Resep Herbal Asma Atasi Serangan Sesak Nafas

147
buah jamblang untuk resep herbal asma
Buah Jamblang untuk Ramuan Herbal Asma (Credit: steemitimages)

Sesak nafas karena asma bisa sangat menyiksa, mengganggu aktivitas, dan bahkan pada situasi tertentu dapat menyebabkan kematian. Kenapa beberapa orang sering mengalami sesak nafas karena asma? Bagaimana cara efektif untuk menghindarinya? Dan adakah resep herbal asma yang ampuh untuk mengatasinya?

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya meracik ramuan herbal asma dari tiga bahan bermanfaat: bunga blustru, temu ireng, dan buah jamblang. Juga akan dijelaskan pengertian penyakit asma yang perlu dipahami untuk membantu Anda mengerti bahaya dari penyakit ini.

Obat Sesak Nafas Alami dengan Resep Herbal Asma


Serangan asma adalah ketika seseorang mengalami kondisi sulit bernafas sehingga sekuat apapun pasien menarik nafas, seolah tidak cukup udara yang masuk ke dalam sistem pernafasan. Ini menyebabkan reaksi sesak yang dapat sangat menyiksa.

Serangan sesak nafas ini sendiri disebabkan oleh reaksi alergi. ketika pasien terpapar unsur tertentu yang sifatnya menstimulasi reaksi alergi, pasien akan mengalami penyempitan saluran pernafasan di leher dan dada. Inilah yang kemudian menyebabkan pasien mengalami reaksi sesak nafas.

Namun sejumlah bahan alami terbukti dapat bekerja sebagai resep herbal asma. Ini akan efektif membantu mengendalikan sesak nafas dan gangguan lain yang menyertai keluhan asma. Apa saja resep herbal asma tersebut?

Ramuan Herbal Asma dengan Bunga Blustru

bunga blustru untuk resep herbal asma
Bunga Blustru (southernexposure)

Blustru lebih banyak dikenal sebagai tanaman jenis labu-labuan dan tajuk merambat. Buah blustru paling banyak dimanfaatkan. Buahnya ketika tua dapat dimanfaatkan sebagai spons pembersih. Buah blustru muda acapkali juga dimanfaatkan sebagai sayuran, karena seratnya yang masih lunak.

Tetapi tidak banyak yang tau kalau bunga blustru juga berkhasiat. Bunga berwarna kuning cerah dengan bentuk sedikit menyerupai bunga sepatu. Ternyata pada bunga ini tersimpan banyak pula khasiat, termasuk di antaranya untuk membantu mengendalikan reaksi sesak nafas pada pasien asma.

Bunga blustru dikatakan mengandung sejumlah kandungan fitokimia seperti asam aspartat, glutamin, lisin, alanin, dan arginin. Bunga dari tanaman bernama latin Luffa cylindrica ini dikatakan baik untuk membantu meredakan keluhan asma.

Pada International Journal of Advances in Pharmaceutical Sciences tahun 2013, dikatakan bahwa bunga dari blustru baik untuk membantu meredakan inflamasi, sebagai anti histamin alami dan membantu mengurangi rasa nyeri karena efek analgesik di dalamnya.

Terdapat sifat astringent yang juga akan membantu meredakan reaksi alergi pada pasien asma. Ini akan efektif mengurangi reaksi histamin yang akan menyebabkan tersumbatnya batang tenggorokan lalu menyebabkan sesak nafas. Bagaimana cara pemanfaatan bunga blustru untuk resep herbal asma? Berikut caranya.

Bahan Baku:

Bunga blustru, 10 – 15 gram.
Madu secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Asma:

Cuci bersih bunga blustru dengan air mengalir.
Rebus dalam panci bersama 3 gelas air.
Masak sampai tersisa 1 gelas.
Angkat, dinginkan dan saring.
Sajikan dengan ditambahkan madu.

Cara Pakai Ramuan:

Minum air ramuan sekaligus.
Ulangi 3 kali sehari bila perlu.

Ramuan Herbal Asma dengan Temu Ireng

temu ireng
Temu Ireng (etsystatic)

Temu ireng merupakan jenis tanaman rizhoma atau rimpang-rimpangan yang masih berkerabat dekat dengan kunyit, jahe dan temulawak. Temu ireng dikenali dengan lingkaran semu hitam di daging rimpangnya. Kulit rimpang juga terlihat lebih gelap meski tidak banyak berbeda dengan jahe dan temulawak.

Temu ireng diketahui mengandung sejumlah unsur fitokimia antara lain bebeapa jenis minyak atsiri, kurkumin, dammar, kordione, renin dan tannin. Secara tradisional, temu ireng banyak dimanfaatkan untuk terapi cekok untuk anak-anak supaya mudah makan. Tetapi khasiat herbal bernama ilmiah Curcuma aeruginosa  ini tidak sempit hanya disitu.

Baca juga:  Resep Kombinasi: Madu dan Bawang Putih untuk Kanker

Karena pada temu ireng ditemukan komponen ekspektoran yang baik untuk melegakan pernafasan. Dalam respirotery IPB tahun 2018 dijelaskan dalam  temu ireng juga ditemukan kemampuan antihistamin dan anti inflamasi.

Ini dianggap efektif membantu meredakan pembengkakan pada batang tenggorokan akibat reaksi alergi. Dan untuk mengolah temu ireng sebagai resep herbal asma, berikut adalah panduannya.

Bahan Baku:

Rimpang temu ireng, 25 gram.

Cara Membuat Ramuan Herbal Asma:

Cuci bersih rimpang temu ireng dengan air mengalir.
Potong rimpang temu ireng menjadi irisan tipis.
Rebus dalam panci bersama 2 gelas air.
Masak selama 20 menit.
Angkat, dinginkan dan saring.
Bagi ramuan menjadi dua bagian.

Cara Pakai Ramuan:

Minum ramuan 2 kali sehari masing-masing ½ bagian.

Resep Herbal Asma dengan Buah Jamblang

buah jamblang untuk ramuan herbal asma
Buah Jamblang (indiatimes)

Jamblang atau juga kerap disebut dengan duwet adalah jenis buah serupa anggur yang memiliki unsur pigmen warna hitam keunguan yang kuat. Justru pigmen warna inilah yang membuat buahdengan rasa asam manis ini kaya khasiat. Termasuk di antaranya membantu mengatasi sesak nafas.

Kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi dan ditengarai akan sangat efektif membantu memperbaiki ketimpangan pada sistem imun. Dalam riset lain yang diungkap pada laporan Brazilian Journal of Medical and Biological Research dijelaskan bagaimana buah jamblang sangat baik untuk membantu mengatasi gejala alergi, temasuk asma. Bagaimana memanfaatkan bunga durian untuk resep herbal asma? Berikut jawabannya.

Bahan Baku:

Buah jamblang yang sudah dikeringkan, 15 gram

Cara Membuat Ramuan Herbal Asma:

Bersihkan buah jamblang kering dari kotoran.
Masukan buah jamblang dalam panci.
Masukan air ke dalam panci sampai buah jamblang terendam.
Tim sampai buah jamblang lunak dan matang.
Angkat dan dinginkan.

Cara Pakai Ramuan:

Minum ramuan buah jamblang berikut dengan ampasnya sebanyak 3 kali sehari.

Memahami Lebih Baik Penyakit Asma


Asma adalah kondisi gangguan pernafasan yang disebabkan oleh reaksi alergi. Akibat alergi ini, saluran yang menjadi jalur masuk dan keluarnya udara dari hidung menuju paru-paru akan terhambat.

Mereka dengan kasus asma akan mudah mengalami pembengkakan dan peradangan pada dinding saluran pernafasan. Tepatnya pada pada saluran bronchial. Pembengkakan dan inflamasi inilah yang kemudian membuat saluran pernafasan menyempit dan berakibat sesak nafas.

Ketika asma kambuh, pasien akan merasakan sulitnya udara masuk dan mensuplai kebutuhan tubuh. menyebabkan pasien akan kesulitan untuk menarik nafas dengan lapang. Kadang disertai denga suara nafas melengking akibat saluran pernafasan yang menyempit.

Rasa sesak nafas ini kadang akan memburuk ketika otot pada area leher juga menegang. Kondisi yang pada akhirnya mendorong produksi lendir berlebihan. Akibatnya pasien akan terdorong untuk batuk-batuk.

Serangan sesak nafas akibat asma bisa menjadi fatal ketika saluran pernafasan sepenuhnya membuat oksigen tidak dapat memasuki paru-paru. Juga menyebabkan karbondioksida yang masih berada dalam paru-paru sulit keluar menuju hidung. Kondisi ini bisa berisiko tinggi, bahkan mungkin menyebabkan kematian.

Masalahnya, asma bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Asma hanya bisa ditekan supaya tidak sering kambuh dan menyebabkan reaksi fatal. Penderita asma harus menjalankan pola hidup yang berfungsi mengatur kondisi tubuh mereka untuk meminimalisir risiko.

Baca juga:  Resep Herbal Karang Gigi untuk Cegah Kerusakan di Gigi & Gusi

Apa Saja Sebenarnya Penyebab Asma?

Secara awam, kebanyakan dari kita berasumsi bahwa asma disebabkan oleh faktor alergi. Alergi memang menjadi jawaban dari penyebab sebagian besar kasus asma. Reaksi alergi terjadi ketika fungsi imunitas bekerja secara abnormal sehingga mengidentifikasi beberapa ornamen sebagai benda asing berbahaya.

Akibatnya, tubuh membentuk sistem perlawanan untuk menyerang keberadaan benda asing tersebut. Dan terbentuklah inflamasi pada area dimana over imun ini bekerja. Dalam hal ini terjadi pada sistem saluran pernafasan. Yang biasanya diidentifikasi secara berlebihan oleh sistem imun pada kasus asma karena alergi adalah serbuk sari, debu, kotoran,asap, bulu halus.

Hanya saja, alergi bukan satu-satunya penyebab asma. Beberapa kasus lain juga dapat menjadi penyebab asma. Seperti faktor obesitas dan kehamilan yang menyebabkan sejumlah tekanan pada area paru-paru sehingga mudah merasa sesak nafas.

Penyebab lain adalah faktor stress dan kondisi lingkungan seperti udara yang sangat kotor dan padat polusi, cuaca yang sangat dingin, kelembaban udara yang terlalu tinggi, paparan asap rokok berlebihan dan sebagainya. Mereka yang merokok juga dikatakan memiliki risiko asma lebih tinggi dari mereka yang bebas rokok.

sesak nafas
Ilustrasi Sesak Nafas (themedicalconcierge / gettyimages)

Tipe-Tipe Asma

Ternyata, asma sendiri dapat dikategorikan dalam sejumlah jenis penggolongan. Dan jenis-jenis dari penyakit asma ini antara lain adalah sebagai berikut :

Asma pada Anak

Berada pada lingkungan udara tidak sehat, bahkan sejak berada dalam kandungan mendorong sistem pernafasan anak menjadi hipersensitif. Biasanya ini berkaitan dengan kondisi sebagai perokok pasif, ibu hamil yang merokok atau karena lingkungan udara yang padat polusi.

Anak akan memiliki keluhan sesak nafas dengan intensitas tinggi. Muncul dengan kerap dan mudah sekali terpicu. Beberapa anak bahkan menjadi kesulitan untuk beraktivitas fisik karena sesak nafas.

Tetapi sebagian besar anak akan membaik seiring dengan bertambahnya usia. Intensitas serangan sesak nafas karena asma dapat berkurang secara signifikan ketika usia mereka beranjak remaja.

Asma Dewasa

Asma yang menyerang seseorang di usia dewasa dapat terjadi sebagai kelanjutan dari asma yang menyerang mereka sejak kecil. pada kasus jenis ini, intensitas serangan sesak nafas bisa cukup tinggi dengan kasus yang relatif kerap. Pasien akan sangat disarankan menjalankan pola hidup ketat dan perawatan intensif untuk mencegah efek fatal.

Asma Karena Lingkungan

Beberapa orang dewasa mengalami masalah asma justru ketika mereka menginjak usia produktif. Lebih dari 90% kasus semacam ini terjadi bukan karena reaksi alergi bawaan sejak kecil, melainkan efek dari kondisi lingkungan.

Mereka yang bekerja pada lingkungan pabrik atau tambang dengan residu udara yang relatif tinggi dan berbahaya, memiliki tingkat risiko tertinggi mengalami kondisi ini. Begitu juga mereka yang bekerja pada lingkungan dengan tingkat polusi udara tinggi seperti di kawasan terminal.

Udara kotor dengan unsur residu udara abrasif yang terus menerus terhirup menyebabkan batang tenggorokan dan saluran broncheal mengalami iritasi beketerusan. Kondisi ini menyebabkan batang tenggorokan akhirnya mengembangkan kondisi inflamasi permanen yang merujuk pada asma.

Asma Temporer

Beberapa orang hanya mengalami serangan sesak nafas ketika udara dingin. Sedang beberapa orang lain hanya mengalami asma ketika udara panas. Ada pula kasus asma yang hanya kambuh ketika musim berbunga karena serbuk bunga bertebaran di udara.  Biasanya, serangan sesak nafas pada asma jenis ini bersifat sementara, intens tetapi spesifik.

Ketika Asma Dapat Membunuh

Mungkinkah asma menyebabkan kematian? Sejumlah pakar sepakat, itu adalah kondisi yang mungkin terjadi. meski sebagian besar kasus asma dan sesak nafas tidak berakhir pada kematian.  Yang mungkin tidak banyak diketahui adalah, setiap hari asma dapat menyebabkan 3 kematian. Itu angka yang cukup mengejutkan.

Asma dapat mematikan ketika pasien tidak cukup disiplin menjalankan pola hidup yang sudah disarankan untuk mereka. Karena tanpa perawatan yang tepat, asma dapat memburuk, hingga akhirnya menyebabkan serangan yang cukup fatal.  2 dari 3 kasus kematian karena sesak nafas asma ternyata dapat dicegah.

Sejumlah saran terpenting yang perlu Anda jalankan sebagai pasien asma adalah menjalankan diet yang membantu Anda mendapatkan berat badan lebih ideal. Mengalami obesitas akan memperburuk sistem pernafasan. Hindari rokok, baik sebagai perokok aktif maupun pasif.

Juga bantu tubuh Anda untuk memperbaiki fungsi paru-paru dengan berolahraga. Atur tingkat intensitas olahraga Anda untuk sesuai dengan ketahanan sistem pernafasan. Ini akan secara signifikan membantu mengurangi intensitas serangan sesak nafas.

Serangan sesak nafas adalah momok dari penyakit asma. Serangan dapat muncul tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, namun pengaruhnya bisa cukup berat dan fatal. Kenali lebih baik apa penyebab asma yang dialami dan atasi segera untuk mencegah risiko fatal dari asma. Termasuk di antaranya dengan resep herbal asma yang terbuat dari bahan-bahan alami.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang ramuan herbal asma. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda yang sedang berjuang menghadapi serangan sesak nafas. Nantikan juga artikel menarik lain seputar ramuan tradisional dan info kesehatan lainnya hanya di Deherba.com.


Referensi tentang Asma & Resep Herbal Asma:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Adam Felman. Medical News Today. What Is Asthma?. Reviewed: 01-11-2018. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/323523.php. Accessed: 2019-04-03.

Asthma UK. Frequently Asked Questions, Got A Question about Asthma?. Reviewed: 07-2018. URL: https://www.asthma.org.uk/advice/understanding-asthma/faqs/#diefromattack. Accessed: 2019-04-03.