Persendian Sakit Semua Gejala Apa?


By Cindy Wijaya

Ada banyak penyakit yang sebabkan nyeri sendi, tapi biasanya tidak menyebabkan nyeri sekaligus di banyak atau bahkan semua persendian. Jadi, persendian sakit semua gejala apa? Kadang-kadang rasa sakit yang dianggap berasal dari persendian sebenarnya dari bagian tubuh di dekatnya, seperti ligamen, tendon, atau otot. Tapi ada juga yang benar-benar memang dari persendian itu sendiri.

Simak di sini untuk mengetahui apa saja kemungkinan penyebab persendian terasa sakit semua—baik yang memang berasal dari persendian maupun yang bukan dari persendian.

Persendian Sakit Semua Gejala Apa?

Jika nyeri benar-benar berasal dari pesendian, itu dinamakan arthralgia. Nyeri sendi ini bisa dengan atau tanpa peradangan sendi (artritis). Gejala paling umum dari peradangan sendi adalah rasa nyeri. Sendi yang meradang juga bisa menjadi hangat dan bengkak, dan kadang kulit di atasnya memerah.

Artritis mungkin hanya terjadi pada persendian anggota gerak (lengan dan kaki) atau persendian bagian tengah kerangka, seperti tulang belakang atau panggul.

Nyerinya dapat muncul hanya saat sendi digerakkan atau dapat muncul saat istirahat. Gejala lain dapat menyertai, seperti ruam, demam, sakit mata, atau sariawan, tergantung pada penyebab nyeri sendi itu.

Ada berbagai penyakit berbeda yang dapat memengaruhi berapa jumlah sendi yang terasa sakit. Karena itu, dokter perlu mempertimbangkan penyebab yang berbeda ketika rasa sakitnya memengaruhi hanya satu sendi, daripada ketika memengaruhi lebih dari satu sendi.

Jika terjadi pada banyak sendi, beberapa penyakit lebih cenderung memengaruhi persendian yang sama di kedua sisi tubuh (misalnya kedua lutut atau kedua tangan) daripada penyakit lainnya. Ini disebut artritis simetris.

Selain itu, pada beberapa gangguan, serangan artritis tetap berada di persendian yang sama selama serangan terjadi. Tapi pada gangguan lain, artritis berpindah dari sendi ke sendi (artritis migrasi).

Penyebab Nyeri yang Benar-Benar Berasal dari Persendian

Sering kali penyebab nyeri yang benar-benar berasal dari persendian adalah radang sendi (artritis). Gangguan yang menyebabkan radang sendi mungkin berbeda satu sama lain dalam kecenderungan tertentu, seperti berikut ini: (Sumber: Joint Pain: Many Joints – MSD Manual)

  • Berapa banyak dan persendian apa saja yang biasanya terasa sakit.
  • Apakah sakitnya di persendian bagian tengah kerangka, seperti tulang belakang atau panggul.
  • Apakah artritis terjadi secara mendadak (akut) atau berkepanjangan (kronis).

Persendian sakit semua gejala apa dapat diidentifikasikan dengan memeriksa tiga poin di atas. Apabila rasa sakit di persendian terjadi secara mendadak (artritis akut), sering kali penyebabnya adalah:

  • Infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu dan COVID-19.
  • Awal dari penyakit sendi atau kambuhnya penyakit kronis yang sudah ada (seperti artritis reumatoid atau artritis psoriatik).
  • Penyakit artritis kalsium pirofosfat (sebelumnya disebut pseudogout).

Penyebab artritis akut lain yang lebih jarang antara lain penyakit Lyme dan gout (penyakit asam urat yang juga bisa terjadi hanya di satu sendi), gonore, infeksi bakteri streptococcal, dan artritis reaktif (artritis yang berkembang setelah infeksi pada saluran pencernaan atua saluran kemih).

Sedangkan pada kasus artritis yang terjadi berkepanjangan (artritis kronis), berikut adalah sejumlah penyebab yang paling umum:

  • Penyakit peradangan seperti artritis reumatoid, artritis psoriatik, atau lupus eritematosus sistemik (pada orang dewasa).
  • Gangguan non-inflamasi osteoartritis (pada orang dewasa).
  • Artritis idiopatik juvenile (pada anak-anak).

Beberapa penyakit peradangan kronis dapat memengaruhi tulang belakang dan sendi anggota gerak (disebut sendi perifer). Beberapa lebih sering memengaruhi bagian tulang belakang tertentu.

Misalnya, ankylosing spondylitis lebih sering menyerang bagian bawah (lumbal) tulang belakang, sedangkan artritis reumatoid lebih sering menyerang bagian atas (servikal) tulang belakang di leher.

Penyebab Nyeri yang Berasal dari Luar Persendian

Kadang persendian sakit semua gejala apa ternyata tidak benar-benar berasal dari persendian, melainkan dari struktur-struktur di sekitar sendi seperti ligamen, tendon, atau otot.

Berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan yang paling umum menyebabkan rasa sakit di sekitar persendian:

  • Fibromyalgia (sindrom yang menyebabkan nyeri dan kaku di seluruh tubuh).
  • Rematik polimialgia (gangguan peradangan yang menyebabkan nyeri otot dan otot kaku, terutama di bahu).
  • Bursitis (peradangan pada pelumas dan bantalan di sekitar sendi yang disebut bursa).
  • Tendinitis (peradangan pada tendon, yaitu jaringan penghubung otot dan tulang).

Bursitis dan tendinitis sering kali disebabkan oleh cedera, biasanya hanya terjadi pada satu sendi. Namun, ada gangguan tertentu yang bisa menyebabkan bursitis atau tendinitis pada banyak sendi.

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?

Jika Anda merasakan gejala-gejala yang mengkhawatirkan, sebaiknya periksakan ke dokter. Dokter dapat membantu memeriksa seberapa parah rasa sakitnya dan di lokasi mana saja rasa sakitnya, apakah persendiannya membengkak, apakah ada penyakit yang sudah ada yang mungkin menyebabkannya, dan faktor-faktor lain.

Tapi jika Anda mengalami tanda-tanda bahaya berikut ini, sebaiknya segera ke dokter dan jangan ditunda-tunda:

  • Bengkak, terasa hangat, dan kemerahan di persendian.
  • Muncul ruam, bintik-bintik, bercak ungu di kulit, atau lekukan atau lubang pada kuku.
  • Muncul luka di mulut, hidung, atau di alat kelamin.
  • Nyeri dada, sesak napas, atau batuk baru atau batuk yang parah.
  • Sakit perut.
  • Demam, berkeringat, berat badan turun, atau menggigil.
  • Mata merah atau terasa sakit.

Dalam memeriksa persendian sakit semua gejala apa, pertama-tama dokter berupaya memastikan apakah nyeri sendi disebabkan oleh gangguan sendi atau penyakit serius pada seluruh tubuh (sistemik). Gangguan seluruh tubuh yang serius mungkin memerlukan perawatan segera yang spesifik.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang persendian sakit semua gejala apa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel bermanfaat lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}