Resep Herbal untuk Pudarkan Bercak Hitam di Muka

463
tanaman jombang untuk ramuan herbal bercak hitam di muka
© Flickr/Stephen Buchan

Diedit:

Usia 30-an sering dianggap sebagai usia-usia rentan bagi kecantikan kaum wanita. Pada usia ini, mulai timbul beragam masalah pada kulit, termasuk munculnya bercak atau flek-flek di wajah. Untuk mencegah atau mengatasinya, adakah resep herbal bercak hitam di muka yang efektif?

Tenang saja, Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar untuk dijadikan ramuan herbal bercak hitam di muka. Dalam artikel ini akan dijelaskan caranya meramu bahan tersebut dengan sederhana. Temukan juga informasi tentang penyebab flek di wajah dan tips praktis untuk membantu memudarkannya.

Daun Jombang untuk Mengatasi Bercak Hitam di Wajah

Tanaman jombang (Taraxacum officinale) adalah bahan utama untuk ramuan herbal bercak hitam di muka. Jombang kaya akan kandungan yang membantu menjaga kesehatan kulit serta mencegah masalah pada kulit. Anda dapat memanfaatkan bahan alami ini untuk mempertahankan maupun meningkatkan kecantikan wajah.

Jombang dikenal kaya akan antioksidan, sehingga mampu memperlambat penuaan dengan mengurangi flek-flek, kerutan-kerutan, dan garis-garis halus di wajah. Di samping menutrisi kulit, herbal ini membantu mengencangkan kulit serta meratakan warnanya.

tanaman jombang untuk resep herbal bercak hitam di muka
Tanaman Jombang (© lisdenino.it)

Bercak hitam di wajah juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon dan luka bekas jerawat. Jombang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah itu. Ini berkat kemampuannya untuk mengatur sekresi dari hormon-hormon dan melebarkan pori-pori, sehingga memudahkan pengeluaran racun melalui keringat.

Jika dioleskan pada jerawat, jombang berkhasiat untuk menghambat infeksi mikroba pada luka jerawat. Kandungan vitamin C di dalamnya akan mempercepat penyembuhan jerawat, sehingga mengurangi kenampakan bekas luka dan peradangan merah yang sering ditimbulkannya.

Tanaman herbal ini juga bersifat alkalin dan memiliki kemampuan pembunuh kuman, jamur, dan insektisida yang potensial. Karena itu, jombang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti gatal-gatal, eksem, kutil, kaki atlet, kurap, dan kondisi serupa lainnya.

Resep Herbal Bercak Hitam di Muka

Bahan:

Daun jombang yang masih segar, secukupnya saja.

Cara Meramu Resep:

Cuci daun jombang sampai bersih, lalu rebus dengan air secukupnya.
Angkat dan dinginkan air rebusannya.

Aturan Pakai:

Kompreskan air ramuan pada wajah yang memiliki bercak-bercak hitam.
Lakukan setiap hari sampai bercak hitam di muka memudar.

Resep Herbal Alternatif dengan Noni Juice

Herbal Noni juice memiliki beragam kandungan bermanfaat untuk melindungi kulit Anda dari luar dan dalam. Misalnya, kandungan-kandungan mineralnya akan mengaktifkan enzim-enzim antioksidan tubuh untuk melawan oksidasi pada sel-sel kulit. Dengan demikian warna kulit Anda menjadi lebih cerah dan merata.

Baca juga:  Ramuan Tradisional: Bahan, Cara Membuat, dan Aturan Minumnya
Noni juice untuk resep herbal bercak hitam di muka
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (© Wikimedia Commons)

Kandungan antioksidan Noni juice, misalnya alfa-tokoferol, asam askorbat, dan glutation berguna untuk mencegah kerusakan pada kulit. Kandungan flavonoid di dalamnya juga akan mengatasi dampak enzim-enzim negatif yang bisa membuat kulit wajah kusam.

Herbal ini juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari. Khasiatnya ini tentu berguna dalam mencegah bertambahnya bercak-bercak hitam di wajah. Jadi Noni juice memiliki peran ganda: membantu menghilangkan bercak-bercak di wajah, sekaligus mencegah agar bercak-bercak tersebut tidak bertambah bayak.

Aturan Minum Noni Juice:

Tidak seperti resep herbal bercak hitam di muka di atas, herbal ini bisa langsung diminum. Takaran minum Noni juice yang disarankan yakni: 50 ml (kurang-lebih ¼ gelas belimbing) diminum 2 kali sehari. Umumnya perubahan positif pada kulit wajah akan terlihat beberapa minggu setelah rutin mengonsumsinya.

Apa Penyebab Bercak Hitam di Muka?

Flek atau bercak hitam di muka merupakan hasil hiperpigmentasi di kulit yang biasanya terjadi di usia 30-an. Hiperpigmentasi diakibatkan oleh penumpukan melanin di bagian kulit tertentu. Itu mungkin di wajah, dahi, atau di pipi.

pigmentasi kulit

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan bercak hitam di wajah, seperti faktor genetik (keturunan), kehamilan, sinar UV, atau masalah pada kulit. Pada orang-orang berusia 20 – 50 tahun, mereka mengalami perubahan hormon akibat stres, mengonsumsi pil KB, atau mengalami menopause yang juga memicu flek-flek hitam.

Terlalu sering terkena cahaya matahari saat berada di luar ruangan juga merupakan penyebab bercak hitam di muka. Untuk orang-orang berusia di bawah 20 tahun, flek di wajah bisa disebabkan oleh luka bekas jerawat dan tanda kemerahan yang ditinggalkan oleh bekas infeksi.

Agar lebih jelas mengetahui apa penyebab flek-flek di wajah, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit. Dokter juga dapat membantu merekomendasikan perawatan terbaik untuk menghilangkan flek-flek di wajah.

Waspadai Bercak Hitam yang Berbahaya!

Flek atau bercak hitam di wajah juga dapat menjadi tanda-tanda dari penyakit mematikan—kanker kulit. Jika Anda menyadari kemunculan bercak atau flek baru di wajah, cobalah perhatikan ciri-cirinya. Berikut adalah ciri-ciri dari bercak yang perlu dicurigai:

  • Bentuknya asimetris: Tidak beraturan, atau berlainan antara satu sisi dengan sisi lainnya. Satu sisi mungkin lebih besar dari sisi lainnya.
  • Lihat pinggirannya: Curigai bercak yang pinggirannya tidak beraturan.
  • Amati warnanya: Waspadai bercak yang memiliki lebih dari satu warna, terutama yang warnanya gelap.
  • Ukur diameternya: Kanker kulit melanome biasanya memiliki diameter seukuran atau lebih besar dari penghapus di ujung pensil. Kadang ukurannya lebih kecil.
  • Pantau perkembangannya: Periksa ke dokter jika bercak dengan cepat berubah, tiba-tiba berdarah, dan terasa sakit atau gatal.

Segera konsultasi dengan dokter kulit bila Anda melihat adanya ciri-ciri seperti di atas. Jika dokter juga curiga dengan flek tersebut, beliau mungkin akan melakukan tes biopsi dengan mengambil sedikit sampel fleknya. Dokter juga mungkin akan menyarankan perawatan tertentu untuk menghilangkan bercak di wajah.

Bahan Alami Lain untuk Memudarkan Bercak Hitam

Di samping menggunakan resep herbal bercak hitam di muka, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami lainnya. Berikut akan dijelaskan cara menggunakan bahan-bahan alami yang membantu menghilangkan flek-flek hitam.

Baca juga:  Resep Herbal Rabun Senja untuk Mempertajam Penglihatan

Air Perasan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang berguna mencerahkan noda-noda gelap di muka. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan lemon:

  • Peras lemon dan kumpulkan airnya di kapas, gosokkan kapas ke area flek-flek di wajah.
  • Tunggu sampai kering, cuci muka dengan air biasa.
  • Lakukan ini selama 2 minggu atau sampai puas dengan hasilnya.

Kalau kulit Anda sensitif, sebaiknya campur dulu air lemon dengan air biasa. Dan jangan lakukan ini jika ada luka yang masih terbuka di kulit. Hindari juga sinar matahari langsung setelah menerapkan air lemon ke wajah.

Kentang

Kentang punya kemampuan memutihkan kulit sehingga membantu memudarkan bercak-bercak hitam di wajah, bekas luka, maupun noda-noda lainnya. Kandungan zat pati di dalam kentang membantu mengatasi hiperpigmentasi.

  • Potong satu buah kentang menjadi beberapa irisan.
  • Tempelkan irisan kentang langsung ke flek-flek di muka.
  • Tunggu beberapa menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

Alternatifnya, Anda bisa membuat masker wajah dengan memarut kentang dan mencampurnya dengan 1 sdt madu murni. Biarkan masker kentang tetap di muka sampai 15 menit, lalu cuci muka dengan air hangat.

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal kemampuannya untuk mempercantik kulit. Bagian gel atau lendirnya mengandung polisakarida yang akan mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dengan begitu, sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menimbulkan noda di wajah akan disingkirkan.

  • Ambil bagian dalam (lendir) dari lidah buaya.
  • Langsung oleskan ke bercak-bercak hitam di muka.
  • Selama beberapa menit, pijat wajah dengan lembut menggunakan ujung-ujung jari.
  • Diamkan hingga 15 – 20 menit, lalu cuci muka.
  • Lakukan ini 1 – 2 kali sehari sampai bercak-bercak memudar.

Anda bisa menambahkan minyak dari vitamin E dan minyak jarak untuk dioleskan pada wajah agar khasiatnya semakin bertambah. Jika lidah buaya susah dibersihkan hanya dengan air, gunakan handuk bersih yang direndam air hangat untuk membasuh wajah.

Kesimpulan tentang Bercak Hitam di Wajah

Flek atau bercak hitam di muka muncul karena adanya hiperpigmentasi di kulit. Ada beberapa hal yang dapat memicu hiperpigmentasi, misalnya paparan sinar UV, masalah pada kulit, perubahan hormon, dan faktor genetik atau keturunan.

Pada umumnya, penyebab utama timbulnya bercak hitam tersebut adalah karena terlalu banyak terkena sinar matahari. Jadi sebenarnya Anda bisa mengurangi atau mencegahnya dengan sebisa mungkin menghindari paparan cahaya matahari. Jika harus keluar ruangan, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30.

Beruntung saat ini sudah tersedia beragam jenis perawatan untuk menghilangkan flek-flek mengganggu ini. Anda pun bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar, termasuk daun jombang, untuk dijadikan ramuan herbal bercak hitam di muka.

Demikianlah penjelasan tentang resep herbal bercak hitam di muka. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Nantikan juga info-info herbal khas nusantara lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Choudhary, Tanya. StyleCraze. 28 Amazing Benefits Of Dandelion (Dudal) For Skin, Hair, And Health. Published: 2017-09-22. URL: https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-dandelion-for-skin-hair-and-health/. Accessed: 2018-11-13. (Archived by WebCite®)

Consumer Health Digest. Dark Spots on Face: Causes and Treatments. URL: https://www.consumerhealthdigest.com/skin-care/dark-spots-on-face.html. Accessed: 2018-08-01. (Archived by WebCite®)

American Cancer Society. Signs and Symptoms of Melanoma Skin Cancer. Published: 2016-05-19. URL: https://www.cancer.org/cancer/melanoma-skin-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-and-symptoms.html. Accessed: 2018-08-01. (Archived by WebCite®)

Top10HomeRemedies. Home Remedies for Black Spots on Face. Published: 2018-08-07. URL: https://www.top10homeremedies.com/home-remedies/home-remedies-for-black-spots-on-face.html. Accessed: 2018-08-01. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia