Blog Herbal No. 1 Indonesia

Apa Penyebab Sakit Siku Tangan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


By Cindy Wijaya

Siku kita memungkinkan kita untuk melempar, mengangkat, mengayun, memeluk, dan banyak aktivitas lain. Kita bisa melakukan semua itu karena siku adalah sendi yang rumit, dan karena rumit jadinya ada banyak hal yang bisa menjadi salah.

Siku kita adalah sendi yang terbentuk di tempat tiga tulang bersatu—tulang lengan atas (humerus), serta ulna dan jari-jari, dua tulang yang membentuk lengan bawah kita.

Setiap tulang memiliki tulang rawan di ujungnya, yang membantu mereka meluncur satu sama lain dan menyerap guncangan. Mereka diikat ke tempatnya dengan jaringan keras yang disebut ligamen. Dan tendon kita menghubungkan tulang ke otot untuk memungkinkan kita menggerakkan lengan dengan berbagai cara berbeda.

Jika sesuatu terjadi pada salah satu bagian ini, belum lagi saraf dan pembuluh darah di sekitarnya, itu bisa menjadi penyebab sakit siku tangan.

Bagaimana Ciri-Ciri Nyeri Siku Tangan?

Ada sejumlah gejala yang menjadi ciri-ciri nyeri siku tangan. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Nyeri tumpul ketika tangan sedang istirahat.
  • Rasa nyeri saat mengepalkan tangan (golfer’s elbow).
  • Nyeri saat membuka jari (tennis elbow).
  • Nyeri di sekitar tonjolan siku.
  • Kekuatan pegangan tangan yang lemah.
  • Kesulitan dan rasa sakit saat mencoba memegang benda, terutama dengan lentang terentang.

Meski sering kali tidak terlalu mengganggu, namun adakalanya nyeri siku tangan membuat Anda susah berpakaian, memasak, dan melakukan hal-hal lain yang membutuhkan lengan.

Mengetahui apa penyebab nyeri siku tangan penting supaya Anda bisa tahu cara tepat untuk mengatasinya.

Apa Penyebab Sakit Siku Tangan?

Nyeri siku tangan sering disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan. Banyak jenis olahraga, hobi, dan pekerjaan membutuhkan gerakan tangan, pergelangan tangan, atau lengan yang berulang.

Nyeri siku tangan kadang mungkin disebabkan oleh radang sendi, tapi umumnya, sendi siku Anda jauh lebih rentan terhadap kerusakan akibat keausan (akibat penggunaan berlebihan) daripada banyak sendi lainnya.

Berikut adalah sejumlah penyebab nyeri siku tangan yang salah satunya mungkin Anda alami:

Cedera Satu Kali

Ada cedera yang hanya kejadian sekali saja, misalnya cedera akibat terjatuh atau terbentur keras saat olahraga.

Dislokasi siku:

Anda mengalami dislokasi siku ketika salah satu tulang yang membentuk siku terlepas dari tempatnya. Salah satu penyebab umumnya adalah jika Anda mengulurkan tangan untuk menahan diri saat terjatuh.

Siku patah:

Jika salah satu tulang lengan patah di siku, Anda mengalami patah tulang. Biasanya, ini terjadi dengan pukulan tiba-tiba, seperti yang mungkin Anda alami dalam olahraga kontak fisik atau kecelakaan mobil.

Keseleo dan terkilir:

Jika otot yang meregang atau robek, itu disebut keseleo.Tapi jika ligamen yang robek atau meregang, maka disebut terkilir.

Anda bisa terkilir atau keseleo jika terlalu banyak menekan otot siku, seperti saat mengangkat benda berat atau olahraga secara berlebihan. Cedera ini di siku sering dialami atlet yang melempar, menggunakan raket, atau bermain olahraga kontak fisik.

Cedera Keausan

Ada jenis cedera yang terjadi seiring waktu, saat Anda mengulangi tindakan tertentu dan membuat siku Anda aus. Anda bisa melukai diri sendiri saat berolahraga atau saat bekerja.

Bursitis:

Sering disebabkan oleh pengulangan gerakan yang sama berulang-ulang. Anda juga bisa terkena bursitis karena kecelakaan atau infeksi. Bursa adalah kantung kecil dengan cairan di dalamnya. Anda memilikinya di persendian untuk membantu melindungi tulang, tendon, dan otot. Mereka juga membantu kulit meluncur di atas tulang. Tapi mereka bisa bengkak dan menyebabkan rasa sakit. Seringkali, bursitis cukup diobati dengan obat pereda nyeri dan mulai membaik dalam beberapa minggu.

Tennis elbow dan golfer’s elbow:

Keduanya adalah jenis cedera tendinopati atau tendinosis, yang berarti Anda mengalami kerusakan pada tendon di sekitar siku karena penggunaan berlebihan. Terlepas dari namanya, cedera ini tidak hanya dialami oleh pegolf atau pemain tenis.

Anda bisa mengalaminya karena sering melakukan gerakan lengan yang mirip dalam olahraga tersebut. Perbedaan utama antara keduanya adalah tennis elbow penyebab sakit siku tangan bagian luar, sedangkan golfer’s elbow penyebab sakit di siku tangan bagian dalam.

Saraf terjepit:

Anda mungkin akrab dengan istilah sindrom lorong karpal, dimana saraf yang melewati pergelangan tangan terjepit dan menyebabkan beberapa masalah pergelangan tangan dan lengan. Anda bisa memiliki masalah serupa di siku.

Masalah yang disebut sindrom lorong cubital terjadi jika salah satu saraf utama di lengan Anda (saraf ulnaris) terjepit di sepanjang bagian dalam siku dan melewati jaringan yang disebut lorong cubiti. Anda mungkin mengalami rasa panas atau mati rasa di tangan, lengan, dan jari.

Ada juga sindrom lorong radial yang terjadi jika Anda mengalami masalah serupa pada saraf radial yang melewati lorong radial di dekat bagian luar siku. Anda mungkin mengalami rasa panas atau mati rasa di lengan bawah dan siku bagian luar.

Fraktur stres:

Pada fraktur stres, Anda mengalami retakan kecil di salah satu tulang lengan, biasanya akibat terlalu sering digunakan. Cedera ini lebih sering terjadi di kaki bagian bawah, namun atlet yang banyak melempar, seperti pelempar bisbol, juga bisa mengalaminya di siku. Rasa sakit biasaya memburuk saat melempar.

Penyakit Penyebab Sakit Siku Tangan

Ada beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab nyeri siku tangan, meski biasanya rasa nyeri di siku bukanlah gejala utama dari penyakit tersebut.

Artritis:

Ada banyak jenis artritis yang menyerang siku, tapi salah satu yang utama adalah artritis reumatoid (rematik) dan osteoartritis (pengapuran).

Artritis reumatoid adalah jenis artritis yang paling sering menjadi penyebab nyeri siku tangan. Pada artritis reumatoid, sistem kekebalan menyerang jaringan sehat tubuh dan menyebabkan pembengkakan pada persendian. Sedangkan osteoartritis menyebabkan tulang rawan siku menjadi rusak seiring waktu, yang membuat tulang-tulang langsung bergesekan serta menyebabkan rasa sakit dan kekakuan.

Osteochondritis dissecans:

Kebanyakan yang mengalaminya adalah anak-anak dan remaja, dimana sepotong tulang di dekat siku menjadi mati. Potongan tulang dan beberapa tulang rawan kemudian putus, yang menimbulkan rasa sakit selama aktivitas fisik. Ini lebih sering terjadi di lutut, tapi juga bisa terjadi di siku.

Asam urat:

Penyakit asam urat sebenarnya adalah salah satu jenis artritis. Asam urat, biasanya produk limbah yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh, menumpuk dan membentuk kristal di jaringan Anda. Jika penumpukan terjadi di siku, itu bisa sangat menyakitkan.

Lupus:

Lupus juga merupakan penyakit yang membuat sistem kekebalan menyerang bagian tubuh yang sehat, termasuk persendian dan organ. Lupus lebih sering menyerang tangan dan kaki, tapi juga bisa menjadi penyebab sakit siku tangan.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Sering kali nyeri di siku tangan hanyalah masalah yang ringan atau sementara. Tapi kadang Anda juga membutuhkan perawatan medis untuk memperbaikinya. Karena itu disarankan untuk periksa ke dokter apabila Anda mengalami:

  • Nyeri siku yang tidak hilang meski sudah istirahat dan mengompresnya dengan es, atau nyeri tidak hilang bahkan saat tidak menggunakan lengan.
  • Rasa sakit yang hebat, bengkak, memar di sekitar sikut.
  • Nyeri, bengkak, atau kemerahan yang semakin parah, terutama jika Anda juga demam.
  • Kesulitan menggunakan siku, misalnya sulit untuk menekuk lengan.

Selain itu, kalau Anda menduga sudah terjadi retak/patah atau terkilir pada siku tangan, dan terasa sakit atau ada sesuatu yang salah, sebaiknya segera dapatkan perawatan medis ke unit gawat darurat.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Siku Tangan?

Jika Anda yakin bahwa penyebab nyeri siku tangan hanya ringan, Anda bisa mengupayakan tips-tips perawatan berikut ini sebelum menemui dokter.

Istirahat:

Hentikan penggunaan berlebihan dari otot-otot yang Anda curigai menjadi penyebab nyeri siku Anda. Misalnya, jika Anda punya hobi atau proyek yang mengharuskan gerakan pergelangan tangan berulang-ulang, Anda mungkin secara berlebihan menggunakan otot dan tendon lengan bawah yang terhubung ke siku.

Terapi panas:

Suhu panas dapat membawa aliran darah dan nutrisi ke siku, yang dapat merangsang penyembuhan. Berikut cara mengatasi sakit siku tangan dengan terapi panas: tutupi kulit dengan kain tipis, lalu tempelkan bantal pemanas (heating pad) atau kompres panas di sekitar siku.

Peregangan:

Meregangkan otot-otot lengan bawah dapat memberi sedikit kelegaan. Cukup luruskan siku dengan telapak tangan menghadap ke lantai, dan tarik perlahan jari-jari ke bagian bawah pergelangan tangan. Anda seharusnya merasakan peregangan di sepanjang bagian belakang lengan bawah. Tahan selama 30 detik. Kemudian balikkan lengan bawah Anda, dengan telapak tangan menghadap ke langit-langit, dan dorong jari-jari Anda ke lantai. Tahan selama 30 detik.

Penyangga:

Memakai penyangga dapat membuat otot tetap diam, memberinya waktu untuk sembuh. Anda bisa membeli jenis penyangga yang cocok di apotek. Carilah penyangga yang bisa menghentikan gerakan otot-otot penyebab rasa sakit Anda, misalnya penyangga pergelangan tangan atau lengan bawah jika Anda sering melenturkan pergelangan tangan Anda.

Pengobatan untuk Cara Mengatasi Nyeri Siku Tangan

Apabila gejala-gejala yang Anda rasakan tidak membaik, atau jika Anda berkali-kali mengalami nyeri siku tangan, temuilah dokter atau fisioterapis. Pilihan pengobatan yang disarankan oleh mereka kemungkinan:

  • Terapi fisik untuk memperkuat tendon
  • Pijat jaringan lunak
  • Pijat es
  • Akupunktur
  • Membalut atau menyangga siku tangan
  • Obat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit dapat membantu mengatasi rasa sakit, tapi hanya sementara
  • Operasi—dalam kasus yang parah, dan jika rasa sakit tidak hilang dalam 12 bulan

Setelah nyeri siku tangan Anda sembuh, tanyakanlah pada dokter tentang terapi fisik untuk memperkuat otot-otot di sekitar sendi. Anda mungkin disarankan melakukan latihan seperti angkat beban untuk memperkuat otot-otot di lengan atas.

Lakukan latihan otot setiap 2 hari sekali, sehingga mereka punya waktu untuk memperbaiki dan mengisi kembali energi mereka. Namun Anda bisa melakukan latihan peregangan otot setiap hari.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai ciri-ciri, penyebab, dan cara mengatasi sakit siku tangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. What to Know About Elbow Pain. URL: https://www.healthline.com/health/elbow-pain

WebMD. Why Does My Elbow Hurt?. URL: https://www.webmd.com/pain-management/guide/elbow-pain

Better Health Channel. Elbow pain. URL: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/elbow-pain

Harvard Health. Quick fixes for aching elbows. URL: https://www.health.harvard.edu/newsletter_article/quick-fixes-for-aching-elbows

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}