Share:

Terakhir Diedit:

Bengkak setelah cedera hampir tidak bisa terhindarkan. Sebenarnya bengkak adalah respon alami tubuh untuk melindungi bagian tubuh yang terluka. Namun jika bengkaknya berlebihan tentunya membuat tidak nyaman. Anda bisa membantu mengurangi pembengkakannya dengan resep herbal bengkak yang efektif.

Dalam artikel ini akan dijelaskan 3 resep herbal bengkak yang mudah untuk diramu. Di samping itu, Anda juga akan menemukan informasi mengenai apa sebenarnya penyebab bengkak pada anggota tubuh juga tips praktis untuk mempercepat pemulihan bengkak akibat cedera.

Resep Herbal Bengkak dengan Pegagan


Bahan:

Serbuk kering pegagan, 1.5 gram.

Cara Meramu Resep:

Seduh serbuk kering pegagan di dalam ½ cangkir air panas.
Biarkan hingga air seduhan mendingin.

Aturan Pakai:

Setelah dingin, minum ramuan herbal bengkak sekaligus habis.
Lakukan pengobatan ini 3 kali sehari sampai bengkak kempis.

pegagan untuk resep herbal bengkak

Tanaman Pegagan (Credit: Flickr/Nelindah)

Tanaman pegagan (Centella asiatica) dapat membantu mengurangi pembengkakan serta melancarkan aliran darah.  Di samping itu, herbal pegagan juga memiliki kandungan bernama triterpenoid yang tampaknya mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan antioksidan di lokasi luka, mengencangkan kulit, serta melancarkan aliran darah di area yang terluka.

Resep Herbal Bengkak dengan Ranting Jakang & Arak Beras


Bahan:

Ranting jakang yang masih segar, 60 gram.
Arak beras, 1 seloki.

Cara Meramu Resep:

Giling atau tumbuk ranting jakang sampai halus.
Tambahkan arak beras sambil diaduk rata.
Panaskan sebentar, peras, kemudian kumpulkan air perasannya.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal bengkak ini sekaligus habis.
Tempelkan ampasnya pada anggota tubuh yang bengkak, kemudian balut dengan perban.

tanaman jakang untuk resep herbal bengkak

Tanaman Jakang (Credit: Deposit Photos)

Resep Herbal Bengkak dengan Biji Gude


Bahan:

Biji kacang gude, secukupnya saja.

Cara Meramu Resep:

Giling atau tumbuk biji gude sampai halus.
Tambahkan sedikit air sampai menjadi seperti bubur.

Aturan Pakai:

Oleskan bubur ramuan herbal bengkak ini pada bagian tubuh yang bengkak.

kacang gude untuk ramuan herbal bengkak

Kacang Gude (Credit: Flickr/Vallari Vindhya)

Biji gude memiliki kandungan senyawa kimia yang bersifat anti-inflamasi. Diketahui bahwa pembengkakan sering kali disebabkan oleh inflamasi (peradangan) yang terjadi di bagian tubuh tersebut. Karena bersifat anti-inflamasi, biji gude dapat membantu mengatasi serta mengurangi bengkak.

Baca juga  Resep Herbal untuk Pudarkan Bercak Hitam di Muka

Resep Herbal Alternatif dengan Noni Juice


Noni juice merupakan herbal yang memiliki aktivitas anti-inflamasi yang kuat. Karena inflamasi merupakan salah satu penyebab tersering dari pembengkakan, maka dengan mengonsumsi Noni juice akan membantu mengurangi pembengkakan tersebut. Di samping itu, herbal ini juga membantu meringankan rasa sakit, sehingga rasa sakit akibat cedera juga dapat ditekan.

Untuk memulihkan dan mengempiskan bengkak, Anda bisa mengonsumsi Noni juice dengan dosis 50 ml diminum 2 – 3 kali sehari. 50 ml setara dengan ukuran ¼ gelas belimbing.

buah noni untuk ramuan herbal bengkak

Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Bingregory.com)

Apa Penyebab Bengkak pada Anggota Tubuh?


Bengkak terjadi jika ada organ, kulit, atau bagian tubuh lain yang membesar. Ini biasanya diakibatkan oleh inflamasi (peradangan) atau akibat penumpukan cairan. Pembengkakan bisa terjadi secara internal (di bagian dalam tubuh), atau juga bisa terjadi secara eksternal (di bagian luar kulit dan otot-otot).

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan pembengkakan. Bengkak di luar tubuh (eksternal) seringnya disebabkan oleh gigitan serangga, penyakit, atau cedera. Bengkak di dalam tubuh (internal) sering kali disebabkan oleh efek samping pengobatan atau karena cedera serius.

Bengkak eksternal ada dua macam: yang terbatas dan yang menyebar. Pembengkakan eksternal yang terbatas memaksudkan bengkak yang hanya terjadi di satu area spesifik. Contohnya, orang yang mengalami infeksi mata mungkin hanya bengkak di sekitar matanya saja. Orang yang digigit serangga mungkin hanya bengkak di sekitar area yang digigit itu.

Sedangkan pembengkakan yang menyebar terjadi di area tubuh yang luas. Ini biasanya merupakan tanda dari penyakit serius. Sering kali penyebabnya adalah penumpukan cairan atau reaksi alergi. Beberapa penyebab lain dari pembengkakan yang menyebar yaitu gagal ginjal, gagal jantung, reaksi alergi berat (anafilaksis), dan gigitan serangga beracun.

Para penderita diabetes atau jenis kanker tertentu juga dapat mengalami pembengkakan yang menyebar, atau bengkak di anggota-anggota tubuh mereka, seperti di jari-jari tangan dan kaki. Pembengkakan semacam itu dapat terjadi secara berkala atau pada waktu-waktu tertentu.

Ingat Ini!

Resep herbal bengkak sebaiknya hanya dimanfaatkan untuk membantu menangani pembengkakan yang disebabkan oleh cedera, bukan karena penyakit atau penyebab lain yang serius. Bila bengkak dirasa diakibatkan oleh penyebab yang serius, ada baiknya Anda periksa ke dokter.

Anda juga harus segera mencari pertolongan medis jika mengalami pembengkakan yang terjadi dengan cepat dan tanpa sebab, terutama bila disertai dengan kenaikan berat badan serta rasa nyeri.

Tips Praktis Mengempiskan Bengkak Akibat Cedera


Sebagai bagian dari respon inflamasi tubuh, pembengkakan adalah reaksi alami tubuh terjadap cedera. Kelebihan cairan yang dihasilkan oleh tubuh membantu melindungi jaringan yang terluka agar tidak cedera lebih lanjut.

Baca juga  Atasi Luka Memar dengan Resep Herbal Memar

Meskipun bengkak tidak terhindarkan sewaktu cedera, tetapi Anda perlu melakukan sesuatu untuk mengendalikan proses pembengkakan ini. Itu penting karena tiga alasan: terlalu banyak pembengkakan akan memperlambat penyembuhan; peradangan yang tidak teratasi dapat menimbulkan lebih banyak pembengkakan; dan terlalu banyak pembengkakan akan membuat tidak nyaman dan membatasi pergerakan.

Di samping menggunakan resep herbal bengkak seperti di atas, ada sejumlah tips praktis lain untuk membantu mengendalikan proses inflamasi alami tubuh ini. Upayakanlah kelima tips berikut ini untuk mengurangi pembengkakan:

Istirahat

Memaksa menggunakan bagian tubuh yang cedera akan menambah parah pembengkakan. Contohnya, mencoba berjalan dengan pergelangan kaki yang keseleo dapat menyebabkan penumpukan cairan lebih banyak karena tubuh berupaya melindungi jaringan yang terluka itu. Jadi sebaiknya Anda istiharat setidaknya beberapa hari jika mengalami cedera.

Terapi Es

Menggunakan kompres es segera setelah cedera membantu mengurangi bengkak karena itu membatasi aliran darah ke area itu serta memperlambat metabolisme selular. Anda bisa gunakan es batu yang dibungkus handuk untuk ditempelkan ke bagian yang cedera selama 20 – 30 menit beberapa kali sehari. Ini terutama penting pada beberapa hari pertama setelah cedera.

Kompresi

Memberikan tekanan (kompresi) pada cedera akan membantu mengurangi pembengkakan karena itu membatasi aliran darah dan cairan lainnya. Anda bisa menerapkan kompresi dengan membalutnya dengan perban elastis. Ketika membalut, atur agar tekanannya cukup tetapi tidak terlalu ketat. Karena pembengkakan bisa berkurang dan bertambah, sesuaikanlah balutan perban dengannya.

Elevasi

Mengangkat (elevasi) bagian tubu yang cedera lebih dari posisi dada juga membantu mengurangi aliran darah sehingga mengurangi pembengkakan. Misalnya jika kaki cedera, pastikan posisi kaki lebih tinggi dengan menyangganya pakai bangku, bantal, atau benda lain.

Pembengkakan memang respon alami tubuh terhadap cedera. Namun jika diabaikan tanpa ditangani, bengkak dapat semakin lama sembuh. Jadilah proaktif dengan mengupayakan tips-tips praktis di atas serta menggunakan ramuan herbal bengkak yang cocok bagi Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai 3 resep herbal bengkak. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Nantikan juga informasi menarik seputar ramuan-ramuan herbal asal Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Kahn, April. Healthline. What Causes Swelling?. Reviewed: 2016-06-28. URL: https://www.healthline.com/symptom/swelling. Accessed: 2018-11-05. (Archived by WebCite®)

Game Ready. 5 Methods to Reduce Swelling From an Injury. Published: 2018-07-30. URL: http://blog.gameready.com/blog/5-methods-to-reduce-swelling-from-an-injury. Accessed: 2018-11-05. (Archived by WebCite®)

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.