Obat Nyeri Sendi Alami Ini Bikin Anda Bebas Bergerak


By Cindy Wijaya

Seseorang yang menderita radang sendi biasanya harus sering menghadapi rasa sakit yang berkepanjangan di persendian, seperti di lutut, pinggul, atau di pergelangan kaki. Kalau tidak minum obat, sepertinya mustahil untuk bisa bebas bergerak. Jika Anda mengalaminya, pernahkah terpikirkan untuk mencari solusi yang lebih alami daripada obat? Jika ada obat nyeri sendi alami yang ampuh dan bebas efek samping, maukah Anda mencobanya?

Dalam artikel ini akan dikupas mengenai suatu herbal tradisional yang mempan untuk membantu mengatasi radang sendi, yaitu Noni juice.

Noni juice dibuat dari sari buah Noni, yang sudah sejak ribuan tahun lalu digunakan sebagai obat tradisional. Sampai zaman sekarang pun Noni tetap dianggap sebagai herbal multi-khasiat.

Salah satu penelitian modern terbesar yang pernah dilakukan terhadap herbal mendapati bahwa Noni juice sanggup membantu sedikitnya 30 gangguan kesehatan. Dari 30 gangguan kesehatan itu, salah satunya adalah penyakit radang sendi atau artritis. (Sumber: Penelitian oleh Dr. Solomon yang ditulis di bukunya “NONI JUICE, How Much, How Often, For What”.)

Apa kaitan antara nyeri sendi dengan radang sendi? Mengapa Noni baik untuk obat nyeri sendi alami? Apakah Noni dapat menjadi pengganti obat nyeri sendi di apotik? Baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui jawabannya.

Apa Itu Nyeri Sendi?

Nyeri sendi adalah rasa nyeri, sakit, dan tidak nyaman pada persendian, yaitu jaringan yang menghubungkan serta membantu pergerakan antara dua tulang. Persendian ada di seluruh tubuh, antara lain di lutut, pergelangan kaki, pinggul, bahu, juga jari-jari dan pergelangan tangan.

Sebagian besar penyebab nyeri sendi adalah penyakit radang sendi atau dalam bahasa medis disebut artritis.

Apa itu radang sendi? Secara garis besar radang sendi diartikan sebagai peradangan dan kekakuan yang menyakitkan di persendian. Sebenarnya ada cukup banyak jenis penyakit ini, ada yang disebabkan oleh penipisan (keausan) pada sendi, infeksi, atau karena penyakit lain. Tapi sering kali penyebabnya tidak dapat dipastikan.

Meski begitu radang sendi bisa diobati supaya rasa nyerinya berkurang dan supaya sendi bisa lebih bebas digerakkan. Biasanya pengobatan penyakit ini adalah dengan minum obat, terapi fisik, dan kadang harus operasi jika sudah serius.

Namun dengan minum Noni juice sebagai suplemen setiap hari, rasa nyeri sekaligus peradangan penyebab rasa sakit di sendi bisa secara bertahap dikurangi sampai bisa leluasa digerakkan, dan tanpa operasi.

Mengapa Noni Baik untuk Obat Nyeri Sendi Alami?

Noni adalah buah dengan berbagai kandungan bermanfaat. Salah satunya adalah senyawa scopoletin yang sudah dibuktikan secara ilmiah sebagai anti peradangan dan anti nyeri alami.

Sebenarnya senyawa ini punya cara kerja yang luas sehingga manfaatnya banyak bagi tubuh, termasuk untuk menormalkan tekanan darah, membunuh bakteri, serta mengendalikan hormon yang membantu mengurangi kecemaran. Namun yang kali ini akan ditonjolkan adalah manfaatnya sebagai anti peradangan dan nyeri.

Sebuah penelitian yang diriilis pada jurnal ilmiah Phytotherapy Research menunjukkan bahwa Noni “efektif mengurangi rasa nyeri dan kerusakan pada sendi yang diakibatkan artritis.

Dalam jurnal itu juga ditulis bahwa manfaat pereda nyeri (analgesik) dari Noni untuk mengurangi sensitivitas (kepekaan) rasa nyeri setara dengan obat tramadol.” Tramadol merupakan jenis obat keras yang umum diresepkan untuk meredakan nyeri taraf sedang sampai berat seperti pada penyakit artritis, cedera patah tulang, atau pada pasien pasca-operasi.

Kemudian penelitian lain yang dirilis pada jurnal Acta Pharmacologica Sinica mendapati bahwa meski Noni punya khasiat anti peradangan dan pereda nyeri yang ampuh, tapi Noni tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Begitu ampuhnya sampai dituliskan di jurnal itu bahwa khasiatnya diduga 75 persen setara efektifnya dengan obat morfin, namun relatif tanpa efek samping tidak seperti morfin. Morfin adalah obat yang dipakai untuk mengatasi rasa sakit taraf sedang sampai berat seperti pada sakit karena kanker atau serangan jantung.

Ada berbagai bukti lain yang menunjukkan bahwa Noni juice memang baik untuk obat nyeri sendi tradisional, di sini hanya disoroti dua contoh penelitian saja. Penggunaan Noni ampuh dan aman untuk membantu mengatasi nyeri sendi yang menyiksa.

Dengan meminumnya setiap hari, Noni bukan hanya akan meredakan nyeri, tapi juga akan bekerja di dalam tubuh untuk mencari kerusakan pada sendi-sendi lalu memperbaikinya sehingga mengatasi peradangan dan rasa nyeri.

Cara kerja Noni yang langsung ke sumber masalahnya membuat khasiatnya lebih terasa dan lebih bertahan lama.

Noni Juice VS Obat Nyeri Sendi di Apotik

Ada berbagai pilihan obat nyeri sendi di apotik yang digunakan sesuai tingkat keparahan dan penyebab nyeri sendi itu.

Sejumlah jenis obat nyeri sendi di apotik yang umumnya dijual bebas antara lain aspirin dan ibuprofen. Jensi obat itu merupakan pereda nyeri sekaligus anti peradangan. Namun efeknya biasanya bertahan sementara, dan rasa nyeri akan kembali muncul setelah efeknya hilang.

Dan jika rasa nyerinya sudah lebih parah biasanya obat tanpa resep tersebut kurang ampuh, sehingga perlu obat resep dokter yang untuk rasa sakit taraf sedang hingga berat.

Apakah Noni mampu menjadi alternatif dari obat nyeri sendi di apotik? Tentu saja bisa.

Seperti telah dijelaskan di atas, Noni punya kemampuan pereda nyeri yang bisa disandingkan dengan obat jenis keras, semacam tramadol dan morfin. Jadi Noni mampu meredakan rasa sakit yang bahkan sudah parah.

Bukan hanya meredakan rasa sakit, Noni juga bekerja langung ke akar masalahnya, dengan mencari lalu memperbaiki kerusakan pada sendi. Dengan begitu khasiatnya bisa bertahan lama, tidak seperti obat nyeri sendi di apotik pada umumnya.

Minum Noni Juice Tiap Hari Agar Bebas Nyeri Sendi

Noni juice pantas dipertimbangkan sebagai obat nyeri sendi tradisional untuk meredakan radang sendi yang Anda derita. Noni sanggup membantu memperbaiki kerusakan pada sendi penyebab peradangan dan gejala nyeri.

Bahkan khasiatnya itu dapat disetarakan dengan kemampuan obat resep yang cukup keras, seperti tramadol hingga morfin, tetapi tanpa efek samping berbahaya.

Dari pengalaman orang-orang yang sudah rutin minum Noni, rata-rata mereka sudah mulai merasakan perubahan positif pada kesehatan mereka dalam 1 – 3 bulan meminumnya.

Dalam kurun waktu itu, Anda akan dibantu untuk bergerak lebih leluasa, melakukan kegiatan seperti sedia kala, dan akan merasa lebih sehat secara keseluruhan. Jadi jangan ragu untuk mencoba Noni sebagai obat nyeri sendi alami.

Sumber

Basar, Simla, dkk. (2010). Analgesic and Antiinflammatory Activity of Morinda citrifolia L. (Noni) Fruit. Phytotherapy Research. 24(1): 38 – 42. DOI: 10.1002/ptr.2863

Wang, Mian-Ying, dkk. (2002). Morinda citrifolia (Noni): a literature review and recent advances in Noni research. Acta Pharmacologica Sinica. 23(12): 1127 – 1141

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>