Ini Dia Resep Herbal untuk Redakan Batuk Berdahak

371
resep herbal batuk berdahak
Credit: Shutterstock/kunanon

Diedit:

Batuk berdahak sering mengganggu tidur malam Anda. Memang biasanya gejala ini akan hilang sendiri dalam waktu beberapa hari, meski tanpa diobati. Tetapi tentu akan lebih baik jika bisa lebih cepat hilang. Anda bisa mempercepat pemulihannya dengan resep herbal batuk berdahak yang sederhana ini.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan informasi mengenai herbal untuk mengobati batuk berdahak yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Terdapat juga penjelasan mengenai apa sebenarnya penyebab batuk berdahak dan tips-tips praktis untuk mempercepat pemulihannya.

Akar Putri Malu

Seluruh bagian dari tumbuhan putri malu (Mimosa pudica) dianggap memiliki manfaat pengobatan. Secara tradisional putri malu digunakan untuk membantu mengatasi asma, peradangan, kelelahan, gangguan pada vagina dan rahim, serta penyakit darah.

akar putri malu untuk ramuan herbal batuk berdahak
Akar Putri Malu

Dalam pengobatan batuk berdahak, bagian yang khususnya digunakan adalah akarnya. Akar putri malu memiliki kemampuan anti-mikroba yang akan membantu membunuh virus maupun bakteri penyebab penyakit yang sering menimbulkan gejala batuk. Herbal ini dapat turut menghilangkan infeksi virus yang terjadi di dalam tubuh.

Kemampuannya itu tidak terlepas dari kandungan-kandungan bioaktif yang bermanfaat seperti terpenoid, flavonoid, glikosida, alkaloid, kuinina, fenol, tannin, saponin, dan kumarin. Untuk memperoleh khasiatnya, berikut akan dijelaskan resep herbal batuk berdahak menggunakan akar putri malu.

Resep Herbal Batuk Berdahak

Bahan:

10 – 15 gram akar putri malu yang masih segar.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih akar putri malu kemudian potong-potong seperlunya.
Rebus bersama dengan 3 gelas air, rebus, dan tunggu hingga airnya tersisa setengahnya.
Angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal batuk berdahak ini 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Resep Herbal Alternatif dengan Noni Juice

Noni juice dapat diandalkan untuk mengatasi infeksi penyakit penyebab batuk berdahak. Herbal ini mengandung polisakarida dalam dosis tinggi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih.

Baca juga:  Tidur Nyenyak dengan Resep Herbal Mencegah Berkeringat Malam Hari
noni juice untuk batuk berdahak
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Shutterstock/Khumthong)

Noni juga mendorong kemampuan alami tubuh untuk memproduksi nitrit oksida yang akan mengatasi infeksi virus, bakteri, parasit, atau kuman lain penyebab batuk berdahak. Dan senyawa-senyawa yang terkandung di dalam herbal ini bekerja sama menstimulasi sistem imun tubuh sehingga membantunya melawan infeksi tersebut.

Aturan Minum Noni Juice

Noni juice sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal. Anda bisa langsung mengonsumsinya dalam takaran 50 ml dan diminum sebanyak 2 kali sehari. Ukuran 50 ml kira-kira setara dengan ¼ gelas belimbing.

Apa Sebenarnya Penyebab Batuk Berdahak?

Batuk berdahak disebabkan oleh dahak (phlegm) berlebihan yang menumpuk pada saluran udara di paru-paru. Sebenarnya, dahak dihasilkan oleh paru-paru untuk menjebak kotoran dan bakteri serta membantu melawan infeksi. Namun dahak bisa dihasilkan secara berlebihan dan menumpuk apabila terjadi masalah. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang umumnya menyebabkan dahak berlebihan:

Pilek dan Flu:

Kedua penyakit ini paling sering disebabkan oleh virus, dan infeksi virus berkepanjangan bisa merusak selaput lendir yang melaipis saluran pernapasan Anda sehingga menimbulkan dahak berlebihan.

Bronkitis:

Ini adalah penyakit peradangan pada tabung bronkial, yaitu tabung yang menyalurkan udara ke paru-paru Anda. Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh virus, sedangkan bronkitis kronis sering disebabkan oleh merokok.

Pneumonia:

Ini adalah penyakit infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Pneumonia merupakan penyakit yang tingkat keparahannya bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga fatal.

PPOK:

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah sekelompok penyakit yang merusak paru-paru serta tabung bronkial yang menyalurkan udara ke paru-paru Anda. Merokok adalah penyebab PPOK nomor satu.

Fibrosis Sistik:

Ini adalah penyakit keturunan yang memengaruhi sistem pernapasan. Biasanya penyakit ini terdiagnosis sejak masa kanak-kanak. Gejala khasnya antara lain dahak yang tebal dan lengket di paru-paru dan organ-organ lainnya.

Asma:

Walaupun para penderita asma lebih sering mengalami batuk kering, tetapi ada sebagian kecil penderita asma yang mengalami batuk berdahak.

Baca juga:  Nanas & Jeruk Nipis Ampuh sebagai Resep Herbal Ketombe

Pada umumnya penyebab batuk berdahak tidaklah serius, sering kali hanya karena pilek atau flu biasa. Tetapi apabila batuk Anda sudah lebih dari dua minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Terlebih lagi jika disertai gejala seperti sesak napas atau batuk berdarah.

Tips Praktis untuk Mempercepat Pemulihan Batuk Berdahak

Karena batuk berdahak biasanya disebabkan oleh virus, maka sistem imun tubuh perlu waktu untuk mengatasi infeksi dan memulihkan dirinya sendiri. Selama masa pemulihan tersebut, Anda bisa mendukungnya dengan mengupayakan tips-tips praktis berikut untuk meringankan gejala-gejalanya.

Mandi Air Panas

Mandi atau berendam air panas bisa membantu melembapkan saluran udara bagian atas Anda. Ini juga membantu mengencerkan dahak yang menumpuk di dada. Mandi atau berendamlah di air panas selama setidaknya 5 menit.

Vitamin C

Vitamin C dosis tinggi bisa meningkatkan sistem imun dan membantu melawan infeksi virus lebih cepat. Dapatkanlah vitamin C secara alami dengan mengonsumsi buah jeruk atau buah-buahan sumber vitamin C lain, sebanyak 2 kali sehari sampai gejala-gejala Anda menghilang.

Minum Banyak Air

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting ketika sedang melawan infeksi. Cairan juga menjaga tenggorokan tetap lembap dan tidak menjadi iritasi atau meradang. Upayakanlah minum air setidaknya 10 gelas per hari.

Tips untuk Menghentikan Batuk di Malam Hari

Keluhan batuk sering kali menjadi lebih parah di malam hari. Itu karena dahak akan berkumpul di bagian belakang tenggorokan ketika dalam posisi berbaring, sehingga lebih memancing tubuh untuk batuk. Agar tidur Anda lebih nyenyak, cobalah upayakan tips-tips praktis berikut ini.

Tinggikan Posisi Kepala

Dahak lebih mudah mengalir dan menumpuk di tenggorokan jika Anda dalam posisi berbaring. Jadi saat tidur coba tinggikan posisi kepala dengan menaruh beberapa bantal di bawahnya.

Madu

Di samping memanfaatkan resep herbal batuk berdahak di atas, Anda juga bisa mengonsumsi madu murni. Beberapa uji coba klinis mendapati bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi batuk agar tidur lebih nyenyak.

Cegah Asam Lambung Naik

Posisi tubuh berbaring mempermudah asam lambung untuk mengalir naik ke kerongkongan. Kondisi ini disebut refluks asam lambung atau gastroesophageal relux disease (GERD). GERD juga merupakan penyebab umum batuk di malam hari. Ada beberapa tips untuk mencegah GERD di malam hari:

  • Hindari makanan-makanan pemicu GERD. Ingat-ingatlah makanan apa saja yang sebelumnya membuat asam lambung Anda naik.
  • Jangan langsung berbaring setelah makan, tunggu lah setidaknya 2,5 jam.
  • Tinggikan posisi kepala saat tidur setidaknya 15 – 20 cm dari kasur.

Berhenti Merokok

Batuk kronis adalah efek samping dari merokok. Memang berhenti merokok tidak akan langsung menghilangkan  gejala batuk. Tetapi jika Anda benar-benar berhenti merokok, secara perlahan gejala batuk akan menghilang dan kesehatan Anda juga ikut membaik.

Batuk adalah reaksi refleks tubuh untuk menyingkirkan zat-zat berbahaya yang menghambat saluran udara. Jika paru-paru menghasilkan dahak secara berlebihan, maka gejala batuk Anda menjadi berdahak.

Umumnya penyebab hal itu bukanlah hal serius, seringnya karena flu atau pilek. Jika penyebabnya tidak serius, Anda dapat mempercepat pemulihannya dengan memanfaatkan ramuan herbal batuk berdahak yang dibahas di artikel ini. Namun bila gejala batuk tidak membaik selama lebih dari 2 minggu, ada baiknya Anda periksakan diri ke dokter.

Demikianlah artikel mengenai resep herbal batuk berdahak. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disajikan di sini. Nantikan juga artikel-artikel lain yang membahas ramuan-ramuan herbal asal Indonesia hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Healthline. What Illnesses or Conditions Cause Wet Cough, and How Do I Treat It in Myself or My Child?. Reviewed: 2018-07-06. URL: https://www.healthline.com/health/wet-cough. Accessed: 2018-10-16. (Archived by WebCite®)

Healthline. Treating a Wet Cough at Home: 10 Natural Remedies. Reviewed: 2018-07-11. URL: https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-wet-cough. Accessed: 2018-10-16. (Archived by WebCite®)

Healthline. How to Stop Coughing at Night. Reviewed: 2017-04-14. URL: https://www.healthline.com/health/coughing-at-night. Accessed: 2018-10-16. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia