Share:

Terakhir Diedit:

Bengkak di persendian adalah ciri khas dari penyakit radang sendi (artritis). Jika Anda salah seorang penderitanya, kemungkinan Anda sudah sering mengalami kekambuhan. Selama menderita penyakit ini, pernah kah Anda mencoba resep herbal bengkak di persendian?

Sebagian orang menggunakan herbal untuk mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri akibat radang sendi. Mereka beralih ke herbal karena khawatir akan efek samping obat-obatan medis apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Bila Anda juga ingin memanfaatkan herbal, maka simaklah artikel ini yang akan menjelaskan 3 ramuan herbal bengkak di persendian yang telah diuji secara empiris maupun ilmiah.

Herbal 1: Gandarusa

Tanaman gandarusa (Justicia gendarussa) memiliki kemampuan anti-artritis yang membuatnya bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan di persendian akibat artritis (radang sendi).

daun gandarusa untuk resep herbal bengkak di persendian

Daun Gandarusa (Credit: blog.xuite.net)

Hasil penelitian yang diulas pada jurnal berjudul “Anti-Arthritic Potential of the Plant Justicia Gendarussa Burm F” mengungkapkan bahwa ekstrak gandarusa menunjukkan aktivitas anti-artritis yang serupa dengan aspirin. Aspirin adalah obat yang sering digunakan untuk mengatasi radang sendi.

Penelitian itu menemukan kandungan senyawa seperti flavonoid dan β-sitosterol yang terkenal dengan kemampuan anti-inflamasi nya. Kehadiran dari senyawa-senyawa semacam inilah yang kemungkinan memberikan manfaat anti-artritis pada herbal gandarusa.

Resep Herbal Bengkak di Persendian – Gandarusa


Bahan:

Daun gandarusa yang masih segar, secukupnya.
Minyak kelapa, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun gandarusa, olesi dengan minyak kelapa.
Panaskan di atas api sampai daun layu.

Aturan Pakai:

Tempelkan ramuan herbal bengkak di persendian ini ke sendi yang bengkak.

Herbal 2: Daun Wungu

Tanaman daun wungu (Graptophyllum pictum) sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia. Penelitian yang diulas dalam jurnal berjudul “Antiinflammatory effect of Graptophyllum pictum (L.) GRIFF” menjelaskan kemampuan tanaman ini sebagai anti-inflamasi atau untuk mengatasi peradangan.

daun wungu untuk ramuan herbal bengkak di persendian

Daun Wungu (Credit: Flickr/Dinesh Valke)

Diketahui bahwa salah satu penyebab umum dari bengkak di persendian ialah adanya peradangan (inflamasi) di bagian sendi itu. Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa aktivitas anti-inflamasi yang dimiliki tanaman herbal ini kemungkinan berasal dari kandungan senyawa flavonoidnya.

Di samping bermanfaat untuk mengatasi peradangan di persendian, daun wungu juga akan memberikan efek analgesik. Ini adalah efek untuk mengurangi rasa nyeri yang biasa muncul saat radang sendi. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan resep herbal bengkak di persendian ini untuk mengurangi bengkak sekaligus meredakan rasa nyeri.

Resep Herbal Bengkak di Persendian – Daun Wungu


Bahan:

Kulit batang daun wungu, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih kulit batang daun wungu, lalu tumbuk sampai halus.
Ramuan herbal bengkak di persendian siap digunakan sebagai obat luar.

Aturan Pakai:

Oleskan ramuan di permukaan sendi yang bengkak, kemudian balut dengan perban.
Ganti ramuan herbal bengkak di persendian ini 2 kali sehari.

Herbal 3: Daun Asam & Kunyit

Daun dari tanaman asam jawa (Tamarindus indica) diyakini mempunyai aktivitas anti-inflamasi dan anti-nosiseptif yang dapat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat radang sendi. Kedua aktivitas tersebut telah diungkapkan dalam jurnal penelitian berjudul “Anti-Inflammatory and Antinociceptive Activities of a Hydroethanolic Extract of Tamarindus indica Leaves”.

daun asam untuk resep herbal bengkak di persendian

Daun Asam Jawa (Credit: South Florida Trees/Bill Buckley)

Sedangkan kunyit (Curcuma longa) sudah sejak dulu dipercayai khasiatnya untuk pengobatan radang sendi. Kandungan senyawa dalam kunyit yang terutama berkhasiat ialah kurkumin. Kurkumin mampu menghambat dan mengurangi peradangan pada persendian sehingga dapat membantu mengatasi pembengkakan serta nyeri di sendi yang terkena artritis.

Resep Herbal Bengkak di Persendian – Daun Asam & Kunyit


Bahan:

Daun asam jawa yang masih muda, secukupnya.
Rimpang kunyit, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Tumbuk daun asam and rimpang kunyit sampai halus.
Seduh dengan sedikit air panas, lalu aduk-aduk sampai merata.

Aturan Pakai:

Oleskan ramuan herbal bengkak di persendian ini pada bagian yang bengkak.

Alternatif Herbal Bengkak di Persendian dengan Noni Juice

Noni juice memiliki kinerja yang efektif dalam mengurangi gejala penyakit artritis, termasuk bengkak di persendian. Setelah masuk ke dalam tubuh, herbal ini akan bekerja dengan menghambat enzim COX-2—enzim yang timbul akibat inflamasi yang disebabkan oleh artritis.

buah noni untuk ramuan herbal bengkak di persendian

Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Noninz.com)

Menghambat enzim ini berarti akan menghambat produksi prostaglandin oleh COX-2 yang sering kali menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan akibat peradangan sendi. Itu artinya, jika rutin mengonsumsi Noni juice, Anda akan dibantu terbebas dari rasa nyeri dan bengkak di persendian akibat artritis atau radang sendi.

Aturan Minum Noni Juice:

Berbeda dengan resep herbal bengkak di persendian yang lainnya, Noni juice sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal. Jadi Anda bisa langsung mengonsumsinya sesuai dosis tanpa perlu diolah. Untuk membantu mengatasi gejala artritis atau radang sendi, Anda dianjurkan untuk minum 50 ml sebanyak 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kurang-lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Apa Sebenarnya Penyebab Bengkak di Persendian?

Bengkak di persendian, sering kali disertai rasa kaku, adalah gejala umum dari penyakit artritis. Artritis, atau radang sendi, merupakan istilah yang merujuk pada penyakit di persendian. Ada lebih dari 100 jenis artritis yang berbeda. Penyakit artritis lebih umum dialami oleh wanita dan lebih rentan terjadi pada lansia.

Baca juga  Resep Herbal Pembengkakan Kaki, Cara Alami Ciutkan Kaki yang Membengkak

Pembengkakan artritis bisa terjadi karena dua alasan utama. Pertama karena lapisan pada persendian, disebut sinovium, mengalami pembengkakan. Kedua karena cairan sinovial yang ada di persendian mengalami peningkatan volume.

Ini adalah proses aktif dimana sel-sel inflamasi (terutama sel-sel darah putih) dan lebih banyak darah memasuki persendian. Sementara molekul-molekul inflamasi, seperti protein-protein kecil (peptida) dilepaskan ke jaringan lunak di sekitar sendi.

Peningkatan aliran darah itu membuat sendi menjadi bengkak dan terasa panas. Zat-zat yang menimbulkan inflamasi menyebabkan cairan sendi berkumpul pada persendian dan sekitarnya; sehingga memperparah pembengkakan. Jenis bengkak di persendian yang Anda alami dapat bervariasi tergantung pada jenis artritis yang diderita.

Kaku dan bengkak di persendian bisa terjadi di semua sendi—jari dan tangan, pergelangan tangan, siku, lutut, pergelangan kaki, kaki, bahu, pinggul, atau bahkan rahang.

Tips Praktis untuk Mengendalikan Radang Sendi

Hidup dengan artritis tidaklah mudah dan melakukan pekerjaan sehari-hari, bahkan yang sederhana sekalipun, bisa terasa sakit dan sulit. Namun, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar tetap hidup senyaman mungkin meski menderita radang sendi.

Konsumsi Makanan Sehat

Sangatlah penting untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang jika menderita artritis. Makanan semacam itu akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta untuk mempertahankan berat badan yang ideal.

Konsumsi sehari-hari Anda sebaiknya diisi dengan beragam jenis makanan dari 5 kelompok makanan. Kelima kelompok makanan tersebut yaitu: buah dan sayuran; makanan yang mengandung zat tepung (pati) seperti nasi, kentang, dan roti; daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan; susu dan produk olahannya; serta makanan yang mengandung lemak dan gula.

Jika Anda kegemukan, ada baiknya upayakan kurangi berat badan untuk meringankan gejala-gejala artritis. Kelebihan berat badan memberikan beban ekstra pada persendian di pinggul, lutut, pergelangan kaki, dan kaki, yang tentunya menimbulkan rasa nyeri dan kesulitan untuk bergerak.

Baca juga  Tidur Lebih Nyenyak dengan Resep Herbal untuk Mencegah Berkeringat Malam Hari

Olahraga Teratur

Jika radang sendi menimbulkan rasa nyeri, kemungkinan tidak akan terpikirkan untuk olahraga. Tapi sebenarnya dengan olahraga atau aktif secara fisik, itu akan membantu mengurangi bahkan mencegah rasa nyeri.

Olahraga yang teratur juga bermanfaat untuk: meningkatkan jangkauan pergerakan dan mobilitas sendi; meningkatkan kekuatan otot, mengurangi rasa kaku di sendi; serta menambah energi Anda. Selama Anda memilih olahraga yang tepat dan tidak berlebihan, rasa nyeri artritis tidak akan bertambah parah.

Kombinasikanlah dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, dengan begitu olahraga akan membantu mengurangi kelebihan berat badan serta meringankan nyeri di persendian. Jika dirasa perlu, Anda boleh berkonsultasi dengan dokter atau terapis yang berpengalaman mengenai jenis olahraga yang tepat.

Perawatan Sendi

Penting untuk merawat persendian agar tidak terjadi kerusakan lebih banyak. Misalnya, coba kurangi tekanan pada persendian selagi Anda melakukan pekerjaan sehari-hari seperti mengangkat atau memindahkan barang. Berikut adalah beberapa tips untuk melindungi persendian:

  • Gunakan sendi-sendi yang lebih besar dan kuat sebagai tumpuan—misalnya, tekankan pada bahu Anda untuk membuka pintu yang berat daripada bertumpu pada tangan.
  • Gunakan beberapa sendi sekaligus untuk menyebarkan berat barang—misalnya, gunakan kedua tangan untuk membawa belanjaan atau bagi rata berat barang dengan menggunakan tas ransel.
  • Jangan memegang terlalu erat—longgarkan genggaman tangan Anda atau gunakan pegangan berlapis untuk melonggarkan genggaman tangan.

Anda juga dianjurkan untuk tidak duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama. Berdiri dan bergeraklah sesekali dari posisi duduk. Sewaktu duduk, jaga posisi tetap tegak dan tidak bungkuk atau miring.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang 3 resep herbal bengkak di persendian dan tips-tips praktis untuk mengendalikan radang sendi. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan. Nantikan juga informasi tentang ramuan-ramuan herbal Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

P, Jijesh, K, Srinivasan, P, Bhagath, dkk. 2009. Anti-Arthritic Potential of the Plant Justicia Gendarussa Burm F. Clinics (Sao Paulo, Brazil). 64(4):357-62

O, Yukihiro, S, Setsuko, S, Soekeni, H, Masatoshi. 1989. Antiinflammatory effect of Graptophyllum pictum (L.) GRIFF. Chemical & Pharmaceutical Bulletin. 37(10):2799-802

B, Santosh, M, Vijay, R, Sushil, dkk. 2012. Anti-Inflammatory and Antinociceptive Activities of a Hydroethanolic Extract of Tamarindus indica Leaves. Scientia Pharmaceutica. 80(3):685–700

Arthritis Foundation. Turmeric. URL: https://www.arthritis.org/living-with-arthritis/treatments/natural/supplements-herbs/guide/turmeric.php. Accessed: 2018-11-07. (Archived by WebCite®)

S, Basar, K, Unlenhut, P, Högger, F, Schöne, J, Westendorf. 2010. Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit. Phytotherapy Research. 24(1):38-42

Freeman, Greg. Arthritis Foundation. Inflammation and Stiffness: The Hallmarks of Arthritis. URL: https://www.arthritis.org/about-arthritis/understanding-arthritis/arthritis-swelling-and-stiffness.php. Accessed: 2018-11-07. (Archived by WebCite®)

NHS. Living with Arthritis. Reviewed: 2016-01-19. URL: https://www.nhs.uk/conditions/arthritis/living-with/. Accessed: 2018-11-07. (Archived by WebCite®)

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.