Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Atasi Nyeri Sendi Tangan Atasi Nyeri Sendi Tangan

Pengobatan Rumahan Untuk Atasi Nyeri Sendi Tangan

Anda yang bekerja di belakang meja, mengetik dengan laptop, atau menjalankan mesin jahit hingga berjam-jam bisa jadi akan cukup familier dengan keluhan penyakit satu ini. Keluhannya ditandai dengan rasa nyeri sendi tangan yang biasanya merambat dari buku-buku jari sampai area sekitar pergelangan.

Kadang nyeri bisa cukup kuat kadang hanya memberi efek kaku dan sulit digerakan. Pada beberapa kasus, Anda bahkan merasakan efek nyeri kuat dan rasa lemas pada satu atau dua jari. Secara medis keluhan ini disebut dengan carpal tunnel syndrome.

Keluhan ini berkaitan dengan efek tekanan yang terjadi terus menerus pada saluran carpal yang menjadi jalur otot dan saraf pada area tangan dan jari. Biasanya rasa nyeri ini berasal dari aktivitas berulang yang dikerjakan terus menerus hingga muncul tekanan berlebihan dalam jangka panjang pada saluran carpal pada jari dan tangan.

Keluhan serupa juga kadang muncul pada mereka yang sering merajut, mengulek, membuat kue atau roti, memijat, dan lain sebagainya. Keluhan semacam ini kerap muncul pada mereka yang sehari-harinya melakukan aktivitas tangan dan jari yang berulang terus menerus.

Biasanya, demi mengatasi keluhan pasien akan mendapatkan suntikan khusus kortikosteroid untuk membantu meredakan nyeri dan memberi efek relaksasi pada otot dan saraf. Setelah otot dan saraf pada jari dan tangan bisa rileks, biasanya keluhan akan mereda. Kadang pasien juga mendapatkan terapi panas dan terapi pereda nyeri khusus sendi seperti kataflam dan piroxicam.

Namun sebenarnya, keluhan carpal tunnel syndrome ini bisa diatasi dengan sejumlah pengobatan rumahan. Terapi ini akan membantu meredakan efek nyeri, mengatasi rasa kaku dan lemas pada otot serta saraf, juga membantu mencegah dan mengatasi kerusakan pada otot serta saraf.

Karena sering kali kasus carpal tunnel syndrome yang awalnya hanya keluhan kecil ini akan berkembang menjadi kerusakan saraf dan otot bila diabaikan. Kerusakan akan menyebabkan jari atau tangan kehilangan banyak fungsinya dalam bekerja. Lalu, seperti apa saja terapi pengobatan rumahan untuk nyeri sendi tangan pada kasus carpal tunnel syndrome?

Kompres dengan Es

Cara cepat dan sederhana untuk mengatasi segala keluhan nyeri sendi adalah kompres dengan es. Suhu dingin dapat membantu mengurangi rasa nyeri, membantu menstimulasi saraf yang menjadi kebas dan lemas, juga mengatasi inflamasi dan pembengkakan dengan cepat. Pada jangka pendek keluhan nyeri sendi tangan akan reda dengan kompres es batu ini.

Untuk melakukan terapi kompres dengan es batu ini sebaiknya lapisis dengan kain atau plastik untuk menghindari kontak langsung es batu ke permukaan kulit. Kadang kontak langsung dengan materi beku akan memberi efek iritasi pada kulit. Kompres area nyeri dengan es batu yang sudah dibungkus setidaknya selama 5 – 10 menit, kadang Anda perlu mengulanginya beberapa kali setiap 1 jam sekali untuk sepenuhnya bisa mengatasi nyeri sendi tangan.

Terapi Pijat

Pijatan adalah pilihan sederhana yang mudah Anda lakukan untuk membantu mengatasi nyeri sendi tangan. Apalagi bila nyeri yang muncul masih ditahap awal, Anda bisa memijat dengan memberi tekanan urut (bergerak) pada area nyeri secara perlahan. Jangan tekan berlebihan dan gunakan minyak untuk membantu Anda merasa lebih nyaman.

Pilihan lain adalah pijatan akupresur. Tekan pada titik khusus, tepatnya di titik sekitar ukuran 2 – 3 jari di bawah telapak tangan. Tekan selama 30 detik dengan telapak tangan terbuka dan lemas. Ulangi dengan jeda 1 menit antar tekanan setidaknya 3 – 5 kali.

Lakukan setiap hari untuk membantu meredakan keluhan. Pijatan pada titik refleksi ini terbukti ampuh mengatasi carpal tunnel syndrome berdasarkan catatan Journal of Research in Medical Sciences tahun 2012.

Sedikit Peregangan

Pada skala ringan carpal tunnel syndrome bisa Anda atasi cukup dengan sedikit gerakan pada telapak tangan. Hal ini bertujuan meregangkan kembali otot dan saraf tangan yang kaku akibat tekanan dan aktivitas berlebihan.

Yang perlu Anda lakukan hanya melakukan gerakan mengibas-ngibaskan telapak tangan setidaknya 5 sampai 10 kali, lalu kepalkan telapak tangan dengan kekuatan penuh setidaknya 5 sampai 10 kali. Lakukan berulang setidaknya setiap 30 menit atau 1 jam sekali untuk membantu meredakan efek nyeri dan pegal.

Kompres dengan Air Rebusan Sereh

Sereh dikenal sangat membantu untuk meredakan ketegangan otot dan saraf, sehingga akan sangat membantu dalam mengatasi keluhan nyeri sendi tangan akibat carpal tunnel syndrome. Anda bsa gunakan minyak sereh sebagai olesan pada area nyeri atau dengan menggunakan air rebusan sereh yang masih hangat sebagai media merendam tangan.

Efek hangat dan pengaruh kandungan bromelain dalam sereh akan membantu meredakan keluhan nyeri sendi tangan secara perlahan. Ulangi beberapa kali untuk meredakan nyeri sendi tangan sampai tuntas.

Gunakan Kompres Bawang Putih

Sebagian besar kasus carpal tunnel syndrome terjadi akibat inflamasi yang terbentuk pada sendi tangan karena aliran darah tidak lancar dan efek tekanan dalam jangka panjang. Karena itu terapi pengobatan rumahan untuk nyeri sendi bisa Anda lakukan cukup dengan mencampur bawang putih halus dengan minyak esensial.

Adonan halus tadi kemudian dioleskan secara merata pada area nyeri. Terapi sederhana ini akan membantu mengatasi sejumlah inflamasi yang terjadi pada area sendi. Bawang putih juga memiliki kemampuan sebagai antioksidan dan membantu memberi efek hangat.

Menurut sumber LIVESTRONG.COM bawang putih mengandung sejenis biosulfur yang terbukti sangat efektif dan kuat untuk mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi inflamasi. Bawang putih juga efektif membantu meredakan rasa nyeri dan memberi efek hangat yang ringan.

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai terapi oral dengan mengonsumsinya mentah-mentah. Kandungan anti inflamasi di dalamnya membantu mengatasi keluhan dari dalam secara efektif. Juga terbukti akan bekerja meningkatkan kinerja obat inflamasi dan analgesik.

Flax Seed

Flax seed dikenal memiliki kemampuan membantu mengatasi sumbatan yang terjadi pada aliran pembuluh darah, termasuk pula mengatasi endapan kolesterol dalam aliran darah. Yang tak banyak dipahami orang, kadang keluhan carpal tunnel syndrome ini terjadi akibat sirkulasi darah yang tidak lancar. Baik karena efek kondisi pembuluh darah yang tidak fit atau karena tekanan berlebihan yang mengganggu kinerja sirkulasi darah.

Selain membantu melancarkan sirkulasi darah, ternyata flax seed juga baik untuk mengatasi inflamasi. Jadi temukan minyak essensial dari flax seed untuk Anda oleskan pada area nyeri. Kemampuan flax seed untuk membantu mengatasi carpal tunnel syndrome baik secara oral maupun topikal dijelaskan dalam DARU Journal of Pharmaceutical Sciences tahun 2014.

Cuka Apel

Anda juga bisa manfaatkan cuka apel sebagai terapi rumahan untuk mengatasi nyeri sendi tangan akibat carpal tunnel syndrome. Cuka apel juga biasa digunakan sebagai terapi oral alias diminum dan terapi topikal untuk olesan dengan dipadukan bersama minyak zaitun.

Cuka apel dikenal memiliki kemampuan anti inflamasi, juga kaya akan magnesium, potasium, kalsium, dan fosfor yang diketahui sangat bermanfaat untuk merawat otot dan saraf. Efek kandungan asam dari cuka apel juga terbukti efektif mengatasi keluhan asam urat yang akan memperburuk kondisi nyeri sendi.

Konsumsi Buah Beri dan Makanan Sumber Antioksidan

Segala jenis beri dikenal memiliki sejumlah komponen antioksidan dan vitamin C yang berperan dalam proses penanganan inflamasi. Pengaruhnya cukup kuat untuk terapi terhadap nyeri sendi. Mengonsumsi beri-berian juga terbukti membantu melancarkan sirkulasi darah dan membantu meredam kadar kolesterol serta asam urat yang bisa memperburuk kondisi pasien.

Ada beragam jenis makanan yang masuk dalam kategori tanaman beri seperti raspberi, bluberi, stroberi, dan banyak lagi. Selain itu tambahkan pula dengan sejumlah asupan makanan sumber antioksidan lain seperti semangka merah, tomat, jambu biji, Noni Juice, dan delima.

Manfaatkan Kunyit

Dalam laman WebMD.COM, sudah dijelaskan bahwa salah satu manfaat dari kunyit adalah untuk mengatasi keluhan sendi. Terapi kunyit di Indonesia lebih dikenal untuk membantu meluruhkan endapan darah dan membantu mengatasi inflamasi dalam tubuh. Tapi ternyata dalam sejumlah terapi tradisional lain, kunyit lazim dimanfaatkan sebaga kompres untuk luka. Bahkan efek analgesiknya dikatakan lebih kuat dari ibuprofen.

Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghaluskan 1 ruas kunyit, mencampurnya dengan sedikit kayu manis halus dan minyak zaitun. Diketahui bahwa kayu manis memiliki kemampuan meningkatkan manfaat dari kunyit. Oleskan adonan ini pada area nyeri sendi tangan dan diamkan beberapa saat sampai mengering. Ulangi terapi rumahan ini setiap hari sampai nyeri sendi hilang.

Kompres dengan Kencur

Di Indonesia kencur memang sudah sangat lazim dimanfaatkan untuk terapi kompres pada pembengkakan dan nyeri sendi. Efek hangatnya memang sangat membantu meredakan nyeri sendi secara efektif. Cara terapi dilakukan juga kurang lebih sama dengan terapi lainnya yakni dengan menghaluskan kencur, garam, dan sedikit minyak untuk kemudian dioleskan dan dikompreskan pada area nyeri sendi.

Kandungan atsiri dan kamferia dipastikan merupakan salah satu elemen penting untuk membantu mengatasi masalah pada otot, sendi, dan saraf. Keduanya juga memberi stimulan untuk mengatasi inflamasi, ketegangan otot, dan membantu memulihkan gangguan saraf akibat efek tekanan berlebihan.

Itu tadi beberapa pengobatan rumahan untuk atasi nyeri sendi tangan. Upayakan untuk tidak melakukan satu aktivitas berlebihan dalam jangka waktu yang panjang untuk menghindari keluhan ini muncul kembali.

Semakin cepat Anda mulai mengobati gejala-gejala nyeri sendi tangan akibat carpal tunnel syndrome, maka semakin besar juga harapan Anda bisa menyembuhkan dan mencegah kerusakan permanen pada saraf tangan. Jadi, segeralah tangani keluhan apa pun yang Anda rasakan karena terlalu sering melakukan aktivitas tangan yang berulang.

addfriends en 130
Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »

Log In or Register