Noni Juice sebagai Herbal Diabetes

633
Noni Juice sebagai Herbal Diabetes, Noni Juice sebagai Obat Diabetes, Herbal untuk Diabetes, Obat untuk Diabetes, Herbal Anti Diabetes, Obat Anti Diabetes, Sari Buah Mengkudu sebagai Herbal Diabetes, Jus Mengkudu sebagai Obat Diabetes
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Diedit:

Mengidap diabetes bukanlah hal mudah, Anda perlu disiplin diri dan melakukan diet sehat. Mungkinkah konsumsi Noni Juice sebagai herbal diabetes menjadi solusinya? Seberapa aman konsumsi herbal anti diabetes? Adakah penelitian yang mendukung penggunaan herbal untuk diabetes?

Ayo! Cari tahu lebih banyak bagaimana penggunaan Noni Juice sebagai obat diabetes? Mungkinkah untuk menghentikan penggunaan obat anti diabetes yang diberikan dokter? Apa bedanya obat untuk diabetes dengan herbal? Temukan dalam informasi seputar herbal diabetes berikut!

Noni Juice Sebagai Herbal Diabetes Terbaik, Benarkah?

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang terjadi karena meningkatnya kadar gula dalam darah. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya produksi zat insulin atau kurang sensitifnya jaringan tubuh terhadap zat insulin. Bagaimana dengan penggunaan herbal untuk diabetes atau herbal anti diabetes?

Tim Direktorat Teknologi Farmasi dan Medika, Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT, telah melakukan uji praklinis terhadap Noni Juice dengan menggunakan hewan percobaan. Hal ini dilakukan guna memberikan klarifikasi ilmiah terhadap klaim khasiat Noni Juice sebagai herbal diabetes. Berikut ini adalah hasil dari percobaan yang dilakukan pada hewan untuk mengetahui khasiat Noni dalam menurunkan gula darah (obat anti diabetes).

Percobaan uji khasiat anti-diabetes sari buah Noni dilakukan terhadap hewan coba mencit galur Balb C jantan dan betina yang dibuat dalam kondisi diabetes dengan pemberian zat alloxan. Penelitian dilakukan tiga minggu dengan dosis tunggal sari buah Noni 0,22 mL/20 g berat badan, atau setara dengan dua sendok makan sehari manusia dewasa.

Ternyata, kadar gula darah menurun baik jantan maupun betina yang mendapat sari buah Noni dan penurunan kadar gula darah didapati lebih besar pada kelompok hewan yang mendapat sari buah Noni lebih lama (dua minggu dibanding satu minggu).

Baca juga:  Sarang Semut sebagai Herbal Kanker

Yuk, Kenali Ragam Jenis Diabetes Yang Ada!

Hal ini akan mengakibatkan kadar glukosa pada makanan tidak dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Akibatnya, kadar gula dalam darah akan terus meningkat dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi dalam tubuh yang berujung pada kematian. Secara umum, ada 2 jenis diabetes yakni:

  • Diabetes Melitus tipe-1
    Ditandai  dengan rusaknya sel beta pankreas yang menghasilkan insulin pankreas sehingga terjadi kekurangan insulin pada tubuh. Penderita diabetes tipe ini mutlak memerlukan insulin.
  • Diabetes Melitus tipe-2
    Diabetes tipe ini disebabkan oleh kelainan sekresi insulin oleh sel beta pankreas, gangguan kerja insulin/resistensi insulin, atau keduanya. Resistensi insulin berarti ketidaksanggupan insulin memberi efek biologik yang normal pada kadar gula darah tertentu.

Gejala-gejala dari kedua tipe diabetes tersebut serupa. Yang paling umum antara lain: kekurangan energi, mudah lapar, sering buang air kecil (terutama pada malam hari), rasa haus yang berlebihan, pandangan yang kabur, mual, rasa sakit di bagian perut, dan sering kesemutan. Tipe I sering dikaitkan dengan turunnya berat badan. Sedangkan tipe II sering dikaitkan dengan penambahan berat badan. Mungkinkah diabetes dikendalikan dengan herbal untuk diabetes?

Diabetes melitus dapat dikendalikan jika sel-sel beta pankreas secara bertahap diperbaiki dan resistensi sel-sel tubuh terhadap insulin dikurangi. Faktor genetik, pola hidup, dan pola makan memegang peranan penting sebagai faktor penyebab diabetes melitus. Apa kelebihan herbal anti diabetes? Temukan rahasia dibalik Noni Juice sebagai herbal diabetes dalam menormalkan fungsi gula darah berikut ini.

Ternyata ini Rahasia Noni Juice Sebagai Herbal Diabetes!

Noni Juice sebagai herbal diabetes? Ternyata ini dia rahasia pemulihan diri dengan Noni Juice. Sebenarnya ada banyak senyawa alami yang terdapat dalam herbal anti diabetes. Hanya saja 3 kelompok senyawa dalam herbal untuk diabetes berikut ini berperan penting bagi tubuh penderita diabetes.

Baca juga:  Kadar Gula Darah Yang Harus Diperhatikan

Perlu diingat bahwa Noni Juice bukanlah pengganti dari obat medis yang seharusnya Anda konsumsi. Pada taraf tertentu penggunaan obat diabetes atau obat anti diabetes yang diberikan dokter, tetap diperlukan. Noni Juice hanya membantu memaksimalkan fungsi tubuh dalam memperbaiki kerusakan yang ada.

Kombinasi obat untuk diabetes dengan herbal dapat dilakukan sesuai dengan dosis penggunaan yang ada. Sekarang mari kita perhatikan apa saja rahasia Noni Juice sebagai obat diabetes! Juga bagaimana kinerja Noni Juice?

“Proxeronine” Terdapat Pada Herbal Anti Diabetes

Hasil uji khasiat terhadap kadar gula darah ini mendukung informasi empiris mengenai khasiat Noni Juice sebagai herbal diabetes. Diduga, kandungan proxeronine pada herbal anti diabetes mampu memperbaiki sel beta pankreas.

Di dalam tubuh, proxeronine diubah menjadi xeronine yang mampu menyatukan peptida-peptida atau asam-asam amino menjadi protein. Pada pankreas yang rusak pun, protein banyak terpecah. Karena itu, seronin mampu meregenerasi sel-sel pankreas yang rusak.

“Dengan di temukannya Proxeronine pada herbal untuk diabetes, maka angka harapan hidup manusia menjadi bertambah. Berbagai penyakit akibat rusaknya/matinya sel pada organ tertentu bisa direvitalisasi dan diregenerasi”, demikian penjelasan Dr. dr. Marullah, spesialis syaraf naturophaty dan internis lulusan Amerika.

Organ pankreas rusak akibat sel-sel penyusunnya banyak yang mati. Zat proxeronine yang dihasilkan dapat merevitalisasi dan meregenerasi sel-sel penyusun pankreas. Sehingga pulih kembali dan menghasilkan insulin yang cukup untuk menormalkan kembali kadar gula dalam darah.

“Iridoid” Penunjang Herbal untuk Diabetes

Kelompok senyawa iridoid dalam herbal untuk diabetes tampaknya memainkan peranan dalam menyerap racun, memperbaiki fungsi tubuh, hingga meningkatkan metabolisme yang mampu memaksimalkan pembakaran glukosa. Sedangkan keberadaan asperuloside pada herbal anti diabetes — sebagai kelompok iridoid, bertugas untuk atasi masalah hormon dan enzim yang memicu produksi insulin di dalam pankreas. Riset yang dirilis pada Evidence Based Complementary and Alternative Medicine menjelaskan kinerja Noni Juice sebagai herbal diabetes.

Bersama dengan senyawa alami Saponin yang juga terdapat dalam Noni Juice. Maka sensitivitas sel-sel terhadap sinyal insulin dalam menyerap glukosa dapat dimaksimalkan. Selain itu, kandungan saponin dan soranjidiol (Senyawa alami kelompok “Anthraquinone”) dalam Noni memberi efek diuretik alias meningkatkan produksi air seni. Sehingga dapat meluruhkan kelebihan glukosa dalam darah yang keluar melalui air seni.

“Alkaloid” Pelengkap Herbal Diabetes

Xeronine merupakan salah satu kelompok senyawa alkaloid yang memiliki sifat mengendalikan produksi protein termasuk SGLT-2, mengaktifkan fungsi sel, dan membantu berjalannya mekanisme tubuh secara normal. Bersama dengan proxeronine fungsi pankreas dalam memproduksi insulin dikembalikan. Serta mendorong daya serap glukosa, sehingga kadar glukosa menurun sekaligus menekan risiko ketoacidosis.

Triterpenoids dan triterpenes merupakan kelompok senyawa alkaloid lainnya yang berfungsi meremajakan sel. Peran dari keduanya sangat penting dalam memperbaiki kerusakan sel pankreas. Selain itu, kedua senyawa ini mampu menekan efek samping terjadinya kekurangan suplai glukosa. Sehingga, dampak kekurangan asupan glukosa berupa kerusakan sel saraf tepi dan pusat turut diperbaiki. Senyawa alami ini terdapat dalam Noni Juice sebagai herbal Diabetes.

Mohon diingat bagi penderita diabetes tipe-I untuk tidak menggantikan suntikan insulin dengan Noni Juice. Mereka dapat mengurangi jumlah suntikan insulin. Menggunakan suplemen alami seperti Noni Juice harus dilakukan di bawah pengawasan dokter.

Demikianlah informasi lengkap seputar Noni Juice sebagai herbal diabetes. Itulah beberapa kandungan alami yang ada pada herbal untuk diabetes. Serta kinerja herbal anti diabetes dalam membantu penderita diabetes. Bagaimana dengan Anda, Sudahkah mencoba Noni Juice?


Horsfall AU, Olabiyi O, Aiyegbusi A, Noronha CC, Okanlawon AO. 2008. Morinda citrifolia fruit juice augments insulin action in Sprague-Dawley rats with experimentally induced diabetes. Nig Q J Hosp Med. 2008 Jul-Sep;18(3):162-5. Diakses 2018-10-15.


Advertisement
Alinesia