Share:

Terakhir Diedit:

Aroma badan tak sedap berasal dari bakteri di kulit yang bercampur dengan zat asam pada keringat. Semua orang bisa mengalami problem yang cukup memalukan ini. Bila Anda mengalaminya, ada baiknya coba resep herbal bau badan agar lebih percaya diri saat berhadapan dengan orang lain.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan informasi tentang 3 resep herbal bau badan yang bahan-bahannya mudah diperoleh. Temukan juga penjelasan mengenai apa saja yang bisa memicu aroma tubuh tak sedap dan tips-tips praktis untuk mencegah bau badan.

Daun Beluntas dan Buah Pinang

Tumbuhan beluntas (Pluchea indica) telah banyak dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk menurunkan demam, meningkatkan selera makan, menghentikan diare, dan menghilangkan bau badan. Hal itu karena herbal ini mempunyai kemampuan untuk menghasilkan senyawa metabolit sekunder yang bersifat anti-bakteri.

daun beluntas untuk resep herbal bau badan

Daun Beluntas (Credit: flickr/Forest and Kim Starr)

Pada daun beluntas terdapat beragam senyawa fitokimia bermanfaat, misalnya tanin, flavonoid, fenol, alkaloid, dan sterol yang berpotensi menunjukkan aktivitas anti-bakteri. Penelitian juga telah membuktikan bahwa ekstrak daun beluntas sanggup menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus epidermidis, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, dan Bacillus subtillis.

Diketahui bahwa salah satu penyebab utama bau badan ialah bakteri-bakteri di kulit. Dan beberapa dari bakteri yang disebutkan tadi adalah yang umumnya menimbulkan masalah tersebut. Karena itulah, penggunaan resep herbal bau badan berbahan daun beluntas dapat mengatasi bau badan hingga ke akar masalahnya.

Pohon pinang (Areca catechu) merupakan tanaman kelapa yang buahnya banyak digunakan untuk keperluan kesehatan. Buah pinang dianggap dapat membantu membunuh cacing parasit dalam tubuh, menghilangkan dahak, mengatasi bau badan tak sedap, dan mengharumkan aroma mulut.

buah pinang untuk ramuan herbal bau badan

Buah Pinang (Credit: Getty Images/Minoom)

Namun ada pengingat soal mengonsumsi buah pinang dengan cara dikunyah. Dampak negatif jangka-panjang dari mengunyah pinang sudah diketahui dengan jelas, dan bukan hanya membuat mulut, lidah, dan tinja menjadi merah.

Baca juga  Ringankan Artritis dengan Resep Herbal Bengkak di Persendian

Beberapa dampak negatifnya yaitu masalah gusi, peningkatan air liur, muntah, diare, nyeri dada, dan tekanan darah rendah. Oleh sebab itu, buah pinang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan cara dikunyah dan hanya dikonsumsi dalam jangka-pendek atau dalam dosis yang terbatas.

Resep Herbal Bau Badan 1


Bahan:

15 gram daun beluntas.
5 gram buah pinang.
Garam dapur, seujung sendok teh.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bau Badan:

Rebus semua bahan bersama dengan 3 gelas air dalam panci tertutup.
Terus rebus sampai airnya hanya tersisa 1 gelas.
Matikan api, angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal bau badan ini sekaligus habis, di pagi atau siang hari.

Daun Sirih

Tanaman sirih (Piper betle) biasa dimanfaatkan untuk mengatasi problem bau badan dan bau mulut. Manfaatnya tersebut dimungkinkan oleh kandungan-kandungan di dalamnya yang mampu menunjukkan aktivitas anti-mikroba.

daun sirih untuk resep herbal bau badan

Daun Sirih (Credit: flickr/3Point141)

Aktivitas anti-mikroba tersebut ditunjukkan pada sejumlah jenis bakteri seperti Streptococcus pyrogenes, Staphylococcus aureus, Proteus vulgaris, dan Pseudomonas aeruginosa. Beberapa dari bakteri tersebut merupakan penyebab bau badan. Karena itulah dengan mengonsumsi daun sirih diharapkan akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri di kulit yang menimbulkan aroma tak sedap.

Resep Herbal Bau Badan 2


Bahan:

5 lembar daun sirih yang masih segar.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bau Badan:

Rebus daun sirih bersama 2 gelas air dalam panci tertutup.
Terus rebus hingga airnya tersisa setengahnya.
Matikan api, angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal bau badan ini 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

Daun Pacar Cina dan Daun Sirih

Tumbuhan pacar cina (Aglaia odorata) juga merupakan herbal yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri-bakteri penyebab bau badan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari pacar cina memiliki aktivitas anti-bakteri.

daun pacar cina untuk ramuan herbal bau badan

Daun Pacar Cina (Credit: Wikimedia Commons/Forest & Kim Starr)

Aktivitas anti-bakteri tersebut diharapkan menjadi lebih kuat apabila dicampurkan dengan herbal daun sirih. Sebagaimana sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, daun sirih memiliki aktivitas anti-mikroba yang juga mampu menghalangi perkembangan bakteri-bakteri penyebab bau badan.

Resep Herbal Bau Badan 3


Bahan:

10 gram daun pacar cina yang masih segar.
7 lembar daun sirih yang masih segar.

Cara Membuat Ramuan Herbal Bau Badan:

Cuci semua bahan sampai bersih, dan rebus bersama 2 gelas air dalam panci tertutup.
Terus rebus sampai airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
Matikan api, tunggu hingga dingin, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal bau badan ini 2 kali sehari di pagi dan sore hari, masing-masing ½ gelas.

Catatan:

Ibu hamil dilarang meminum ramuan herbal bau badan ini.

Apa Saja Pemicu Bau Badan?

Sebagaimana sudah disinggung di awal artikel, penyebab bau badan adalah bakteri di kulit yang bercampur dan memecahkan keringat yang dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Sebagian besar aroma tak sedap berasal dari hal ini.

Baca juga  Resep Herbal Pembengkakan Kaki, Cara Alami Ciutkan Kaki yang Membengkak

Kelenjar apokrin ada di area payudara, alat kelamin, ketiak, dan telinga. Pada payudara, kelenjar ini mengeluarkan tetesan lemak ke dalam ASI. Pada telinga, kelenjar ini membantu membentuk kotoran telinga (earwax). Sedangkan kelenjar apokrin yang ada di kulit dan di kelopak mata merupakan kelenjar penghasil keringat.

Sebagian besar kelenjar apokrin di kulit terletak di selangkangan, ketiak, dan sekitar puting payudara. Pada kulit, biasanya kelenjar ini akan mengeluarkan bau, sehingga disebut kelenjar berbau.

Kelenjar apokrin terutama bertanggung jawab atas bau badan tak sedap karena mereka menghasilkan keringat yang mengandung banyak protein. Bakteri dapat dengan mudah memecahkan protein tersebut dan menimbulkan aroma tak enak.

Apa Penyebab Bau Kaki?

Kebanyakan dari kita memakai sepatu dan kaus kaki, sehingga keringat lebih sulit mengering. Hal itu memberikan lebih banyak waktu bagi bakteri untuk memecahkan keringat menjadi zat-zat yang berbau. Kaki yang lembap juga memicu pertumbuhan jamur, yang juga menimbulkan aroma tidak enak.

Tips Praktis Mencegah Bau Badan

Masalah bau badan biasanya dapat diatasi dengan cara menghilangkan kelebihan bakteri di kulit. Bakteri-bakteri itulah yang bertanggung jawab atas aroma tak sedap di tubuh. Jadi dengan menjaga kulit tetap bersih dan kering, sering kali masalah bau badan bisa dicegah.

Bagian tubuh yang terutama perlu diperhatikan ialah ketiak, karena di sana ada banyak kelenjar apokrin yang menghasilkan aroma tubuh. Untuk mencegah bau tak sedap di ketiak maupun di bagian-bagian tubuh lainnya, cobalah upayaka tips-tips praktis berikut:

  • Mandi Air Hangat Setiap Hari: Tujuannya untuk membunuh bakteri di kulit. Pada cuaca sedang panas terik, Anda mungkin perlu mandi lebih dari 1 – 2 kali sehari.
  • Bersihkan Ketiak dengan Benar: Gunakanlah sabun anti-bakteri agar lebih efektif membunuh bakteri-bakteri di sana.
  • Gunakan Deodoran atau Antiperspirant: Gunakan setelah mandi.
  • Cukur Bulu Ketiak secara Teratur: Ini akan membuat ketiak lebih cepat kering dari keringat, sehingga bakteri tidak punya waktu untuk bercampur dengan zat asam dari keringat.
  • Pakai Baju Berbahan Adem: Misalnya wol, katun, atau sutra; bahan-bahan ini mempermudah kulit untuk bernapas, sehingga keringat akan lebih cepat kering.
  • Pakai Baju Bersih: Pastikan Anda mencuci pakaian secara teratur.
  • Batasi Makanan Pedas: Makanan pedas membuat Anda lebih banyak berkeringat.

Pengingat tentang Masalah Kesehatan Penyebab Bau Badan

Adakalanya seseorang banyak berkeringat akibat masalah kesehatan yang diidapnya. Misalnya, penyakit tiroid yang terlalu aktif atau menopause dapat membuat Anda berkeringat jauh lebih banyak. Dan penyakit seperti gangguan hati, ginjal, atau diabetes bisa mengubah kepekatan keringat sehingga orang itu memiliki bau badan tertentu.

Jika Anda merasa jauh lebih banyak berkeringat daripada biasanya, tanpa sebab yang jelas, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Anda juga dianjurkan ke dokter apabila bau badan Anda tercium aneh atau beda dari biasanya.

Demikianlah pembahasan 3 resep herbal bau badan. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan artikel ini. Nantikan juga ramuan-ramuan herbal sederhana asal nusantara lainnya hanya di Deherba.com.

Sumber Referensi:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

M, Anis, B, Siti, M, Dewi. 2015. Pengaruh Infusa Daun Beluntas (Pluchea indica) terhadap Pertumbuhan Bakteri Staphylococcus Epidermidis. Unnes Journal of Life Science. 4(1):60-65

Drugs.com. Betel Nut. Reviewed: 2018-06-07. URL: https://www.drugs.com/npc/betel-nut.html. Accessed: 2018-10-24. (Archived by WebCite®)

WebMD. Betel Nut. URL: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-995/betel-nut. Accessed: 2018-10-24. (Archived by WebCite®)

C, Ekta, A, Jaya, S, Akriti, T, Anamika. 2016. A Review: Nutraceuticals Properties of Piper betel (Paan). American Journal of Phytomedicine and Clinical Therapeutics. 4(2):28-41

V, Thuy, K, Hyungrok, T, Vu, dkk. 2016. In vitro antibacterial activity of selected medicinal plants traditionally used in Vietnam against human pathogenic bacteria. BMC Complementary and Alternative Medicine. 16:32. doi:10.1186/s12906-016-1007-2

Medical News Today. What’s to Know about Body Odor?. Updated: 2017-11-29. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/173478.php. Accessed: 2018-10-24. (Archived by WebCite®)

NHS. Body Odour. Reviewed: 2016-06-23. URL: https://www.nhs.uk/conditions/body-odour/. Accessed: 2018-10-24. (Archived by WebCite®)

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.