Pertanyaan Seputar Perubahan Tubuh selama Masa Pubertas Perempuan

561

Diedit:

Kamu sudah berusia remaja dan mulai merasakan perubahan-perubahan aneh pada tubuh? Jangan khawatir. Bacalah artikel ini yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan umum seputar perubahan tubuh selama masa pubertas perempuan.

Apakah aku sudah mengalami masa pubertas?

Pubertas umumnya dimulai ketika kamu menginjak usia 9-13 tahun. Tapi ini juga bisa mulai lebih awal atau lambat. Karena perubahan hormon estrogen, kamu bakal melihat perubahan seperti payudara yang membesar dan lekukan-lekukan tubuh mulai terbentuk. Mungkin kamu juga menyadari tinggimu bertambah pesat, dan akhirnya mendapat haid pertama.

Seberapa tinggi aku akan bertumbuh?

Selama masa puber, tubuhmu akan terus berubah dan bertumbuh—bahkan kadang pertumbuhan tersebut berlangsung sangat cepat sehingga disebut “lonjakan pertumbuhan”. Kalau mengalaminya, kamu dapat tumbuh sebanyak 10 cm dalam setahun. Lonjakan pertumbuhan biasanya dimulai antara usia 9-11 tahun. Kebanyakan remaja putri mencapai tinggi maksimal di usia 18 tahun. Tapi sama seperti semua hal yang lain di masa pubertas, kamu mungkin tumbuh lebih cepat atau lambat dari perkiraan tersebut.

Bagaimana jika aku harus mengenakan bra?

Teman kamu mungkin terlihat bersemangat saat menyadari payudaranya membesar, tapi sebaliknya, kamu justru merasa malu. Apapun perasaan kamu, mengenakan bra dan kaus kutang bisa membuat kamu merasa lebih nyaman. Mintalah bantuan ibu atau kakak perempuan untuk memilih yang paling nyaman. Jika kamu melihat salah satu payudara lebih besar, jangan khawatir, karena ini normal selama masa pubertas perempuan dan akhirnya akan sama seraya bertumbuh.

Apa yang terjadi dengan wajahku?

Sangatlah wajar kalau kamu berjerawat. Sekitar 85-90 persen remaja mempunyai jerawat karena ini seringkali merupakan tanda pertama pubertas yang terlihat. Selama pubertas, kelenjar minyak di kulit bekerja secara berlebihan sehingga menimbulkan jerawat. Stres, haid, dan kosmetik berminyak dapat memperparah jerawatmu. Tapi jangan memencetnya, sebaliknya, jaga kebersihan kulit dengan rutin mencucinya dan dapatkan saran perawatan kulit dari ahlinya. Kabar baiknya, jerawat biasanya mulai jarang muncul saat masa puber hampir selesai.

Baca juga:  7 Aroma Vagina Ini Bisa Jadi Tanda Bahaya

Kenapa ada cairan berlendir di celana dalamku?

Ketika memasuki pubertas, kebanyakan remaja putri mulai menyadari adanya cairan berlendir berwarna keputihan atau kekuningan dari vagina. Ini merupakan sesuatu yang normal. Cairan demikian berfungsi untuk menjaga vagina tetap bersih dan lembap. Namun apabila kamu merasa gatal, ketidaknyamanan, atau bau yang berasal dari situ, bicarakan dengan ibumu atau orang lain yang dapat dipercayai. Hal tersebut bisa jadi tanda terjadinya infeksi.

Kapan aku akan dapat haid pertama?

Kemungkinan besar kamu bakal dapat haid pertama di usia yang sama dengan ibu atau kakak perempuanmu. Ini bisa terjadi kapan saja mulai umur 9-16 tahun. Kalau kamu ternyata belum juga dapat haid padahal teman-temanmu sudah, jangan khawatir karena itu bukanlah tanda ketidaknormalan. Tapi sambil menunggu, selalu bawa tas kecil berisi beberapa pembalut dan pakaian ganti untuk berjaga-jaga. Tanya dulu dengan ibu, teman, atau kakak perempuanmu cara menggunakannya.

Pubertas boleh jadi pengalaman yang menyenangkan, tapi ada juga saat-saat yang menegangkan. Kamu mungkin harus merasakan berbagai perasaan dan ketidaknyamanan seraya tubuhmu terus berubah dan berkembang. Tapi ingatlah bahwa perubahan tubuh selama masa pubertas perempuan adalah sesuatu yang normal dan semua orang pernah melaluinya. Jadi jangan takut atau malu untuk bertanya dengan ibu atau kakak perempuanmu yang sudah berpengalaman.

Advertisement
Alinesia