herbal berhenti merokok, Anda bisa pula mengikuti tips-tips berhenti merokok yang ditulis oleh Allen Carr pada salah satu bukunya bertajuk The Easy Way to Stop Smoking.

Dalam buku tersebut, kita dipandu untuk lebih mudah dan konsisten untuk berhenti merokok dengan beberapa tahapan seperti berikut.

Baca juga  Hilangkan Bisul Menyakitkan di Payudara dengan 2 Resep Herbal Ini

Tentukan Waktunya


Coba untuk menentukan kapan Anda akan  mulai berhenti merokok, detail dengan tanggal dan jamnya. Dan biarkan Anda menikmati batang-batang rokok terakhir Anda dengan tanpa gangguan. Bagi sebagian orang berpisah dari rokok cukup memberi efek psikologis dan dengan cara ini Anda dibantu mengendalikan efek psikologis ini.

berhenti merokok

Sumber: hertfordshiremercury/ gettyimages

Dengan memberi waktu persiapan, Anda akan lebih baik menghadapi masa-masa berat di awal. Juga akan lebih puas menikmati rokok-rokok terakhir Anda sebaik mungkin. Jangan berpikir memulai lebih awal karena ini akan membuat Anda secara mental belum siap.

Beri Waktu Khusus pada Batang Terakhir


Sebagaimana Anda akan kehilangan seseorang terkasih, memiliki waktu terakhir dengannya secara khusus akan membantu Anda lebih ikhlas melepasnya. Terdengar berlebihan, tetapi sebagaimana sudah dijelaskan, bagi sebagian orang berhenti merokok dapat memberi efek psikologis.

Rokok membantu mereka merasa nyaman, membantu meringankan beban mental di saat buruk dan membantu seseorang merasa lebih percaya diri. Efek mental ini membantu seseorang tergantung tidak hanya secara fisik, tetapi juga secara psikologis terhadap rokok.

Karena itu coba luangkan waktu khusus di batang terakhir dan buat Anda menikmati sebaik mungkin rokok ini. Kemudian katakan dalam hati, bahwa Anda akan berhenti merokok,  ini akan menjadi batang Anda yang benar-benar terakhir.

Lihat ke Depan


Anda akan mengalami masa-masa berat di pekan-pekan pertama. Berhenti merokok akan membuat Anda mengalami efek withdrawal yang cukup tidak nyaman sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

Ini adalah proses ketika nikotin akan secara perlahan berkurang dari dalam tubuh. Sementara tubuh beradaptasi untuk mulai hidup tanpa nikotin dan belajar untuk tidak lagi candu terhadap nikotin.

Perlu tekad kuat untuk bertahan di waktu-waktu ini. Anda perlu menciptakan keyakinan, bahwa yang Anda lakukan sudah benar dan bahwa Anda akan mendapatkan manfaatnya di kemudian hari. Juga bahwa kebiasaan merokok sama sekali tidak memberi manfaat untuk tubuh Anda, dan justru membawa masalah serta penyakit.

Alihkan Diri


Menghadapi efek withdrawal kadang akan cukup mengganggu. Bila diperlukan coba untuk kurangi kegiatan yang menuntut kerja dengan konsentrasi tinggi. Sibukan diri Anda dengan hal-hal yang membuat Anda nyaman dan lupa akan waktu. Ini mengalihkan perhatian Anda pada hal-hal menarik dan lupa akan ketidak nyamanan yang Anda alami.

Beberapa orang memilih menghindari kopi atau teh karena biasanya mereka mengonsumsi minuman ini bersama rokok. Tetapi justru Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi kopi dan teh sebagaimana biasa.

Ini akan membantu Anda merasa lebih baik, karena efek stimulasi dari kafein akan membantu mengurangi ketidak nyamanan dari efek withdrawal. Menghindari kopi atau teh juga akan membuat masa-masa ini terasa lebih berat, karena seolah Anda juga dipaksa berhenti mengonsumsi kopi atau teh padahal sebenarnya tidak.

Anda akan menikmati sebuah sensasi berbeda pada akhirnya, ketika Anda menemukan diri Anda dapat menikmati secangkir kopi panas favorit Anda tanpa harus terusik oleh rasa rokok. Fakta di lapangan, justru dengan tetap menikmati kopi atau teh Anda akan lebih cepat pulih dari efek withdrawal.

Mengonsumsi resep herbal berhenti merokok juga dipercaya dapat membantu Anda lebih cepat mengatasi efek withdrawal dari nikotin. Dan membantu Anda lebih cepat bebas dari bahaya merokok.

Tidak Ada Istilah “Hanya Satu Batang”


Mentoleransi satu batang hanya akan membuat proses Anda berhenti dan terulang dari awal. Ini membuat pengorbanan Anda selama beberapa hari menghadapi ketidak nyaman efek withrawal nikotin menjadi sia-sia.

Karena selama masa pemulihan ini, mencoba kembali rokok, meski hanya satu batang dan meski hanya rokok dari jenis yang ringan akan membangkitkan kembali efek candu yang sudah mulai berangsur berkurang. Sedikit sentuhan nikotin merusak sistem yang sudah mulai terbentuk.

Hindari Bahan Pengganti


Beberapa orang menemukan cara untuk menggantikan kebiasaan merokok dengan mengonsumsi permen, permen karet, e cigarete dan beragam produk lain. sayangnya diam-diam produk-produk ini juga tetap mengandung kadar nikotin kecil atau nikotin sintetis.

Sebagaimana dijelaskan diatas, untuk berhenti merokok, Anda harus mencoba untuk bebas dari sentuhan nikotin sama sekali setidaknya dalam beberapa pekan. Menggunakan produk pengganti dengan kandungan nikotin akan membuat usaha Anda tidak akan memberi hasil.

Baca juga  Resep Herbal Bronkitis untuk Redam Batuk, Sesak Napas, dan Gejala Lainnya

Anda bisa mengonsumsi beberapa produk seperti mengunyah permen mint atau permen jahe, permen karet pedas atau rempah-rempah seperti licorice. Efeknya meski tidak kuat tetap cukup membantu mengurangi rasa asam di mulut dan membantu Anda lebih nyaman menghadapi masa withdrawal.

Jangan Simpan Rokok Anda


Berhenti merokok membuat Anda berlabel sebagai non perokok dan bukan sebagai bekas perokok. Seorang yang tidak merokok atau non perokok tentu saja tidak punya alasan untuk menyimpan rokok di laci kerja atau saku celananya.

Jadi apapun alasannya, ketika Anda menemukan masih ada beberapa batang rokok di dalam kotak rokok Anda setelah batang terakhir selesai Anda hisap. Segera singkirkan, berikan ke orang lain atau buang saja.

Jangan biarkan pikiran Anda masih berpikir soal adanya rokok cadangan yang diam-diam masih Anda simpan. Ini akan memancing Anda mencari kembali rokok di saat-saat sulit Anda. Biarkan tubuh Anda beradaptasi menghadapi kondisi sulit tanpa rokok.

Coba Hindari Tempat Dimana Anda Biasa Merokok


Beberapa orang memiliki tempat khusus ketika merokok, seperti di teras rumah, balkon atau di ruang keluarga. Coba untuk hindari sementara ruang-ruang dimana mereka biasa menghabiskan waktu sembari merokok. Setidaknya sampai efek withdrawal mulai reda.

Kebiasaan yang sering dilakukan di tempat bersangkutan membuat berhenti merokok terasa lebih sulit. Karenanya coba putus ikatan dengan kebiasaan dengan menghindari tempat-tempat yang kerap berkaitan dengan rokok.

Hindari Sementara Lingkungan Perokok


Sebagaimana Anda disarankan untuk menghindari tempat-tempat yang dapat mendorong Anda ingin merokok. Juga ketika kami katakan tubuh Anda sebaiknya berhenti sama sekali dari asupan nikotin untuk sepenuhnya dapat bebas dari efek adiksinya.  Anda sebaiknya menghindar sementara dari lingkungan perokok.

Karena bergaul dengan lingkungan perokok dan menghirup asap rokok teman Anda yang tentu saja tetap mengandung nikotin akan membuat upaya Anda berhenti merokok sulit terwujud.

Kembali pada Lingkungan Anda Setelah Masa Withdrawal Berakhir


Menghindari lingkungan yang sehari-hari mengisi waktu Anda akan terasa sulit tentu saja. Apalagi bila ini harus Anda lakukan dalam jangka panjang. Jadi ketika efek tidak nyaman selama masa adaptasi dan withdrawal berhasil Anda lewati, Anda dapat mulai kembali pada lingkungan lama Anda, termasuk kembali bergaul dengan teman perokok.

Pada masa-masa pemulihan semacam ini, tubuh Anda mulai beradaptasi untuk tidak terikat dengan nikotin dan rokok. Sehingga stimulasi yang diperoleh dari merokok pasif tidak dapat memicu dorongan untuk kembali merokok. Kalaupun muncul dorongan kecil, sebaiknya tetap untuk abaikan. Justru ini akan melatih Anda kebal dari dorongan untuk merokok.

Apa Saja Bahaya Merokok yang Perlu Anda Waspadai?

Secara medis, berhenti merokok dianggap sebagai salah satu keputusan paling sehat dalam hidup seseorang yang sudah menjadi perokok aktif. Ini karena ada sederet bahaya merokok yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Lalu apa saja sebenarnya bahaya merokok?

Salah satu efek yang cukup kentara dari rokok adalah pengaruhnya terhadap fungsi saraf dan otak. Ada bahaya merokok yang mengancam kesehatan fungsi saraf Anda, dan ini berkat komponen nikotin yang dapat mempengaruhi mood seseorang. nikotin juga dipahami membantu meredakan tekanan mental yang dialami.

bahaya merokok

Sumber: verywellhealth / gettyimages

Efek manipulasi mood ini yang secara tidak langsung juga memicu efek depresi, merusak fungsi kognitif hingga menyebabkan keruakan fungsi saraf permanen. Termasuk pula menyebabkan efek ketergantungan.

Kandungan kimia dalam rokok juga berpengaruh pada kesehatan pernafasan. Merokok akan memasukan substansi korotif dan unsur logam yang ketika terhirup dalam pernafasan dapat memicu kerusakan pada organ respiroteri seperti paru-paru dan tenggorokan.

Tidak hanya merusak sistem pernafasan, nikotin juga menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah. Nikotin menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih kecil dan kaku. Menurunkan elastisitas pembuluh darah dan merusak sistem sirkulasi darah dalam jangka panjang. Ini yang sebabnya ada bahaya merokok terhadap jantung dan tekanan darah

Nikotin dan beberapa substansi toksin dalam rokok juga menyebabkan resistensi insulin. Ada kaitan cukup erat antara bahaya merokok terhadap metabolisme energi dan diabetes. Selain ditemukan pula bahaya rokok dan kandungan toksin di dalamnya terhadap kulit, kesuburan, lambung hingga kesehatan tulang.

Unsur toksin dalam rokok sendiri mencapai kisaran 600 – 700 jenis. Dan beberapa memiliki efek signifikan menyebabkan efek mutasi dan inflamasi yang pada akhirnya mengacu pada kanker. sejumlah jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker nasofaring, kanker mulut dan tenggorokan, kanker payudara dan masih banyak lagi dapat dikaitkan dengan bahaya merokok.

Ada banyak bahaya merokok yang sangat perlu kita waspadai dan tentu saja menjadikannya alasan kuat untuk mulai berhenti merokok secepatnya. Konsisten dan kesungguhan niat akan menjadi cara terbaik membantu Anda berhenti merokok. Dan dengan bantuan resep herbal berhenti merokok, Anda bisa menjalankan proses sulitnya dengan lebih ringan.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Jjuuko Ndawula. Newvision. Carrots can help you quit smoking . https://www.newvision.co.ug/new_vision/news/1093021/carrots-help-quit-smoking. Accessed: 2018-11-28. (Archived by WebCite®)

Allen Carr. AllenCarrs Easyway. Top 10 Tips on How to Stop Smoking.  https://www.allencarr.com/free-information/stop-smoking/top-tips-on-how-to-stop-smoking-using-allen-carrs-easyway/. Accessed: 2018-11-28. (Archived by WebCite®)

Nurul Kuntarti

Menggeluti dunia penulisan, namun menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat.


Artikel di-posting oleh Nurul Kurtanti dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.